split bill

Split bill menjadi istilah bahasa Inggris yang artinya membagi tagihan atau pembayaran. Warganet ramai membahas istilah ini di media sosial seperti Twitter. Biasanya, split bill terjadi saat seseorang pergi ke suatu tempat, misalnya makan bersama pacar, teman, atau keluarga, lalu membayar tagihannya dengan cara dibagi dua.

Bila Sedulur masih bingung arti split bill dan bagaimana etika menerapkannya, selengkapnya akan dibahas di bawah ini. Yuk, langsung simak!

BACA JUGA: Arti Menfess yang Saat ini Sering Digunakan di Twitter

Split bill artinya

Freepik

Sudah disinggung sedikit sebelumnya bahwa split bill berarti membagi tagihan pembayaran. Dalam artian lain, istilah ini adalah memisahkan tagihan atau bahasa tidak resminya yaitu patungan. Istilah ini muncul dalam konteks bayar-membayar terkait suatu hal.

-->

Selain itu, ada pula istilah split payment. Split payment berarti menggunakan sejumlah metode pembayaran untuk menyelesaikan seluruh biaya dari satu transaksi. Contohnya, Sedulur menggunakan dua kartu kredit untuk membayar satu barang atau satu tagihan. Hal itu termasuk bentuk split payment.

Etika cara split bill dalam hubungan pertemanan

split bill
Freepik

Urusan bayar-membayar terkadang menjadi hal sensitif ketika dibicarakan, serta dapat pula menimbulkan kesalahpahaman jika tidak ada kesepakatan yang jelas. Maka dari itu, sebelum menerapkan split bill atau patungan, pastikan sudah mengomunikasikannya dengan pihak bersangkutan.

Sebenarnya, patungan memiliki sisi positif, salah satunya tagihan menjadi tidak dibebankan ke satu pihak saja, mengingat semua pihak menikmati hal yang sama. Untuk menerapkan hal ini, berikut etika cara patungan yang perlu Sedulur ketahui.

  • Capai kesepakatan terkait pembayaran sebelum melakukan pemesanan apa pun. Hal ini untuk menghindari terjadi keributan saat sudah ada tagihan. Contohnya, saat Sedulur memesan beberapa makanan sekaligus dalam porsi dimakan bersama-sama, Sedulur bisa membuat kesepakatan dengan teman, kerabat, atau pacar agar total tagihan dibagi rata.
  • Jika ada tambahan rekan baru yang bergabung dalam grup, sebaiknya jelaskan peraturan terkait pembayarannya. Atau, siapa pun yang mengundang rekan baru tersebut akan membayarnya.
  • Jika seseorang membayar semua tagihan dengan kartu kredit atau debit terlebih dahulu, pastikan segera membayar bagian tagihan Sedulur kepada orang tersebut. Jangan menunda atau menunggu sampai orang tersebut menagih.
  • Jika pergi makan bersama atasan atau orang yang dihormati, lalu ia melunasi seluruh tagihannya, maka di lain waktu bila ada kesempatan makan bersama lagi, sebaiknya gantian Sedulur yang membayar tagihannya.

BACA JUGA: Arti Belanga yang Jadi Lirik Lagu Tulus Hati-hati di Jalan

Tips split bill saat kencan pertama

Freepik

Patungan juga menjadi hal yang mungkin terjadi saat kencan pertama. Diskusi keuangan menjadi penting dilakukan pada kencan pertama. Siapa yang akan membayar makan malam, nonton film, dan sebagainya? Daripada memberikan asumsi itu tersembunyi di belakang, sebaiknya Sedulur bersikap terbuka sejak awal. Tujuannya adalah untuk menangani situasi ini dengan cara yang nyaman bagi kedua pihak.

Tidak ada salahnya bila Sedulur juga menawarkan patungan saat kencan pertama. Namun sebagian Sedulur mungkin bertanya-tanya. Bagaimana cara menerapkan hal ini saat kencan pertama agar tidak menimbulkan kesalahpahaman terhadap pasangan? Berikut tips-tipsnya.

  • Bicarakan baik-baik. Ketika awal bertemu, Sedulur bisa mengajak pasangan berdiskusi atau tanyakan padanya terkait pembayaran. Misalnya, “Kamu keberatan enggak kalau kita patungan?”
  • Beri tanggapan yang biasa. Tidak perlu menunjukkan reaksi yang berlebihan kalau saat itu Sedulur tidak membawa uang lebih. Sedulur bisa menawarkan patungan atau bergantian membayar pada kencan berikutnya.
  • Tidak perlu menjadi masalah. Baik pria maupun wanita tidak ada salahnya membayar penuh pengeluaran saat kencan pertama. Namun tetap perlu diingat kondisi keuangan masing-masing, tidak perlu memaksakan diri. Apabila perlu patungan, silakan dikomunikasikan dengan baik dengan pasangan.

Itulah pembahasan contoh split bill artinya apa dan bagaimana etika menggunakannya. Semoga menjawab rasa penasaran Sedulur terkait istilah ini, ya! Sedulur dapat menggunakan istilah ini saat makan bersama teman, pacar, atau keluarga dan ingin membayar tagihannya secara patungan.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.