ruang kerja industrial mungil

Kebutuhan ruang kerja di rumah kini semakin penting. Apalagi untuk para karyawan yang memiliki jam kerja fleksibel atau malah diberi kebebasan dengan work from home. Tentunya, keuntungan tersebut harus dimaksimalkan dengan membuat ruang kerja industrial mungil yang tidak memakan banyak ruang tapi bisa menunjang produktivitas.

Gaya industrial sendiri cocok dengan karakter para milenial dan generasi z yang suka dengan suasana kerja yang menyenangkan dan estetik. Jadi tidak heran jika ruang kerja industrial mungil bisa jadi pilihan untuk bekerja di rumah.

Namun, tentunya untuk menciptakan ruang kerja industrial mungil tidak semudah yang dibayangkan. Sedulur perlu berbagai macam inspirasi agar bisa menemukan ruang kerja yang tepat. Nah, berikut ini ada beberapa inspirasi yang bisa dicoba lho!

BACA JUGA: 18 Desain Ruangan Rumah Minimalis, Sederhana, dan Modern

Pentingnya Ruang Kerja

Pexels/Spencer Selover

Sebelum kita memberikan inspirasi ruang kerja industrial mungil yang cocok untuk Sedulur. Tentunya bahasan tentang manfaat dan mengapa ruang kerja itu penting, perlu disampaikan terlebih dahulu.

Hal ini supaya Sedulur bisa semakin mantap dan mengetahui dengan betul, apa yang harus diberikan dalam sebuah ruang kerja di rumah.

1. Menciptakan lingkungan kerja yang nyaman

Hal pertama yang cukup penting ketika memiliki ruang kerja sendiri di rumah adalah terciptanya lingkungan kerja yang bersih, higienis, dan nyaman. Jika suasana ruang kerja bisa membuat Sedulur betah, tentu akan ada banyak hal yang bisa diselesaikan. Keberadaan ruang kerja juga membuat Sedulur lebih fokus.

Pekerjaan yang menumpuk jika tidak diimbangi dengan suasana ruang kerja yang nyaman tentu akan membuat orang tidak bisa berkonsentrasi dan mudah stres. Jadi, tata lah ruang kerjamu sebaik dan serapih mungkin, agar tempat tersebut menjadi lokasi paling nyaman di rumah untuk produktif.

2. Bekerja jadi lebih efektif

Penataan ruang kerja dengan meletakkan perabot kantor dengan rapih akan membuat segala hal jadi lebih efektif. Misalnya, Sedulur tidak lagi membutuhkan banyak waktu untuk mencetak dokumen penting jika printer  diletakkan di samping meja kerjamu.

Meletakkan perlengkapan kerja dekat dengan jangkauan agar Sedulur tidak perlu repot saat ingin mengambilnya juga merupakan salah satu manfaat penting menata ruang kerja di rumah.

3. Disiplin dalam bekerja

Bekerja dari rumah kadang membuat orang menjadi kurang disiplin dan pemalas. Alhasil, pekerjaan menjadi tidak terselesaikan dan membuat Sedulur bisa kena teguran.

Untuk itu, dengan keberadaan ruang kerja industrial mungil di rumah secara tidak langsung bisa menumbuhkan rasa disiplin untuk Sedulur. Tata ruang yang rapi dan meletakkan perabot sesuai fungsinya akan bisa membuat karyawan bekerja lebih cepat dan tepat. Kedisiplinan melahirkan produktivitas tinggi bagi karyawan dalam menyelesaikan setiap pekerjaan.

BACA JUGA: 16 Warna Cat Ruang Tamu Mewah, Cerah, dan Elegan

Inspirasi Ruang Kerja Industrial Mungil

Sedulur sudah mengetahui beberapa poin pentingnya keberadaan ruang kerja di rumah. Jadi sudah semakin mantap untuk menciptakan ruang kerja sendiri bukan. Nah, berikut ini ada beberapa inspirasi ruang kerja dengan gaya industrial yang memiliki kesan estetik dan bisa membangkitkan semangat kerjamu.

1. Gaya industrial dengan sentuhan vintage

ruang kerja industrial mungil
Pexels/Pixabay

Ruang kerja industrial tidak harus tampil dinamis dan modern, Sedulur bisa memiliki ruangan kantor industrial yang tetap estetis dan manis.  Beri sentuhan vintage di dalamnya.

Sedulur dapat menghias ruangan dengan beberapa hiasan menarik, seperti lukisan di dinding, tanaman hias yang menyegarkan. meski berada di ruangan sempit. Gunakan beberapa perabotan dari kayu atau berbahan metal.

Kamu juga bisa menambah lampu sorot antik di meja kerja. Tapi pilih lampu yang sesuai dengan kondisi ruangan dan Kesehatan mata ya. 

2. Agar lebih segar pakai konsep natural

Design industrial yang satu ini mengedepankan sisi natural dan tampil dengan dominasi warna netral yang kalem. Pastinya unsur alami akan sangat dominan.

Gunakan perabotan interior industrial seperti kayu dan tanaman hias yang hijau dan segar. Konsep ini dapat membantu Sedulur untuk konsentrasi kerja, sehingga meningkatkan produktivitas saat tengah bekerja.

3. Minimalism ala scandinavian

Design industrial ini mengadopsi gaya khas Jepang. Interior untuk konsep ini mengutamakan kesederhanaan dan nuansa alam yang kental. Suasana gaya interior industrial ini akan menghasilkan ruangan yang unik, menarik walau penataannya simpel.

4. Coba gunakan warna-warna simpel kesukaanmu

ruang kerja industrial mungil
Pexels/Ola Dapo

Walau desain Ruang kerja industrial biasanya hadir dengan konsep warna dasar atau kalem, Sedulur tetap bisa mengaplikasikan warna cerah pada desain area kerja.

Sedulur bisa mengecat dinding dengan warna cerah, seperti merah. Padukan dengan perabotan warna coklat atau hitam seperti pada sofa atau kursi kerja. Warna ini menjadikan ruangan dinamis, dan modern.

5. Konsep earth tone

Desain ruang kerja industrial ini tampak begitu simpel dan hangat. Penataan yang rapi dan serba minimal membuat ruang kerjanya terasa lebih luas.

Sementara itu, penambahan aksen kayu pada beberapa area ruangan mampu mempercantik tampilan dan memberikan kesan earth tone sehingga bisa menambah fokus bekerja.

6. Ruang kerja industrial artistik

Ruang kerja pada gambar berikut ini memiliki penampilan yang unik. Pasalnya, sentuhan industrialnya tidak hanya dirancang secara monoton, tetapi mampu menampilkan unsur kontemporer yang artistik. 

Hal tersebut berkat penggunaan lantai dekoratif dan penempatan lukisan dinding yang sangat rapi. Untuk cat dinding, penghuni rumah memilih warna hijau hutan agar terlihat serasi dengan warna cokelat kayu gelap.

7. Perpaduan putih minimalis

Unsplash/Samantha Gades

Desain minimalis modern memang identik dengan penggunaan warna netral seperti putih. Namun, Sedulur juga bisa mengkreasikannya dengan menambahkan dinding batu bata ekspos khas konsep industrial.

Seperti pada desain satu ini, Sedulur bisa mengaplikasikannya di salah satu dinding. Penggabungan antara unsur minimalis dan industrial membuat tampilan ruang kerjamu terlihat lebih menarik perhatian.

BACA JUGA: 10+ Contoh Surat Panggilan Kerja Cocok untuk Dikirim Lewat WA & Email

Tips Ruang Kerja Makin Produktif

Unsplash/The Satanding Desk

Bila Sedulur sudah memilih akan menciptakan ruang kerja industrial seperti apa di rumah. Kami juga memiliki beberapa tips khusus untuk bisa menciptakan ruangan yang lebih produktif nih Sedulur. Simak beberapa tips ini ya.

1. Beri sentuhan tanaman hidup

Bekerja di ruang tertutup terkadang membuat beberapa orang menjadi bosan dan stres. Jika Sedulur memiliki ruang kantor yang tertutup, Sedulur bisa menambahkan tanaman hijau sebagai hiasan di meja.

Carilah tanaman yang cocok di ruangan tertutup dan tidak memerlukan perawatan yang rumit. Dengan menambahkan tanaman di ruang kerja, Sedulur akan mendapatkan energi positif dan meningkatkan produktivitas Sedulur.

2. Buat ruangan kerja terang

Cahaya yang masuk dalam ruangan kerja biasanya tidak terlalu banyak, penerangan dari dalam ruangan pun terkadang belum cukup. Karena itu, Sedulur bisa menambahkan sedikit cahaya lebih di atas meja.

Cobalah pasang lampu kecil atau desk lamp di samping meja kerja Sedulur, dengan begitu suasana kerja akan terasa lebih hangat dan nyaman. Meja dengan pencahayaan yang cukup juga bisa membuat Sedulur lebih produktif, kreatif, dan tidak mudah mengantuk.

3. Selalu mulai dan akhiri ruang kerja dengan rapi

Banyak orang yang saking sibuknya hingga membuat meja kerja berantakan dengan tumpukan barang yang terlalu banyak. Hal ini tentu sangat mengganggu kerja dan membuat tingkat produktivitas menurun.

Oleh karena itu, Sedulur bisa mulai membuang atau menyimpan barang-barang yang tidak terpakai, dan sisakan beberapa barang penting seperti jam, kalender, catatan penting, dan tempat alat tulis.

4. Pilih warna yang produktif

Warna telah terbukti dapat mempengaruhi produktivitas di tempat kerja. Walaupun setiap orang memiliki ketertarikan sendiri terhadap warna, namun ada beberapa warna yang ternyata memiliki efek memengaruhi.

Misalnya warna biru merangsang pikiran, kuning mendorong penciptaan ide atau kreativitas, merah mempengaruhi fisik, hijau menciptakan keseimbangan yang membuat ketenangan, atau merah muda yang dapat memberikan keceriaan dan kenyaman.

5. Pasang beberapa foto keluarga

Keluarga adalah salah satu alasan yang dapat membuat Sedulur lebih semangat bekerja. Jadi, cobalah mulai pilih foto keluarga dan atur posisi yang mudah dilihat, serta tidak mengganggu pekerjaan Sedulur.

Jika ruangan atau meja kerja Sedulur tidak cukup untuk menyimpan foto, Sedulur bisa menjadikan foto keluarga di dalam layar komputer atau laptop. Dengan begitu, semangat kerja Sedulur akan terus meningkat dari waktu ke waktu.

Demikian tadi beberapa tips membuat ruang kerja industrial mungil di rumah. Semoga dengan beberapa ulasan menarik lengkap dengan inspirasi desainnya, Sedulur bisa menciptakan ruang kerja terbaik di rumah ya. Selamat mencoba!