alat fitness sederhana di rumah

Ingin berolahraga di gym tetapi sulit menemukan waktu yang tepat? Solusinya adalah membuat gym sendiri di rumah! Dengan memiliki alat olahraga sederhana, Sedulur dapat menghemat biaya dan tenaga yang biasanya dikeluarkan untuk pergi ke gym.

Peralatan gym tersedia dalam berbagai ukuran, mulai dari yang besar hingga yang kecil. Sedulur dapat memilih peralatan dengan ukuran sedang atau kecil, karena saat ini banyak tersedia peralatan olahraga portabel yang tidak memakan banyak ruang di rumah Sedulur.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi peralatan olahraga yang penting untuk dimiliki ketika Sedulur ingin membuat gym di rumah!

BACA JUGA: Rekomendasi Olahraga Saat Puasa dan Tips Menjalankannya!

-->

1. Dumbell

alat olahraga sederhana
iStock

Jika Sedulur belum siap untuk mencoba angkat beban, ada cara lain yang dapat Sedulur coba yaitu menggunakan dumbell untuk melatih kekuatan lengan Sedulur. Dumbell memiliki bentuk yang lebih kecil dan pendek dibandingkan dengan barbel, serta hanya dapat digunakan dengan satu tangan.

Dumbell juga tersedia dalam berbagai ukuran berat, mulai dari 2 hingga 10 kg, tergantung pada kemampuan Sedulur. Sedulur dapat memilih ukuran yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan Sedulur.

2. Kettlebell

alat olahraga sederhana
iStock

Kettlebell merupakan alat olahraga sederhana yang efektif untuk melatih berbagai bagian tubuh, termasuk lengan, punggung, dan kaki. Namun, penting untuk memilih kettlebell dengan bobot yang sesuai dengan kekuatan Sedulur agar tidak menyebabkan cedera.

3. Resistance band

alat olahraga sederhana
iStock

Resistance band adalah sejenis tali karet elastis yang digunakan untuk melatih kekuatan dan daya tahan otot. Resistance band memiliki tingkat elastisitas yang beragam, mulai dari rendah hingga tinggi.

Semakin rendah elastisitasnya, semakin sulit tali tersebut ditarik sehingga memerlukan kerja ekstra dari otot untuk melawannya. Resistance band memiliki berbagai bentuk. Ada yang berupa tali karet sederhana, ada yang dilengkapi dengan pegangan pada kedua ujungnya, dan ada pula yang berbentuk lingkaran.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan dengan menggunakan resistance band sebagai alat olahraga sederhana. Salah satu cara paling umum adalah dengan menarik kedua ujungnya ke arah yang berlawanan. 

Sedulur juga dapat menginjak salah satu ujungnya dan menarik ujung lainnya ke atas sejauh mungkin. Selain itu, resistance band dapat digunakan untuk memodifikasi latihan squat Sedulur. Cobalah melakukan 8-25 repetisi (pengulangan) dalam 2-3 set setiap latihan.

4. Tali skipping

alat olahraga sederhana
iStock

Tali skipping, adalah alat kebugaran yang umumnya digunakan untuk melompat tali. Dalam waktu 30 menit lompat tali, Sedulur sudah dapat membakar sekitar 375 kalori. Angka ini dua kali lipat lebih tinggi daripada jumlah kalori yang terbakar saat berjalan kaki dengan kecepatan 4,8 km/jam.

Selain membakar kalori, melakukan lompat tali secara rutin memiliki manfaat lain bagi tubuh Sedulur. Latihan ini dapat menguatkan otot-otot tubuh, meningkatkan kepadatan tulang, memperbaiki keseimbangan tubuh, serta menjadi aktivitas kardiovaskular yang efisien.

5. Foam roller

alat olahraga sederhana
iStock

Foam roller merupakan sebuah gulungan busa empuk yang digunakan untuk mengendurkan otot-otot yang terasa tegang dan kaku setelah melakukan aktivitas olahraga yang intens. Alat kebugaran ini juga dapat digunakan sebelum berolahraga guna mencegah cedera.

Selain itu, foam roller juga dapat menjadi alat bantu yang efektif selama sesi yoga untuk membantu mempertahankan dan meningkatkan keseimbangan tubuh. Selain itu, foam roller juga memberikan manfaat lainnya, yaitu mengurangi penampilan selulit pada tubuh, terutama pada wanita.

6. Matras yoga

alat olahraga sederhana
iStock

Ketika Sedulur berolahraga di rumah, ada satu perlengkapan yang tidak boleh terlewatkan. Matras yoga merupakan salah satu alat penting bagi mereka yang rutin melakukan yoga atau meditasi. 

Selain itu, alat ini juga sangat berguna untuk melakukan berbagai gerakan senam lantai seperti plank, push-up, dan situp.

Matras yoga berperan penting dalam menjaga stabilitas pijakan Sedulur saat melakukan pose-pose yoga, sambil memberikan perlindungan terhadap benturan jika terjatuh atau tergelincir. Selain itu, matras juga memberikan kenyamanan ekstra saat Sedulur melakukan yoga dalam waktu yang lama.

7. Bola fitness

alat olahraga sederhana
iStock

Bola fitness, yang juga dikenal sebagai gym ball, merupakan salah satu alat olahraga di rumah yang sangat fleksibel dan dapat digunakan oleh berbagai kelompok usia.  Selain digunakan untuk berolahraga umum, bola ini juga sering digunakan oleh ibu hamil atau individu dengan kondisi kesehatan tertentu untuk meningkatkan kesehatan tubuh mereka.

Alat olahraga ini memiliki manfaat yang luas, termasuk untuk latihan kardio, kekuatan otot, keseimbangan, postur tubuh, dan fleksibilitas. Terdapat beberapa gerakan sederhana yang dapat dilakukan dengan bantuan bola fitness, seperti plank, push-up, dan ball crunch.

8. Pull bar

iStock

Saat ini, pull-up bar telah hadir dalam versi portabel yang memungkinkan Sedulur untuk melakukan latihan pull-up di rumah. 

Alat olahraga sederhana ini dapat dengan mudah dipasang di dinding atau pintu dengan daya cengkram yang kuat untuk menahan gerakan tubuh saat melakukan pull-up. Pull-up bar umumnya terdiri dari palang tunggal yang terbuat dari material besi baja yang kuat. 

Bagian pegangan pada alat ini biasanya dilapisi dengan bahan busa yang lembut dan tidak licin, sehingga memberikan kenyamanan saat Sedulur menggenggamnya selama latihan.

9. Ab slide wheel

iStock

Untuk melatih otot perut, Sedulur dapat menggunakan Ab slide wheel roller. Alat ini tidak hanya fokus pada otot perut, tetapi juga dapat menguatkan otot punggung dan tangan, serta membantu pembakaran lemak.

Sedulur dapat melakukan berbagai gerakan olahraga dengan menggunakan alat ini, termasuk gerakan plank dan knee rollout. Namun, penting untuk memastikan Sedulur menggunakan matras yoga agar bagian kaki tetap aman dan terhindar dari cedera.

10. Iron gym body toner

iStock

Dengan menggunakan Iron Gym Body Toner, Sedulur dapat fokus melatih berbagai kelompok otot penting dalam tubuh Sedulur. Alat ini dirancang untuk memberikan latihan yang terkonsentrasi pada otot-otot bokong, paha bagian dalam dan luar, dada, serta lengan. 

Dengan konsistensi dan penggunaan yang tepat, alat ini dapat membantu meningkatkan kekuatan dan ketahanan otot Sedulur.

Iron Gym Body Toner dirancang secara ergonomis untuk memberikan kenyamanan selama latihan. Alat ini memiliki pegangan yang nyaman, serta dilengkapi dengan sistem pegas yang kuat untuk memberikan resistensi yang sesuai dengan kebutuhan latihan Sedulur. 

11. Elliptical

iStock

Jika Sedulur menginginkan alat kebugaran yang dapat menjaga kesehatan secara menyeluruh dan meningkatkan kekuatan otot tubuh, Elliptical merupakan pilihan yang sangat tepat. 

Mesin fitness yang multifungsi ini dapat digunakan sebagai treadmill, sepeda, dan stepper dalam satu perangkat. Elliptical memiliki banyak keunggulan yang membuatnya menjadi pilihan favorit bagi banyak orang yang ingin melakukan latihan kardiovaskular dan melatih otot-otot tubuh secara efektif. 

Dengan menggunakan Elliptical, Sedulur dapat melakukan gerakan lintasan elips yang meniru gerakan alami tubuh saat berjalan atau berlari, tanpa memberikan tekanan berlebih pada sendi-sendi Sedulur.

12. Body trimmer

myBest

Body Trimmer umumnya terbuat dari material berkualitas tinggi yang memiliki elastisitas tinggi. Hal ini memungkinkan Sedulur untuk melakukan berbagai gerakan dengan nyaman dan aman. 

Alat ini biasanya dilengkapi dengan pegangan yang ergonomis dan tahan lama, serta dilengkapi dengan sistem pegas yang kuat untuk memberikan resistensi yang sesuai dengan kebutuhan latihan Sedulur.

13. Slider disc

Livestrong

Slider disc adalah alat bantu olahraga yang memiliki bentuk pipih, sehingga sangat mudah untuk disimpan dan dibawa ke mana saja. Alat ini sangat berguna untuk melancarkan gerakan tubuh saat Sedulur melakukan olahraga kalistenik, seperti lunges atau mountain climber.

Bentuk pipih dan bulat dari slider disc memungkinkan Sedulur untuk meluncurkan tubuh Sedulur dengan mudah di atas permukaan datar, seperti lantai, karpet, atau kayu keras. 

Dengan menggunakan slider disc, gesekan antara tubuh Sedulur dan permukaan akan berkurang, sehingga Sedulur tidak perlu mengangkat tangan atau kaki yang menjadi titik tumpuan gerakan saat melakukan latihan.

14. Sepeda statis

IDN Times

Bersepeda statis merupakan bentuk olahraga yang memiliki manfaat serupa dengan bersepeda konvensional. Olahraga ini dapat dilakukan oleh siapa saja untuk meningkatkan kebugaran tubuh dan bahkan membantu dalam proses penurunan berat badan.

Dalam penelitian yang dikutip oleh Harvard Health, bersepeda statis selama 30 menit dapat membakar sekitar 252 kalori bagi individu dengan berat badan 70 kg. Hal ini menunjukkan bahwa bersepeda statis dapat menjadi pilihan yang efektif dalam membakar kalori dan mengelola berat badan.

15. Soft wrist

Empower Supply

Soft wrist, juga dikenal sebagai wrist wraps, dirancang khusus untuk memberikan dukungan dan perlindungan pada pergelangan tangan Sedulur selama berolahraga. Alat ini umumnya terbuat dari bahan elastis yang fleksibel dan tahan lama. Desainnya yang ringan dan kompak membuatnya mudah digunakan dan diangkut ke mana saja.

Penggunaan soft wrist saat berolahraga memiliki banyak manfaat. Pertama-tama, alat ini membantu mengurangi risiko cedera pada pergelangan tangan, terutama saat Sedulur melakukan gerakan yang melibatkan peregangan, torsi, atau beban berat. 

Dengan memberikan dukungan tambahan, soft wrist membantu menjaga kestabilan dan mengurangi tekanan yang diberikan pada pergelangan tangan.

BACA JUGA: Benda yang Bisa Kamu Jadikan Alat Olahraga di Warung

16. Push-up bar

iStock

Menggunakan push up bar dalam latihan push up memiliki manfaat yang signifikan dibandingkan dengan melakukan push up dengan tangan kosong. 

Alat ini tidak hanya memberikan dukungan dan kenyamanan ekstra, tetapi juga mampu meningkatkan kekuatan pergelangan tangan dan meningkatkan hasil latihan secara keseluruhan. Push up bar dirancang dengan pegangan yang ergonomis dan stabil untuk memberikan posisi yang lebih baik pada pergelangan tangan. 

Dengan menggunakan push up bar, pergelangan tangan Sedulur akan mendapatkan dukungan yang optimal, mengurangi tekanan dan stres yang biasanya terjadi saat melakukan push up langsung dengan tangan kosong. Hal ini memungkinkan Sedulur untuk menjaga genggaman yang kuat dan stabil selama latihan.

17. Multi gym

iStock

Alat fitness multi gym biasanya dilengkapi dengan berbagai fitur yang dapat digunakan untuk beragam jenis latihan. Terdapat pull bar yang memungkinkan Sedulur untuk melakukan latihan pull up dan chin up, yang fokus pada kekuatan otot lengan dan punggung.

Ada juga lat bar yang dapat digunakan untuk latihan high pulley, yang melibatkan otot-otot lengan, bahu, dan punggung bagian atas.

Demikianlah 17 alat fitness rumahan yang wajib Sedulur miliki untuk mendukung program dengan alat olahraga sederhana di rumah Sedulur. Dengan memiliki alat-alat tersebut, Sedulur dapat menghemat waktu dan tenaga untuk pergi ke tempat gym, serta mengoptimalkan latihan Sedulur dengan lebih fleksibel.