rekomendasi cat genteng terbaik

Genteng atau atap rumah menjadi elemen penting karena dapat melindungi Sedulur dari paparan sinar matahari dan juga hujan. Maka dari itu, penting bagi Sedulur memilih cat genteng terbaik tahan lama dengan warna yang tidak mudah pudar. Agar tidak bingung lagi dalam memilih cat genteng, berikut rekomendasi cat genteng terbaik yang dapat Sedulur pilih.

BACA JUGA : 20 Rekomendasi Warna Cat Rumah Bagian Dalam yang Elegan

Jenis cat genteng terbaik

rekomendasi cat genteng terbaik
iStock

Sebelum beranjak ke pembahasan rekomendasi cat genteng terbaik, berikut jenis-jenis cat genteng terbaik yang perlu Sedulur ketahui terlebih dahulu.

1. Vernis thinner

Jenis cat genteng terbaik yang pertama adalah vernis thinner. Cat genteng vernis thinner terbuat dari solvent base atau thinner dengan hasil akhir yang tampak mengkilap dan tahan terhadap segala cuaca. Selain itu, keunggulan lain dari cat genting vernis thinner ialah dapat menyamarkan debu dan kotoran sehingga akan membuat atap rumah terlihat bersih serta mengkilap setiap saat. Jenis cat geteng ini juga akan menjaga warna dasar genteng tahan lama serta tidak mudah luntur.

-->

2. Cat waterproof

 enis cat genteng yang selanjutnya yaitu cat waterproof. Jenis cat yang satu ini mepunyai kelebihan antibocor dan ampuh menutupi retak-retak yang ada pada genteng. Cat waterproof juga memiliki sifat kedap air, antijamur, antialkali, antileleh, serta elastis.  Tak hanya untuk mengecat genteng saja, cat genteng ini juga bisa diaplikasikan pada atap seng, asbes, kayu, beton, hingga genteng berbahan dasar tanah liat.

3. Acrylic resin

Sama seperti namanya, cat genteng acrylic resin mengandung resin akrilik yang dapat diaplikasikan langsung ke genteng berbahan beton, asbes, atau genteng tanah liat.  Kelebihan lain dari acrylic resin adalah tahan terhadap segala cuaca, cepat kering, dan memiliki tampilan yang mengkilap sehingga terlihat mewah.

4. Zinc chromate primer

Zinc chromate primer dibuat khusus untuk genteng berbahan metal. Hal ini karena jenis cat satu ini mengandung logam atau besi di dalamnya yang dapat melindungi genteng dari korosi dan membuatnya lebih tahan lama.

5. Alkyd synthetic

Jika Sedulur ingin menampilkan genteng berwarna glossy agar terlihat lebih mewah, alkyd synthetic dapat menjadi pilihan terbaik. Cat genteng ini memiliki warna mengkilap yang pekat serta tahan segala cuaca dan jamur. Tak hanya itu, jenis cat ini juga sering dipakai untuk mengecat genteng berbahan tanah liat, beton, hingga diaplikasikan ke permukaan kayu dan besi.

6. Styrene acrylic

Jenis cat genteng terbaik selanjutnya yaitu styrene acrylic. Jenis cat genteng ini memiliki kelebihan tahan terhadap perubahan cuaca ekstrem serta dapat melindungi genteng dari jamur dan juga lumut. Hasil akhir yang ditampilkan pun akan lebih terlihat glossy dan cocok untuk material genteng dari tanah liat, asbes, dan beton.

BACA JUGA : 10 Rekomendasi Kuliner Malam di Gresik, Lezat Anti Ngantuk!

Rekomendasi cat genteng terbaik

Berikut rekomendasi cat genteng terbaik yang dapat Sedulur jadikan referensi.

1. Avian Paint Avitex Roof

1000Saudara

Rekomendasi cat genteng yang pertama adalah Paint Avitex Roof. Cat  genteng anti bocor dari Avian ini diklaim memiliki daya tahan yang lama serta kemampuannya cepat kering saat diaplikasikan. Cat genteng ini juga dapat melindungi atap dari bocor karena tahan terhadap kondisi cuaca ekstrem dan sering berubah-ubah.  Avian Paint Avitex Roof dibuat khusus untuk genteng tanah liat dan seng. Sementara itu, untuk harganya Avian Paint Avitex Roof dibanderol kisaran Rp 119.000 untuk ukuran 4 kg.

2. Belazo Roof Paint 

Toko Cat Citra Warna Makassar

Cat biasanya mengeluarkan bau yang cukup menyengat. Bagi Sedulur yang tidak menyukai bau menyengat dari cat , maka Sedulur dapat memilih cat genteng Belazo Roof Paint. Merek cat genteng ini kualitasany sudah tidak diragukan lagi. Cat genteng ini sudah terbukti tahan lama serta memiliki ketahanan panas tinggi dengan formulasi elastomeric yang mampu tahan terhadap cuaca, sinar UV dan mencegah kebocoran. Tak hanya itu, cat genteng terbaik ini juga sudah memiliki sertifikasi ramah lingkungan karena tidak mengandung timbal dan merkuri, namun tetap cocok digunakan genteng dari seng hingga asbes.

3. Cat genteng Galtex

tokobangunansuryajaya

Bagi Sedulur yang menginginkan tekstur genteng halus, maka cat genteng dari Galtex dapat Sedulur jadikan pilihn. Selain tahan lama, keunggulan lain dari cat ini yaitu harga dan kualitas yang bersahabat, namun dengan hasil akhir pengecatannya sangat baik.

Dengan tekstur semi glossy, cat genteng ini dapat menjadi pilihan untuk menghasilkan suasana yang tidak terlalu mengkilap. Terbuat dari bahan berkualitas tinggi, warna cat juga tahan lama dan tidak mudah pudar melalui formula yang kental sehingga tidak mudah berantakan.

4. Yoko cat genteng dan seng

Super Bangun Jaya

Rekomendasi cat genteng terbaik selanjutnya adalah cat genteng dari brand Yoko. Tak hanya tahan lama, cat genteng ini juga mempunyai tektur terbaik. Selain dapat digunakan untuk genteng, cat ini juga dapat digunakan untuk mengecat seng, asbes hingga beton lho. Cat Yoko ini juga mempunyai formula khusus yang dapat melindungi atap dari paparan sinar matahari dan cuaca yang sering berubah.

5. Dulux Weathershield

Mitra10

Sedulur tentu sudah tidak asing dengan merek cat yang satu ini. Dulux Weathershield merupakan cat khusus eksterior yang kualitasnya sudah tidak diragukan lagi. Cat ini dapat digunakan untuk mengecat dinding bagian luar atau atap rumah. Cat dari Dulux ini juga memiliki kemampuan anti-jamur dan anti-lumut. Hasil akhirnya yang glossy dan cepat kering dalam 1-2 jam saja membuat merek chat ini menjadi favorit dari masyarakat. Dengan harga Rp 167.000 untuk ukuran 2,5 liter, Sedulur sudah bisa mendapatkan cat genteng yang cantik dengan hasil akhir yang tampak glossy di atap rumah.

6. Envi Roof Paint

Toko Cat Utama

Cat Envi Roof berbahan dasar air dengan waktu mengering cat yang singkat hanya 1-2 jam saja. Tak hanya itu, cat ini juga tersedia dalam pilihan warna yang bervariasi. Selain untuk mengecat genteng, cat dari Envi ini juga cocok untuk digunakan mengecat plafon dan tembok bagian luar lho. Cat genteng Envi dibanderol denga harga yang cukup murah yaitu kisaran Rp 52.000 untuk ukuran 1 kg.

7. Jotun Jotaroof

davidtay

Rekomendasi cat genteng terbaik selanjutnya yaitu Jotun Jotaroof. Cat ini dapat digunakan sebagai cat genteng anti bocor pada semua jenis atap kecuali beton. Cat ini akan membuat hasil akhir yang matte dan tahan lama di segala jenis cuaca. Bahkan cuaca ekstrem yang hujan dan panasnya tidak menentu yang biasanya membuat atap menjadi mudah bocor.Utuk harganya, cat geteng ini dibanderol kisaran Rp 146.000 untuk ukuran 2,5 liter.

8. Nippon Paint Matex

Nippon Paint

Siapa sih yang tidak mengenal merk cat yang satu ini. Memiliki kemampuan terbaik, cat Nippon Paint Matex diklaim dapat menangkal panas masuk ke rumah. Tak hanya itu, cat Nipoon ini juha tidak mudah mengelupas serta memiliki varian warna favorit yang bergam. Dengan sifat tidak mudah pudar akan lebih tahan lama. Nippon Paint Matex ini bisa Sedulur dapatkan dengan harga Rp 50.000 untuk ukuran 1 liter.

9. Mowilex Roof Paint

Mowilex

Mowilex Roof Paint secara khusus diformulasikan untuk meningkatkan ketahanan agar atap tidak mudah bocor. Cat genteng anti bocor ini bisa digunakan di berbagai bahan atap rumah. Sinar UV langsung dan hujan bisa ditangkal dengan mudah. Secara efektif cat genteng Mowilex dapat menghentikan rembesan air pada bahan atap agar tidak bocor ke dalam rumah. Sedulur cukup merogoh kocek kisaran Rp 180.000 sudah mendapatkan cat MOwilex berukuran 2,5 liter.

10. Cat genteng No Drop

rekomendasi cat genteng terbaik
lalita store 2019

Cat genteng No Drop memiliki slogan “Anti Bocor”. Hal ini bukan tanpa alasan. Cat genteng ini mengandung lapisan cat yang tebal, maka mampu menahan rembesan air ke dalam rumah. Sangat tahan lama dan kuat di berbagai cuaca ekstrem Indonesia yang panas dan hujan tak menentu. Selain untuk cat genteng anti bocor, No Drop juga bisa digunakan untuk cat dinding bagian luar rumah. Dengan harga Rp 269.500 ukuran 2,5 liter, Sedulur sudah bisa mendapatkan cat ini untuk mengecat genteng di rumah.

11. Disnilux Cat Genteng

rekomendasi cat genteng terbaik
Kedai Cat Karman

Cat genteng berbahan dasar emulsi akrilik, dengan tampilan semi kilap yang cantik. Cat genteng anti bocor ini mempunyai ketahanan terhadap cuaca, air hujan dan lumut. Cat ini bisa digunakan untuk pengecatan genteng baru maupun genteng lama yang pernah dicat.

Warnanya awet dan tahan lama serta memiliki daya tutup yang baik. Harga cat genteng Disnilux ini cukup terjangkau yakni Rp 140.000 ukuran 2,5 liter.

12. Propan Glasskote

rekomendasi cat genteng terbaik
Propan Raya

Untuk Sedulur yang memiliki area atap yang luas, maka cat Propan dapat menjadu pilihan yang tepat karena cat ini tersedia hingga kemasan 20 liter. Dengan warna yang pigmented, cat genteng ini tidak mudah pudar dan akan memberikan warna yang lebih terang, meskipun hanya dengan penggunaan yang sedikit.

Tak hanya itu, cat genteng ini juga dapat digunakan untuk berbagai macam genteng mulai yang terbuat dari tanah liat, beton, dan juga asbes. Memiliki formula yang anti jamur dan anti lumut. Jadi, Sedulur tidak perlu khawatir akan atap yang ditumbuhi lumut atau jamur.

13. Tamitex

rekomendasi cat genteng terbaik
SCI PAINT

Sama halnya dengan cat genteng dari Belazo, cat genteng dari Tamitex ini juga tahan terhadap paparan sinar UV dari matahari. Untuk Sedulur yang peduli akan lingkungan, cat genteng ini merupakan pilihan yang cocok karena bebas merkuri dan juga bebas timbal. Selain untuk cat genteng, cat Tamitex ini juga merupakan cat serbaguna yang dapat dipakai untuk dinding bangunan dan paving stone.

14. Cat genteng Bitaroof

rekomendasi cat genteng terbaik
bitalasia

Cat genteng terbaik yang selanjutnya yaitu cat dari Bitaroof. Cat ini memiliki keunggulan mudah dibersihkan dan cocok untuk iklim tropi. Bitaroof juga layak Sedulur pertimbangkan karena memiliki fitur anti jamur. Cat ini juga memiliki lapisan spesial yang tahan akan kondisi panas dan hujan. Apalagi perubahan cuaca menjadi faktor utama rusaknya cat genting

15. AGA Roof Paint

ProductNation

Cat AGA Roof berbahan dasar akrilik yang dapat digunakan untuk mengecat genteng dari berbagai jenis atap mulai dari beton dan juga tanah liat. Kelebihan dari cat yang satu ini adalah dapat memberikan hasil akhir yang glossy dan tahan lama.

Demikianlah rangkuman informasi tentang rekomendasi cat genteng terbaik yang dapat Sedulur jadikan referensi. Pastikan Sedulur memilih cat terbaik untuk genteng demi kenyamanan ya Sedulur!