rekomendasi pull up bar

Pull up merupakan gerakan olahraga yang bermanfaat untuk melatih otot tubuh bagian atas. Untuk melakukan olahraga ini, dibutuhkan alat bernama pull up bar yang umumnya bisa dijumpai di tempat gym. Namun, perkembangan zaman membuat alat olahraga semakin praktis dan bisa digunakan dimanapaun, termasuk rekomendasi pull up bar.

Supaya Sedulur tidak bingung ketika ingin membeli pull up bar portable dan bisa digunakan di rumah. Berikut ini ada beberapa rekomendasi alat dari berbagai merek yang bisa dicoba. Kira-kira apa saja? Mari simak berikut ini ya!

BACA JUGA: Ini Rincian Lengkap Modal Biaya Membuat Tempat Fitness

1. Decathlon Domyos Pull Up Bar 900

rekomendasi pull up bar
Decatlon

Rekomendasi pull up bar pertama yaitu Decathlon. Decathlon merupakan merek perlengkapan olahraga di Indonesia yang cukup laris. Salah satu produk yang cukup terkenal adalah Domyos Pull Up Bar 900.

Dibuat dengan dimensi 115 cm x 58 cm x 37 cm, bagian rangkanya menggunakan campuran material baja dan poliuretan (PU). Produk ini bisa dipasangkan di pintu dengan lebar 60 sampai 90 cm dan memiliki 7 titik handle untuk mendukung berbagai variasi gerakan.

Pada bagian pegangannya terdapat lapisan busa empuk yang berfungsi sebagai penyerap keringat, pelindung tangan dari lecet, dan anti licin. Alat pull up di rumah dari Decathlon ini bisa menahan beban hingga 130 kg.

2. LCMNCELL MIKING Horizonal Bar

Alat pull up di rumah LCMNCELL MIKING Horizonal Bar Multifunctional Pull Up termasuk tipe standing pull up yang portable untuk dipindah-pindah ke ruangan yang diinginkan.

Produk ini tidak hanya didesain untuk berlatih pull up, tetapi bisa juga untuk gerakan chin-up, tricep dips, push-up, mengangkat kaki vertikal, dan lainnya. Bagian kerangkanya terbuat dari pipa baja dengan handle dari silikon dan terdapat 10 tingkat ketinggian yang bisa diatur sesuai level latihan Sedulur.

3. OneTwoFit Adjustable Pull Up Station

rekomendasi pull up bar
NY Times

OneTwoFit Adjustable Height Pull Up Station merupakan alat pull up di rumah tipe free standing dan terbuat dari material baja yang cukup tebal. Sedulur bisa mengatur ketinggian alat ini dalam 6 level, mulai dari 185 cm – 235 cm, jadi akan lebih sesuai dengan kemampuan pull up Sedulur.

Pada bagian tengahnya terdapat U shaped frame untuk mendukung resistensi, keamanan, dan stabilitas tubuh selama berlatih pull up. Sehingga menggunakan alat ini dijamin praktis dan aman ya.

4. Zero Core Gymnastic Ring Pull Up Gym

Rekomendasi pull up bar berbeda dengan beberapa alat pull up di rumah sebelumnya, Zero Core Gymnastic Ring Pull Up terbuat dari bahan kayu dengan nylon strap sepanjang 4,5 m.

Bagian ring-nya sendiri berdiameter 23.5 cm dan bisa menahan beban hingga 150 kg. Selain untuk latihan pull up, Sedulur juga bisa memanfaatkan alat ini untuk dips, push up, muscle up, dan lainnya.

5. Pull Up Bar The Republic of Svarga

Rekomendasi pull up baru ini yaitu Pll Up Bar by The Republic of Svarga, yang terbuat dari campuran bahan premium steel tube, eva foam, dan rubber yang bisa menahan beban hingga 150 kg. Hadir dalam 3 pilihan ukuran panjang, alat pull up rumahan ini bisa juga digunakan untuk gerakan chin up, sit-up, dan crunch.

Ketika dipasang pada kusen pintu, pastikan untuk memutar alat ini hingga tidak bisa berputar lagi, kemudian kunci panel pengunci sebagai keamanan tambahan. Pada kedua ujungnya terdapat lapisan silikon sehingga alat pull up di rumah ini tidak akan merusak kusen pintu.

Tidak perlu khawatir tangan akan lecet atau licin ketika menggunakan Pull Up Bar by The Republic of Svarga, karena terdapat lapisan busa setebal 5 mm yang berfungsi untuk menyerap keringat dan anti-selip dinding bagian dalam.

BACA JUGA: 17 Alat Fitnes Rumahan yang Wajib Kamu Miliki!

6. SFIDN FITS Premium Adjustable Door Pull Up Bar

rekomendasi pull up bar
Pinterest

Hadir dalam warna merah, SFIDN FITS Premium Adjustable Door Pull Up Bar terbuat dari material besi dan bisa dijadikan alat bantu berbagai gerakan, misalnya pull-up, sit-up, push-up, dan leg lift.

Pada bagian gagang dari alat pull up di rumah ini terdapat waterpass untuk mengecek keseimbangan badan, ujung anti slip yang lebar, serta pengunci mekanik untuk menjaga alat tidak bergeser saat digunakan. Sebagai penunjang keamanan, ditambahkan busa anti slip setebal 5 mm dan dua bantalan silikon tebal di kedua sisi alat.

SFIDN FITS Premium Adjustable Door Pull Up Bar tersedia dalam dua ukuran, yaitu 70cm – 100cm dan 80cm – 135cm yang semuanya bisa menahan beban hingga 150 kg. Cara pemasangan alat pull up di rumah ini juga tidak sulit, yaitu putar alat hingga kedua ujungnya menempel di pintu.

7. Kettler Deluxe Door Chinning Bar 961-000

Kettler Pull Up Bar termasuk tipe door chinning bar yang panjangnya bisa diatur mulai dari 64 cm – 96 cm dan bisa menahan beban hingga 100 kg. Alat pull up di rumah dari Kettler ini dilengkapi dengan 2 buah karet yang berfungsi sebagai penahan pull up bar di pintu, jadi akan lebih aman ketika dipakai olahraga.

Untuk menunjang kenyamanan penggunanya, pada bagian body chinning-nya terdapat busa yang empuk, sekitar 5 mm. Kettler Deluxe Door Chinning Bar bisa digunakan juga untuk gerakan push up hingga sit up.

8. Vosgo Pull Up Station

Coach

Vosgo jadi rekomendasi alat pull up bar selanjutnya. Produk ini cukup fleksibel digunakan untuk pull-up bar, dip bar, tali, dan lain sebagainya. Berkat dudukan dumbbell dan bangku lipat, Sedulur juga dapat melakukan halter. Sementara dua pegangan di bawah stasiun bisa membantu untuk melakukan push-up.

Stasiun ini menawarkan kemungkinan untuk melatih bagian atas tubuh, dada, bahu, trisep, dan perut. Handle-nya pun hadir dengan daya tahan yang bagus dan awet.

9. Iron Door Gym Besi Pintu Gym Xtreme

Iron Door Gym Besi Pintu Gym Xtreme terbuat dari bahan besi yang dilapisi dengan cat berkualitas terbaik untuk mencegah perkaratan. Dilengkapi dengan 5 titik handle, mulai dari yang sempit hingga lebar, alat pull up di rumah ini juga bisa diletakkan di lantai untuk menjadi alat bantu sit up, push up, dan dips.

Dengan demikian, pembentukan otot bahu, lengan, punggung, hingga perut menjadi lebih maksimal. Iron Door Gym Besi Pintu Gym Xtreme paling bagus dipasangkan pada pintu selebar 60 sampai 80 cm.

10. Svarga Wall Mounted Pull Up Bar

Breaking Muscle

Terakhir rekomendasi pull up bar Svarga Wall Mounted Pull Up. Pull up bar ini termasuk tipe wall pull up bar yang dibuat dari bahan baja padat dengan panjang 104 cm, tinggi 35 cm, dan diameter grip-nya 30 mm. Sebagai jenis pull up permanen, alat pull up di rumah ini bisa menahan beban hingga 250 kg.

Ketika memasangnya, pastikan untuk mengebor lubang inti di dinding berdiameter 3/16 inci, kedalaman 2,5 inci untuk kayu lunak, atau lubang 13/64 inci untuk kayu yang lebih keras dengan tujuan menghindari torsi berlebihan pada alat.

Nah itulah daftar rekomendasi pull up bar yang bisa Sedulur beli. Semoga daftar alat gym di atas ada yang cocok bagi Sedulur. Jangan lupa untuk memilih peralatan yang sesuai dengan kebutuhan Sedulur. Selamat berolahraga, ya!