Fengshui kamar tidur

Fengshui merupakan salah satu ilmu tradisional dari Tiongkok yang mengatur tentang kehidupan manusia dengan elemen yang ada di sekitarnya. Metode ini sendiri cukup sering digunakan untuk mempersipkan sebuah rumah atau bangunan agar terciptanya sebuah keseimbangan energi. Banyak orang juga percaya, jika fengshui kamar tidur jadi salah satu kunci seseorang bisa mendapatkan kebahagian dan energi positif selama hidupnya.

Hal ini tidak lepas dari fungsi fengshui yang akan mengatur keseimbangan dan keselarasan seseorang sehingga bisa merasakan kedamaian dalam hidup. Mungkin terlihat sepele, tapi untuk Sedulur percaya tentu ini menjadi hal penting. Terutama bagi Sedulur yang sedang renovasi kamar atau mengubah dekorasinya. Jika kamu ingin menerapkan fengshui untuk kamar tidur, coba simak ulasan tentang pemilihan fengshui yang tepat untuk kamar tidur berikut ini.

BACA JUGA: 7 Tips Fengshui Aquarium Beserta Jenis Ikannya Agar Hoki

1. Hindari kasur sejajar dengan pintu

fengshui kamar tidur
iStock

Fengshui kamar tidur yang pertama agar mendapatkan kenyamanan istirahat di kamar yaitu menghindari kasur sejajar dengan pintu. Baik itu pintu masuk atau pintu keluar pada area balkon. Dalam fengshui, kamar yang sejajar dengan pintu dikenal dengan sebutan “peti mati”.

Hal tersebut karena posisi kasur yang sejajar dengan pintu diniali kuran baik karena dapat membuat kaki atau kepala sakit. Selain menjauhkan, Sedulur juga bisa mengusahakan agar kasur atau tempat tidur berada di bawah langit-langit kamar dengan posisi miring.

2. Letakkan tempat tidur jauh dari toilet

iStock

Fengshui kamar tidur yang kedua yaitu meletakkan tempat tidur jauh dari toilet. Hindari kasur menghadap pintu kamar mandi ata menjadikan dinding toilet sebagai sandaran tempat tidur. Karena kamar mandi mengandung energi negatif dalam fengshui maka dari itu harus dihindari.

Pastikan juga untuk pintu kamar mandi selalu tertutup agar energi negatif dalam kamar mandi tidak keluar dan masuk di area tidur.

3. Singkirkan furnitur gantung di atas kasur

fengshui kamar tidur
iStock

Singkirkan furnitur gantung di atas kasur. Dalam fengshui kamar tidur, tidak boleh ada furnitur seperti lampu gantung di atas kasur. Hal tersebut dapat membuat penghuninya berada di situasi yang tidak nyaman dan aman. Karena lampu gantung berpotensi untuk jatuh.

Maka dari itu, solusinya yaitu dengan memindahkan lampu ke area tengah kamar tujuannya agar pencahayaan lebih seimbang.

4. Pilih area belakang untuk kamar tidur

iStock

Dalam fengshui, Sedulur wajib memilih area belakang rumah untuk kamar tidur . Area belakang rumah juga merupakan lokasi paling strategis untuk beristirahat. Jauhkan dari pintu utama di bagian depan, ini juga untuk kenikmatan beristirahat yang lebih sunyi dan tenang.

5. Hindari tempat tidur di area aktif

fengshui kamar tidur
iStock

Di setiap rumah selalu terdapat area aktif seperti dapur, garasi, ruang keluarga dan ruang tamu. Bagi Sedulur yang memiliki rumah 2 lantai, sebaiknya untuk menempatkan area kamar di lantai dua. Hal tersebut bertujuan menjauhkan kamar di area aktif agar bisa puas beristirahat. Setidaknya hal tersebut disarankan dalam fengshui kamar tidur.

6. Buat ukuran kamar tidur yang pas

fengshui kamar tidur
iStock

Fengshui kamar tidur selanjutnya yaitu buah ukuran kamar tidur yang pas. Menurut fengshui, kamar tidur yang terlalu besat dipercaya akan membuat lelah saat bangun tidur. Ideallnya kamar tidur untuk dua orang yaitu berukuran 5-8 meter persegi. Sementara untuk satu orang berukuran 2-4 mter persegi

7. Tempatkan headboard berlawanan dengan pintu

iStock

Selanjutnya, dalam fengshui kamar tidur Sedulur bisa tempatkan headboard berlawanan dengan pintu. Letakkan hearboard kasur pada dinding pintu. Bukan tanpa alasan, suara pintu saat buka tutup dapat menciptakan getaran yang bisa mengganggu tidur dan istirahat Sedulur.

8. Hindari kasur membelakangi jendela

fengshui kamar tidur
iStock

Dalam fengshui kamar juga, Sedulur wajib menghindari kasur yang membelakangi jendela karena dapat memberikan energi negatif seperti suara bising, cahaya hingga gangguan dari serang yang berasal dari jendela dan bisa mengarah langsung kepada bagian tubuh kita yang sedang istirahat di kasur.

Tentu hal tersebut dapat menganggu waktu tidur Sedulur dan bukannya tubuh merasa segar dan bugar, namun malah sebaliknya.

9. Pindahkan perabot besar di samping kasur

iStock

Bagi Sedulur yang gemar membaca, meletakkan rak buku tepat di samping kasur akan terlihat menarik. Namun, fengshui kamar tidur tidak menganjurkan hal tersebut karena dapat memunculkan perasaan tertekan.

Maka Sedulur terlu ingat, jika ingin memasang meja di samping kasur pastikan ukurannya tidak lebih tinggi dari tempat tidur. Memindahkan perabot besar di samping kasur merupakan hal yang disarankan.

BACA JUGA: 14 Desain Kolam Ikan Mini di Teras Rumah Modern & Kekinian

10. Atur ketinggian dipan kasur

fengshui kamar tidur
iStock

Untuk menghemat ruangan di dalam kamar, Sedulur juga bisa memanfaatkan rak tambahan di bawah kasur. Namun hal ini sangat tidak dianjurkan dalam fengshui kamar. Karena keberadaan benda-benda di sekitar kasur dapat menganggu sirkulasi udara.

Sehingga dapat memberikan energi kurang baik. Sedulur juga bisa mengatur ketinggian dipan kasur agar bisa mendapatkan energi positif yang lebih banyak untuk istirahat.

11. Jauhkan dipan dari area kerja

iStock

Fengshui kamar tidur jga mengharuskan untuk menjauhkan dipan atau kasur tempat tidur dari area kerja. Ada yang nyaman bekerja atau belajar di kamar, selain lebih fokus juga lebih intim dalam mengerjakan kewajiban.

Namun hal tersebut sangat dilarang dalam fengshui, karena mencampurkan urusan pekerjaan dengan istirahat dan dapat meningkatkan stress. Hilangnya batas antara ruang kerja dan kamar tidur membuat mood menjadi buruk yang berdampak pada kualitas tidur.

12. Hindari cermin menghadap tempat tidur

fengshui kamar tidur
iStock

Dalam fengshui kamar tidur, hindari cermin menghadap ke tempat tidur. Pantulan langsung dari cermin yang menghadap kasur bisa membuat gelisah dan sulit tidur. Cermin di depan kasur juga dapat meningkatkan risiko perselingkungan pasangan karena menggandakan energi romansa.

Namun jika sudah terlancur dan sulit untuk dicabut cermin yang menghadap ke kasur atau dipan tempat tidur, Sedulur bisa memasang tirai atau menutupinya. Atau bisa dengan mengubah posisi kasur atau dpen tempat tidur agar tidak menghadap cermin.

13. Singkirkan ornamen berbau air

iStock

Dalam fengshui kamar tidur juga mengajarkan dan menganjur untuk tidak memasang ornamen berbau air di dalam kamar tidur. Misalnya tidak menaruh aquarium atau memasang lukisan berbau air di dalam kamar. Karena ornamen berbau air di dalam kamar bisa mengantarkan energi negatif.

Energi negatif dalam hal ini berkaitan dengan kerugian finansial yang akan dialami. Bisa saja Sedulur mengalami kesialan seperti kamar yang kemalingan atau juga kondisi buruk pekerjaan yang berdampak pada kondisi finansial Sedulur.

14. Masukkan unsur logam untuk kemurnian

fengshui kamar tidur
iStock

Dari pada menggunakan ornamen air, Sedulur lebih baik memasukkan unsur logam untuk kemurnian. Elemen logam pada fengshui menandakan kemurnian, efisiensi, ketepatan dan ketajaman. Maka dari itu, unsur logam dapat mengundang energi positif.

Sedulur bisa mencoba dengan meletakan beberapa dekorasi dari bahan logam berwarna silver seperti misalnya tempat tisu atau vas bunga atau juga merancang rak baju dari unsur logam agar dalam lebih besar merangsang energi positif.

15. Buang barang bekas tidak terpakai

iStock

Tujuan dari fengshui adalah keseimbangan, demi tercapai keseimbangan yang menjadi inti dari fengshui, maka di dalam kamar Sedulur wajib untuk membuat barang bekas yang sudah tidak terpakai. Jangan pernah memenuhi ruangan dengan barang yang sudah tidak terpakai.

Maka Sedulur disarankan untuk segera mengeluarkan barang-barang yang tidak terpakai agar kamar terasa lebih lega dan istirahat menjadi lebih optimal. Fengshui ini juga mengajarkan kita agar tetap menjaga kebersihan di dalam kamar demi terciptanya waktu istirahat yang optimal.

16. Simpan elemen kristal

fengshui kamar tidur
iStock

Selain menambahkan elemen atau unsur logam karena dapat memberikan energi positif, Sedulur juga bisa meletakkan elemen kristal. Karena elemen kristal dapat mendatangkan energi baik. Sedulur bisa memasang lampu dinding dengan elemen kristal untuk menarik energi kekuatan hidup.

Ketika cahaya dari pintu atau jendela masuk dan memantul ke kristal, energi kekuatan hidup otomatis akan ditarik masuk dan memberikan keharmonisan dalam kamar.

17. Gunakan warna alam pada kamar

iStock

Penting untuk memperhatikan warna dinding kamar. Sedulur bisa menggunakan warna alam pada kamar seperti elemen api dan tanah. Elemen api yang identik dengan merah berarti keberuntungan dan semangat. Sementara elemen tanah memiliki arti pemeliharaan dan setabilan.

Sedulur bisa memadukan dua warna dalam elemen alam tersebut dengan melakukan pemilihan dekorasi seperti tirai, kursi, karpet hingga sarung bantal. Selain memberika sugesti, warna juga dapat membantu istirahat lebih cepat dan lebih maksimal.

18. Hindari sudut tajam

fengshui kamar tidur
iStock

Usahakan untuk selalu menggunakan furnitur dengan garis lengkung atau bersudut tajam. Karena sudut tajam dalam furnitur kamari dianggap sebagai panah beracun yang mengarahkan energi positif untuk menjau dari kita sebagai pemilik kamar.

Bahkan akan selalu menciptakan suasana yang gelisah dan tidak nyaman berada di dalam kamar. Maka dari itu, untuk menghindari hal ini, Sedulur bisa mengindari sudut tajam dan menciptakan efek mengalir. Lalu hiasi sudut-sudut tajam dengan kain untuk mencegah energi panah beracun di dalam kamar.

19. Singkirkan benda yang menyerap banyak energi

iStock

Fengshui kamar tidur yang penting untuk diperhatikan yaitu dengan menyingkirkan benda yang menyerap banyak energi. Sedulur bisa mulai dengan menyingkirkan peralatan seperti TV, komputer dan benda-benda yang menyerap energi dan mengalihkan perhatian dari waktu istirahat di kamar.

Bahkan diusahakan untuk menyimpan banyak buku, buku-buku dapat mendorong Zen. Namun, jika buku-buku yang disimpan dapat mengalihkan perhatian dari waktu istirahat, buku pun dapat menjadi benda yang menyerap banyak energi. Maka perhatikan jumlah buku yang disimpan.

BACA JUGA: 12 Inspirasi Warna Cat Rumah Bagian Luar, Elegan & Menawan!

20. Pastikan kamar tidur tidak berantakan

fengshui kamar tidur
iStock

Kamar tidur yang berantakan terlihat sangat kacau dan tidak nyaman ditempati. Sesuatu yang berantakan juga identik dengan kekacauan. Kekacauan sendiri dapat menghalangi aliran bebas Chi.

Namun, jangan mencoba menyelesaikan masalah ini dengan menyembunyikan semuanya di bawah tempat tidur, karena ini hanya akan menghalangi energi dan akan menyebabkan stagnasi dalam hidup. Lihat benda-benda yang disimpan di kamar tidur dan singkirkan yang berantakan.

Terutama, singkirkan semua benda dengan elemen yang berhubungan dengan pekerjaan dan setiap hal yang berhubungan dengan kenangan masa lalu yang seharusnya dilupakan. Seperti benda-benda yang merupakan hadiah dan berkaitan dengan hubungan masa lalu.

Nah itulah penjelasan terkait fengshui kamar tidur yang bisa Sedulur terapkan di kamar Sedulur untuk menciptakan keseimbangan dan menjadikan waktu tidur Sedulur lebih berkualitas dan juga dapat mendatangkan hoki bagi Sedulur. Selamat mencoba, semoga dapat memberikan perubahan, ya!