Face mist ini bikin wajah tidak kusam dan glowing! Cocok untuk kulit kering maupun kulit berminyak.

Indonesia adalah negara yang mempunyai dua musim yaitu kemarau dan hujan. Ketika musim kemarau, kulit pada wajah cenderung menjadi kering karena sinar matahari yang berlebihan. Maka dari itu, kelembaban kulit penting untuk dijaga agar kulit tetap sehat dan kenyal, juga terhindar dari permasalahan kulit yang mengganggu. Ada banyak cara untuk kita menjaga kulit agar tetap lembab dan sehat, yaitu dengan menggunakan pelembab, toner, moisturizer, atau yang sedang populer di masa kini adalah face mist. Face mist terbaik yang dibandrol dengan harga yang cukup beragam ini punya segudang manfaat.

Sebelum mengetahui berbagai manfaat produk skincare satu ini, yuk kenali dulu apa itu face mist

BACA JUGA: 17 Pelembab Untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat Terbaik

Apa itu face mist?

Photo by Courtney Smith on Unsplash

Face mist merupakan salah satu rangkaian produk skincare yang berupa semprotan cairan yang disemprotkan ke wajah. Isi kandungan dari produk ini bukan sekadar air, tapi kaya gliserin dan asam hialuronat yang berfungsi mengunci dan menjaga agar wajah tetap lembab dan segar. Beberapa produk mist juga mengandung bahan alami seperti air mawar atau lidah buaya yang memiliki fungsi yang sama. Selain itu, produk skincare satu ini juga bisa digunakan sebelum penggunaan makeup agar wajah tidak gampang kering saat sudah dirias. 

Cara penggunaan produk ini sangat gampang, yaitu dengan menyemprotkan ke wajah dan menepuk nepuk wajah dengan tisu selama beberapa detik dengan lembut. Bisa juga dengan menggunakan tangan, namun pastikan tangannya bersih, ya. 

Setelah mengetahui apa itu face mist, yuk ketahui manfaatnya berikut ini:

Face mist untuk remaja berkulit kering

Photo by Mathilde Langevin on Unsplash

Jika Sedulur memiliki kulit kering apalagi di cuaca yang sedang panas, bisa banget menggunakan face mist untuk menjaga kelembaban. Selain karena paparan sinar matahari, kulit yang kering bisa terjadi karena terlalu banyak di ruangan ber ac. Biasanya, ketika terlalu lama di ruangan ber-ac, kulit akan terasa kering dan bersisik. Bagi remaja yang ingin praktis, facial spray atau facial mist merupakan solusi yang terbaik. Mist yang ringan dan mudah terserap di wajah akan memberi hidrasi kapan pun dan di mana pun.

Untuk mengunci kelembaban ekstra kulit wajah, Sedulur juga bisa menggunakan trik ini. Campur face mist kesukaanmu dengan pembersih sebelum memakai serum. Usap lembut di wajah sambil dipijat sedikit, campuran ini akan membuat serum lebih mudah terserap, serta menambah hidrasi pada wajah.

Face mist yang bikin glowing dan menjaga kelembaban wajah

Saat kelembaban hilang, fungsi kulit bisa jadi tidak bekerja maksimal. Maka dari itu, ketika kelembapan kulit terjaga, fungsi kulit dapat bekerja dengan baik untuk melindungi tubuh. Saat lapisan pelindung alami kulit terganggu, maka kandungan air dalam kulit akan lebih cepat hilang dibandingkan saat lapisan pelindung alami dalam kondisi baik. Hasilnya adalah kulit yang cenderung mengalami dehidrasi karena berkurangnya kadar air, kulit menjadi lebih kering, Sebaliknya,kadar minyak meningkat untuk mengkompensasi hilangnya air sehingga yang memiliki kulit berminyak akan semakin banyak keluar minyak. Untuk itu, gunakanlah face mist untuk menjaga kelembaban wajah apalagi saat di dalam ruangan ber ac dan saat terik matahari yang menyengat. Kelembaban wajah akan terjaga dan kulit wajah akan sehat alami.

Face mist untuk kulit berminyak agar menyerap minyak berlebih

Tidak hanya cocok untuk kulit kering dan sensitif dan bikin glowing, produk ini pun bisa digunakan untuk menyerap minyak berlebih pada wajah. Untuk mendapatkan hasil yang diinginkan dan maksimal, pilihlah produk mist yang mengandung niacinamide sebagai humektan yang dapat menjaga produksi minyak agar tidak berlebihan di wajah dan sekaligus menghidrasi kulit.

Membantu produk skincare lain cepat terserap

Photo by cottonbro from Pexels

Penggunaan skincare seperti toner, serum, ampule, krim, face oil, atau apapun itu bisa terserap dengan cepat dan maksimal jika wajah Sedulur lembap sebelum memakai rangkaian skincare itu. Biasanya, penggunaan skincare disarankan langsung setelah Sedulur mandi atau mencuci wajah. Akan tetapi kadang hal ini sulit dilakukan dan kulit Sedulur sudah terlanjur kering sebelum menggunakan skincare.

Untuk itu, Sedulur dapat memanfaatkan face spray atau mist. Caranya mudah, cukup semprot wajah sebelum rangkaian skincare dan tap tap dengan tangan ataupun kapas kecantikan. Selain face mist bikin glowing, produk skincare akan meresap.

Membuat riasan tampak natural

Selain membuat skincare cepat meresap ke dalam kulit wajah, penggunaan facial mist mampu membuat riasan tampak lebih natural. Saat wajah kita penuh dengan riasan apalagi yang merias adalah orang lain, kita tidak tau produk apa saja yang mengandung komposisi yang membuat kulit kita kering. Jika kulit kering dan tertimpa make up, maka wajah tidak akan terhidrasi. Jika seperti itu, akan timbul masalah pada kulit seperti jerawat dan bruntusan.

Untuk mencegah agar tidak terjadi, gunakanlah face spray setelah menaburkan bedak. Cara ini membuat riasan tampak lebih natural, tidak dempul, dan juga tentunya menyehatkan wajah.

Face mist untuk mencerahkan dan menyegarkan kulit wajah

Kembali ke fungsi paling umum yang ada dalam facial mist, yaitu menyegarkan kulit wajah. Apalagi jika anda sedang menggunakan makeup, pasti wajah anda akan tampak segar kembali dengan cara menyemprotkan produk ini ke wajah dengan pelan. Anda juga bisa menyemprotkan face spray jika merasa wajah anda sedang kusut dan lepek, maka akan terasa segar kembali. 

Pelembab untuk kulit sensitif dan berjerawat remaja

Jika Sedulur memiliki kulit yang sensitif dan berjerawat? Face mist adalah produk yang tepat. Sedulur bisa memilih clarifying facial mist yang mengandung senyawa exfoliant asam ringan, seperti asam salisilat, betaine salisilat, atau air kulit pohon willow. Ketiganya efektif dalam membersihkan pori pori, mencegah dan mengobati jerawat membandel. 

BACA JUGA: Kenali Upacara Tedak Siten, Ritual Tradisi Masyarakat Jawa

Memilih face mist yang cocok

Photo by Ron Lach from Pexels

Memilih facial mist tidak bisa sembarangan walaupun banyak dijual face mist termurah. Jadi, harus tau komposisinya terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli. Ada banyak pilihan facial mist yang dapat dicoba sesuai dengan kondisi kulit. Berikut tips untuk memilih face spray yang cocok:

  • Melihat isi kandungan dari produk, seperti minyak, herbal, atau ekstrak yang disebut dapat menyegarkan atau mengencangkan kulit, dan face mist yang bikin kulit glowing
  • Mempertimbangkan jenis air yang dipakai, seperti air dengan kandungan mineral yang berbeda yaitu air laut, atau air murni biasa.
  • Jika sedulur menyukai face spray dengan berbagai aroma, bisa banget mencoba mist beraroma yang bisa menyegarkan sekaligus menenangkan.

Sementara itu, ada beberapa cara penggunaan facial mist agar dapat terserap dengan maksimal agar hasilnya kulit menjadi sehat dan lembab. Berikut penjelasannya:

Cara Penggunaan Facial Mist

Photo by EKATERINA BOLOVTSOVA from Pexels

Sebelum memakai skincare atau perawatan wajah

Cara penggunaan face spray yang benar bisa dimulai dengan membersihkan wajah dengan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit Sedulur. Pastikan wajahmu benar-benar bersih, oke? Lalu, jangan lupa untuk tepuk-tepuk wajah dengan handuk bersih khusus wajah. Saat wajah masih basah setelah dibersihkan, fungsi facial mist atau face spray dapat mengunci kelembaban dari kulit dan memaksimalkan penyerapan bahan dan penggunaan produk perawatan kulit lainnya untuk digunakan.

Setelahnya, semprotkan face spray hanya dengan menyemprotkannya pada area wajah. Pastikan mata Sedulur terpejam saat mengaplikasikan face mist, ya! Biarkan selama beberapa detik, lalu tepuk kulit dengan kapas atau kain bersih. Setelah menerapkan metode penggunaan facial mist, Anda dapat melanjutkan urutan penggunaan produk perawatan kulit lainnya, seperti serum wajah dan pelembab, untuk mengunci kelembaban kulit. Menggunakan krim wajah yang belum selesai dengan pelembab benar-benar dapat menarik kelembaban dari kulit. Akibatnya, manfaat facial mist tidak bisa didapatkan secara maksimal.

Saat sedang mengaplikasikan make-up

Makeup yang belum jadi atau pada saat Sedulur masih mengaplikasikan make-up juga bisa dilakukan penyemprotan face mist, lho. Misalnya agar riasan lebih tahan lama, semprotkan face spray setelah mengaplikasikan foundation atau gunakan spons rias atau beauty blender yang telah disemprotkan dengan face spray. Sedulur juga dapat mengaplikasikan face mist setelah menyelesaikan riasan. Pada makeup, semprotkan face spray dengan jarak sekitar 15 cm langsung pada permukaan wajah. Atau, semprotkan terlebih dahulu facial mist ke udara sebanyak 23 kali lalu dekatkan wajah dengan facial mist yang disemprotkan. Jika Sedulur menggunakan facial mist sebagai langkah terakhir dalam merias wajah, Sedulur tidak perlu menggunakan pelembab setelahnya.

Face mist memang memiliki segudang manfaat bagi penggunanya. Namun perlu diingat, penggunaan facial mist ini tidak boleh terlalu berlebihan dan tidak boleh sembarangan dalam memilih face mist terbaik. Itu karena kandungan dari facial mist berbeda-beda setiap mereknya. Maka dari itu, kita harus membaca dan memahami dulu komposisi sebelum membelinya, ya. Bisa juga untuk mengkonsultasikan dulu masalah kulit yang dialami kepada dokter kecantikan, sehingga bisa mengetahui dan diberi saran oleh dokter atas masalah yang dialami. 

Selain menjaga agar wajah tetap terhidrasi dengan mengetahui apa saja manfaat dari face mist yang bikin glowing dan mencerahkan wajah, Sedulur juga harus menjaga agar tubuh juga tetap sehat. Aplikasi Super menyediakan berbagai jenis asupan makanan berkualitas tinggi untuk membantu menyehatkan Sedulur semua! Semoga bermanfaat.