tempat jogging di malang

Jogging merupakan salah satu olahraga yang paling mudah untuk dilakukan. Bagi Sedulur yang bertempat tinggal di Malang, sepertinya harus lebih bersyukur. Pasalnya ada banyak sekali spot atau tempat jogging di Malang yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Malang sendiri dikenal dengan udaranya yang sejuk dan pemandangannya yang asri, membuatnya ideal untuk olahraga jogging. Berbagai taman dan ruang terbuka hijau di kota ini menawarkan jalur-jalur jogging yang menarik untuk dinikmati oleh penduduk setempat maupun wisatawan.

Banyaknya pilihan tempat di Malang, juga membuat Sedulur tidak bosan untuk melakukan olahraga ini tiap hari. Nah, berikut ini ada sederet rekomendasi tempat jogging yang populer di Malang.

BACA JUGA: 5 Rekomendasi Lapangan Tenis di Surabaya

1. Lapangan Rampal

tempat jogging di malang
Unsplash/Sporlab

Rekomendasi tempat jogging di Malang yang pertama adalah Lapangan Rampal. Terletak di pusat kota Malang, Lapangan Rampal adalah area terbuka yang luas dan sering digunakan untuk berbagai aktivitas olahraga, termasuk jogging.

Lapangan ini juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas seperti jalur jogging, calisthenic, alat fitness, lapangan tenis, lapangan basket, tempat makan, trek lari, hingga kolam renang umum.

  • Alamat: Jalan Panglima Sudirman No.64, Kesatrian, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur
  • Jam buka: Setiap hari, 24 jam

2. Car Free Day Ijen

Menghabiskan minggu pagi dengan jogging adalah sesuatu yang seru pastinya. Sedulur bisa melakukannya di Car Free Day Ijen. Setiap Minggu pagi, jalan-jalan utama di sekitar Kawasan Ijen di Malang ditutup untuk lalu lintas kendaraan bermotor.

Hal itu membuatnya menjadi tempat yang nyaman untuk berjalan dan jogging. Selain jogging, Sedulur juga bisa menemukan banyak penjual di kawasan ini.

  • Alamat: Jalan Sumber Kembar No.63, Karang Sono, Kalirejo, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang, Jawa Timur
  • Jam buka: Minggu, 07.00 WIB – 12.00 WIB

3. Taman Singha Merjosari

Taman Singha Merjosari menawarkan jalur jogging yang nyaman dengan pemandangan hijau yang indah, cocok untuk berolahraga pagi atau sore hari. Bukan hanya jalur jogging saja, taman ini juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas pendukung.

Di antaranya seperti peralatan kebugaran sederhana, gazebo untuk beristirahat, hingga pedagang makanan yang menyajikan beragam kuliner lezat.

  • Alamat: Jalan Mertojoyo Selatan Blk. B No.20, Merjosari, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur
  • Jam buka: Setiap hari, 24 jam

4. Taman Merbabu

Terletak di daerah yang cukup tenang, Taman Merbabu menyediakan area jogging yang luas dengan pepohonan rindang dan udara segar. Tentu saja tempat jogging di Malang ini menawarkan pengalaman jogging yang nyaman dan tidak terlupakan.

Selain jogging track, Sedulur juga bisa menemukan alat fitness sederhana, lapangan futsal mini, area pasir, dan juga beberapa wahana mainan untuk anak-anak.

  • Alamat: Jalan Merbabu, Oro-oro Dowo, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Jawa Timur
  • Jam buka: Setiap hari, 24 jam

5. Alun-Alun Tugu

Alun-Alun Tugu Kota Malang juga cocok dijadikan tempat untuk jogging. Alun-alun ini mempunyai hamparan rumput hijau, kolam teratai, air mancur, dan juga bangku taman yang bisa digunakan untuk istirahat.

Akan tetapi, bagi yang jogging di sini pastikan untuk selalu hati-hati ketika lari di trotoar atau luar lingkaran taman. Hal ini karena kawasan tersebut biasanya ada banyak kendaraan yang melaju.

  • Alamat: Jalan Tugu, Kidul Dalem, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Jawa Timur
  • Jam buka:  Setiap hari, 24 jam

BACA JUGA: 17 Tempat Jogging di Surabaya yang Paling Hits dan Terbaik

6. Taman Mojolangu

tempat jogging di malang
Unsplash/Emma Simpson

Taman yang berlokasi di Kelurahan Mojolangu ini letaknya agak terpencil dari jalan utama. Sehingga menawarkan lingkungan yang tenang untuk jogging tanpa takut terganggu oleh kendaraan yang lalu lalang. Taman Mojolangu sendiri dikelilingi oleh zona SM Futsal serta Perumahan Dwiga.

Tempat jogging di Malang ini juga memiliki beberapa fasilitas seperti jalur jogging, tempat parkir, area bermain anak, skate park, mushola, gazebo, dan toilet.

  • Alamat: Mojolangu, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur
  • Jam buka: Setiap hari, 06.00 WIB – 18.00 WIB

7. Taman Dempo

Taman Dempo diresmikan pada tahun 2017, dan selalu ramai dikunjungi. Taman yang satu ini cocok dijadikan tempat untuk jogging dan juga jalan santai. Sedulur bisa menikmati asrinya pepohonan palem dan hamparan rumput hijau, sambil melihat rumah-rumah yang indah di kawasan Ijen.

Tidak hanya itu, teman ini juga dekat dengan SMA Dempo yang mana terkenal akan kuliner andalannya, yakni pangsit mie serta es mocca.

  • Alamat: Jalan Dempo, Oro-oro Dowo, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Jawa Timur
  • Jam buka: Setiap hari, 24 jam

8. Taman Velodrome

Taman Velodrome memang telah menjadi tempat favorit bagi para penggemar olahraga bersepeda dan jogging. Hamparan pepohonan tinggi mampu memberikan udara yang sejuk bagi para pengunjung. Di taman ini, Sedulur juga bisa menemukan pedagang makanan.

Terdapat beberapa fasilitas olahraga sederhana untuk melengkapi aktivitas jogging yang dilakukan. Bahkan ada pula lintasan khusus untuk bersepeda, lho!

  • Alamat: Taman Velodrome, Madyopuro, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur
  • Jam buka: Setiap hari, 24 jam

9. Taman Slamet

Taman Slamet bukan hanya menawarkan keindahan dari beragam jenis tanaman, namun juga menyediakan lahan yang sangat cocok untuk jogging. Bahkan tersedia pula beberapa alat peraga seperti gym yang mendukung aktivitas sehat ketika berada di taman ini.

Suasana di taman ini terasa sangat sejuk dan teduh, berkat puluhan atau bahkan ratusan pepohonan besar yang tumbuh di sekitar lokasi.

  • Alamat: Jalan Taman Slamet No.8, Gading Kasri, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Jawa Timur
  • Jam buka: Setiap hari, 24 jam

10. Alun-Alun Kota Malang

Terletak di pusat kota, Alun-alun Kota Malang menyediakan tempat jogging yang menarik. Suasana yang alami dengan pepohonan hijau yang berlimpah, membuat aktivitas jogging di sini terasa nyaman dan mengasyikkan.

Apalagi alun-alun yang satu ini juga telah dilengkapi berbagai fasilitas layaknya gym. Bahkan ada banyak penjual makanan yang siap dikunjungi usai jogging.

  • Alamat: Jalan Merdeka Selatan, Kidul Dalem, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Jawa Timur
  • Jam buka: Setiap hari, 24 jam

11. Taman Trunojoyo

Rekomendasi tempat jogging di Malang terakhir adalah Taman Trunojoyo, taman yang sering menjadi favorit masyarakat Malang untuk jogging. Di taman ini, Sedulur bisa jogging sekaligus menikmati pemandangan alam yang menyegarkan.

Tersedia bangku di beberapa titik taman yang dapat digunakan untuk istirahat. Bahkan Sedulur juga dapat menemukan beberapa wahana permainan anak seperti ayunan, jungkat-jungkit, dan lain sebagainya.

  • Alamat: Jalan Trunojoyo, Klojen, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Jawa Timur
  • Jam buka: Setiap hari, 24 jam

Itulah beberapa rekomendasi tempat untuk jogging di Malang yang bisa dikunjungi. Dengan beragam pilihan yang tersedia, pastinya Sedulur dapat menemukan tempat jogging di Malang yang paling sesuai dengan keinginan, bukan?

Oia, Sedulur bisa membawa Air Minum Pirlo yang cocok banget untuk menjadi teman berolahraga. Rasanya yang segar, tentu akan mengembalikan energi yang hilang setelah berolahraga.

Air Mineral Pirlo

Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat berolahraga!