Router

Agar jaringan internet dapat berjalan baik di sebuah komputer desktop, maka diperlukan perangkat keras bernama router. Perangkat ini membantu Sedulur agar bisa mengakses situs atau membuka berita di laman Google maka dibutuhkan namanya jaringan internet. Tanpa adanya internet, mungkin Sedulur tidak akan bisa membuka laman penting dengan cepat.

Fungsi router adalah menghubungkan jaringan internet untuk PC, laptop, dan smartphone supaya bisa berselancar di dunia maya. Namun, penjelasan tentang apa yang dimaksud router dan seperti apa jenis router terbaik untuk perangkat elektronik masih banyak lho. Jadi biar Sedulur tidak terlewat, simak ulasannya di bawah ya!

BACA JUGA: Mengenal Gedung Cyber, Penyedia Layanan Internet dan Isinya

Pengertian router

router
Lifewire

Router adalah perangkat keras dan berfungsi menyalurkan paket data melalui jaringan internet ke perangkat lainnya melalui proses routing. Di satu sisi router juga diartikan sebagai proses untuk meneruskan paket jaringan dari satu ke lainnya. Namun fungsi dari perangkat ini adalah mengelola lalu lintas antar jaringan kemudian meneruskan paket dara pada alamat IP yang ingin dituju.

-->

Tanpa hadirnya perangkat ini, gawai, laptop hingga PC kamu tidak akan bisa tersambung dengan internet. Sebab, syarat agar Sedulur dapat mengakses laman-laman di dunia maya dibutuhkan adanya jaringan internet.

Fungsi router

router
Neatgear

Jaringan internet sangat dibutuhkan dewasa kini oleh semua kalangan. Baik keperluan mengkses informasi, mendukung pekerjaan dan masih banyak lagi. Akan tetapi, supaya kamu menikmati jaringan internet, maka dibutuhkan namanya perangkat bernama router. Fungsi perangkat ini, sebenarnya berguna untuk mengatur lalu lintas antar jaringan dan membagikan koneksi internet.

Meski demikian, ada fungsi lain dari keberadaan alat penunjang jaringan internet ini Sedulur. Di bawah ini adalah penjelasan lengkapnya.

Menghubungkan jaringan ke DSL

Fungsi pertama adalah dapat menghubungkan jaringan lokal ke koneksi DSL atau Digital Subscriber Line). DSL sangat berguna untuk firewall alias melindungi data penting kita. Maka dengan begitu, router berperan dalam memblokir segala lalu lintas data yang dianggap mencurigakan serta mencegah adanya broadcast storm.

Punya fungsi mentransmisikan informasi

Kedua, adanya perangkat router dapat mentransmisikan atau menyalurkan informasi dari ke jaringan lainnya Sedulur. Perangkat ini punya fungsi dalam memberikan media akses jaringan internet menggunakan sistem kerja networking bridge. Supaya jaringan dapat diakses oleh orang lain

Dapat menjadi penghubung jaringan

Perangkat keras seperti router punya fungsi lain yaitu menghubungkan jaringan untuk beberapa perangkat ada ada pembagian paket data antar jaringan. Proses seperti ini dapat berlangsung jika ada distribusi alamat IP pada setiap perangkat di jaringan tertentu Sedulur. Jadi begitulah fungsi lain dari keberadaan router.  

Membaca alamat IP

Fungsi lain adanya perangkat seperti router adalah membaca alamat IP. Dengan  pembacaan alamat ini, maka nanti bisa menentukan routing pada satu node ke node lainnya dan berada dalam sebuah jaringan

Bedanya modem dan router

router
Neatgear

Sama-sama perangkat keras dan punya fungsi menyalurkan jaringan internet, ternyata kedua alat ini punya perbedaan. Perbedaan paling mendasar adalah jika router dapat membentuk jaringan lalu mengelola aliran data dalam suatu jaringan. Sementara modem, punya fungsi dapat mengubah sinyal dari ISP berubah menjadi sinyal digita.

Kemudian ditafsirkan oleh perangkat pengguna. Perbedaan lainnya dari kedua alat tersebut adalah area jaringan pendistribusian internet. Perangkat keras ini bisa mendistribusikan pada area LAN atau Local Area Network. Kemudian jika perangkat modem dapat memakai WAN atau biasa dikenal dengan nama Wide Area Network.

Selanjutnya, pada router dapat terhubung langsung di beberapa perangkat PC lewat Wifi. Kemudian jika Modem tidak, mereka hanya dapat dipakai dan terkoneksi untuk satu hingga beberapa komputer saja. Pastinya pengguna menggunakan program perangkat lunak ataupun penggua OS.

BACA JUGA: Perbedaan Internet dan Intranet: Pengertian & Cara Kerjanya

Proses kerja perangkat keras router

router
PC Mag

Perangkat ini dapat mengarahkan jaringan data memakai routing table. Tujuannya untuk menentukan jalur apa saja yang akan dipakai oleh paket data demi mencapai tujuannya. Pada paket data tersebut, akan berisi mengenai bagian-bagian tertentu. Salah satunya mengenai pembawaan informasi mulai proses pengiriman, tipe data sampai alamat IP tujuan.

Jika dijabarkan, paket data komputer A akan lewat jaringan agar sampai ke komputer B. Kesimpulannya saat perangkat keras seperti router menerima paket, maka perangkat ini akan dapat melakukan cek ricek tujuan akhirnya. Selanjutnya perangkat keras ini menentukan sendiri bagaimana jalan terbaik munuju tujuan

Jenis router terbaik

CNN

Sebagai pengguna pastinya menginginkan jaringan internet sempurna, guna menunjang proses penyelesaian pekerjaan. Maka dari itu, perlu perangkat keras bernama router supaya kamu nyaman berselancar di dunia maya. Diketahui ada  lima jenis router terbaik untuk menunjang jaringan internet kamu Sedulur. Mulai dari Wireless, Wired, Virtual, Core hingga Edge. Guna membahas keunggulan masing-masing perangkat keras di atas, di bawah ini adalah penjelasan lengkapnya.

BACA JUGA: Cara Tes Kecepatan Internet Via Online & Android, Gratis!

Router wifi

Neatgear

Perangkat di atas menawarkan keunggulan dalam hal konektivitas Wi- Fi alias tidak menggunakan kabel.  Jenis router wifi adalah perangkat paling sering dipakai orang dalam keperluan mengkases internet. Jenis ini memakai kabel ethernet dan bukan internet supaya bisa tehubung ke perangkat modem.

Jika Sedulur punya perangkat Wi-Fi di rumah, berarti mempunyai router berjenis nirkabel. Jadi sangat direkomendasikan untuk Sedulur dapat menggunakan perangkat ini. Tentunya dalam keperluan mengakses internet dengan cepat dan tanpa hambatan.

Virtual router

Toms Guide

Berikutnya ada lagi perangkat keras untuk menghubungkan jaringan bernama virtual. Hadirnya perangkat ini, maka memungkinkan komputer milik Sedulur atau server bisa mengirimkan paket data lewat aplikasi perangkat lunak. VR mempunyai bentuk perangkat lunak atau software dan punya fungsi dan tugas sama halnya router pada umumnya.

Edge router

PC World New Zealand

Jika Sedulur mencari jenis  terbaik mungkin dapat memilih jenis ini untuk menunjang jaringan internet Sedulur. Perangkat ini punya fungsi dalam berkomunikasi bersama router inti dan jaringan eksternal. Letak Edge ini berada di bagian ujung dan memakai jaringan BGP alias Border Gateway Protocol dalam mengirim sampai menerima data  LAN ataupun WAN.

Kemajuan pesat dibidang teknologi informasi dan komunikasi, telah mengubah budaya masyarakat dalam mengakses segala macam informasi. Jika sebelumya ingin mendapatkan informasi perlu membeli koran, melihat televisi hingga mendengarkan radio, maka sekarang dengan mudah kamu bisa mengakses informasi lewat jaringan internet.

Hanya saja, ketika Sedulur mengakses internet, dibutuhkan perangkat pendukung atau menunjang agar kamu leluasa menikmati sajian informasi dari belahan dunia manapun. Perangkat tersebut bernama router dan umum dipakai banyak kalangan saat ini.

Kamu bisa menggunakan jenis router terbaik dalam menunjang akses internet kamu. Namun umumnya, masyarakat akan lebih banyak menggunakan perangkat tanpa kabel atau biasa dinamakan dengan Wi-Fi. Jenis Wi-Fi paling banyak dipakai orang baik kantor, rumah tangga hingga hanya personal saja.

Semoga ulasan di atas dapat membantu Sedulur menentukan router terbaik dalam menunjang pekerjaan Sedulur sehari-hari. Jangan sampai salah pilih alat membuat seluruh rencana pekerjaan menjadi buyar.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!