Resep kari ayam sangat mudah untuk dibuat sendiri di rumah. Simak resep dan cara membuatnya di bawah ini.

Makanan olahan ayam merupakan salah satu makanan kesukaan masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, banyak sekali makanan olahan ayam di Indonesia. Di setiap daerah pasti memiliki menu olahan ayam yang menjadi ciri khasnya.

Salah satu olahan ayam yang banyak dibuat di setiap daerah di Indonesia adalah kari ayam. Kari ayam merupakan salah satu olahan ayam yang banyak variannya. Oleh karena itu banyak juga berbagai macam resep kari ayam.

Artikel kali ini akan membahas mengenai resep kari ayam, mulai dari resep kari ayam pedas, resep kari ayam spesial, resep kari ayam sederhana, dan resep kari ayam gurih. Berikut ini 5 resep kari ayam yang sederhana dan terenak yang bisa dibuat. Seperti apa saja? Yuk, mari kita simak ulasannya.

Baca Juga: Resep & Cara Membuat Bubur Asyura + Sejarah Lengkapnya

Daftar Resep Kari Ayam yang Mudah Dibuat dan Enak

1. Resep Kari Ayam Spesial

Resep Kari Ayam Spesial

Resep pertama adalah kari ayam spesial. Terdapat beberapa bumbu dan pelengkap tambahan yang digunakan untuk menjadikan kari ayam semakin spesial. Seperti bawang goreng, cabai merah dan lain sebagainya.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kari ayam spesial adalah ayam kampung 1 kg, santan encer 700 ml, santan kental 125 ml, minyak goreng 3 sendok makan, kayu manis 2 cm dan batang serai dua buah yang telah dimemarkan.

Selanjutnya adalah bumbu yang dihaluskan. Kita membutuhkan bawang merah 10 buah, cabai merah 6 buah, bawang putih 2 siung, kunyit 5 cm, kemiri 4 butir, jahe 2 cm, jintan 1 sendok teh, ketumbar 1 sendok makan dan garam 1 sendok the.

Cara memasaknya sangat sederhana, kita panaskan terlebih dahulu bumbu halus yang telah disiapkan. Tumis hingga bumbu tercium wangi. Setelah wangi, masukkan potongan daging ayam dan aduk rata dengan bumbu yang ditumis.

Setelah itu, tambahkan garam dan santan encer. Tunggu santan hingga mendidih dan sambal aduk agar santan tidak pecah. Masak ayam hingga lunak dan kuah santan mengental. Setelah itu masukkan santan kental dan angkat hingga mendidih.

2. Resep Kari Ayam Medan

Resep Kari Ayam Medan

Satu lagi resep kari ayam rumahan yang bisa kita buat adalah, resep kari ayam medan. Kari ayam ini memiliki kuah yang kental dengan warna kuning yang jelas. Kari ayam medan memiliki aroma harum yang sangat menggugah selera makan.

Bahan yang kita butuhkan adalah ayam 1 kg, santan encer 600 ml, santal kental 400 ml, cengkeh 3 butir, kentang 2 buah  dan potong sesuai selera dan kebutuhan, serai 1 batang yang telah dimemarkan, dan garam secukupnya.

Jangan lupa kita juga menyiapkan bumbu yang harus dihaluskan, yaitu bawang Merah 10 buah, kemiri 5 buah, bawang putih 5 siung, kayu manis 4 cm, ketumbar 2 sendok teh, kunyit 2 cm, jintan 1/2 sendok teh, pala 1/4 biji, cabai merah siapkan sesuai selera.

Cara masaknya hampir sama dengan resep kari ayam spesial, karena pada dasarnya langkah membuat kari sama saja. Pertama tumis terlebih dahulu bumbu yang telah dihaluskan, setelah wangi masukan potongan daging dan aduk hingga rata.

Masukan santan encer dan garam. Aduk rata agar santan tidak pecah, tunggu hingga berubah warna dan kuah mengental. Lalu masukan santan kental, dan aduk hingga mendidih. Kari ayam Medan pun siap disajikan.

3. Resep Kari Ayam Jawa

Resep Kari Ayam Jawa

Olahan dari kari ayam selanjutnya adalah kari ayam khas Jawa. Olahan kari ayam dengan bumbu khas Jawa yang sangat identik dengan makanan yang enak dan nikmat. Biasanya olahan kari ayam Jawa menggunakan ayam kampung sebagai daging utamanya.

Bahan yang perlu disiapkan untuk membuat kari ayam Jawa adalah ayam kampung atau ayam negeri 1 ekor, bawang merah 6 buah, bawang putih 6 siung, bawang pre 2 batang  yang telah dicincang, santan cair 1 liter, daun salam 2 lembar, daun jeruk 2 lembar, jahe 1 ruas jari, kemiri 5 butir, kunyit 1 ruas jari, lengkuas 1 ruas jari, garam dan gula.

Makanan Jawa selalu membutuhkan gula karena pada umumnya masakan Jawa selalu memiliki rasa khas yang manis. Cara memasaknya sangat mudah, kita rebus potongan daging ayam dengan air, lalu tumis bumbu yang telah dihaluskan.

Tambahkan lengkuas, jahe dan kunyit. Setelah semua wangi, masukan bumbu tumis ke dapal rebusan daging ayam. Masak hingga bumbu meresap dan jangan lupa masukan daun jeruk dan daun salam agar kuah semakin beraroma.

Cek daging ayam, setelah daging ayam lunak, masukan bawang pre dan kemudian santan. Tunggu hingga mendidih dan jangan lupa aduk-aduk agar santan tidak pecah. Resep kari ayam Jawa pun selesai kita hidangkan.

Kita juga bisa menambahkan kentang, karena kari ayam Jawa merupakan salah satu resep kari ayam kentang.

4. Resep Kari Ayam Tanpa Santan

Jika biasanya kari ayam identik dengan makanan kuah yang kental karena menggunakan santan. Hal ini dipengaruhi karena kari ayam mendapatkan pengaruh resep kari ayam india. Resep kari ayam tanpa santan ini sangat mudah untuk dilakukan di rumah.

Bahan yang dibutuhkan adalah ayam 1/2 ekor, daun jeruk sebanyak 2 lembar, daun salam 2 lembar, batang serai sebanyak 1 batang  yang telah dimemarkan. Sediakan juga tahu putih 2 buah potong dadu kecil.

Bumbu yang disiapkan untuk dihaluskan adalah bawang merah sebanyak 10 buah, bawang putih 2 siung, cabe rawit 13 buah  atau sesuai selera, cabe merah besar 2 buah, jahe 2 cm, lengkuas 2 cm, kemiri 10 buah. Siapkan kemiri agak banyak sebagai pengganti santan. Sediakan juga garam, gula dan kaldu ayam.

Cara memasaknya sangat mudah. Pertama rebus daging ayam dengan air secukupnya. Tambahkan tahu dan tunggu sampai setengah matang. Tumis bumbu yang telah dihaluskan hingga tercium aroma harum. Angkat bumbu yang telah ditumis dan masukan ke rebusan daging ayam.

Tunggu hingga mendidih dan ayam benar-benar empuk. Jangan lupa untuk mengaduknya sesekali dan setelah itu kari ayam khas tanpa menggunakan santan siap disajikan.

5. Resep Kari Ayam Sederhana

Resep Kari Ayam Sederhana

Resep kari ayam selanjutnya adalah yang paling sederhana yang paling umum dimasak. Bahan yang dibutuhkan adalah ayam kampung satu ekor, daun jeruk 2 lembar, santan 350 ml, kentang 2 buah, lengkuang satu ruas jari, batang serai yang telah dimemarkan, garam, gula dan bawang goreng.

Bumbu halus yang disiapkan sama dengan bumbu yang kari ayam sebelumnya. Cara memasaknya sangat mudah, panaskan minyak goreng dengan api sedang dan tumis bumbu yang telah dihaluskan. Setelah wangi, masukan batang serai, daun jeruk dan lengkuas. Aduk rata hingga harum.

Masukkan santan dan tunggu sampai mendidih. Kemudian masukkan gula dan garam sesuai selera. Langkah terakhir adalah masukkan kentang. Dan masak sampai daging lunak. Kari ayam enak dengan resep sederhana. Taburkan bawang merah goreng untuk melengkapi kari ayam sederhana ini.

Semoga resep kari ayam yang telah diulas di atas bisa dijadikan rekomendasi untuk kita semua yang ingin memasak kari ayam. Jangan lupa untuk beli bahan dan bumbu kari ayam di Aplikasi Super. Karena Aplikasi Super menyediakan bahan dan sembako yang sangat lengkap.

Tidak hanya lengkap, namun harga sembako sangat murah. Hal ini akan sangat membantu kita yang membutuhkan sembako dengan cepat. Belanja kebutuhan sembako di Aplikasi Super sangat mudah. Kita bisa belanja sembako menggunakan smartphone dan belanja di rumah saja.

Tanpa harus keluar rumah dan menghabiskan waktu hanya untuk sekedar belanja sembako. Aplikasi Super memiliki misi untuk meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat. Oleh karena itu banyak bonus dan keuntungan yang diberikan oleh Aplikasi Super.

Klik di sini untuk mengunjungi laman Aplikasi Super. Pelajari segala sesuatu yang berkaitan dengan Aplikasi Super, dan jangan lupa download Aplikasi Super bagi yang belum memiliki Aplikasi Super. Karena Aplikasi Super tidak hanya menyediakan layanan untuk belanja sembako saja, namun juga layanan pembayaran lainnya.