Apa Sedulur sering mengalami telinga berdenging sebelah kiri? Jika pernah, apa yang Sedulur pikirkan jika sedang mengalami hal ini? Telinga berdenging sebelah kiri seringkali dikaitkan dengan berbagai mitos yang berkembang di masyarakat. Kejadian ini pun sering dihubungkan dengan berbagai makna tersirat.

Menurut mitos yang beredar, telinga kiri berdenging dapat menandakan nasib seseorang. Baik yang berhubungan dengan kesialan maupun keberuntungan. Lalu kira-kira apa saja sih pertanda yang berhubungan dengan telinga kiri yang bedenging? Dan bagaimana faktanya? Yuk simak.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Sheet Mask Terbaik yang Bagus Untuk Kesehatan Kulit

1. Telinga kiri berdenging di pagi hari

telinga berdenging sebelah kiri
Unsplash

Jam 04.00-05.00 & Jam 08.00 – 09.00

-->

Saat telinga kiri berdenging di jam ini, dipercaya Sedulur akan mendapatkan tamu yang akan berkunjung. Tamu tersebut bisa jadi merupakan keluarga jauh atau seseorang yang sudah lama tak Sedulur temui.

Sementara saat berdenging di jam 08.00-09.00, pertanda akan kedatangan tamu pun sama. Namun bedanya, tamu yang akan datang dipercaya bisa membuat kecewa Sedulur.

Jam 05.00-06.00 & 09.00-10.00

Saat berdenging di waktu-waktu ini, dipercaya Sedulur akan mendapatkan rezeki tak terduga. Meski belum jelas rezeki apa yang akan datang kepada Sedulur. Keduanya sama-sama merupakan pertanda kabar baik!

Jam 06.00-07.00

Telinga yang berdenging di jam ini membuat Sedulur harus waspada. Karena mitos yang beredar adalah akan adanya orang yang datang kepada Sedulur dengan niat jahat.

Jam 07.00-08.00

Tak terlalu signifikan, telinga kiri yang berdenging di jam ini dipercaya menandakan Sedulur akan menempuh perjalanan yang cukup jauh.

BACA JUGA: 8 Manfaat Kurma Muda yang Baik untuk Program Hamil

2. Telinga berdenging sebelah kiri di siang hari

Pexels

Jam 10.00-11.00

Telinga yang berdenging di jam ini, menurut Primbon Jawa menandakan nasib baik yang Sedulur miliki. Yakni adanya pertanda terhindar dari segala ancaman bahaya.

Jam 11.00-12.00

Berdenging di pukul ini, menandakan bahwa Sedulur akan kedatangan seseorang yang akan mengubah nasib Sedulur. Namun tidak jelas apakah nasib Sedulur akan berubah menjadi lebih baik atau lebih buruk.

Jam 12.00-13.00

Buat Sedulur yang telinganya berdengung di jam ini, mungkin harus semakin menjaga kesehatan. Sebab berdenging di jam ini dipercaya sebagai pertanda Sedulur akan terkena penyakit.

Jam 13.00-14.00

Berdenging di jam ini membawa pertanda bahwa Sedulur akan mendapatkan kabar yang sudah lama dinanti. Semoga kabar yang datang adalah kabar baik bagi Sedulur ya.

Jam 14.00-15.00

Di jam ini, pertanda yang datang mungkin akan cukup menjadi momok menakutkan bagi Sedulur. Dipercaya teli berdenging sebelah kiri di jam ini akan membuat Sedulur kehilangan rezeki.

3. Telinga berdenging sebelah kiri di sore hari

Pexels

Jam 15.00-16.00

Menurut Primbon Jawa, berdenging sebelah kiri di jam ini pertanda bahwa Sedulur akan mendapat keburuntungan. Keberuntungan ini berbentuk Sedulur yang akan mendapatkan pekerjaan di tempat impian. Wah semoga benar terjadi ya.

Jam 16.00-17.00

Berkebalikan dengan jam sebelumnya, di pukul ini justru merupakan pertanda buruk yang akan datang. Sedulur mungkin saja bisa mendapatkan kecelakaan. Oleh karena itu, tetap berhati-hati dalam setiap kegiatan yang Sedulur.

Jam 17.00-18.00

Lagi-lagi jadi pertanda buruk. Di jam ini mungkin adalah pertanda bahwa Sedulur akan mendapatkan benda-benda terlarang dari orang jahat yang ingin menjatuhkan Sedulur. Tetap waspada dengan orang asing ya.

BACA JUGA: 10 Manfaat Face Mist yang Bikin Kulit Wajah Terlihat Glowing

4. Berdenging di malam hari

Pexels

Jam 18.00-19.00

Kabar buruk mungkin akan Sedulur dapatkan jika telinga kiri berdenging di jam ini. Yakni Sedulur bisa saja mendapatkan kabar duka dari orang terdekat atau tersayang.

Jam 19.00-20.00

Masih dengan pertanda buruk. Di jam ini, mungkin jadi pertanda Sedulur akan dikhianati oleh orang tepercaya.

Jam 20.00-21.00

Kali ini, arti telinga kiri berdenging akan membawa kabar baik. Sedulur mungkin bisa mendapatkan hal yang didambakan secara kebetulan.

Jam 21.00-22.00

Bagi Sedulur yang telinga kirinya berdenging di jam ini, bisa menjadi pertanda bahwa salah satu anggota keluarga besar mungkin ada yang akan segera menikah. Wah kabar bahagia nih!

Jam 22.00-23.00

Berdenging di jam ini mungkin harus membuat Sedulur berhati-hati. Sebab mungkin menjadi pertanda ada orang yang iri kepada Sedulur. Saking irinya, bisa melakukan berbagai cara untuk mencelakai Sedulur.

Jam 23.00-00.00

Pertanda buruk belum selesai. Di jam ini mungkin jadi pertanda Sedulur akan mendapatkan banyak cobaan. Bahkan cobaan ini cukup panjang dan tak kunjung selesai.

Jam 00.00-01.00

Berdengin di jam ini bisa membuat Sedulur bernafas lega. Karena ada pertanda baik yang datang, yakni mungkin Sedulur bisa menggapai cita-cita yang selama ini diidamkan.
 

Jam 01.00-02.00

Jika Sedulur mengalami telinga kiri berdenging di jam ini, mungkin ada pertanda bahwa salah satu anggota keluarga akan meninggal. Waktu tepatnya tak diketahui, tetapi bisa jadi dalam waktu dekat.

Jam 02.00-03.00

Pertanda yang datang jika telinga kiri berdenging di jam ini adalah adanya tamu tak terduga yang akan datang.
 

Jam 03.00-04.00

Kali ini pertanda baik yang datang kepada Sedulur. Diperkirakan ada seseorang yang akan mengajak Sedulur jalan-jalan. Mungkin pasangan, teman, atau kerabat terdekat.

5. Telinga berdenging karena ada orang yang membicarakan

Pexels

Hingga saat ini, hal tersebut masih dianggap sebagai mitos. Belum ada hal yang benar-benar membuktikan bahwa ketika ada orang yang membicarakan keburukan Sedulur membuat telinga kiri Sedulur menjadi berdenging.

6. Fakta medis

Pexels

Di balik semua mitos dan kepercayaan yang beredar, ada penjelasan medis yang bisa menguak penyebab telinga berdenging sebelah kiri. Dikutip dari SehatQ, dalam dunia medis telingan berdenging disebut dengan Tinnitus.

Tinnitus adalah sebuah istilah medis untuk menyebut kondisi dimana telinga berdenging sebelah kiri, kanan, maupun keduanya. Namun meski disebut berdenging, Sedulur mungkin akan lebih mendengar suara seperti auman, dengung, siulan, atau mendesis. Kondisi ini seringkali dianggap sepele, tapi jika ditangani dengan serius bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Sebab penderitanya bisa merasa cemas, stress, hingga depresi.

Penanganan Tinnitus pun bermacam-macam, yakni mulai dari membersihkan kotoran telinga hingga diberi obat infeksi. Namun yang perlu diingat bahwa semua penanganan harus dilakukan oleh dokter.

Itu adalah beberapa pertanda yang datang jika telinga kiri berdenging didasarkan pada mitos-mitos yang berkembang di masyarakat. Namun, Sedulur harus tahu juga bahwa kondisi medis tak boleh diabaikan. Bahkan jika telinga berdenging sebelah kiri baik sebelah kanan, sebaiknya segera periksakan ke dokter THT ketimbang percaya mitos-mitos yang ada.