taman depan rumah

Secara keseluruhan, desain taman depan rumah sangat berpengaruh pada tampilan fasad dan pastinya bisa menjadi daya tarik bagi sebuah hunian. Oleh karena itu, jangan asal gunakan desain. Pastikan desain taman yang digunakan itu sesuai dengan bentuk hunian.

Seperti yang kita tahu, taman menjadi area yang bisa memberikan kesejukan dalam lingkungan di sekitarnya. Itulah kenapa taman sering dihadirkan dalam hunian, seperti di bagian depan maupun belakang rumah.

Tidak hanya bisa memberikan kesejukan, taman juga dinilai mampu memberi nilai estetika tersendiri pada hunian, lho. Nah, bagi Sedulur yang sedang mencari rekomendasi taman depan rumah yang cantik, simak informasi berikut.

BACA JUGA: 13 Model Kanopi Minimalis Modern Baja Ringan Terbaru 2022

1. Desain taman depan rumah sederhana

taman depan rumah
99

Apa Sedulur ingin menampilkan taman yang terlihat sederhana di bagian depan rumah? Nah, mungkin desain taman yang satu ini bisa menjadi inspirasi paling cocok. Desain taman ini, hanya dibuat dengan rumput dan juga beberapa tanaman saja.

Untuk memberikan kesan alami, asri, dan damai, Sedulur juga bisa menambahkan bebatuan kecil. Walaupun sederhana, namun dijamin desain taman ini akan membuat hunian terlihat lebih indah dan juga segar.

2. Desain taman bunga depan rumah

taman depan rumah
Minimalis

Menghadirkan berbagai tanaman hias atau bunga, merupakan salah satu langkah yang tepat untuk membuat taman depan rumah yang indah. Cara ini akan membuat halaman mini di bagian depan rumah Sedulur tampak lebih hidup.

Terlebih lagi dengan keberagaman bunga yang berwarna-warni, taman tersebut akan terlihat lebih indah dan cantik. Supaya lebih menarik lagi, Sedulur bisa menyesuaikan pilihan warna bunga dengan tema hunian.

Jika Sedulur bingung untuk memilih warna bunga yang paling cocok, maka bisa memilih bunga-bunga yang berwarna putih.

3. Desain taman kering depan rumah

taman depan rumah
Rumah

Jika Sedulur sudah bosan dengan taman kecil depan rumah saat ini, maka cobalah hal yang baru, seperti taman kering. Disebut sebagai taman kering, karena di sini rerumputan diganti dengan kerikil. Dengan ini, maka perawatannya relatif lebih mudah, karena Sedulur tidak perlu sering menyirami tanaman di pot.

Tidak hanya itu, umumnya taman kering akan dipenuhi dengan tanaman berdaun tebal atau yang berisi air di dalamnya. Misalnya saja seperti sukulen atau kaktus.

Penerapan taman kering ini sangat cocok untuk area rumah dengan pancaran matahari yang kurang. Hal ini karena kekurangan matahari akan berpengaruh pada pertumbuhan rumput yang semakin lambat. Jika area taman tertutup dengan rumah tetangga, maka Sedulur bisa menggunakan batu kerikil putih.

4. Desain taman jalan setapak depan rumah

taman depan rumah
Tribrata

Berikutnya ada taman depan rumah minimalis modern yang bisa diterapkan pada lahan yang sempit sekalipun. Dalam desain ini, Sedulur bisa membuat taman dengan memberikan aksen jalan setapak di bagian tengah-tengah rerumputan.

Jalan setapak ini, bisa dibuat dari cetakan beton maupun batu untuk menciptakan area alur setapak yang cantik dan tampak alami di taman. Selain terlihat lebih cantik, rumput yang ditanam juga lebih aman dari pijakan kaki.

Apabila Sedulur ingin yang lebih menarik lagi, maka bisa menggunakan batu alam yang warna-warni maupun batu dengan motif khusus.

5. Desain taman rumah bergaya Bali

taman depan rumah
99

Bagi Sedulur yang suka dengan nuansa pantai, maka kursi menyerupai hammock atau ayunan dapat menjadi ide yang menarik. Ya, dengan ini, maka Sedulur bisa merasa seperti di Bali pada saat bersantai di taman depan rumah.

Desain taman yang seperti ini, tentu saja sangat cocok bagi anak-anak dan juga jamuan ketika ada sahabat yang berkunjung. Dijamin, taman ini akan membuat suasana terasa menjadi lebih akrab dan juga hangat.

Yang harus Sedulur perhatikan, yaitu dipastikan pondasi untuk menahan beban hammock itu benar-benar kuat. Sedulur dapat menggunakan tiang atau pohon sebagai pondasi untuk menahan beban tersebut.

6. Desain taman depan rumah kolam ikan

taman depan rumah
Dekoruma

Inspirasi yang selanjutnya adalah pembuatan oase pribadi dengan mengadakan kolam ikan pada area taman depan rumah. Sedulur tidak harus menggunakan lahan yang luas, karena kolam ini tetap bisa dibuat dengan memaksimalkan model kolam ikan mini dengan aplikasi air mancur kecil.

Gemiricik air mancur dengan beragam ikan warna-warni yang berenang ke sana-kemari, pastinya akan sangat ampuh dalam menghidupkan atmosfer rileks terutama dalam mengurangi tingkat stres. Meskipun sederhana, namun taman depan rumah minimalis ini dijamin akan membuat rumah Sedulur lebih indah.

BACA JUGA: 25 Model Tangga Minimalis yang Elegan untuk Hunian Keluarga

7. Desain taman rumah ala Jepang

Arsitag

Bagi Sedulur yang ingin membuat taman depan rumah mewah, maka bisa mencoba desain yang satu ini. Ya, desain taman depan ala Jepang memang identik dengan gabungan beberapa ornamen yang dipadukan menjadi satu.

Di antara seperti pohon, rerumputan, semak-semak, dan juga bebatuan. Meskipun menggunakan elemen-elemen yang terkesan sederhana, namun gaya taman yang satu ini benar-benar berhasil menciptakan suasana yang terasa sangat asri dan damai.

8. Desain taman dinding depan rumah

99

Jika keluarga Sedulur termasuk orang-orang yang suka menikmati seni, maka tidak perlu ragu untuk menuangkannya pada desain taman yang akan dibuat. Sedulur bisa menyematkan patung artistik sebagai aksen yang sangat menarik dan unik pada taman tersebut.

Selain itu, Sedulur juga bisa meletakkan dekorasi unik yang menempel di bagian dinding pagar. Misalnya saja seperti ornamen bunga, atau rumah burung juga lebih baik.

Akan tetapi, Sedulur juga perlu memastikan jika patung dan furnitur kesenian yang digunakan tersebut diletakkan pada tempat yang tahan dengan perubahan cuaca. Untuk opsi yang lain, Sedulur bisa memberikan pelindung dari hujan maupun cahaya matahari secara langsung.

9. Desain taman depan rumah aksesoris lampu

Rumah

Berikutnya ada inspirasi desain taman depan rumah dengan permainan lampu. Mungkin bagi sebagian orang penambahan lampu ini akan terlihat aneh. Namun, sebenarnya efek lampu yang dramatis dan redup justru bisa menjadi pilihan untuk membuat tampilan rumah yang berbeda dari lainnya.

Menariknya, desain taman yang satu ini dapat diterapkan pada lahan yang cukup terbatas, lho. Untuk jenis lampu yang dipilih juga cukup beragam, di antaranya seperti lampu dinding, lampu sorot, lampu gantung, maupun standing lamp yang ditaruh di bagian samping jalan setapak seperti pagar.

Agar hasilnya bisa terlihat lebih menawan, Sedulur bisa lebih menonjolkan bagian tertentu sebagai bentuk spotlight.

10. Desain taman depan rumah kolam minimalis

Ikankoi

Apabila Sedulur hanya mempunyai lahan yang sempit, maka tidak usah khawatir. Hal ini karena Sedulur bisa memanfaatkan dinding di bagian sudut sebagai air terjun mini. Kemudian tambahkan beberapa tanaman hijau di sekitarnya.

Dengan penggunaan air terjun bertingkat ini akan sangat menarik untuk diaplikasikan di bagian dinding taman. Tidak hanya itu, jangan lupa juga untuk menambah beberapa jenis tanaman segar di sekitar area taman. Desain tersebut, dijamin akan membuat rumah Sedulur terasa mempunyai air terjun alami seperti di alam bebas.

11. Desain taman di tangga depan rumah

Dekoruma

Bagaimana pun kondisi hunian Sedulur, taman depan rumah tanpa pagar tetap bisa dihadirkan, lho. Apabila Sedulur memiliki terlalu banyak pot tanaman, mungkin bisa meletakkan sebagiannya di atas tangga teras depan rumah.

Trik yang satu ini juga berfungsi menyiasati ukuran taman yang tidak memungkinkan untuk menampung semua pot tanaman. Pastinya, desain taman ini akan sangat hemat tempat.

12. Desain taman sebagai pembatas pagar

Line Today

Seperti yang sebelumnya sudah dikatakan, taman yang cantik itu tidak harus memiliki ukuran luas atau berisikan beragam tanaman. Begitupun juga untuk menciptakan suasana asri, Sedulur tidak perlu menyediakan banyak tanaman, kok.

Sedulur hanya perlu menempatkan beberapa tanaman hijau pada bagian pembatas antara teras dan halaman. Jadi bisa dibilang jika tanaman-tanaman tersebut dapat menjadi pagar alami, sekaligus membuat nilai estetika taman bertambah.

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Wallpaper Dinding untuk Hunian Lebih Nyaman

Demikian inspirasi taman depan rumah yang bisa Sedulur pilih. Silakan pilih desain mana yang Sedulur rasa paling cocok dengan rumah yang dihuni saat ini. Sesuaikan juga desain taman dengan ukuran luas halaman yang ada.

Mungkin jika Sedulur punya halaman depan yang cukup luas, bisa memilih desain yang beragam seperti desain ala Bali atau Jepang. Namun jika tidak terlalu luas, pilih saja desain-desain yang sederhana.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.