9 Resep Bakso Sapi Yang Enak Dan Mudah Di Buat Di Rumah

Bakso sapi merupakan makanan enak dan gurih, simak resep bakso sapi di bawah ini.

Daging sapi bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan, mulai dari gulai, sate, hingga tongseng. Salah satu olahan daging sapi adalah bakso. Membuat bakso sapi pun terdiri dari berbagai macam resep bakso sapi.

Di antara resep bakso sapi yang umum dimasak adalah resep bakso sapi blender, resep bakso sapi rumahan, resep bakso sapi kenyal, resep bakso sapi spesial, resep bakso sapi enak dan sehat, resep bakso sapi kenyal, resep bakso sapi untuk jualan, resep bakso sapi campur ayam dan banyak resep bakso sapi lainnya.

Ada juga yang mencari tahu seperti apa resep kuah bakso sapi dan seperti apa resep bakso sapi 500 gram. Saat ini banyak bakso sapi kemasan yang dijual sebagai salah satu makanan beku. Yuk, mari langsung saja kita simak daftar resep bakso sapi yang bisa kita buat di rumah.

Baca Juga: 9 Cara Membuat Bakso Ikan yang Empuk, Lezat untuk Jualan

Daftar Resep Bakso Sapi yang Mudah Dibuat

1. Bakso Sapi Solo

Bakso Sapi Solo

Resep pertama adalah jenis bakso yang sudah akrab kita kenal. Cara membuat bakso sapi dengan blender tanpa baking powder adalah ciri khas dari bakso sapi solo. Bakso sapi Solo mudah dibuat, karena cara membuat bakso sapi sendiri di rumah.

Cara membuat bakso sapi kenyal dan garing yang pertama adalah mencuci daging sampai bersih, dan lalu giling menggunakan mesin penggiling dan campur dengan es batu. Setelah daging hancur dan lembut, campurkan bahan utama lainnya, seperti tepung terigu, tepung tapioka, dan bumbu perasa.

Bentuk bulat sesuai selera, dan rebus menggunakan air yang sangat mendidih. Jika ada bakso yang melayang dalam rebusan air mendidih. Makan bakso tersebut telah matang. Resep bakso sapi Solo pun telah selesai kita lakukan.

2. Bakso Sapi Chinese

Bakso Sapi Chinese

Bakso merupakan makanan yang berasal dari Cina, pengaruh kuliner Cina di Indonesia sangat kuat sekali. Cara membuat bakso sapi yang enak dan kenyal satu ini sama dengan membuat bakso sapi solo. Berikut cara pembuatannya.

Langkah pertama dalam cara membuat bakso daging sapi 1 kg ini adalah dengan mengaduk semua bumbu dan masukan ke dalam freezer selama 10 menit. Lalu haluskan daging sapi dengan menggunakan blender atau alat penggiling lainnya.

Tambahkan bumbu yang telah didiamkan di freezer dan blender hingga teraduk rata dan lembut. Bentuk adonan bakso bulat-bulat sesuai selera. Dan rebus hingga bakso matang. Resep bakso sapi ala Chinese pun telah siap dihidangkan.

3. Bakso Malang

Bakso Malang

Salah satu jenis bakso yang juga telah banyak dan telah kita kenal, yaitu bakso Malang. Bakso Malang memang merupakan resep bakso sapi yang sedikit berbeda, karena adanya campuran pangsit dan juga tahu.

Resep bakso sapi Malang sama dengan membuat bakso pada umumnya. Bahan yang digunakan adalah daging giling, tepung kanji, bawang putih, bawang daun, garam, merica dan penyedap rasa.Cara membuat  bakso Malang juga sama dengan sebagaimana membuat adonan bakso terlebih dahulu, lalu mencetaknya atau memasukkannya ke dalam air yang mendidih untuk mematangkan adonan bakso.

Dalam bakso Malang terdapat pangsit yang digoreng kering dan memiliki rasa yang renyah. Pangsit bakso Malang sangat mudah, adonan bakso Malang yang telah dibuat, balut dalam kulit pangsit dan goreng hingga kering. Campur dengan bakso yang telah jadi, dan nikmati bersama kuah yang nikmat.

Baca Juga: 10 Resep Tahu Bakso yang Enak, Mudah & bisa di Jual lagi

4. Bakso Sapi Wonogiri

Bakso Sapi Wonogiri

Bakso sapi yang juga tidak kalah terkenal seperti bakso Solo dan bakso Malang adalah bakso Wonogiri. Cara membuatnya sangat mudah, pertama masukkan semua bahan adonan bakso ke dalam satu tempat, campur dan uleni menggunakan tangan sampai tercampur rata selama satu jam lebih.

Siapkan air dan rebus air lalu tambahkan tetelan dan lemak sapi. Tunggu hingga mendidih, siapkan  adonan bakso yang sudah tercampur, bentuk bulat-bulat sesuai selera dan masukkan adonan bakso ke dalam air rebusan tetelan selama kurang lebih 15-20 menit, hingga ada bakso yang mengapung.

Angkat bakso yang mengapung, karena tandanya bakso telah matang. Lalu siapkan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, dan kemiri. Haluskan dan lalu tumis dengan menggunakan minyak hingga mengeluarkan aroma wangi. Masukkan tumisan bumbu ke dalam air yang digunakan untuk merebus bakso. Aduk sampai rata, masak hingga mendidih.

Campurkan bakso yang telah matang dengan bahan pelengkap seperti mie, bihun dan sayuran, lalu siram dengan air kuah yang telah disiapkan di atas. Bakso Sapi Wonogiri pun siap dihidangkan

5. Bakso Sapi Bakar

Bakso Sapi Bakar

Membuat resep bakso ini harus sudah memiliki bakso yang telah jadi terlebih dahulu. Kita juga bisa menggunakan bakso kemasan yang merupakan salah satu makanan beku yang banyak dijual di supermarket.

Selanjutnya siapkan bumbu untuk membakar bakso, yang terdiri dari cabai, kecap dan saus tiram . Pertama haluskan cabai, kemudian tambahkan sedikit penyedap rasa. Lalu campur kecap manis dengan saus tiram. Masukkan campuran kecap ke cabai yang sudah dihaluskan.

Masukkan bakso, lalu aduk rata dan diamkan selama 5 menit hingga bumbu meresap ke dalam bakso. Panaskan api pembakaran, oleskan bakso dengan minyak dan lalu tusuk bakso menggunakan lidi atau tusukan sate. Bakar bakso hingga matang dan bumbu menyerap sempurna.

6. Bakso Sapi Wortel

Bakso Sapi Wortel

Resep bakso sapi satu ini menggunakan wortel sebagai bahan tambahan. Cara membuatnya pertama, goreng bawang putih sebentar, lalu haluskan daging sapi dan bawang yang telah digoreng. Masukkan wortel yang telah halus dalam adonan lalu aduk kembali hingga rata.

Sambil mengaduk, jangan lupa untuk memasukkan tepung, es batu, bumbu baking powder, dan putih telur, lalu aduk rata kembali. Pindahkan adonan ke dalam baskom dan uleni adonan. Langkah selanjutnya tinggal mencetak adonan, kita juga bisa menambahkan telur puyuh  dengan dibentuk bulat masukkan ke dalam masing-masing cetakan bakso sebagai isian.

SIapkan air dan lalu masukkan adonan bakso yang telah diisi telur. Kecilkan api dan biarkan sampai adonan mengapung. Bakso sapi wortel pun siap dinikmati.

7. Bakso Sapi Bayam

Bakso Sapi Bayam

Selanjutnya adalah bakso sapi dengan campuran sayur bayam. Sama dengan membuat bakso sapi wortel. Haluskan terlebih dulu daun bayam dan masukkan ke dalam adonan bakso sebagai bahan tambahan.

Proses selanjutnya adalah mencetak bakso sapi bayam dan merebusnya hingga matang. Bakso sapi bayam ini akan memiliki warna hijau karena campuran dari bayam yang memang memiliki warna dominan hijau. Setelah matang, bakso sapi bayam pun siap dinikmati.

8. Bakso Sapi Keju

Bakso Sapi Keju

Resep bakso sapi selanjutnya menggunakan keju sebagai isian bakso. Setelah adonan bakso sapi siap dicetak. Masukan keju jenis apapun sesuai selera ke dalam cetakan bakso. Buat bulatan bakso agak besar, agar keju bisa masuk menjadi cetakan bakso.

Rebus bakso hingga matang. Biasanya akan membutuhkan waktu yang agak lama, karena bakso memiliki isian keju. Setelah bakso melayang, angkat bakso lalu tiriskan. Resep bakso sapi keju pun siap dinikmati.

9. Bakso Sapi Tanpa MSG

Bakso Sapi Tanpa MSG

Bagi yang khawatir dengan bakso yang menggunakan bahan pengawet dan msg, bisa mengikuti cara membuat bakso tanpa bahan pengawet dan msg di bawah ini. Pertama bersihkan daging, dan bersihkan daging dari sisa air dengan menggunakan tisu.

Siapkan bumbu untuk membuat adonan bakso. Jangan lupa untuk menggiling daging dan bumbu menggunakan alat penggilingan agar daging halus sempurna. Lalu tambahkan es batu dalam penggilingan yang bertujuan untuk membuat bakso kenyal.

Kemudian masukkan tepung tapioka dan tepung terigu secara perlahan. Uleni lagi sebentar menggunakan tangan sebelum adonan bakso dicetak. Cetak bakso dengan ukuran sesuai selera. Rebus bakso menggunakan bahan mendidih. Angkat jika sudah matang dan bakso tanpa MSG dan bahan pengawet pun siap dinikmati.

Semoga penjelasan tentang resep bakso sapi  di atas bisa menjadi pilihan bagi Sedulur yang ingin mencoba membuat bakso Sendiri. Jangan lupa untuk membeli bahan sembako untuk membuat bakso di Aplikasi Super.

Karena Aplikasi Super memiliki kelengkapan sembako dan harga yang murah. Disertai dengan pengiriman barang dengan gratis ongkos kirim. Klik di sini untuk mengenal Aplikasi Super lebih jauh dan jangan lupa download Aplikasi Super bagi yang belum download Aplikasinya.