Apakah Sedulur merasa tidak baik-baik saja dan sering bersedih? Jika demikian, mungkin ini waktunya Sedulur untuk self healing.

Sebagai manusia, adalah wajar apabila sewaktu-waktu dihadapkan pada masa-masa sulit yang memunculkan perasaan sedih, marah, kecewa, dan perasaan negatif lainnya. Tak jarang, emosi yang ditimbulkan atas hal negatif itu berubah menjadi luka yang tertanam dalam batin. Luka batin bisa membekas di perasaan hingga ingatan yang jika diingat akan terasa sakit.

Sebagaimana luka pada fisik, luka batin juga sepatutnya segera diobati. Cara yang bisa sedulur lakukan adalah dengan self healing. Self healing artinya sebuah upaya penyembuhan yang dilakukan untuk menyembuhkan luka batin yang ada pada diri sendiri dengan kekuatan dalam diri pula.

Berdasarkan self-healing psikologi, penyembuhan adalah sesuatu yang wajar. Namun, dibutuhkan ketekunan, kesabaran, dan keberanian untuk menyembuhkan luka batin. Seperti pada self healing quotes Indonesia bahwa, “satu dari sekian keputusan paling berani yang pernah kamu ambil yaitu untuk melepaskan apa yang menyakiti hati dan jiwamu”.

Nah, untuk menggali terkait teori self healing ini, yuk simak langkah-langkah yang bisa Sedulur pilih untuk menyembuhkan diri. Berikut adalah cara menyembuhkan luka batin dengan self healing.

Baca Juga: Afirmasi Positif adalah Cara Mencintai Diri Sendiri, Begini Tipsnya

Cara Menyembuhkan Luka Batin dengan Self Healing

1. Membuat Jarak dengan Orang Lain

1. Membuat Jarak dengan Orang Lain
tirto.id

Seorang psikolog klinis, Ramani Durvasula, sempat mengemukakan bahwa membuat jarak fisik maupun psikologi dengan orang lain bukan ide yang buruk untuk membantu menyembuhkan luka diri. Alasannya, manusia seringkali membutuhkan waktu untuk mengingat, merenungkan, dan memproses kembali luka yang dialaminya di masa lampau.

2. Manjakan Diri Sendiri

2. Manjakan Diri Sendiri
kompas.com

Berikan perhatian penuh pada diri sendiri adalah salah stau cara mustajab untuk menyembuhkan luka batin. Tentu saja, tidak perlu menjadi people pleasure dengan selalu mengutamakan kepentingan orang lain dan mengabaikan kebahagiaan diri sendiri. Diri sendiri adalah prioritas Sedulur di masa kini.

Membuat diri sebahagia mungkin bisa dilakukan dengan berbagai cara, sesuai dengan kesenangan Sedulur masing-masing. Ada yang menjadi tentram dengan melakukan spa, pergi ke salon, berolahraga, bermain bersama teman, mengobrol, menonton, membaca dan hobi-hobi lainnya.

3. Biarkan Emosi Negatif Mengalir

3. Biarkan Emosi Negatif Mengalir
okezone.com

Jika selama ini Sedulur merasa tengah memendam emosi, maka salurkanlah. Menyalurkan emosi tidak harus selalu murka dan marah-marah. Meski demikian, marah juga bisa Sedulur lakukan hanya saja sebaiknya ungkapkan dengan sejelas mungkin agar tidak ada kesalahan interpretasi hingga miskomunikasi.

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan bercerita atau curhat, melampiaskan kesedihan dengan membaca atau menonton atau hal lain yang bisa mengeluarkan emosi yang selama ini Sedulur pendam.

4. Lakukan Komunikasi yang Membuat Nyaman

4. Lakukan Komunikasi yang Membuat Nyaman
suara.com

Komunikasi bisa menjadi sebuah kunci untuk meluruskan benang yang kusut. Komunikasi bisa diupayakan dengan orang yang memiliki masalah yang bersangkutan dengan Sedulur atau Sedulur juga bisa melakukan komunikasi dengan seorang profesional untuk membantu Sedulur keluar dari luka ini.

Poin utama pada cara ini adalah tidak membiarkan luka yang dialami oleh Sedulur tersimpan sendiri dan menjadi beban yang dipikul sendiri. Maka, berbagilah dengan komunikasi pada orang yang menurut Sedulur tepat.

Baca Juga: 12 Cara Bersyukur pada Tuhan, Bikin Hati Tentram & Bahagia!

5. Tuliskan Permasalahan yang Sedang Dirasakan

5. Tuliskan Permasalahan yang Sedang Dirasakan
kompas.com

Jika Sedulur terlalu bingung untuk mencurahkan semuanya, Sedulur bisa menuliskan masalah dan luka hati yang tengah dirasakan. Tuliskan perasaan ke dalam sebuah jurnal atau diary untuk membuat Sedulur lebih mengenali permasalahan yang tengah diemban oleh Sedulur.

6. Beri Waktu untuk Memaafkan

6. Beri Waktu untuk Memaafkan
tribunnews.com

Bagi sebagian orang, proses memaafkan begitu sulit. Namun, dengan memaafkan, Sedulur bisa membuka peluang positif bagi diri Sedulur sendiri. Bahwasannya memaafkan adalah bentuk dari upaya mencintai diri sendiri dengan melepas beban, kemarahan, dan kesedihan yang ada pada diri. Ya, mengikhlaskan. Seperti pada self healing quotes berikut:

Forgive yourself. The supreme act of forgiveness is when you can forgive yourself for all the wounds you’ve created in your own life. Forgiveness is an act of self-love. When you forgive yourself, self-acceptance begins and self-love grows.” — Miguel Ángel Ruiz Macías

7. Melakukan Meditasi

7. Melakukan Meditasi
alodokter.com

Meditasi bisa dilakukan di setiap waktu kapanpun Sedulur mau. Meditasi bisa dimulai dengan duduk dengan nyaman, kemudian atur nafas sekaligus membuang pikiran negatif ketika Sedulur membuang nafas.

Tak hanya itu, ada juga self healing menurut Islam, bisa dilakukan dengan melakukan ibadah. Jangan salah, bahwa sholat, mengaji, berdzikir juga merupakan cara yang bisa dilakukan umat muslim untuk mengobati luka batin.

Demikian cara-cara yang bisa Sedulur lakukan untuk self healing. Mengobati luka batin adalah perkara menyembuhkan diri sendiri. Artinya, keberhasilan bergantung pada diri sendiri. Lebih dari itu, akan lebih baik apabila Sedulur juga memiliki lingkungan yang bisa memberikan support atas penyembuhan luka batin yang diemban Sedulur.

Ketenangan jiwa memang penting untuk dipikirkan, namun kesehatan fisik juga perlu didukung. Seperti kata pepatah, di balik tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat. Hal tersebut menunjukan Untuk itu, agar Sedulur bisa tetap semangat di tengah krisis, karena memiliki tubuh yang sehat.

Hal tersebut menunjukan bahwa tubuh dan jiwa merupakan satu kesatuan. Sedulur harus mempertahankan kesehatan tubuh dengan menjaga asupan makan yang bergizi yang menggunakan bahan dengan kualitas terbaik.

Sedulur wajib menyediakan kualitas bahan makanan dengan membelinya di Aplikasi Super, karena Aplikasi Super menyediakan bahan sembako dan kebutuhan sehari-hari dengan harga super murah dan kualitas baik. Sedulur bisa klik di sini bagi yang belum memiliki Aplikasi Super dan langsung melakukan pembelian bahan kebutuhan sehari-hari. Selamat mencoba!