teks tanggapan

Salah satu interaksi yang kerap dilakukan oleh manusia adalah memberikan tanggapan atas suatu hal, baik untuk sebuah objek, karya, kebijakan, dan lain-lain. Berkaitan dengan hal tersebut, kali ini kita akan membahas mengenai teks tanggapan.

Sesuai dengan namanya, teks tanggapan sendiri digunakan untuk menuliskan tanggapan dari seseorang atas suatu hal. Nah, apakah Sedulur tertarik atau butuh informasi secara lebih dalam mengenai jenis teks yang satu ini?

Jika iya, maka Sedulur sedang berada di tempat yang tepat. Di bawah ini akan dijelaskan secara rinci beberapa hal mengenai teks tanggapan yang perlu diketahui.

BACA JUGA: 25 Pertanyaan Interview Kerja & Tips Agar Sukses Menjawabnya

-->

Apa itu teks tanggapan?

teks tanggapan
Pexels

Berdasarkan pada KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), teks tanggapan ini bisa diartikan sebagai suatu sambutan terhadap ucapan yang bisa saja berwujud sebagai komentar, kritik, komplain, masukan, dan lain sebagainya.

Sementara itu, menurut penelitian yang dilakukan oleh Sujanto pada tahun 2004 lalu, mencetuskan bahwa tanggapan adalah suatu gambaran dari pengamatan yang berasal dari kesadaran seorang manusia pada saat atau setelah melakukan pengamatan.

Maka dari itu, jenis teks yang satu ini juga bisa disebut sebagai sebuah teks yang dapat disampaikan melalui evaluasi, komentar, pujian, dukungan, hingga penolakan atas suatu hal atau kejadian tertentu.

Beberapa hal yang bisa ditanggapi, umumnya berangkat dari pengamatan atau sudut pandang yang muncul dari dalam pemikiran seseorang.

Tujuan teks tanggapan

teks tanggapan
Pexels

Tujuan dari teks tanggapan, yakni untuk memberikan penilaian atas sesuatu, baik itu berbentuk kritik maupun saran. Nah, diberikannya teks ini ditujukan untuk menolak atau mendukung suatu isu yang ada di dalam masyarakat.

Jadi bisa dibilang jika jenis tulisan tersebut disampaikan oleh masyarakat, terutama dalam hal menyampaikan pendapat atas suatu hal tertentu.

Ciri-ciri teks tanggapan

teks tanggapan
Pexels

Setelah tahu akan definisi atau pengertian dari teks tanggapan, pada bagian ini Sedulur akan diberikan penjelasan mengenai ciri-ciri dari teks tersebut. Dengan mengetahui ciri-cirinya, maka Sedulur bisa menjadi lebih mampu untuk mengenali dan juga membedakan jenis teks ini dengan teks yang lain.

Hal ini karena Sedulur akan menemukan banyak jenis teks yang cukup mirip. Nah, langsung saja, berikut ini beberapa ciri-ciri dari teks tanggapan yang perlu Sedulur perhatikan.

  • Sifat teks tanggapan itu bersifat objektif. Objektif sendiri, bisa dipahami sebagai suatu hal yang didasarkan pada fakta dan data alias keadaan yang sebenarnya.
  • Bisa dibilang jika jenis teks yang satu ini mempunyai kaidah kebahasaan yang cukup unik. Kaidah kebahasaan ini disampaikan dengan cara jelas dan logis. Namun, tetap mematuhi norma sopan santun yang berlaku di dalam masyarakat.
  • Teks ini mempunyai struktur teks yang terdiri dari 3 bagian, yakni evaluasi, deskripsi, dan juga penegasan kembali.

Struktur teks tanggapan

teks tanggapan
Pexels

Seperti yang tadi telah disinggung, teks tanggapan ini memiliki tiga struktur yang terdiri dari evaluasi, deskripsi, serta penegasan kembali. Struktur dalam suatu teks bisa digunakan ketika akan menulis suatu tanggapan.

Berikut ini penjelasan mengenai tentang struktur dari jenis teks tanggapan yang harus diketahui sebelum menulisnya.

  1. Evaluasi

Di bagian pertama adalah evaluasi. Evaluasi teks tanggapan, bisa dipahami sebagai bagian awal dari teks yang berisi berbagai pernyataan umum mengenai permasalahan atau isu dari penulis. Beberapa ahli menyatakan jika evaluasi menjadi fokus atau konsentrasi dari seorang penanggap.

  1. Deskripsi

Teks tanggapan deskriptif sendiri bisa dikatakan sebagai bagian dari teks yang memuat inti pembahasan dari si penulis. Biasanya, deskripsi juga terdiri dari informasi mengenai masalah yang diangkat oleh penulis. Di sini, penulis bisa memberikan tanggapan berupa opini dan bukti pendukung terkait hal yang ditanggapi.

  1. Penegasan ulang

Penegasan ulang menjadi bagian terakhir atau penutup, yang berfungsi untuk memberikan simpulan yang ditentukan penulis terkait isu yang sedang dibahas. Selain itu, penulis juga bisa memberikan masukan atau saran, sehingga bisa dijadikan pembelajaran untuk para pembaca.

BACA JUGA: Pamflet adalah: Pengertian, Fungsi, Ciri, Manfaat & Contoh

Kaidah kebahasaan

Pexels

Kaidah kebahasaan bisa digunakan untuk membedakan antara teks tanggapan dengan jenis tulisan yang lain, berdasarkan pada gaya bahasanya. Kaidah kebahasaan dari jenis teks ini ada 4. Berikut ini adalah penjelasan dari keempat kaidah kebahasaan tersebut.

  1. Kalimat kompleks

Pada dasarnya, kalimat kompleks merupakan kalimat yang identik dengan adanya induk kalimat serta anak kalimat. Kalimat kompleks pada jenis ini biasanya punya dua struktur dan dua kata kerja, yang mana digunakan untuk menjelaskan informasi yang ingin disampaikan penulis.

  1. Konjungsi

Konjungsi bisa digunakan untuk menghubungkan satu kalimat dengan kalimat yang lain. Bukan hanya kalimat, konjungsi juga bisa digunakan untuk menyambungkan satu pembahasan dengan pembahasan lain. Konjungsi bisa dimanfaatkan penulis untuk menghubungkan informasi, data, atau fakta, terkait dengan isu yang dibahas.

  1. Diksi

Gaya bahasa khas dari teks ini bertujuan agar penulis bisa melakukan pemilihan kata yang tepat. Hal ini dilakukan agar penyampaian tanggapan pada teks dapat dilakukan dengan jelas dan juga mudah dipahami oleh para pembaca.

  1. Rujukan

Rujukan ini mempunyai fungsi untuk menguatkan argumen yang disampaikan penulis. Rujukan atau referensi juga dapat digunakan untuk mendukung tanggapan atau informasi yang disajikan pada para pembaca.

Jenis kalimat dan contoh teks tanggapan

Pexels

Ada dua jenis kalimat dari teks tanggapan yang sering digunakan, yakni jenis pujian dan jenis kritik. Berikut ini penjelasannya.

1. Pujian

Pexels

Jenis teks ini umumnya memuat berbagai kalimat positif, yang mana kalimat mempunyai tujuan untuk memberikan perasaan senang pada orang yang diberikan apresiasi atau pujian. Berikut contoh teks tanggapan singkat pujian:

 “Salah satu hal yang menarik dari tulisan ini adalah ringkasannya yang jelas dan padat. Tidak hanya itu, poin-poin konsep juga disajikan dengan rapi dan sangat mudah dipahami.”

2. Kritik

Pexels

Jenis kritis adalah jenis tulisan yang lebih sering digunakan, jika dibandingkan dengan kata-kata pujian. Teks yang satu ini, bisa dipahami sebagai salah satu jenis teks yang digunakan dalam menyampaikan suatu kritikan.

Kritikan dalam teks biasanya disampaikan dengan sifat yang mengomentari atau terkadang juga menyalahkan. Sehingga sangat berpotensi memunculkan perkataan yang sifatnya negatif. Akan tetapi, jenis ini harus tetap mengedepankan komentar atau yang sifatnya membangun.

Nah, berikut ini contohnya:

“Terlepas dari beberapa kelebihan dari tulisan ini, ada beberapa kelemahan yang dapat diperbaiki. Tulisan ini tidak punya referensi lebih lanjut tentang topik yang dibicarakan. Selain itu, ada beberapa bagian typo yang seharusnya dapat dihindari.”

BACA JUGA: Pahami Struktur Teks Esplanasi, Pengertian, Ciri dan Strukturnya

Nah, mungkin hanya beberapa penjelasan mengenai teks tanggapan yang bisa kita bahas pada kesempatan kali ini. Semoga Sedulur bisa memahami semua informasi yang sudah dijelaskan di atas.

Ya, sebenarnya masih ada banyak jenis teks yang lainnya. Dan mungkin untuk jenis-jenis teks lainnya, akan kita bahas di lain kesempatan.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.