tips minum air putih

Kebutuhan cairan tubuh selama puasa harus terpenuhi, maka dari itu Sedulur harus minum air putih dengan cukup setiap harinya. Berbeda dengan hari-hari biasa, saat bulan puasa Sedulur harus mengetahui tips minum air putih saat puasa.

Terdapat beberapa tips minum air putih saat puasa yang bisa mencegah Sedulur dehidrasi sekaligus membuat kebutuhan cairan tubuh Sedulur terpenuhi. Tanpa berlama-lama, yuk mari langsung saja kita simak tipsnya di bawah ini!

BACA JUGA: 22 Ide Jualan Minuman Bulan Puasa Kekinian, Pasti Laris Manis!

Tips minum air putih saat puasa

tips minum air putih saat puasa
iStock

Saat berpasa, sekitar 12 jam tubuh tidak menerima asupan makanan dan minuman. Dampaknya, tubuh akan banyak kehilangan cairan, baik melalui keringat atau urine, juga melalui penguapan yang terjadi dipermukaan kulit.

Namun asupan minuman harus tetap terpenuhi sebanyak 8 gelas setiap harinya, atau setara dengan 2 liter air minum. Agar kebutuhan minum terpenuhi, Sedulur bisa melakukan tips dan cara di bawah ini:

  • 1 gelas setelah bangun sahur
  • 1 gelas setelah makan sahur
  • 1 gelas setelah adzan maghrib
  • 1 gelas setelah buka puasa
  • 1 gelas setelah sholat mahgrib
  • 1 gelas sebelum sholat isya
  • 1 gelas setelah sholat tarawih
  • 1 gelas sebelum tidur

Minuman yang baik dikonsumsi selain air putih?

iStock

Selama bulan Ramadan, tentu Sedulur banyak mengkonsumsi minuman manis selain minum air putih itu sendiri. Jika Sedulur bertanya apakah ada minuman yang baik dikonsumsi selain air putih? Tentu jawabannya ada.

Namun Sedulur harus tetap memenuhi kebutuhan tubuh terhadap air putih yaitu sebanyak 8 gelas dalam satu hari. Baru setelahnya, Sedulur boleh mengonsumsi minuman lain selain air putih.

Ada beberapa jenis minunman yang baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh dan kadar cairan tubuh. Minuman tersebut seperti air kelapa, teh manis, madu, dan jus buah. Minuman yang memiliki rasa manis memang disebut bisa membantu mengembalikan energi tubuh sehingga tidak lemas.

Namun perlu diingat, sebaiknya hindari menggunakan pemanis buatan dan jangan berlebihan dalam mengkonsumsi makanan ataupun minuman manis. Setelah seharian berpuasa, biasanya keinginan untuk mengkonsumsi rasa manis akan meningkat, maka dari itu penting untuk mengetahui batas normalnya.

Selain air putih dan minuman manis, asupan makanan sehat lainnya juga perlu diperhatikan. Dengan begitu, puasa akan berjalan lancar dan kesehatan tubuh selalu terjaga. Ada banyak rekomendasi makanan sehat, baik untuk sahur atau berbuka yang bisa jadi rekomendasi Sedulur.

Selain itu, Sedulur juga harus tahu minuman yang dianjurkan tidak dikonsumsi selama bulan puasa. Pertama adalah air es, jika dikonsumsi dalam jumlah yang wajar, tidak ada salahnya. Namun jangan berlebihan. Air es sendiri dapat membuat pembuluh darah berkontraksi dan menyebabkan gangguan pencernaan.

Selain air es, ada juga kafein, terutama kopi dan minuman bersoda. Karena kafein dapat menimbulkan efek diuretik, yaitu efek yang bisa menyebabkan sering buang air kecil dan membuat kamu merasa cepat haus. Kafein juga bisa mengiritasi dinding lambung dan meningkatkan produksi asam lambung, sehingga konsumsi kafein tidak dianjurkan pada pengidap sakit maag.

Jika tetap ingin minum kafein, Sedulur harus mengimbangi dengan banyak minum air putih. Sedulur bisa minum kopi saat sahur dan 2 jam setelah berbuka puasa. Hal tersebut demi menjaga kesehatan lambung Sedulur.

BACA JUGA: 12 Daftar Merk Air Mineral pH Tinggi Terbaik yang Bikin Sehat

Ketentuan air yang layak dikonsumsi

Air Mineral Pirlo

Sedulur juga harus tahu bahwa tidak semua air putih atau air mineral aman dan layak dikonsumsi. Pemerintah Republik Indonesia, melalui Kementerian Kesehatan, menyampaikan bahwa ketentuan air yang layak dikonsumsi adalah sebagia berikut:

  • Tidak memiliki rasa
  • Tidak berbau dan berwarna
  • Tidak mengandung bakteri
  • Tidak mengandung bahan kimia melebihi batas yang diperbolehkan

Dan pastikan lagi air minum yang Anda konsumsi sudah terdaftar di BPOM dan telah memenuhi standar kesehatan guna mencegah berbagai penyakit akibat konsumsi air minum yang terkontaminasi.

Untuk mendapatkan air mineral dengan ketentuan tersebut, Sedulur tak perlu bingung. Sedulur bisa jatuhkan pilihan pada Air Mineral Pirlo! Air Mineral Pirlo merupakan air minum dalam kemasan yang memiliki kualitas dari air mineral murni yang menyegarkan. Air Mineral Pirlo cocok menjadi teman yang bisa dikonsumsi setiap hari. Kebutuhan cairan dalam tubuh dijamin akan terpenuhi selama ada Air Mineral Pirlo.

Selain itu, sebagai minuman kemasan yang memiliki kesegaran murni, Air Mineral Pirlo memiliki harga yang sangat terjangkau. Jadi kamu tak perlu khawatir untuk menambah stok Air Mineral Pirlo dimanapun dan kapanpun, karena dijamin tetap hemat.

Nah itulah tips minum air putih saat puasa yang bisa Sedulur praktikan setiap harinya. Kuncinya Sedulur harus memenuhi kebutuhan air putih 8 gelas setiap harinya. Semoga penjelasan di atas bisa mencegah Sedulur dehidrasi selama puasa dan membuat Sedulur tetap bugar dan segar menjalankan puasa.

Sedulur juga harus memperhatikan air putih yang dikonsumsi. Jangan ragu lagi, langsung saja pilih Air Mineral Pirlo sebagai teman sehari-hari Sedulur. Air mineral yang penuh kemurnian dan seteguk kesegaran, karena diambil dari mata air murni yang aman dikonsumsi. Yuk taklukkan tantangan sekarang juga dan #WaniPirlo!

Ingin tahu lebih banyak tentang Air Mineral Pirlo? Buka akun Instagram Air Mineral Pirlo sekarang juga. Kamu juga bisa mendapatkan Air Mineral Pirlo di SuperApp serta warung dan toko kelontong terdekat.