desain ruangan rumah minimalis

Konsep rumah minimalis masih terus jadi favorit masyarakat di Indonesia. Tak hanya membuat rumah terlihat lebih estetik, konsep desain ruangan rumah minimalis membuat fungsi hunian juga menjadi lebih lengkap.

Bagi Sedulur yang memiliki lahan terbatas, maka desain ruangan rumah minimalis bisa menjadi solusi agar ruangan lebih luas dan lega. Agar Sedulur tidak bingung, mari simak deretan rekomendasi desain ruangan rumah minimalis yang bagus berikut ini!

BACA JUGA: 13 Inspirasi Rumah dengan Granit, Minimalis dan Elegan!

1. Konsep minimalis putih

cat ruang tamu
The Spruce

Desain interior serba putih adalah aksen yang paling banyak dipakai untuk menciptakan suasana ruangan yang lebar tetapi juga bersih dan klasik. Perabotan yang dipilih biasanya mencakup sofa dengan warna netral cenderung putih dan lampu gantung dengan warna senada untuk ruang tamu. 

Tidak melulu harus putih, Sedulur bisa memadupadankan warna yang kontras dengan material kayu seperti rak dinding atau vas kaca bening untuk menghadirkan kesan yang hangat. 

2. Tropis minimalis

Sesuai dengan namanya, interior rumah tropis banyak menekankan pada alam berupa tanaman hijau dan hal-hal alamiah lainnya seperti tanah serta air sehingga sangat cocok untuk bagian taman rumah Sedulur. 

Bagian taman biasanya akan sangat berguna bagi Sedulur dengan jiwa sosialis dan sering mengundang orang untuk datang ke rumah untuk makan di area luar rumah. 

Beberapa rekomendasi furniture yang menunjang kesenangan Sedulur tersebut diantaranya kabinet barbeque tahan karat dengan permukaan yang tahan lama dan mudah dibersihkan serta satu set meja dan kursi makan outdoor yang memberikan kenyamanan bagi Sedulur dan orang terdekat untuk menikmati aktivitas makan di luar rumah. 

3. Gaya rustic makin chic

desain ruangan rumah minimalis
Better Home & Garden

Interior dengan konsep rustic sendiri terinspirasi dari bangunan rumah-rumah pengrajin di pedesaan Amerika Serikat pada zaman dahulu. Jika Sedulur menggunakan konsep ini, maka desainnya condong pada kesan alamiah dengan menekankan pada material kayu dan logam seperti besi dan aluminium.

Kombinasi dua bahan itu bisa dilakukan dengan memberikan finishing yang masih kasar sehingga cocok untuk garasi rumah. Beberapa furnitur yang direkomendasikan untuk garasi di antaranya unit rak terbuka sebagai media penyimpanan serbaguna. 

4. Desain ruang tamu minimalis

Contoh interior rumah minimalis yang pertama adalah ruang tengah terbuka dengan kesan unfinished design ala rumah industrial. Seperti yang terlihat, gaya interior ini dihangatkan dengan kombinasi warna tanah dan pilihan dekorasi yang santai di dalamnya.

Sedangkan karya seni yang diletakkan di lantai bertujuan untuk menghadirkan nuansa rumah bohemian yang edgy.

5. Inspirasi boho minimalis

Konsep interior rumah boho adalah desain yang netral dan hampir sama dengan naturalis. Namun, pendekatan interior dengan konsep boho lebih kepada permainan gaya etnik dan vintage menggunakan material rotan, warna karpet, dan perabotan yang nyentrik sehingga sangat cocok untuk teras rumah. 

Furniture yang cocok untuk interior rumah dengan konsep boho adalah kursi goyang, meja kayu bulat, lampu lantai, karpet bulu, dan detail aksesoris yang ramai seperti lukisan abstrak, bantal warna-warni, dan tanaman asli berukuran sedang dengan pot di sudut ruangan. 

6. Kamar tidur gaya scandinavian minimalis

Homebliss

Kamar tidur minimalis dengan nuansa Skandinavia bisa didefinisikan sebagai ruangan dengan garis yang bersih, palet netral, dan dekorasi fungsional. Seperti diketahui, memiliki lebih sedikit barang berarti semua yang ada di dalam ruangan harus cantik dan praktis.

Jadi jangan heran kalau menata ruangan seperti ini juga membutuhkan waktu, khususnya untuk mendekorasi dan memilih furniture kamar tidur yang pas.

7. Kamar mandi minimalis skylight

Menambahkan atap skylight dapat menjadi cara yang bagus untuk mengubah vibes ruangan, terutama kamar mandi di lantai atas. Karena masalah privasi, kamar mandi biasanya memiliki lebih sedikit jendela dan bukaan dibanding bagian rumah lainnya.

Itulah sebabnya sebagian besar kamar mandi cenderung gelap dan lembap. Dengan menambahkan skylight, kamu bisa mendapat penerangan tambahan sekaligus mempertahankan privasimu dari tetangga.

8. Desain interior minimalis monokrom

desain ruangan rumah minimalis
Pinterest

Konsep interior rumah dengan tema monokrom sangat cocok untuk Sedulur yang menginginkan ruangan dinamis sekaligus juga nyaman untuk didiami dalam waktu yang lama. Desain ini bisa Sedulur aplikasikan untuk ruangan kerja. 

Interior yang cocok untuk konsep interior monokrom adalah meja kerja dari material fibreboard yang dilengkapi dengan media penyimpanan berupa laci untuk menyimpan dokumen, alat tulis, dan perlengkapan kerja.

Buatlah diri Sedulur nyaman dengan kursi putar berkualitas yang dapat digunakan dengan tanpa roda untuk memberikan fleksibilitas pada gerakan Sedulur selama waktu kerja.

9. Perpaduan 2 warna biru dan kuning untuk gaya minimalis

Kombinasi warna kuning dan biru yang semarak dapat membuat sebuah ruangan jadi lebih hidup. Seperti contoh di atas, sebuah rumah Skandinavia yang menampilkan perabotan warna kuning dan biru, dengan cat rumah minimalis warna putih.

Tidak tenggelam dalam pergulatan warna saja, interior rumah sederhana tapi elegan ini juga berhasil menciptakan ruang yang berenergi dan ceria. Penggunaan kaca lebar dan kursi built-in di dekat jendela juga semakin memperluas proporsi ruang tamu mewah minimalis ini.

10. Gaya mid-century yang asik untuk minimalis

Pilihan desain kamar tidur bergaya mid-century modern satu ini sangat cocok dengan rumah minimalis sederhana kamu. Interior rumah sederhana tapi menarik ini berhasil memadukan tekstur, pola dan warna dengan apik.

Hasilnya adalah komposisi yang menyenangkan untuk sebuah kamar tidur yang didambakan pasangan muda.

11. Gaya industrial untuk rumah minimalis

Stuff

Interior rumah dengan konsep industrialis sangat cocok untuk dapur yang umumnya meninggalkan noda dan kotoran. Sedulur bisa memberikan sentuhan industrialis dengan memilih kitchen set dengan material kayu dengan warna yang gelap seperti hitam dan cokelat tua. 

Untuk memberikan kesan industrialis yang kuat, tambahkan meja bar yang mengarah ke dapur dan pilihlah lampu gantung dengan warna senada sebagai pencahayaan. 

12. Konsep minimalis dengan sentuhan earth tone

Bagi kamu yang menyukai desain ruangan rumah dengan gaya natural? Coba lihat desain interior rumah sederhana tapi menarik di atas. Kamu sudah bisa menambahkan aksen alami berupa lantai kayu ke dalam interior rumah.

Tambahkan pula furniture unik untuk rumah kecil berupa meja TV, lalu taruh tanaman dalam rumah di sebelahnya. Dijamin kombinasi ini bisa menciptakan suasana rumah yang kental dengan gaya earth tone.

13. Tambahkan mezzanine untuk kesan minimalis modern

Untuk kamu yang masih memiliki sedikit ruang lapang, maka kamu bisa membangun setengah tingkat di atas area ruang keluarga atau bahkan kamar sebagai ruang baca atau ruang kerja terbuka.

Agar bisa menciptakan kesan mewah yang tidak terlalu mencolok, tambahkan elemen emas dari lampu gantung atau tekstur pada bagian dinding. Jika ingin lebih maksimal, gunakan karpet atau lantai kayu.

14. Aksen klasik minimalis

Pemilihan interior rumah klasik bisa membantu menciptakan ruangan yang terasa lebih tenang dan nyaman sehingga sangat cocok untuk ruangan tidur.  Konsep klasik pada ruang tidur bisa diaplikasikan dengan pemilihan rangka tempat tidur dengan penyimpanan yang terbuat dari kayu.

Sedulur juga bisa menembahkan beberapa meja samping berlaci dengan warna yang netral. Tak lupa juga tambahkan lemari berlaci sebagai media penyimpanan dan tv bench dengan warna yang senada.

15. Posisikan televisi menempel dinding

desain ruangan rumah minimalis
The Spruce

Dengan memposisikan televisi digantung pada dinding, maka area ruang keluarga atau ruang tamu kamu akan terasa lebih leluasa. Dengan demikian, kamu bisa menempatkan furnitur lain secukupnya di area yang tersisa.

16. Desain minimalis dengan gabungan dapur dan ruang tamu

Ruang tamu atau ruang keluarga umumnya memang berada di tengah-tengah rumah atau sentral. Dengan desain ini, kamu bisa menempatkan area tersebut yang berdekatan dengan dapur serta ruang makan. Dengan perabotan yang sederhana dan fungsional, desain interior minimalis untuk rumah satu lantai ini bisa berfungsi secara maksimal.

17. Gunakan sofa serbaguna

Sofa serbaguna juga bisa menambahkan rak penyimpanan yang kamu butuhkan. Dengan menggunakan soda serbaguna ini, maka ruang kecil untuk bersantai atau ngobrol dengan keluarga dan teman, bisa digunakan sekaligus sebagai tempat penyimpanan barang-barang yang seringkali dibutuhkan agar mudah menemukannya.

18. Mengusung konsep kontemporer minimalis

Vogue

Karakter khas dari interior rumah dengan konsep kontemporer adalah penggunaan desain dan bentuk-bentuk yang futuristik. Sehingga, interior rumah dengan desain kontemporer akan memberikan kesan jauh lebih modern, timeless, bahkan seolah maju ke masa depan sehingga cocok untuk ruang makan keluarga. 

Furniture yang cocok untuk desain ini adalah satu set meja makan dengan warna yang antik dan lembut. Lengkapi juga suasana ruang makan yang hangat dengan kotak display untuk barang pecah belah, lampu dekorasi untuk menambah pencahayaan serta detail kecil seperti lilin pengharum ruangan. 

Demikian tadi deretan ide desain ruangan rumah minimalis yang bisa Sedulur coba. Semoga ide-ide kali ini bisa membantumu menciptakan hunian yang nyaman dan sesuai selera ya. Selamat mencoba!