Truffle

Truffle adalah jenis jamur yang seringkali disebut dalam menu restoran mewah. Jamur ini dikenal sebagai jenis jamur termahal di dunia dan digunakan untuk menunjang rasa pada sebuah masakan. Dibalik harganya yang cukup menguras kantong, tentu saja terdapat alasan seperti dipercaya sebagai salah satu makanan yang banyak khasiatnya bagi tubuh.

Tak jarang, banyak orang yang penasaran untuk mencicipinya walaupun harganya terbilang fantastis. Lalu, rasa truffle seperti apa, sih? Mengapa jenis ini tergolong sangat mahal selain memiliki berbagai khasiat bagi tubuh? Temukan jawaban lengkapnya disini.

BACA JUGA: 8 Rekomendasi Kaldu Jamur Pengganti Micin yang Enak & Sehat

1. Termasuk jenis jamur yang sulit untuk dibudidayakan

truffle
Unsplash

Jamur truffle tidak sama seperti jamur biasanya. Jenis yang satu ini bisa tumbuh secara liar dan alami tanpa bisa dikontrol dan diolah produksinya. Jika Sedulur ingin membudidayakannya, setidaknya harus memiliki atau menanam pohon ek terlebih dulu.

-->

Jamur ini memang biasa tumbuh di bawah pohon ek, hazel, poplar, dan beech. Butuh durasi dari empat hingga tujuh tahun sebelum akhirnya jamur istimewa yang pertama ini muncul. Namun, tidak semua pohon akan menghasilkan jamur istimewa ini. Ada berbagai faktor yang mempengaruhinya seperti kandungan tanah sampai kondisi cuaca. Proses budidaya yang cukup sulit inilah yang membuatnya memiliki harga yang cukup mahal.

2. Memiliki daya simpan yang tidak lama

truffle
Unsplash

Alasan kedua kenapa truffle mahal adalah karena tumbuhan ini memiliki daya simpan yang tidak lama. Bagi para penggemarnya, jamur istimewa ini memiliki aroma yang cukup menggoda. Ketika menciumnya dari masakan, selera makan pun akan ikut meningkat. Untuk rasanya, jangan diragukan lagi. Dikutip dari American Chemical Society, bau khas dari jamur ini berasal dari metana yang terdapat di dalamnya.

Kualitas ini tidak bisa bertahan selama lebih dari satu minggu. Maka dari itu, untuk bisa mendapatkan rasa yang lezat, jamur ini harus segera diolah. Dengan kata lain, masa penyimpanannya sangat terbatas dan inilah yang membuat jamur ini menjadi semakin mahal.

3. Pernah terjual sampai Rp1,5 miliar

truffle
Unsplash

Jamur truffle harganya pernah mencapai Rp1,5 miliar. Jenis yang umum biasanya akan dibanderol dengan harga sekitar lima jutaan untuk per 450 gramnya. Sedangkan, jenis yang memiliki warna putih biasanya akan jauh lebih mahal. Jamur warna putih bisa dihargai sekitar Rp31  juta per 450 gram.

Sebuah jamur truffle pernah mencetak rekor sebagai yang paling mahal pada November 2018. Jamur putih langka itu terjual dengan harga sekitar 1,5 miliar dengan berat 850 gram di Alba, Italia. Jamur tersebut dibeli oleh seorang warga negara Hong Kong yang namanya dirahasiakan. Dia rela membayar 30 kali lebih mahal jika dibanding dengan harga pasaran untuk mendapatkan jamur kecil tersebut.

BACA JUGA: Intip Manfaat dari Kandungan Gizi Jamur Tiram, Kamu Wajib Tahu!

4. Berasal dari wilayah Eropa

Unsplash

Walaupun kini jamur truffle di Indonesia sudah semakin mudah untuk didapatkan, namun jamur ini pertama kali dikenalkan di wilayah Eropa. Terdapat dua jenis jamur yang saat ini mempunyai harga yang cukup tinggi, yaitu hitam dan putih. Jenis hitam atau tuber melanosporum biasanya akan tumbuh subur pada bulan September sampai Desember. Jenis jamur ini banyak ditemukan di barat daya Perancis, tepatnya di wilayah Perigord.

Sedangkan, jenis berwarna putih biasanya ditemukan di wilayah Piedmont di Italia Utara, utamanya di pedesaan sekitar Alba. Jamur yang memiliki nama lain tuber magnatum ini bisa ditemukan pada musim gugur dan musim dingin.

5. Memiliki banyak khasiat

Unsplash

Setelah mengetahui beberapa fakta menariknya, saatnya mengenali berbagai manfaat jamur truffle yang bisa diketahui. Bisa dibilang, manfaatnya sebanding dengan harga yang dibilang fantastis. Berikut adalah beberapa manfaatnya untuk kesehatan.

Tinggi antioksidan

Jamur truffle merupakan sumber antioksidan yang tinggi. Maka dari itu, jamur ini bisa  membantu melawan radikal bebas serta mencegah kerusakan oksidatif yang ada pada sel tubuh. Sebuah penelitian dari International Journal of Biomedical Sciences menemukan sebuah fakta bahwa antioksidan merupakan peran yang cukup penting bagi kesehatan, bahkan bisa menurunkan risiko terkena penyakit jantung, diabetes, dan kanker.

Walaupun memiliki jumlah pasti yang bervariasi antara spesies yang berbeda, namun tumbuhan ini sudah terbukti mengandung antioksidan seperti asam galat, vitamin C, likopen, serta asam homogentisate. Bahkan, manfaatnya juga bisa membantu untuk mengurangi radang pada tubuh dan membunuh sel kanker.

Menurunkan peradangan

Tak hanya memiliki sifat antibakteri, zat lain yang tak kalah tinggi dari jamur ini adalah kandungan anti radangnya. Ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa jamur ini bisa membantu untuk meredakan peradangan dan bisa meningkatkan kekebalan tubuh dan kesehatannya secara menyeluruh. Ada pula sebuah studi yang menunjukkan bahwa pada spesies hitam dan putih terdapat senyawa tertentu yang bisa memblokir aktivitas enzim spesifik yang terlibat pada proses inflamasi.

Kaya akan nutrisi

Kandungan nutrisi pada jamur truffle juga tak kalah banyak. Untuk ukuran kecilnya sekitar 0,5 gram (1/2 sdt) yang diawetkan dalam air dan garam memiliki beberapa kandungan nutrisi seperti:

  • Serat: 2 gram
  • Kalori: 10 gram
  • Protein: 2 gram
  • Lemak: 0 gram
  • Karbohidrat: 0 gram

Nutrisi ini terdapat pada jenis jamur ini tentunya adalah yang dimakan. Walaupun begitu, jenis ini juga mengandung banyak asam amino dan mineral, seperti:

  • Seng
  • Mangan
  • Fosfor
  • Tembaga
  • Selenium
  • Vitamin A, B, C, D, dan K

Sebuah penelitian yang diterbitkan jurnal Hindawi menyatakan bahwa jenis jamur gurun putih lebih tinggi kandungan lemak, protein, dan seratnya jika dibandingkan dengan jenis lainnya. Misalnya adalah spesies gurun hitam.

Nah, itu dia beberapa fakta menarik seputar jamur truffle dan khasiatnya bagi tubuh kita. Penting untuk mengolahnya secara tepat supaya tidak menyebabkan alergi bagi kesehatan. Jangan lupa untuk menyimpannya dengan benar juga, ya. Semoga bermanfaat.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!