Segitiga Bermuda menjadi salah satu tempat paling misterius di dunia. Wilayah yang berada di sisi barat Samudera Atlantik Utara ini terkenal dengan peristiwa hilangnya pesawat dan kapal laut, seperti USS Cyclops di tahun 1918 dan squadron Flight 19 pada tahun 1945.

Meski menjadi misteri populer di dunia, wilayah ini ternyata tidak tercantum di peta manapun. Banyaknya misteri tentang Segitiga Bermuda juga membuat berbagai teori konspirasi yang  berusaha menjelaskan tentang kemungkinan-kemungkinan yang terjadi mulai bermunculan. 

Namun, ternyata ada beberapa misteri tentang Segitiga Bermuda yang sudah terpecahkan, lho. Berikut adalah informasinya untuk Sedulur!

BACA JUGA: 9 Misteri Kota Saranjana yang Disebut Kota Ghaib & Misterius

Dimana letak Segitiga Bermuda?

segitiga bermuda
iStock

Sebelum membahas mengenai misteri yang terjadi, Sedulur harus mengetahui dimana letak wilayah misterius ini. Menurut berbagai sumber, wilayah Segitiga Bermuda berada di kawasan Lautan Atlantik, tepatnya di antara Kepulauan Bermuda, Miami di Florida, dan San Juan di Puerto Rico yang membentuk segitiga.

Teori konspirasi yang berkembang

segitiga bermuda
iStock

Banyaknya kejadian misterius yang terjadi, membuat teori konspirasi berkembang tentang kawasan ini. Ada yang mengatakan bahwa wilayah ini berhubungan dengan Atlantis ataupun pangkalan alien, serta terdapat piramida bawah laut maupun awan heksagonal disana.

Beberapa yang lain juga meyakini bahwa wilayah ini memiliki kekuatan yang sangat besar, sehingga bisa menarik benda-benda yang melintas di atasnya. Bahkan, ada juga yang menyebut bahwa Segitiga Bermuda memiliki gangguan magnetis yang bisa mempengaruhi kompas. 

Terlepas dari teori konspirasi yang berkembang, NOAA (National Oceanic and Atmospheric Administration) AS berpendapat bahwa penyebab terjadinya berbagai kejadian misterius ini bisa jadi karena faktor alam maupun kelalaian manusia. Apalagi, wilayah tersebut juga memiliki cuaca yang dapat berubah secara mendadak hingga rawan terjadi badai. 

BACA JUGA: 12+ Karakter & Sifat Scorpio Si Misterius yang Harus Kamu Tahu!

Misteri tentang Segitiga Bermuda yang sudah terpecahkan

segitiga bermuda
iStock

Berikut adalah dua misteri yang sudah berhasil dipecahkan oleh para ilmuwan mengenai tempat paling misterius ini.

1. Keberadaan “Killer Clouds”

Menurut banyak ilmuwan, penyebab utama dari hilang dan hancurnya moda transportasi di Segitiga Bermuda adalah adanya killer clouds, atau awan-awan pembunuh. Awan berbentuk heksagonal tersebut dapat berkumpul dan membentuk segitiga besar di kawasan Bermuda. 

Fenomena killer clouds ini dideskripsikan seperti bom udara karena dapat menyebabkan angin berkecepatan 273,6 km/jam sepanjang 32 hingga 89 km yang sangat mengerikan. Para ilmuwan juga percaya bahwa adanya ledakan-ledakan di udara tersebut mampu membalikkan kapal dan menenggelamkan pesawat ke dalam laut tanpa menyisakan apapun.

BACA JUGA: Sinopsis & Fakta Girl from Nowhere, Kisah Misteri Sekolah

2. Awan nyaris lurus berbentuk menyerupai segitiga

Menurut Dr. Steve Miller, seorang meteorologis spesialisasi satelit dari Colorado State University, secara umum tidak ada awan yang membentuk garis yang benar-benar lurus karena bisanya kumpulan awan itu menyebar secara acak dan tidak teratur. Namun, awan di wilayah Bermuda ternyata membentuk garis yang nyaris lurus hingga menyerupai bentuk segitiga. 

Melalui satelit radar, para ilmuwan berusaha mengukur apa yang sebenarnya terjadi di bawah awan tersebut. Hasilnya, mereka menemukan bahwa ada angin berkekuatan hampir sebesar 274 km/jam di laut. Angin tersebut mampu membuat ombak hingga setinggi 14 meter yang sangat berbahaya pada kapal-kapal yang melintasinya. 

Itulah informasi mengenai misteri Segitiga Bermuda yang sudah terpecahkan. Semoga dengan ditemukannya fakta-fakta baru tersebut, misteri-misteri lain yang selama ini berkembang di masyarakat bisa segera menemukan jawaban dan tidak membuat penasaran lagi.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.