Simak langkah membuat dan resep bakso ikan tongkol di bawah ini!

Bakso ikan menjadi salah satu camilan alternatif yang sangat disukai masyarakat, selain bakso sapi yang selama ini sudah dikenal lebih dulu oleh masyarakat . Banyak yang menyukai bakso ikan, terutama bagi para pecinta olahan seafood.

Biasanya bakso ini dimakan dengan ditemani mie, kwetiau, capcay atau bihun. Bahkan dikonsumsi tanpa ditemani apapun, bakso ikan masih lezat dan nikmat. Superapp.id kali ini akan membahas langkah dan resep bakso ikan tongkol.

Bakso ikan tongkol merupakan salah satu jenis ikan yang sering digunakan sebagai bahan dasar bakso ikan. Yuk, langsung saja kita simak resep dan apa saja bahan yang dibutuhkan untuk membuat bakso ikan tongkol di bawah ini.

Baca Juga: 9 Resep Bakso Sapi Yang Enak Dan Mudah Di Buat Di Rumah

Bahan yang Dibutuhkan

Bahan yang Dibutuhkan

Bahan yang dibutuhkan dalam cara membuat bakso ikan tongkol adalah:

  • Ikan Tongkol 1 ekor
  • Telur 1 butir
  • Lada 1 sdm
  • Bawang putih 5 siung
  • Tepung terigu 5 sdm
  • Sagu 7 sdm
  • Garam secukupnya
  • Es batu
  • Daun seledri

Setelah bahan dalam resep bakso ikan di atas terkumpul, Sedulur tinggal langsung ke membuatnya. Simak tips dan langkah membuatnya agar menghasilkan bakso ikan yang nikmat.

1. Menguleni Adonan Bakso Ikan

1.   Menguleni Adonan Bakso Ikan

Masukan ikan tongkol yang telah dihaluskan, telur, terigu, sagu, lada, bawang putih halus, garam secukupnya. Aduk rata, disarankan menggunakan mixer. Masukkan air sedikit demi sedikit, hingga adonan kental. Lalu masukan es batu dalam proses pengadukan menggunakan mixer.

Setelah cukup kenyal adonan, matikan mesin dan uleni adonan bakso secara manual menggunakan tangan. Proses ini akan menghasilkan adonan bakso yang lebih kenyal.

2. Membentuk Bakso

2.   Membentuk Bakso

Setelah adonan cukup kenyal, proses selanjutnya adalah membentuk bakso. Gunakan tangan untuk membentuk bakso. Pertama, Sedulur ambil adonan sebanyak tangan Sedulur mampu menggenggam adonan. Kemudian remas adonan, dan akan keluar bentuk bulat bakso di antara sela jari telunjuk dan ibu jari.

Ambil bulatan adonan dengan menggunakan sendok, lalu masukan ke dalam air yang sudah mendidih. Lakukan hingga adonan habis. Sedulur juga bisa bisa membentuk adonan, apakah ingin bentuk bulat kecil atau bulat besar.

Baca Juga: 10 Resep Tahu Bakso yang Enak, Mudah & bisa di Jual lagi

3. Merebus Bakso

3.   Merebus Bakso

Bakso yang sudah direbus dan dibentuk tersebut harus direbus dengan air yang mendidih. Menentukan bakso yang sudah matang sangat mudah. Jika ada bakso yang sudah mengapung dan mengembang dengan ukuran dua kali lipat, maka bakso ikan sudah matang dan siap diangkat.

Sedulur juga bisa meniriskan bakso dengan menggunakan air dingin atau air es, agar bakso lebih kenyal lagi. Atau jika bakso ikan sudah dingin, Sedulur juga bisa memasukkan dalam freezer dan membekukannya. Hal ini juga mampu membuat bakso memiliki ketahanan yang cukup lama.

Bakso dari bahan ikan pun telah selesai dan siap dinikmati dan diolah menjadi berbagai macam jenis olahan makanan. Semoga langkah membuat bakso dari bahan ikan di atas bisa menambah wawasan resep memasak untuk Sedulur di rumah.

Jangan lupa untuk membeli setiap bahan untuk membuat bakso di Aplikasi Super. Karena Aplikasi Super menyediakan berbagai macam kebutuhan dapur dan kebutuhan hidup sehari-hari. Klik di sini untuk mengunjungi laman Aplikasi Super dan jangan lupa untuk mulai menggunakan Aplikasi Super dai sekarang juga. Jalani hidup lebih mudah dan menyenangkan bersama Aplikasi Super.