Bahan Dapur Untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

Sedulur Super tidak perlu lagi keluar budget lebih membeli produk kecantikan. Deretan bahan dapur ini bisa Sedulur Super coba, lho!

Bahan dapur untuk menghilangkan bekas jerawat? Bekas jerawat seringkali menjadi momok menakutkan bagi sebagian perempuan. Apakah Sedulur Super salah satunya? Apalagi jika bekas jerawat tersebut susah hilang dan berubah warna menjadi hitam. Tentu hal ini sangat menjengkelkan, bukan? Maka dari itu, mencari cara menghilangkan bekas jerawat dengan mudah adalah solusinya. Tetapi, Sedulur Super harus rela mengeluarkan budget lebih untuk membeli produk perawatan kulit untuk menghilangkan bekas jerawat. Padahal, di masa pandemi seperti ini, Sedulur Super juga harus menghemat agar pengeluaran tidak membengkak.

Sedulur Super tahu tidak? Ternyata beberapa bahan dapur bisa digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat, lho. Jangan salah, meski seringkali digunakan untuk memasak, bahan dapur juga bisa digunakan untuk kecantikan kok! Lalu, apa saja sih bahan dapur yang bisa menghilangkan bekas jerawat? Berikut daftar 11 bahan dapur yang bisa digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat. Sedulur Super wajib mencatat!

Bahan dapur untuk menghilangkan bekas jerawat

1. Bawang Merah

Bahan Dapur untuk Menghilangkan Bekas Jerawat
Bawang Merah. Foto: Freepik

Bawang merah seringkali dimanfaatkan sebagai bumbu masakan dan berguna bagi kesehatan kita, seperti meningkatkan sistem imunitas, mengatasi sembelit, mengontrol diabetes, dan mencegah berkembangnya sel kanker. Selain digunakan untuk kesehatan, ternyata bawang merah ini juga terbukti mampu menghilangkan bekas jerawat yang membandel dan efektif untuk menjadikan kulit Sedulur Super tampak awet muda. Cara pengaplikasiannya juga cukup mudah, yaitu: parut satu siung bawang merah, oleskan bawang merah pada wajah yang sudah dibersihkan, diamkan selama lima menit, kemudian bilas wajah dengan air hingga bersih.

-->

2. Bawang Putih

Bahan Dapur untuk Menghilangkan Bekas Jerawat
Bawang Putih. Foto: Freepik

Sama seperti bawang merah, selain digunakan sebagai bumbu masak, bawang putih juga dapat dimanfaatkan sebagai obat alami untuk menghilangkan bekas jerawat. Bawang putih mengandung senyawa thiacremonon sulfur yang mengandung antibakteri, dimana kandungan ini mampu menghilangkan bekas jerawat secara menyeluruh. Cara mengaplikasikan bawang putih yaitu :

– Siapkan bawang putih secukupnya

– Masukkan bawang putih ke dalam blender lalu haluskan

– Setelah itu oleskan pada area jerawat yang membekas.

– Diamkan selama ± dua menit

– Bilas dengan air hangat hingga bersih

3. Kentang

Bahan Dapur untuk Menghilangkan Bekas Jerawat
Kentang. Foto: Freepik

Kentang merupakan salah satu tanaman pangan terpenting ketiga yang ada di dunia setelah beras dan gandum untuk dikonsumsi manusia. Tentu kita sudah mengetahui dari lama, jika kentang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan kulit. Kita juga bisa menikmati kentang dengan berbagai versi, seperti direbus begitu saja, di goreng bahkan dijadikan sebagai pendamping makanan sehari-hari. Kentang itu sendiri mengandung vitamin dan mineral yang mampu untuk menyembuhkan kulit yang terluka dan ampuh menghilangkan bekas jerawat serta flek hitam. Lalu bagaimana sih cara mengaplikasikan kentang sebagai masker untuk mengatasi permasalahan kulit wajah seperti bekas jerawat? Caranya yaitu :

– Potong tipis-tipis kentang dan tumpuk

–  Oleskan pada area kulit wajah yang terdapat bekas jerawat

–  Diamkan selama ± 10 menit

–  Setelah itu bersihkan wajah dengan air hingga bersih. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan cara ini tiga kali dalam seminggu.

Baca Juga: 10 Bahan Dapur Ini Harus Ada di Toko Kelontong Sedulur!

4. Madu

Bahan Dapur untuk Menghilangkan Bekas Jerawat
Madu. Foto: Freepik

Madu dapat digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat dengan cepat dan tentunya secara alami. Kandungan antibiotik yang ada pada madu ini dapat mencegah infeksi penyebab radang pada jerawat, hingga bekas jerawat jadi hilang. Cara mengaplikasikannya yaitu :

– Siapkan madu

– Lalu oleskan pada area wajah Sedulur Super yang terdapat bekas jerawat

– Diamkan selama ± 5 menit

– Bersihkan wajah dengan air hangat

5. Es Batu

Bahan Dapur untuk Menghilangkan Bekas Jerawat
Es Batu. Foto: Freepik

Jangan salah, selain digunakan untuk mendinginkan minuman, es batu ternyata juga bisa diaplikasikan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat secara alami. Sifat dingin pada es batu dapat mengecilkan pori-pori kulit dan meningkatkan sirkulasi darah pada kulit. Cara pengaplikasiannya yaitu :

– Ambil es batu dari dalam freezer

– Oleskan es batu pada area wajah bekas jerawat

– Diamkan selama ± 13 menit

6. Gula Pasir

Bahan Dapur untuk Menghilangkan Bekas Jerawat
Gula Pasir. Foto: Freepik

Gula pasir berguna sebagai scrub yang dapat mengatasi permasalahan kulit wajah Sedulur Super. Gula pasir ini sangat bermanfaat untuk menetralkan radikal bebas pada wajah secara alami, menghidrasi kulit, serta mengangkat sel kulit mati. Cara mengaplikasikan pada wajah juga cukup mudah, yaitu :

– Ambil gula secukupnya

– Beri sedikit air

– Oleskan gula pada wajah dan gosok lembut dengan gerakan memutar

– Diamkan selama ± 15 menit.

– Bilas dengan air bersih dan keringkan dengan handuk lembut. Lakukan cara ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Lakukan saat malam hari sebelum tidur dan pagi hari sebelum beraktivitas.

7. Lidah Buaya

Bahan Dapur untuk Menghilangkan Bekas Jerawat
Lidah Buaya. Foto: Freepik

Pasti Sedulur Super tidak asing lagi dengan lidah buaya, bukan? Lidah buaya memiliki banyak manfaat sebagai bahan perawatan rambut. Selain itu, lidah buaya juga digunakan untuk menghaluskan kulit. Bahan ini mengandung zat aloesin, dimana kandungan ini bermanfaat untuk menghambat pembentukan melanin yang menyebabkan kulit Sedulur Super menjadi gelap. Sedulur Super juga bisa menghilangkan bekas jerawat atau flek hitam dengan mengoleskan gel lidah buaya pada kulit yang bermasalah. Caranya yaitu :

– Ambil daun lidah buaya lalu potong menjadi beberapa bagian

– Kupas kulitnya hingga hanya tersisa gel yang berwarna bening

– Ambil gelnya, haluskan terlebih dulu

– Oleskan lidah buaya pada wajah Sedulur Super

– Diamkan selama ± 10 – 15 menit

– Bilas wajah dengan menggunakan air hangat hingga bersih. Sedulur Super juga bisa melakukan cara ini secara rutin, agar mendapatkan hasil yang terbaik dan maksimal.

Baca Juga: Tips Mengatur Kebutuhan Dapur Bagi Sedulur Super

8. Bengkoang

Bahan Dapur untuk Menghilangkan Bekas Jerawat
Bengkoang. Foto: Republika.co.id

Bengkoang dipercaya memiliki manfaat untuk mencerahkan kulit sejak dulu kala. Buah satu ini mampu menyingkirkan noda jerawat secara alami. Cara penggunaannya yaitu :

– Parut bengkoang

– Letakkan parutan bengkoang pada bagian kulit yang terdapat bekas jerawat

– Diamkan selama ± 10 – 15 menit

– Setelah selesai, bilas wajah dengan air hingga bersih. Lakukan cara ini rutin setiap malam hari sebelum tidur.

9. Cuka Apel

Bahan Dapur untuk Menghilangkan Bekas Jerawat
Cuka Apel. Foto: Freepik

Cuka apel adalah sebuah jenis minuman yang didapat dari proses fermentasi jus apel. Dalam proses fermentasi inilah, kandungan gula pada apel diubah menjadi asam asetat yang merupakan bahan aktif dalam cuka yang membuat cuka apel kaya manfaat. Cuka apel memiliki banyak bahan aktif yang berfungsi untuk menurunkan kadar gula dalam darah, membantu menjaga jantung agar tetap sehat, menurunkan berat badan, mengurangi lemak di bagian perut, dan menurunkan kolesterol. Selain untuk kesehatan, cuka apel ini bermanfaat juga untuk kecantikan kulit, lho! Nutrisi dari cuka apel bisa menghilangkan bekas jerawat. Caranya yaitu :

– Tuang 2 -3 sendok makan cuka apel, campurkan sedikit air

– Tambahkan madu

– Oleskan cuka apel dan madu yang telah dicampur pada wajah

– Diamkan semalaman

– Bilas dengan air bersih keesokan paginya. Lakukan perawatan ini ketika malam hari sebelum tidur.

Baca Juga: Tips Mengupas Bawang Merah Tanpa Membuat Mata Perih

10.   Tomat

Bahan Dapur untuk Menghilangkan Bekas Jerawat
Tomat. Foto: Freepik

Bahan selanjutnya adalah tomat. Tomat mengandung vitamin A dan C yang bermanfaat untuk kecantikan kulit. Selain digunakan untuk kesehatan, ternyata tomat juga berguna untuk mengencangkan kulit serta ampuh menghilangkan bekas jerawat dengan cepat. Cara pengaplikasiannya pada kulit wajah yaitu :

– Siapkan tomat, lalu iris tipis-tipis

– Letakkan tomat pada area bekas jerawat

– Diamkan selama ± 10 hingga 15 menit

– Setelah selesai, bilas dengan air hingga bersih. Lakukan cara ini untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

11.   Mentimun

Bahan Dapur untuk Menghilangkan Bekas Jerawat
Mentimun. Foto: Freepik

Mentimun memiliki kandungan vitamin A, C dan Magnesium, dimana kandungan ini sangat bermanfaat bagi kecantikan kulit Sedulur Super. Mentimun juga juga dipercaya secara ampuh mengatasi dehidrasi kulit. Jadi, jika kulit Sedulur Super tampak kusam, Sedulur Super bisa mencoba gunakan mentimun untuk meng-cover permasalahan kulit, termasuk menghilangkan bekas jerawat. Cara menggunakannya juga mudah, yaitu :

– Iris tipis mentimun

– Letakkan mentimun yang telah diiris di atas kulit wajah bekas jerawat

– Diamkan selama ± 30 menit

– Setelah itu, bilas dengan air dingin hingga bersih. Lakukan cara ini paling tidak dua kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Nah itulah beberapa bahan dapur untuk menghilangkan bekas jerawat. Sekarang Sedulur Super tidak perlu lagi mengeluarkan budget lebih untuk membeli produk perawatan wajah dan kulit, bahan dapur ini bisa jadi opsi! Semoga artikel ini bermanfaat ya Sedulur Super.