toleransi umat beragama

Kita hidup di negara yang sangat majemuk. Namun hal tersebut justru yang membuat Indonesia luar biasa dan kaya. Gak cuma kaya akan alamnya saja, tetapi budaya, suku, bahasa hingga agama juga menjadi nilai tersendiri. Sejak dulu Indonesia sudah mengenal toleransi dan sampai sekarang masih berjalan dengan baik.

Bahkan, kamu mungkin pernah menemukan beberapa tempat ibadah yang saling berdekatan. Kemudian lahan parkir tempat ibadah tertentu, dipakai untuk keperluan ibadah agama lainnya. Hal semacam ini sudah biasa terjadi di sekitar kita.

Namun terkadang, keindahan ini terluka oleh oknum atau kelompok tertentu yang menciderai toleransi itu sendiri. Itulah kenapa kita perlu menyadarkan kembali pentingnya toleransi dalam kehidupan bermasyarakat kita. Terlebih lagi, toleransi antar umat beragama adalah pengamalan sila Pancasila ke-1, yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa.

Untuk itu, yuk kita kembali menyegarkan ingatan akan sikap toleransi di kehidupan dan bagaimana contohnya. Berikut penjelasannya.

BACA JUGA: Arti Bhineka Tunggal Ika, Contoh Makna & Fungsi di Kehidupan

1. Apa yang dimaksud dengan toleransi antar umat beragama?

toleransi umat beragama
katadata.co.id

Toleransi antar agama adalah sikap untuk saling menerima, menghargai, menghormati, dan keterbukaan akan perbedaan dalam beragama. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk menghadirkan perdamaian dalam keberagaman.

Jika dilihat secara etimologi, toleransi berasal dari bahasa Latin, tolerare, yang artinya sabar dan menahan diri. Sedangkan secara terminologi, toleransi merupakan sikap saling menghargai, menghormati, menyampaikan pendapat, pandangan, kepercayaan kepada antar sesama manusia yang bertentangan dengan diri sendiri.

BACA JUGA: Pancasila Sebagai Ideologi Negara: Arti & Makna Dalam Kehidupan

2. Contoh toleransi antar umat beragama

toleransi umat beragama
mediaindonesia.com

Sikap toleransi antar umat beragama di Indonesia sudah berjalan sejak dulu dan tetap dijaga sampai sekarang. Untuk melakukannya juga banyak contoh toleransi antar umat beragama dalam kehidupan sehari hari yang bisa Sedulur lakukan. Lalu apa saja contohnya? Berikut beberapa di antaranya:

  • Tidak memaksakan agama yang dianut ke seseorang yang berbeda keyakinan.
  • Menghargai dan menghormati agama yang dianut orang lain.
  • Tidak menganggu ibadah dan jalannya kegiatan keagamaan orang lain.
  • Tidak merusak tempat ibadah dan mengganggu ketenangan agama lain.
  • Tidak menghina dan merendahkan agama orang lain.
  • Berteman dengan orang yang berbeda keyakinan.
  • Tidak melakukan diskriminasi pada seseorang yang berbeda agama di sekolah, tempat kerja, dan lingkungan.
  • Tidak mengucilkan warga yang berbeda keyakinan di lingkungan tempat tinggal.
  • Dan seterusnya.

Itulah beberapa contoh toleransi antar umat beragama dalam kehidupan sehari-hari yang perlu kita terapkan bersama. Dengan begini, maka perdamaian dan kerukunan antar umat akan terus terjaga.

BACA JUGA: Mengenal Makna Lambang Garuda Pancasila hingga Sejarahnya

3. Pentingnya toleransi antar umat beragama

toleransi umat beragama
kemenkopmk.go.id

Melansir laman Kemenkopmk.go.id (01/05/2021), Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy mengatakan, sangat penting untuk menerapkan prinsip-prinsip kemerdekaan dan kebebasan untuk menumbuhkan sikap toleransi antar umat beragama dengan latar belakang sosial dan budaya yang berbeda pula.

Sebab, menurutnya hal itu bisa meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan yang kuat sekaligus menjadi modal untuk membangun bangsa Indonesia ke depan.

“Semboyan Bhineka Tunggal Ika memiliki makna sesuai dengan keberagaman Indonesia yang tidak hanya bersuku-suku, berras-ras, dan berbudaya, tetapi kita punya makna yang jauh lebih luas bahwa kita memang ditakdirkan sebagai pribadi yang berbeda satu sama lain namun tetap satu tujuan. Saya kira ini sebagai modal yang besar untuk kita maju bersama membangun bangsa Indonesia,” ucapnya.

Begitulah pembahasan mengenai toleransi antar umat beragama. Untuk menjalankan hal tersebut, kita bisa memulai dari diri sendiri sekaligus bisa menjadi contoh untuk yang lain. Sebab, toleransi sangat penting karena bisa menjaga kerukunan dan kedamaian dalam hidup kita. Jadi, terus lakukan hal ini demi kemajuan bersama ya.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.