tiket pesawat lebaran

Lebaran akan segera tiba dalam hitungan hari. Jangankan dalam waktu sedekat itu, pemesanan tiket oleh para pemudik bahkan sudah dilakukan dari jauh-jauh hari. Setelah pembatasan sosial dilakukan, tahun ini pemudik kemari melonjak lebih dari biasanya. Hal ini juga terjadi karena momen lebaran yang hanya setahun sekali. 

Jika Sedulur belum membeli tiket pesawat, berikut ini adalah beberapa tips membeli tiket pesawat saat lebaran yang bisa Sedulur praktikan.

BACA JUGA: Penting! Ini 12 Persiapan Mudik Naik Mobil agar Aman dan Nyaman

1. Membuat perencanaan keuangan

tips membeli tiket pesawat saat lebaran
iStock

Membuat perencanaan keuangan dari jauh-jauh hari adalah tindakan pertama yang harus kita lakukan saat akan melakukan perjalanan. Buatlah rincian yang terdiri atas kisaran harga tiket pesawat, transportasi dari rumah sampai kembali lagi ke rumah, anggaran untuk kegiatan, makan, dan dana darurat di perjalanan.

Dengan membuat perencanaan keuangan, Sedulur bisa berlanjut kepada tahap selanjutnya dengan perencanaan keuangan sebagai pegangannya. Selain itu, tips membeli tiket pesawat saat lebaran yang pertama ini juga dapat mencegah ketidaksesuaian budget dan bisa mengontrol pengeluaran serta kegiatan yang nanti akan dilakukan selama mudik.

Seperti yang Sedulur alami sendiri, saat mudik pasti pengeluaran mengalami pembengkakan. Entah anggaran untuk biaya perjalanan, atau anggaran untuk membagi THR dan angpao lebaran. Sehingga penting untuk melakukan perencanaan anggaran di tahap paling awal.

2. Memilih tiket dari jauh hari

tips membeli tiket pesawat saat lebaran
iStock

Setelah membuat perencanaan keuangan, segera survei harga tiket dan putuskan tanggal mudik. Keputusan itu nantinya akan berpengaruh pada pengambilan keputusan terkait permintaan cuti jika bekerja, terhadap uang yang akan dikeluarkan, dan lainnya.

Membeli tiket pesawat, semakin dekat dengan waktu keberangkatan maka harga tiket akan semakin mahal. Sebaliknya, jika Sedulur membeli tiket jauh dari waktu keberangkatan biasanya memiliki harga yang murah.

Maka dari itu, penting bagi Sedulur untuk menentukan waktu mudik dari jauh-jauh hari. Jika perlu, Sedulur habiskan jatah waktu cuti tahunan agar memiliki waktu yang leluasa untuk menentukan keberangkatan, sehingga bisa mendapatkan tiket dengan harga yang murah.

3. Menggunakan rute alternatif

tips membeli tiket pesawat saat lebaran
iStock

Nah, sebelum benar-benar membeli tiket, survei selanjutnya adalah terkait penggunaan rute alternatif. Pastikan untuk membuat alur perjalanan secara rinci. Misalnya, kita akan berangkat kapan, menggunakan kendaraan apa, dan kemana. Berikutnya akan dilanjutkan ke mana, dan begitu seterusnya.

Cari rute alternatif agar opsi yang dimiliki lebih banyak. Saat sudah mendapatkan rute alternatif, pilihlah rute yang paling efisien. Namun rute lain yang kita jadikan opsi nanti akan berguna sebagai alternatif apabila rute yang sudah dipilih menemui kendala. Biasanya, permasalahan mudik yang harus dihindari sehingga kita memutuskan menggunakan alternatif adalah disebabkan oleh macet.

Rute alternatif juga penting dipikirkan dari rumah ke bandara. Di musim mudik, jalanan akan cenderung macet, terutama jika telah dekat dengan waktu lebaran. Rute dari rumah menuju bandara juga penting untuk Sedulur pikirkan.

4. Memilih aplikasi yang nyaman digunakan

tips membeli tiket pesawat saat lebaran
iStock

Tips membeli tiket pesawat saat lebaran berikutnya terletak pada pemilihan aplikasi. Membeli tiket tak perlu lagi harus ke bandara atau mengunjungi travel. Kini telah tersedia berbagai aplikasi yang memfasilitasi pembelian tiket pesawat. Namun, kita juga harus pintar-pintar memilih aplikasi.

Carilah aplikasi yang menurut Sedulur paling nyaman digunakan. Baca ketentuan-ketentuan, syarat pembelian tiket, pengembalian tiket, dan keterangan lain apabila terjadi masalah pada perjalanan. Bandingkan dan putuskan untuk memilih aplikasi yang paling membuat Sedulur nyaman.

Agar bisa mendapatkan tiket dengan harga murah, tentu Sedulur cari dan pilih aplikasi yang memberikan diskon dan harga promo. tentu setiap aplikasi memiliki penawaran yang berbeda-beda.

5. Mencari promo terbaik

tips membeli tiket pesawat saat lebaran
iStock

Berlanjut dari tips membeli tiket pesawat saat lebaran pada poin sebelumnya, promo terbaik juga salah satu yang wajib dipertimbangkan. Baca dengan teliti promo yang ditawarkan oleh travel daring.  Selain itu, biasanya, aplikasi atau agen travel online selalu bekerja sama dengan beberapa bank dan memberikan tambahan potongan harga, maupun cicilan 0%.

Di Indonesia, ada banyak agen travel online yang aman dan selalu memberikan harga tiket pesawat murah. Tips ini juga berkaitan dengan tips sebelumnya dengan membeli tiket dari jauh-jauh hari. Semakin jauh pembelian tiket dari keberangkatan, akan mempengaruhi harga promo itu sendiri.

6. Memilih maskapai yang tepat

tips membeli tiket pesawat saat lebaran
iStock

Saat memilih tiket, maskapai juga menjadi salah satu yang wajib Sedulur pertimbangkan. Selain memengaruhi harga tiket, tiap maskapai juga memiliki peraturan yang berbeda. Sedulur bisa mendapatkan tarif murah pada maskapai low-cost carrier (LCC) jika membeli tiket di awal waktu.

Sedangkan ketika mendekati hari raya, harga tiket penerbangan LCC cenderung lebih mahal. Beberapa maskapai LCC di Indonesia, diantaranya adalah Lion Air, Citilink, NAM Air dan Indonesia AirAsia. Beberapa rekomendasi maskapai tersebut bisa jadi rekomendasi Sedulur saat membeli tiket.

Tentu saja, jangan sembarangan memilih maskapai yang murah, namun perhatikan juga fasilitas, keamanan dan kenyamanan yang diberikan oleh maskapai.

7. Gunakan fitur perbandingan harga tiket

iStock

Terdapat fitur perbandingan harga tiket pada berbagai situs travel online. Jadi, tips membeli tiket pesawat saat lebaran yang tidak boleh Sedulur lewatkan berikutnya adalah fitur ini. Pastikan untuk memeriksa tarif dari maskapai penerbangan lain.

Bandingkan karena setiap maskapai kemungkinan besar memiliki harga yang berbeda. Sedulur tentu saja bisa memilih maskapai yang memberikan harga jauh lebih murah dan masuk budget Sedulur. 

8. Melakukan pemesanan tiket di malam hari

iStock

Sebagian besar penumpang pesawat kini telah melakukan pemesanan tiket secara online. Menurut survei, separuh dari jumlah tersebut seringkali memesan tiket dari pagi hingga menjelang malam. Hanya sebagian kecil yang memesan tiket pada malam hari, terutama tengah malam.

Kesempatan seperti ini bisa Sedulur manfaatkan untuk mendapatkan tiket murah. Biasanya, promo tiket akan mulai muncul pada pukul 23.00. Umumnya, maskapai low-cost carrier (LCC) membuka penjualan promo tiket. Untuk mencegah keterlambatan, Sedulur bisa gunakan bantuan alarm agar jadwal promo tidak terlewat.

9. Bergabung dalam program loyalitas

iStock

Program loyalitas merupakan program penumpang setia yang ditawarkan oleh maskapai penerbangan. Istilah lainnya adalah Frequent Flyer. Biasanya, anggota program ini mendapatkan harga khusus. Selain itu, mereka pula yang akan terlebih dahulu mendapatkan informasi terkait penawaran khusus atau diskon tiket pesawat.

Tak cukup sampai di sana, dalam program ini juga setiap kali penumpang melakukan penerbangan, maka mereka akan mendapatkan poin atau miles yang dapat ditukarkan dengan keuntungan lain. Keuntungan itu diantaranya tiket gratis, upgrade kelas, akses ke lounge bandara, dan keuntungan lainnya.

10. Gunakan mode invisible

iStock

Harga tiket yang mahal ternyata salah satunya disebabkan oleh cookie pada browser. Hal itu membuat kita yang terdeteksi sebagai pelanggan harus segera membelinya. Ketika kita mengecek tiket, harga tiket akan selalu lebih mahal daripada saat kita pertama melihatnya.

Maka dari itu, disarankan agar kita menggunakan mode invisible atau incognito (private browsing). Caranya, klik kanan pada logo chrome, lalu pilih New Incognito Window. Cara lainnya adalah menggunakan Chrome; Cmd (ctrl) + Shift + N, Mozilla Firefox; Cmd (ctrl) + Shift + P, Safari; Cmd + Shift + N.

BACA JUGA: 17 Tips Meninggalkan Rumah Saat Mudik, Dijamin Aman!

11. Berlangganan newsletter

iStock

Tips membeli tiket pesawat saat lebaran berikutnya adalah dengan membuat akun di setiap situs maskapai penerbangan. Daftarkan email Sedulur untuk mendapat Newsletter pada setiap maskapai. 

Beberapa maskapai saat ini menggunakan email marketing sebagai salah satu media promosi. Di sana, mereka kan memberikan informasi terkait promo atau produk paket baru kepada Sedulur. Namun tentu saja Sedulur juga harus siap-siap menerima banyak email karena akan banyak yang masuk. Maka, hal yang diperlukan adalah mengecek email yang masuk secara berkala.

12. Memilih penerbangan dini

iStock

Bukan hanya pemilihan waktu membeli tiket yang dianjurkan dilakukan pada malam hari. Dalam hal ini, penerbangan dini hari juga memiliki kesempatan harga murah yang lebih besar. Hal itu dikarenakan sebagian besar pemudik lebih menyukai penerbangan pada siang atau sore hari. 

Perlu diketahui bahwa beberapa maskapai seringkali memberangkatkan pesawatnya jelang dini hari. Karena jumlah penumpang dan peminat penerbangan di waktu tersebut sangat sedikit, maka mereka menjualnya dengan harga murah. Jadi, ini lah yang membuka kesempatan bagi Sedulur yang ingin harga tiket murah, yakni dengan mencari penerbangan malam.

Demikian, Sedulur, tips membeli tiket pesawat saat lebaran. Jika tiket sudah di tangan, langkah berikutnya adalah mempersiapkan semua kebutuhan mudik. Semoga tips di atas bisa membantu meringankan beban Sedulur yang hendak melakukan perjalanan mudik, ya.