lapangan tenis di surabaya

Olahraga tenis menjadi aktivitas yang cukup populer untuk masyarakat di Surabaya. Namun, untuk bisa menjalankan kegiatan rutin diperlukan lapangan yang baik. Beruntung lapangan tenis di Surabaya sudah semakin banyak dan beragam.

Bagi Sedulur yang ingin berlatih dan bermain tenis bersama kolega atau teman-teman. Simak baik-baik ulasan kali ini ya, karena akan ada banyak rekomendasi lapangan tenis di Surabaya lengkap dengan berapa biaya sewanya.

Nah, agar Sedulur bisa langsung memilih dan menentukan dimana akan bermain tenis. Berikut ini beberapa rekomendasi lapangan tenis di Surabaya.

BACA JUGA: 12 Lapangan Futsal Surabaya yang Paling Favorit

1. Lapangan Tenis Kodam V/Brawijaya

lapangan tenis di surabaya
Unsplash/J Schiemann

Kodam V/Brawijaya dikenal berperan aktif dalam membantu pemerintah Indonesia dalam menggali dan mempersiapkan bibit atlet, guna dapat berkiprah di dunia olahraga, baik dalam skala nasional maupun internasional.

Salah satunya adalah dengan memberikan sarana dan prasarana lapangan tenis. Lapangan tenis Kodam V/Brawijaya telah mendapatkan pengakuan resmi dari International Tennis Federation yaitu sebuah Badan Federasi Tenis Lapangan Dunia karena memiliki kualitas lapangan dengan standar internasional.

Walaupun lebih diperuntukan untuk mencari dan membina bibit bibit atlet tenis lapangan. Lapangan ini juga tetap bisa digunakan secara umum. Untuk info pemakaian, Sedulur bisa langsung menuju alamat atau menghubungi nomor telepon dibawah ini.

  • Alamat: Jalan Hayam Wuruk No.52-40, Sawunggaling, Kec. Wonokromo, Surabaya, Jawa Timur 60242
  • Jam Operasional: Setiap Hari pukul 05.30 – 17.00 WIB
  • Telepon: 0878-5270-5341 / 031-5617654

2. Lapangan Tenis PDAM Surabaya

Selanjutnya ada Lapangan tenis PDAM Surabaya yang berlokasi di daerah Ngagelrejo, Wonokromo. Lapangan satu ini bisa dibilang memiliki fasilita yang cukup lengkap. Terdapat lapangan baik indoor maupun outdoor. Kemudian, lapangannya juga terawat dan lingkungan area yang bersih. Parkiran yang tersedia luas, sehingga mampu menampung kendaraan mobil/motor dalam kapasitas besar. Selain disewakan untuk umum, berbagai turnamen tenis lapangan juga sering diadakan disini. Kemudian, tidak hanya olahraga tenis lapangan, bisa juga digunakan untuk badminton.

Beberapa fasilitas penunjang lain, seperti wastafel, toilet/ruang ganti, dan tempat sampah juga tersedia di beberapa titik. Semua fasilitas tersebut dirawat dan dikelola dengan cukup baik. Sedulur juga bisa menikmati secangkir kopi susu nikmat seusai bertanding. Terdapat cafe yang menyuguhkan berbagai jenis makanan dan minuman. Jadi tidak perlu khawatir jika Sedulur lupa membawa air minum atau bekal lainnya.

  • Alamat: Jalan Ngagel Tirto No.15, Ngagelrejo, Kota Surabaya, Jawa Timur 60245
  • Jam Operasional: Setiap Hari pukul 07.00 – 21.00 WIB
  • Telepon: 0813-2285-8924

3. Lapangan Tenis & Badminton Araya

Lapangan Tenis dan Badminton Araya adalah pilihan selanjutnya. Lokasinya terletak di belakang Araya Club House. Dengan harga yang terbilang ramah di kantong, fasilitas dari lapangan tenis ini terbilang cukup bagus.

Terdapat tiga lapangan indoor. Fasilitas seperti toilet, wastafel, dan kantin pun tersedia. Kemudian, area parkir terbilang luas sehingga mampu menampung banyak kendaraan. Tidak hanya itu, Sedulur juga akan dibebaskan biaya parkir.

Untuk Sedulur yang mempunyai bujet pas-pasan. Lapangan tenis indoor ini sangat bisa jadi rekomendasi untukmu. Berikut detail alamat dan kontak yang bisa Sedulur hubungi.

  • Alamat: Jalan Galaxy Bumi Permai No.1, Keputih, Kec. Sukolilo, Jawa Timur
  • Jam Operasional: Setiap Hari pukul 06.00 – 20.00 WIB
  • Telepon: 0822-3207-3332

4. Lapangan Tenis Citraland

Selanjutnya ada lapangan tenis Citraland. Tempat ini cukup populer di kalangan pecinta tenis karena lapangannya yang bagus dan harga sewa yang cenderung murah. Belum lagi di komplek ini, Sedulur juga bisa menemukan beberapa fasilitas lain seperti kamar mandi hingga kantin.

Apabila sudah selesai bermain tenis, Sedulur juga bisa menyegarkan diri dengan berenang karena tidak jauh dari lapangan terdapat kolam milik Citraland. Apabila Sedulur tertarik dengan lokasi lapangan tenis di Surabaya satu ini bisa menyimak informasi berikut.

  • Alamat: Jalan Puri Widya Kencana No. 1 Surabaya
  • Jam Operasional: Selasa sampai Minggu pukul 06.00-19.00 WIB

5. Lapangan Tenis WBM Menganti

Rekomendasi lapangan tenis di Surabaya yang terakhir adalah lapangan WBM Menganti. Lapangan ini juga sangat populer di kalangan para pemula olahraga tenis karena lapangannya yang bagus tapi harga sewanya murah.

Lokasi lapangan tenis ini juga sangat strategis karena berada di dekat jalan raya kawasan Menganti. Jadi Sedulur tidak perlu repot mencarinya. Fasilitas yang diberikan juga sangat lengkap mulai dari toilet, kamar mandi, hingga kantin.

Apabila Sedulur ingin mencoba beberapa olahraga lain, kawasan lapangan WBM menganti juga memiliki lapangan basket dan kolam berenang lho. Jadi dijamin komplek ini bisa sangat seru untuk menunjang aktivitas olahragamu.

  • Alamat: Jalan Raya Menganti, Surabaya.
  • Jam Operasional: Rabu sampai Minggu pukul 06.00-17.00 WIB

BACA JUGA: 17 Tempat Jogging di Surabaya yang Paling Hits dan Terbaik

Manfaat Olahraga Tenis

lapangan tenis di surabaya
Unsplash/Thisisengineering

Sebelum memulai olahraga satu ini, Sedulur juga perlu mengetahui apa saja sih manfaat bermain tenis yang bisa dirasakan oleh tubuh. Hal ini tentu bisa membantu untuk menciptakan motivasi melakukan olahraga tenis secara rutin. Berikut ini beberapa manfaatnya:

  • Menyehatkan jantung

Yang pertama adalah meningkatkan kesehatan jantung. Olahraga membuat kita harus menggerakan seluruh tubuh, sehingga meningkatkan denyut jantung, disebut juga cardiovascular exercise.

Bermain tenis sebanyak 2-3 kali seminggu sekali sudah memenuhi rekomendasi dari American Heart Association (AHA) untuk menjaga kesehatan jantung dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

  • Melatih koordinasi tubuh

Olahraga ini dapat melatih koordinasi antara mata dan gerakan lengan, sehingga membantu meningkatkan refleks alami pada tubuh. Kemampuan tersebut sangat penting untuk fungsi motorik kita karena berhubungan dengan kemampuan kognitif pada otak.

Jadi, olahraga tenis tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik, namun juga dapat melatih keterampilan kognitif dan koordinasi motorik kita.

  • Mengurangi resiko osteoporosis

Gerak aktif saat mengayun raket dalam olahraga tenis dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang dan mencegah risiko osteoporosis. Selain itu, karena permainan dalam olahraga tenis biasanya dilakukan di lapangan terbuka.

Kadar UVB pada sinar matahari dapat meningkatkan kadar vitamin D yang penting untuk kesehatan tulang, terutama saat antara pukul 8 pagi hingga 10 pagi.

Tips Olahraga Tenis

  • Cegah cedera dengan pemanasan dan pendinginan

Saat pemanasan dan pendinginan, lakukan banyak peregangan dan fokus pada otot inti, punggung dan bahu, yang bisa meningkatkan mobilitas dan kekuatan saat bermain tenis.

  • Memilih ukuran raket yang tepat

Jangan anggap sepele pemilihan raket yang tepat karena akan berdampak pada permainan tenis. 

Jenis ukuran pegangan (grip) mulai dari 0 (small) hingga 5 (large). Ukuran 0-3 biasanya digunakan untuk anak-anak atau wanita, ukuran 3-5 digunakan oleh laki-laki remaja hingga dewasa.

Untuk menentukan ukuran yang pas, yang paling baik adalah mencobanya langsung saat membeli di toko.

  • Bawa persediaan air minum untuk cegah dehidrasi

Sedulur bisa membawa Air Minum Pirlo yang cocok banget untuk menjadi teman berolahraga. Rasanya yang segar, tentu akan mengembalikan energi yang hilang setelah berolahraga.

Air Mineral Pirlo

Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp.