tempat jogging di surabaya

Jogging track merupakan tempat yang sering dicari terkhusus mereka yang gemar olahraga berlari. Jadi tidak heran jika ada banyak tempat jogging di Surabaya yang dapat ditemukan. Mulai dari jalan, taman kota, hingga lapangan khusus bisa dipilih sebagai tempat lari pagi, siang, ataupun sore hari.

Aktivitas jogging sendiri memang tidak hanya menyehatkan, namun juga terasa mengasyikkan. Apalagi jika dilakukan bersama dengan teman-teman maupun keluarga, Sedulur bisa sekaligus bercengkerama dan juga berkumpul bersama mereka.

Nah, bagi Sedulur yang sedang mencari tempat jogging di Surabaya, di bawah ini akan diberikan rekomendasinya. Namun sebelum itu, ada baiknya jika Sedulur mengetahui alasan memilih tempat jogging dan juga beberapa tips dalam memilih tempat jogging yang tepat.

BACA JUGA: 12 Inspirasi Outfit Jogging Hijab, Tetap Stylish Saat Olahraga

Mengapa Harus Memilih Tempat Jogging yang Tepat?

tips olahraga saat puasa

Pemilihan tempat jogging juga tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Hal ini sangat penting karena secara langsung mempengaruhi keselamatan, kenyamanan, dan kualitas latihan. Tempat yang aman dan sesuai dapat membantu menghindari risiko kecelakaan.

Jogging di jalur yang bebas dari lalu lintas dan rintangan mengurangi kemungkinan cedera seperti keseleo atau terkilir. Selain itu, lingkungan yang aman dari kejahatan atau gangguan lainnya membuat Sedulur lebih tenang dan fokus pada latihan, terutama jika jogging sendirian atau pada jam-jam tertentu.

Kenyamanan juga menjadi faktor penting dalam memilih tempat jogging. Tempat yang tidak terlalu ramai memungkinkan Sedulur untuk berolahraga dengan lebih leluasa tanpa harus sering berhenti atau mengubah jalur untuk menghindari orang lain.

Bahkan, secara tidak langsung memilih tempat jogging yang tepat juga berpengaruh pada kesehatan mental, lho! Jadi pemilihan tempat jogging sendiri harus benar-benar diperhatikan, jika ingin mendapatkan manfaat dan juga pengalaman yang maksimal.

Tips Memilih Tempat Jogging yang Tepat

Jika Sedulur sudah paham mengapa harus memilih tempat jogging yang tepat, maka berikut ini akan diberikan beberapa tips yang dapat membantu memilih lokasi jogging yang paling ideal.

  • Keamanan

Pastikan jalur jogging dalam kondisi baik, bebas dari lubang atau rintangan yang bisa menyebabkan cedera. Pilih tempat yang memiliki reputasi aman dan memiliki pencahayaan yang baik, terutama jika Sedulur berencana jogging di pagi hari atau malam hari.

  • Kenyamanan

Tempat dengan fasilitas seperti toilet umum, tempat istirahat, dan air minum akan membuat sesi jogging lebih nyaman. Selain itu, pilih tempat yang tidak terlalu ramai untuk menghindari gangguan dan memungkinkan Sedulur jogging dengan lebih leluasa.

  • Lokasi berkualitas udara baik

Tempat yang memiliki banyak pohon dan vegetasi biasanya menawarkan udara yang lebih segar dan sejuk, memberikan pengalaman jogging yang lebih menyenangkan. Hindari tempat yang dekat dengan sumber polusi seperti jalan raya atau pabrik.

  • Aksesibilitas

Pilih tempat yang mudah dijangkau untuk menghemat waktu dan memastikan Sedulur lebih konsisten dalam berolahraga. Jika tempat jogging jauh, pastikan ada akses transportasi yang mudah dan aman untuk mencapainya.

  • Cari yang bisa memberikan motivasi lebih

Pilih lokasi yang menawarkan pemandangan indah atau variasi rute untuk menghindari kebosanan dan meningkatkan motivasi. Tempat yang sering digunakan oleh komunitas jogging bisa memberikan Sedulur kesempatan untuk bertemu dengan orang-orang yang memiliki minat yang sama.

  • Pertimbangkan cuaca

Untuk menghindari paparan langsung matahari yang terlalu terik atau hujan, pilih tempat yang memiliki area tertutup atau banyak pepohonan. Periksa juga perkiraan cuaca sebelum pergi untuk memastikan kondisi cuaca mendukung aktivitas jogging yang dilakukan.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Tempat Olahraga di Surabaya

Rekomendasi Tempat Jogging di Surabaya

Nah, bagi Sedulur yang bertempat tinggal di Surabaya atau sedang berkunjung ke Kota Pahlawan dan ingin jogging, tidak usah bingung. Ada banyak tempat jogging di Surabaya yang memenuhi kriteria sebagai tempat jogging ideal, sebagai berikut ini!

1. Alun-Alun Surabaya

tempat jogging di surabaya
Unsplash/Jack Atkinson

Rekomendasi tempat jogging di Surabaya yang pertama adalah Alun-Alun Surabaya. Alun-Alun Surabaya sendiri merupakan ruang terbuka hijau di pusat kota yang sering dijadikan sebagai tempat berkumpulnya masyarakat untuk berbagai kegiatan rekreasi dan olahraga.

Tempat yang satu ini dilengkapi dengan jalur jogging, taman, dan area bermain anak-anak. Lokasinya yang strategis di pusat kota, membuatnya mudah diakses dari berbagai penjuru Surabaya. Lingkungan di sini juga bersih dan terawat.

Selain itu, tempat ini juga selalu ramai dan aman karena selalu ada banyak pengunjung, terutama di pagi dan sore hari. Jadi memang sangat cocok dijadikan sebagai tempat untuk jogging.

  • Alamat: Jalan Gubernur Suryo No.15, Embong Kaliasin, Kecamatan Genteng, Surabaya, Jawa Timur
  • Jam buka: Setiap hari 24 jam

2. Taman Bungkul

Taman Bungkul merupakan salah satu taman kota terbesar dan terpopuler di Surabaya. Taman ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas rekreasi dan olahraga yang menjadikannya tempat favorit untuk jogging dan beraktivitas fisik lainnya.

Terkenal dengan kebersihan dan keindahan tamannya, banyak orang yang sering menjadikan taman ini lokasi untuk olahraga, terutama jogging. Apalagi dengan adanya banyak pohon dan tanaman yang ada di sekitar, memberikan suasana yang terasa sejuk dan nyaman untuk aktivitas lari santai.

Menariknya, sering diadakan acara komunitas dan kegiatan sosial di Taman Bungkul. Jika Sedulur beruntung, maka bisa olahraga sekaligus menikmati acara khusus.

  • Alamat: Jalan Taman Bungkul, Darmo, Kecamatan Wonokromo, Surabaya, Jawa Timur
  • Jam buka: Setiap hari 24 jam

3. Masjid Nasional Al-Akbar

Tidak hanya dikenal sebagai tempat ibadah, Masjid Nasional Al-Akbar juga sering dijadikan sebagai tempat untuk rekreasi karena memiliki lingkungan yang asri dan juga luas. Bahkan, area sekitar masjid sering digunakan oleh masyarakat untuk jogging dan aktivitas olahraga lainnya.

Ya, area pelataran Masjid yang luas dan terbuka, membuatnya sangat cocok untuk jogging dan berbagai aktivitas fisik lainnya. Jadi jangan ragu jika Sedulur melihat banyak orang olahraga di sekitar lingkungan masjid, terutama di pagi dan sore hari.

Suasana yang tenang dan nyaman, membuat banyak orang memilihnya sebagai tempat jogging di Surabaya. Selain itu, lokasinya aman dengan pengawasan keamanan dari pihak pengurus masjid.

  • Alamat: Jalan Masjid Al-Akbar Timur No.1, Pagesangan, Kecamatan Jambangan, Surabaya, Jawa Timur
  • Jam buka: Setiap hari 24 jam

4. Taman Harmoni Keputih

Taman Harmoni Keputih adalah taman yang luas dan hijau, dulunya merupakan tempat pembuangan akhir (TPA) yang diubah menjadi taman kota. Taman ini menawarkan suasana yang asri dan tenang, cocok untuk jogging dan rekreasi keluarga.

Ketika Sedulur berkunjung ke sini, maka bisa menikmati lingkungan yang asri dengan banyak pohon dan bunga. Area yang luas sehingga tidak terlalu padat dengan pengunjung. Udara segar dan pemandangan yang indah juga menjadi keunggulannya.

Ya, pokoknya Taman Harmoni Keputih menjadi salah satu tempat jogging di Surabaya yang wajib untuk Sedulur kunjungi bersama keluarga atau teman-teman.

  • Alamat: Jalan Keputih Tegal Tim. II No.249, Keputih, Kecamatan Sukolilo, Surabaya, Jawa Timur
  • Jam buka: Setiap hari, 06.00 WIB – 18.00 WIB

5. Taman Cahaya

Taman Cahaya adalah salah satu taman baru di Surabaya yang dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas modern. Tempat yang satu ini menawarkan lingkungan yang nyaman untuk jogging dan berbagai aktivitas rekreasi lainnya.

Bisa dibilang jika desain taman ini modern dan estetis, dan banyak area hijau serta tempat untuk bersantai. Bahkan tempat ini memiliki pencahayaan yang baik di malam hari, memungkinkan aktivitas jogging yang tetap nyaman di malam hari.

Jadi bagi Sedulur yang hanya punya waktu di malam hari untuk melakukan aktivitas jogging, maka bisa memilih Taman Cahaya.

  • Alamat: Jalan, Kec Pakal, Surabaya, Jawa TImur
  • Jam buka: Setiap hari, 06.00 WIB – 21.00 WIB

6. Lapangan THOR

alun-alun situbondo
Unsplash/Alex McCarthy

Rekomendasi tempat jogging di Surabaya yang berikutnya adalah Lapangan THOR. Ini adalah sebuah stadion tua yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk berbagai jenis olahraga, termasuk juga dengan olahraga lari alias jogging.

Selain fasilitas olahraga yang lengkap dan terbilang profesional, tempat ini juga selalu ramai oleh pengunjung dan komunitas olahraga. Ya, secara tidak langsung hal ini mampu memberikan motivasi tambahan bagi para pengunjung.

Bahkan, lingkungan di sini benar-benar mendukung aktivitas olahraga dengan serius. Jadi tidak heran jika tempat ini sering digunakan untuk latihan atlet dan acara olahraga.

  • Alamat: Jalan Patmosusastro, Darmo, Kecamatan Wonokromo, Surabaya, Jawa Timur
  • Jam buka: Setiap hari, 05.00 WIB – 20.00 WIB

7. Lapangan KONI Jatim

Lapangan KONI Jatim merupakan fasilitas olahraga yang dikelola oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia Jawa Timur. Tempat yang satu ini memang sering digunakan oleh masyarakat untuk berbagai kegiatan olahraga, termasuk jogging.

Di sini, tersedia jalur jogging yang luas dan tentu saja terawat. Selain itu, tersedia pula lapangan olahraga untuk sepak bola, bulu tangkis, dan olahraga lainnya, fasilitas kebugaran seperti gym dan pusat pelatihan, foilet dan ruang ganti, hingga area parkir yang luas.

Fasilitas yang lengkap, lingkungan yang aman dan terawat, dan juga tempat yang sering digunakan oleh atlet dan komunitas olahraga, membuat banyak orang memilihnya sebagai lokasi jogging.

  • Alamat: Jalan Raya Kertajaya Indah No.4, RT.001/RW.09, Manyar Sabrangan, Kecamatan Mulyorejo, Surabaya, Jawa Timur
  • Jam buka: Setiap hari, 04.30 WIB – 18.00 WIB

8. Kebun Binatang Surabaya

Kebun Binatang Surabaya (KBS) merupakan salah satu kebun binatang tertua di Indonesia, yang juga berfungsi sebagai tempat rekreasi yang menarik. Selain menikmati keanekaragaman fauna, pengunjung juga dapat memanfaatkan jalur di sekitar kebun binatang untuk jogging.

Kombinasi antara olahraga dan rekreasi, memungkinkan Sedulur untuk jogging sambil menikmati pemandangan satwa. Suasana yang segar dengan banyak pohon dan vegetasi, juga membuat aktivitas jogging terasa menyenangkan.

Ya, tempat ini benar-benar cocok untuk jogging bersama keluarga, terutama anak-anak yang bisa sekaligus belajar tentang satwa.

  • Alamat: Jalan Setail No.1, Darmo, Kecamatan Wonokromo, Surabaya, Jawa Timur
  • Jam buka: Setiap hari 08.00 WIB – 16.00 WIB

9. Kawasan Basuki Rahmat

Selanjutnya adalah Kawasan Basuki Rahmat, satu jalan utama di Surabaya yang juga dikenal sebagai pusat bisnis dan komersial. Di sepanjang jalan ini, terdapat trotoar yang lebar dan terawat, yang sering digunakan oleh warga untuk jogging dan jalan santai.

Lokasi yang strategis di pusat kota serta suasana yang hidup dan dinamis di pagi dan sore hari, membuat tempat ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat jogging di Surabaya yang sangat menarik. Jangan ragu untuk datang ke sini untuk lari santai.

Tidak hanya itu, jogging di sini juga dapat digabungkan dengan kegiatan lain seperti belanja maupun makan di kafe.

  • Alamat: Kawasan Basuki Rahmat Jalan Basuki Rahmat, Kecamatan Genteng, Surabaya, Jawa Timur
  • Jam buka: Setiap hari 24 jam

10. UNESA Ketintang

Kampus UNESA Ketintang memiliki fasilitas olahraga yang lengkap, termasuk lapangan luas dan jalur jogging yang terawat. Lingkungan kampus yang tenang dan aman memberikan suasana yang kondusif untuk kegiatan jogging.

Seperti yang telah diketahui, kampus biasanya memiliki sistem keamanan yang baik, sehingga jogging di area ini relatif aman. Selain itu, ada banyak pohon dan area hijau yang memberikan udara segar dan juga suasana yang sangat sejuk.

Karena terletak di pusat kota, tempat jogging di Surabaya yang satu ini bisa dibilang cukup mudah dijangkau dari berbagai penjuru Kota Surabaya.

  • Alamat: Jalan Ketintang, Ketintang, Kecamatan Gayungan, Surabaya, Jawa Timur
  • Jam buka: Senin – Sabtu, 08.00 WIB – 16.00 WIB

BACA JUGA: 11+ Olahraga Mengecilkan Perut dan Paha

11. Tugu Pahlawan Surabaya

Unsplash/Gary Butterfield

Berjogging di area Tugu Pahlawan memberikan pengalaman berbeda dengan suasana historis yang kaya akan nilai sejarah perjuangan bangsa. Area di sekitar Tugu Pahlawan juga merupakan ruang terbuka yang luas, sangat ideal untuk aktivitas jogging.

Monumen Tugu Pahlawan dan taman sekitarnya juga memiliki pemandangan yang ikonik dan menarik. Jadi tidak heran jika di tempat yang satu ini sering diadakan kegiatan komunitas yang tentu saja dapat menambah semangat ketika berolahraga.

Tidak usah khawatir, di sekitar lokasi tersedia fasilitas seperti toilet umum, tempat duduk, dan warung makanan. Jadi Sedulur tidak perlu bingung ketika lapar, lelah, maupun ingin buang air.

  • Alamat: Jalan Pahlawan, Alun-alun Contong, Kecamatan Bubutan, Surabaya, Jawa Timur
  • Jam buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 15.00 WIB

12. Taman Flora Bratang

Taman Flora Bratang dipenuhi dengan berbagai jenis tanaman dan bunga yang memberikan suasana sejuk dan segar. Selain itu, taman yang satu ini juga memiliki jalur jogging yang terawat dengan baik, membuat aktivitas berlari lebih nyaman.

Bahkan, Taman Flora Bratang telah dilengkapi dengan fasilitas seperti area bermain anak, tempat duduk, toilet, dan kios makanan. Ada banyak pohon besar yang memberikan keteduhan, sehingga sangat cocok untuk jogging di pagi atau sore hari.

Ya, suasana taman yang santai dan damai membuat jogging di sini juga terasa seperti rekreasi. Jadi Sedulur tidak perlu ragu untuk menjadikannya sebagai tempat jogging di Surabaya yang terbaik.

  • Alamat: Jalan Bratang Binangun, Baratajaya, Kecamatan Gubeng, Surabaya, Jawa Timur
  • Jam buka: Setiap hari 24 jam

13. Taman Apsari

Taman Apsari menawarkan lingkungan hijau yang luas dengan pepohonan yang rindang, menciptakan suasana yang segar dan menyenangkan untuk berolahraga. Taman ini juga telah dilengkapi dengan jalur jogging yang luas dan terawat.

Dengan begitu, maka mampu memberikan ruang yang cukup untuk berlari dengan aman dan nyaman. Terdapat juga fasilitas umum seperti toilet, tempat istirahat, dan area bermain anak, yang membuat pengalaman jogging menjadi lebih lengkap dan nyaman.

Ya, tidak heran jika Taman Apsari menjadi salah satu tempat jogging di Surabaya yang sering dikunjungi masyarakat sekitar maupun wisatawan dari luar daerah.

  • Alamat: Embong Kaliasin, Kecamatan Genteng, Surabaya, Jawa Timur
  • Jam buka: Setiap hari 24 jam

14. Gelora Bung Tomo

tempat jogging di surabaya
Unsplash/Derek Owens

Gelora Bung Tomo merupakan stadion nasional yang dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas, termasuk lapangan sepak bola, lapangan atletik, dan lain sebagainya. Hal ini memungkinkan Sedulur untuk melakukan berbagai jenis latihan dan aktivitas fisik.

Tentu saja kompleks stadion ini juga memiliki jalur jogging yang luas dan terpisah dari area olahraga lainnya, memberikan ruang yang cukup untuk berlari tanpa terganggu. Terletak di pusat kota Surabaya, Gelora Bung Tomo mudah diakses.

Banyak yang menjadikannya sebagai tempat berkumpul dengan komunitas olahraga, teman-teman, maupun keluarga.

  • Alamat: Benowo, Kecamatan Pakal, Surabaya, Jawa Timur
  • Jam buka: Setiap hari, 06.00 WIB – 17.00 WIB

15. Taman Sejarah Surabaya

Taman Sejarah Surabaya merupakan tempat yang sarat dengan nilai sejarah dan budaya. Berolahraga di sekitar taman ini memberikan pengalaman yang unik, di mana Sedulur dapat merasakan atmosfer sejarah yang kental.

Taman yang satu ini dilengkapi dengan monumen dan bangunan bersejarah yang indah, menciptakan latar belakang yang menarik saat Sedulur berolahraga jogging. Tempat jogging di Surabaya ini juga dijaga dengan baik dan memiliki fasilitas umum yang lengkap.

Dengan begitu, maka Sedulur dan keluarga atau teman-teman dapat menjalankan aktivitas olahraga dengan aman dan nyaman.

  • Alamat: Jalan Taman Jayengrono No.2-4, Krembangan Sel., Kecamatan Krembangan, Surabaya, Jawa Timur
  • Jam buka: Setiap hari 24 jam

16. Lapangan Bogowonto

Lapangan Bogowonto menawarkan lingkungan terbuka yang luas dengan pemandangan yang hijau, membuatnya menjadi tempat yang ideal untuk berolahraga terutama bagi mereka yang menyukai ruang terbuka. Lapangan ini memiliki jalur jogging yang luas dan datar.

Bentuk dari lapangan tersebut memberikan kesempatan bagi pelari untuk berlari tanpa hambatan dan menghindari kebosanan. Selain itu, salah satu tempat jogging di Surabaya ini juga berada di lokasi yang mudah diakses di pusat kota Surabaya.

Jadi lapangan yang satu ini mudah dicapai oleh para pelari dari berbagai wilayah di Surabaya, termasuk Sedulur yang merupakan wisatawan dari luar daerah.

  • Alamat: Jalan Bogowonto No.30, Darmo, Kecamatan Wonokromo, Surabaya, Jawa Timur
  • Jam buka: Setiap hari, 06.00 WIB – 22.00 WIB

17. Lapangan Kodam

Lapangan Kodam adalah rekomendasi tempat jogging di Surabaya yang terakhir. Lapangan ini memiliki fasilitas olahraga yang lengkap, misalnya saja seperti lapangan sepak bola, lapangan voli, dan lapangan bulu tangkis. Banyaknya fasilitas, memberikan berbagai pilihan aktivitas olahraga selain jogging.

Lapangan Kodam juga menyediakan jalur jogging yang terpisah dari area olahraga lainnya. Hal ini pastinya memungkinkan para pelari untuk bisa berlari alias jogging tanpa harus menghindari orang-orang atau kendaraan yang datang di tempat jogging di Surabaya ini.

Sebagai area militer, Lapangan Kodam juga selalu dijaga dengan baik. Jadi keamanan bagi para pelari dan pengunjung lain lapangan tidak perlu diragukan lagi.

  • Alamat: Jalan Kesatriyan No.38 A, Gn. Sari, Kecamatan Dukuhpakis, Surabaya, Jawa Timur
  • Jam buka: Setiap hari 24 jam

Dengan kombinasi lingkungan yang bersih, fasilitas yang lengkap, dan juga aksesibilitas yang baik, tempat-tempat di atas sangat cocok dijadikan sebagai pilihan terbaik untuk berolahraga di Surabaya.

Selain itu, beberapa tempat jogging di Surabaya tersebut juga menyajikan pemandangan yang menarik. Sudah pasti hal ini akan menjadikan pengalaman jogging di tempat-tempat ini terasa jauh lebih menyenangkan dan juga bermanfaat.

Oia, Sedulur bisa membawa Air Minum Pirlo yang cocok banget untuk menjadi teman berolahraga. Rasanya yang segar, tentu akan mengembalikan energi yang hilang setelah berolahraga.

Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat berolahraga!