ide perabotan interior gaya klasik lemari kayu

Ketika membicarakan desain interior sebuah rumah, salah satu yang selalu jadi pilihan adalah gaya klasik. Hal ini tak lepas dari perabotan interior gaya klasik dapat memberikan kesan timeless dan abadi. Sehingga suasana rumah tak lekang oleh waktu walaupun sudah puluhan tahun berdiri.

Menggunakan perabotan interior gaya klasik juga menjadi keunikan tersendiri, karena biasanya barang yang digunakan merupakan barang antik dan langka. Jika Sedulur merupakan sosok yang menyukai perabotan interior gaya klasik untuk hiasan rumah, maka wajib menyimak ulasan kali ini.

Kami akan memberikan deretan ide perabotan agar rumah memiliki gaya klasik yang keren dan tetap terkesan modern. Kira-kira seperti apa perabotan yang dimaksud? Simak berikut ini!

BACA JUGA: 15 Ide Warna Cat Kamar Anak Laki-laki agar Nyaman dan Keren

Tips Menciptakan Interior Gaya Klasik

Better Home Gardens

Sebelum memilih perabot interior gaya klasik, Sedulur perlu mengetahui berbagai macam elemen yang membuat rumah memiliki gaya tersebut. Tentunya ini bisa sangat beragam, tapi ada beberapa tips yang bisa Sedulur lakukan. Berikut ini yang bisa kamu coba.

  • Gunakan warna alam

Ruang tamu bernuansa klasik vintage menghadirkan warna alam yang terkesan hangat, seperti cokelat, oranye, kuning, krim, dan sedikit sentuhan hijau. Warna-warna ini bisa menciptakan keseimbangan di dalam ruangan, terutama bila kamu kombinasikan dengan jendela besar dan tirai tebal berwarna senada.

  • Beri bantal dan selimut sofa

Ruang tamu bernuansa klasik vintage juga dapat kamu berikan sentuhan kenyamanan dengan menambahkan selimut lembut. Kamu bisa meletakkan selimut berwarna oranye atau kuning di atas sofa supaya terlihat lebih estetik.

Nah, kamu juga bisa menambahkan bantal sofa dengan berbagai bentuk dan tone warna senada. Tidak hanya mempercantik ruang tamu, bantal sofa juga bisa membuat kamu duduk lebih nyaman.

  • Manfaatkan tirai bercorak

Tirai atau gorden bercorak dinilai bisa membuat ruangan terlihat terlalu ramai. Padahal, tirai ini bisa membuat ruang tamu terlihat lebih klasik, terutama bila memiliki ruangan dengan plafon tinggi dan jendela besar. 

Tirai bercorak yang tebal dan bergelombang akan membuatnya terlihat megah. Namun, pastikan kamu memilih warna tirai senada dengan perabot di dalam ruangan.

BACA JUGA: 15 Ide Kombinasi Cat Kamar Tidur 2 Warna yang Bisa Dicoba

Rekomendasi Perabot Interior Klasik

Berikut ini beberapa rekomendasi yang bisa Sedulur coba untuk mendapatkan perabotan interior gaya klasik yang tepat. Simak baik-baik ya!

1. Perabot ala Classic American Style

Idei Club

Gaya desain interior satu ini masih sangat populer hingga saat ini. Dimana desain ini memiliki daya tarik berupa gaya desainnya yang sangat sederhana. Hal ini bisa dilihat dari keberadaan ukiran yang tidak terlalu banyak dan penambahan furniture berukuran besar. Selain itu, desain gaya Amerika klasik juga memiliki detail-detail yang sangat simpel serta penggunaan warna-warna yang lembut dan kalem.

Adapun ciri khas dari gaya desain ini bisa dilihat dari penggunaan bahan alam berupa marmer yang digunakan pada lantai. Dimana seluruh lantainya menggunakan marmer dengan motif maupun warna yang sama sehingga menciptakan kesan yang natural.

2. Gunakan gantungan chandelier

Lampu gantung menjadi salah satu furniture rumah klasik yang wajib Sedulur miliki jika memiliki rumah dengan konsep klasik. Terdapat begitu banyak jenis lampu gantung yang bisa menjadi pilihan. Mulai dari lampu gantung klasik hingga kontemporer.

Contohnya seperti lampu gantung yang ada pada gambar. Lampu gantung tersebut adalah jenis lampu gantung kontemporer. Sedulur bisa menggunakan lampu gantung seperti ini untuk diletakkan pada ruang tengah.

3. Hiasan kelambu di kamar

Houzz

Perabotan selanjutnya untuk memberikan kesan rumah klasik yang mewah adalah tempat tidur. Sedulur dapat menggunakan tempat tidur dengan empat pilar di tiap sisinya. Kemudian pasangkan kelambu untuk menambah kesan rumah mewah dengan nuansa klasik.

Pilih tempat tidur dengan warna yang netral seperti putih atau cokelat muda. Kemudian padukan dengan kelambu warna putih. Gaya tempat tidur seperti ini bisa menjadi inspirasi ketika sedang mencari perabotan untuk rumah klasik mewah.

4. Tambahkan sofa kulit

Sofa dengan material kulit memberikan kesan mewah di dalam rumah. Sedulur bisa memilih sofa dengan warna kulit cokelat tua dan desain yang klasik seperti pada gambar. Sofa dengan motif kotak-kotak klasik ini memberikan kesan rumah mewah yang hangat.

Sedulur bisa menggunakan jenis sofa seperti ini untuk di bagian ruang tengah. Sofa dengan material kulit ini cocok untuk dipadukan dengan rumag berkonsep apapun. Termasuk rumah dengan konsep minimalis.

5. Windsor chair bikin suasana makin jadul

Cult Design

Kursi kayu dengan model seperti ini dinamakan dengan windsor chair. Penggunaan kursi ini bisa diaplikasikan pada ruang makan. Sedulur bisa menggunakan jenis kursi seperti ini untuk kursi meja makan.

Namun, kursi ini bisa juga digunakan sebagai kursi santai atau kursi khusus membaca. Sedulur bisa meletakkan kursi ini di sudut ruangan tepat sebelah persis rak buku. Pilihan kutsi ini cocok masuk ke dalam daftar perabotan untuk rumah klasik sederhana.

Sedulur juga bisa menggunakan kursi seperti ini di bagian teras. Penggunaan kursi seperti ini akan memberikan kesan rumah klasik zaman dahulu. Perawatannya pun tidak terlalu sulit, hanya saja pastikan kursi tidak terkena cairan jenis apapun.

6. Gaya klasik modern

Meskipun memiliki nama klasik bukan berarti desain ini memiliki tampilan yang kuno. Terlebih pada gaya desain klasik modern yang menambahkan sentuhan warna lembut, seperti ungu dan abu-abu. Supaya rumah dengan desain interior ini bisa nyaman ditempati maka sesuaikan desainnya dengan gaya hidup dan fungsi rumah.

Supaya rumah memiliki kesan klasik yang semakin hidup, jangan lupa untuk memperhatikan penataan perabotnya. Dimana perabotan tersebut menjadi elemen utama sehingga harus memperhatikan aksesoris pelengkap, seperti dekorasi dinding, plafon maupun dinding.

7. Lemari kaca di sudut ruang

ide perabotan interior gaya klasik lemari kayu
IDF Design

Rumah klasik sangat identik dengan perabotan yang terbuat dari kayu dan memiliki ukiran yang cantik. Salah satunya seperti lemari kaca dari kayu yang ada pada gambar. Lemari kaca ini biasanya digunakan untuk menaruh dekorasi rumah klasik dan koleksi peralatan makan dari keramik.

Sedulur bisa meletakkan lemari seperti ini pada ruang tengah. Isi bagian dalamnya dengan koleksi gelas, vas bunga, atau benda apapun. Namun, pastikan memperhatikan penataan warnanya agar terlihat lebih rapi dan menarik.

8. Hiasi dengan kaca besar

Rumah klasik khas Eropa identik dengan penggunaan cermin berukuran besar. Contohnya seperti yang terlihat pada gambar. Hanya saja, gaya pada cermin di atas merupakan gaya cermin klasik yang modern minimalis.

Sedulur bisa menggunakan jenis cermin seperti ini untuk rumah dengan dengan konsep modern. Jadi, sentuhan klasik bisa ditambah dengan penggunaan perabotan serupa. Pilih cermin dengan warna yang netral seperti putih agar seimbang dengan nuansa rumah.

Cermin seperti ini sebaiknya diletakkan pada bagian rumah yang terasa kosong. Ini akan memberikan kesan rumah yang terlihat luas dan juga estetik. Pilih cermin dengan bagian penyangga yang kokoh agar tidak mudah jatuh.

9. Meja makan kayu

Meja makan dengan material kayu memberikan kesan rumah klasik yang minimalis. Ini merupakan salah satu perabotan untuk rumah klasik minimalis yang tidak akan termakan zaman. Model meja makan yang agak oval seperti di gambar bisa menjadi pilihan.

Sedulur bisa menambahkan kesan manis dengan menggunakan taplak meja makan bermotif. Penggunaan taplak meja makan ini akan memberikan kesan rumah klasik yang manis dan terlihat tidak terlalu kaku.

10. Desain dapur bergaya klasik

ide perabotan interior gaya klasik lemari kayu
Second Nature Kitchens

Desain interior klasik juga cocok diterapkan pada dapur rumah Sedulur. Ciri khasnya yaitu pada plafon dan dinding yang dibuat berlekuk-lekuk. Selain itu, penggunaan marmer yang menonjolkan serat-serat pada lantai membuat dapur terlihat lebih kekinian. Tambahkan juga lemari gantung yang tidak hanya difungsikan untuk meletakkan barang-barang melainkan juga berfungsi sebagai sarang bagi lampu.

Hal ini kemudian akan membuat lemari gantung tampak berkilau karena keberadaan lampu yang diletakkan di belakang lemari. Tambahkan pintu geser dengan bingkai berwarna logam supaya tercipta keterkaitan antara dapur dan ruangan lainnya.

Demikian tadi tips dan ide perabotan interior gaya klasik yang bisa Sedulur coba. Semoga dengan informasi di atas, Sedulur bisa menciptakan suasana rumah klasik yang sesuai dengan impianmu ya. Jadi selamat mencoba!