Ada pertanyaan bolehkah ibu hamil makan mie instan? Bagi Ibu Super yang sedang hamil dan penasaran dengan faktanya, bisa simak pembahasannya di bawah ini.

Pertanyaan seputar apakah ibu hamil boleh makan mie instan, setidaknya mengganggu pikiran Ibu Super. Setidaknya terdapat dua alasan yang membuat Ibu Super penasaran, pertama karena mie instan itu sangat enak dan nikmat, kedua kelezatan mie instan tersebut dicurigai akan membahayakan kesehatan, terutama kesehatan ibu hamil.

Dalam kesempatan kali ini, Superapp.id akan membahas seputar amankah ibu hamil makan mie instan. Sebelum masuk ke pembahasan terkait alasan memakan mie instan untuk ibu hamil, mari kita buka pembahasan dengan kandungan dalam mie instan itu sendiri. Agar Sedulur dan Ibu Super bisa menyimpulkan bolehkah ibu hamil makan mie instan.

Baca Juga: 14 Manfaat Pisang Untuk Ibu Hamil. Ibu Super Wajib Catat!

-->

Kandungan Dalam Mie Instan

Kandungan Dalam Mie Instan
kompas.com

Mie instan merupakan makanan yang terbuat dari tepung terigu. Terdapat kandungan nutrisi, seperti vitamin A, vitamin B, asam folat, zat besi dan zinc. Kandungan nutrisi tersebut sangat baik dan bermanfaat untuk tubuh, namun di sisi lain mie instan juga mengandung beberapa zat yang berbahaya.

Kandungan tersebut seperti zat pengawet, pewarna, dan perasa (MSG). Walaupun telah dinyatakan aman dan telah lulus uji tes dan uji klinis. Tapi jika dikonsumsi secara berlebihan, akan menimbulkan bahaya bagi tubuh terutama untuk ibu hamil. Sampai pada titik ini, kita dapat menyimpulkan terkait pertanyaan bolehkah ibu hamil makan mie instan.

Berdasarkan penelitian di Korea Selatan, konsumsi mie instan dua kali per minggu dapat berisiko menimbulkan sindrom metabolik. Sindrom metabolik merupakan kumpulan gangguan yang terdiri dari tekanan darah tinggi, penumpukan lemak, meningkatkan kadar kolesterol, kadar gula darah dan lainnya.

Oleh karena itu, pertanyaan bolehkah ibu hamil makan mie instan sebenarnya telah jelas, demi kesehatan janin dan ibu hamil. Lantas, apa saja alasan yang tepat kenapa tidak boleh makan mie instan saat hamil muda. Yuk, langsung saja simak ulasannya di bawah ini.

Alasan Ibu Hamil Tidak Boleh Makan Mie Instan

1. Mie Instan Tinggi Pengawet Makanan

1. Mie Instan Tinggi Pengawet Makanan
bloktuban.com

Tidak perlu bertanya lagi bolehkah ibu hamil makan mie instan, karena dari alasan pertama bahwa mie instan mengandung pengawet makanan yang tinggi. Hal ini akan berdampak buruk bagi kandungan. Seperti dikutip dari artikel BPOM, bahwa dalam satu porsi mie instan mengandung Natrium Benzoat 0,35 mg/kg berat badan dan Natrium Metabisulfit sebanyak 0,4 mg/kg berat badan.

Kandungan tersebut sebenarnya masih aman dikonsumsi, maka dari itu mie instan untuk ibu hamil trimester pertama masih aman. Namun jika dikonsumsi secara berlebihan, tentu saja tidak dianjurkan dan bahkan dilarang. Bolehkah ibu hamil makan mie instan? Jika pada trimester pertama dengan konsumsi yang wajar masih diperbolehkan, namun jika sudah berlebihan tentu saja sangat dilarang.

2. Tinggi Kadar Garam

2. Tinggi Kadar Garam
tribunnews.com

Kenapa ibu hamil boleh makan mie, karena memang setiap kandungan dalam mie instan telah teruji aman, dengan catatan dikonsumsi secara wajar dan dengan waktu yang berjarak. Namun pertanyaan bolehkah ibu hamil makan mie instan? Dan jawabannya tidak boleh disebabkan jika dikonsumsi secara berlebihan.

Karena mie instan mengandung kadar garam yang sangat tinggi, sekitar 470 mg. Kandungan tersebut bisa melebihi kebutuhan asupan natrium dalam sehari. JIka asupan natrium dalam sehari berlebihan, hal tersebut akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh ibu hamil dan juga kesehatan janin itu sendiri.

Baca Juga: Ikut Program Hamil? Ajak Pasanganmu Lakukan Hal ini!

3. Berisiko Mengalami Tekanan Darah Tinggi

3. Berisiko Mengalami Tekanan Darah Tinggi
serumpi.com

Makan mie instan saat hamil sangat tidak dianjurkan karena dapat memberikan risiko tekanan darah tinggi. Hal tersebut disebabkan oleh kadar garam yang tinggi dan juga kandungan monosodium glutamat atau MSG. Kandungan tersebut jika dikonsumsi secara berlebih dapat memberikan risiko yang sangat berbahaya, maka dari itu pertanyaan bolehkah ibu hamil makan mie instan akan memiliki jawaban yang sangat tegas, yaitu tidak boleh!

4. Dapat Membuat Cepat Lapar

4. Dapat Membuat Cepat Lapar
halodoc.com

Jawaban untuk pertanyaan bolehkah ibu hamil makan mie instan selanjutnya akan didukung dengan alasan bahwa dengan mengkonsumsi mie instan Ibu Super yang sedang hamil akan merasa lapar dengan cepat. Akhirnya Ibu Super akan sering ngemil atau makan dan akan berdampak buruk pada kesehatan.

Selain itu, sistem pencernaan membutuhkan waktu yang lama untuk memproses mie instan dalam tubuh. Maka dari itu konsumsi mie instan saat hamil sangat tidak dianjurkan bahkan oleh beberapa dokter kandungan dilarang.

5. Menurunkan Kadar Insulin

5. Menurunkan Kadar Insulin
idntimes.com

Saat dalam keadaan hamil boleh makan mie instan atau tidak tergantung kesiapan kondisi kesehatan, namun salah satu alasan yang sangat jelas kenapa ibu hamil dilarang mengkonsumsi mie instan adalah karena dapat menurunkan kadar insulin dalam tubuh. Hal tersebut dapat menyebabkan gula darah turun dengan cepat secara drastis.

Selain dapat membuat lemas dan lesu, kadar gula darah yang tidak stabil juga dapat membahayakan kesehatan janin dalam kandungan. Maka, oleh karena itu sangat jelas jawaban dari pertanyaan bolehkah ibu hamil makan mie instan.

Tips Sehat Makan Mie Instan Saat Hamil

Tips Sehat Makan Mie Instan Saat Hamil
tribunnews.com

Walaupun kandungan mie instan sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh, terdapat beberapa tips bagi kita semua untuk menikmati mie instan yang nikmat, termasuk untuk ibu hamil. Salah satu tipsnya adalah ibu hamil makan mie instan seminggu sekali. Karena dengan jeda waktu seminggu, efek tidak baik yang ditimbulkan bisa dicegah.

Bolehkah ibu hamil makan mie instan sebenarnya sudah sangat jelas jawabannya, namun bisa diatasi dengan tips menjaga jarak memakannya. Satu tips lain terletak pada cara memasaknya. Berikut langkah memasak mie instan yang bisa Ibu Super ikuti agar aman untuk kesehatan janin:

  • Jangan gunakan bumbu sachet mie instan, karena kandungan yang tidak sehat ada pada bumbunya dan juga untuk mengurangi asupan garam berlebih.
  • Ibu Super juga bisa menambah bahan lain yang menyehatkan seperti telur, daging dan juga sayuran.
  • Jangan gunakan air bekas rebusan mie sebagai kuah, gunakan air hangat baru sebagai kuah agar lebih bersih. Karena pada mie terkandung bahan pengawet, maka dari itu saat direbus kandungan pengawet akan menyebar pada air rebusannya.

Apa yang Terjadi Jika Kebanyakan Makan Mie Instan?

Apa yang Terjadi Jika Kebanyakan Makan Mie Instan?
tribunnews.com

Lalu apa yang akan terjadi jika ibu hamil makan mie instan secara berlebihan atau terlalu banyak makan mie instan? Indikasi yang akan Sedulur dan Ibu Super rasakan jika kebanyakan makan mie instan adalah rasa sakit pada dada, berkeringat, jantung berdebar secara berlebihan dan juga sakit kepala. Hal ini disebabkan oleh kandungan MSG yang terdapat dalam mie instan.

Karena MSG dapat memicu  segala gejala yang telah dijelaskan di atas. Oleh karena itu, dilarang keras untuk bumil makan mie instan. Jika tidak, Sedulur akan mengalami penyakit seperti diabetes, stroke dan penyakit jantung. Bagi Ibu hamil hal tersebut dapat menganggu kesehatan janin dan kesehatan ibu hamil itu sendiri.

Maka, jika ada pertanyaan bolehkah ibu hamil makan mie instan? Jawabannya tentu boleh-boleh saja, namun harus sangat dibatasi, karena dapat mengganggu kesehatan janin. Namun, akan lebih baik untuk tidak memakan mie instan sama sekali selama hamil.

Semoga penjelasan terkait bolehkah ibu hamil makan mie instan yang telah diulas di atas bisa menambah pengetahuan bagi kesehatan ibu hamil. Dari pada memakan mie instan, jauh lebih baik Ibu Super lebih banyak memakan sayur dan buah-buahan. Karena baik untuk kesehatan Ibu Super dan janin itu sendiri.

Sedulur bisa mendapatkan bahan makanan dan sembako berkualitas dan menyehatkan dengan membelinya di Aplikasi Super. Bagi Sedulur yang belum memiliki Aplikasi Super, Sedulur bisa klik di sini. Memanfaatkan keberadaan Aplikasi Super untuk kehidupan Sedulur yang lebih baik setiap harinya.