rekomendasi air purifier

Kebutuhan air purifier sekarang ini semakin diminati oleh banyak orang. Selain bisa membuat udara di sekitar rumah bersih, alat ini juga bisa membunuh kuman dan bakteri penyebab alergi. Namun, Sedulur harus tetap mencari rekomendasi air purifier terbaik agar kualitas udara benar-benar bagus.

Nah, dalam artikel kali ini kami akan membantu menemukan air purifier terbaik untukmu. Kira-kira apa saja rekomendasi yang bisa Sedulur miliki? Simak berikut ini ya!

BACA JUGA: 13+ Rekomendasi Humidifier Terbaik dan Berkualiltas

Apa itu Air Purifier?

rekomendasi air purifier
Xiaomi

Air purifier merupakan alat yang memiliki kemampuan menjernihkan atau membersihkan udara di dalam suatu ruangan. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan udara yang bersih dan bebas dari bakteri jahat. Beberapa produk air purifier juga mampu menghilangkan bau tak sedap, seperti bau rokok dan hewan peliharaan.

Dilihat dari sisi kesehatan, air purifier mampu mengurangi kemungkinan tertularnya penyakit yang menyebar lewat udara. Selain itu, alat ini juga dapat meredakan gejala asma dan meningkatkan kesehatan jantung.

Jenis Air Purifier

rekomendasi air purifier
ZDNet

Tips memilih rekomendasi air purifier yang tepat adalah dengan mengenali jenisnya. Pastikan Sedulur memilih air purifier terbaik yang sesuai dengan kebutuhan karena untuk mengatasi masalah udara seperti perlindungan asap atau untuk perlindungan terhadap alergi tentu membutuhkan pendekatan yang berbeda.

Di pasaran ada beberapa jenis air purifier yang bisa dipilih, yakni fan air hingga ion generator. Berikut penjelasannya:

  • Tipe fan air

Air purifier yang paling umum adalah fan air purifier. Air purifier ini menyaring udara menggunakan kipas yang ada di dalam mesin. Proses penyaringan tersebut dilakukan dengan mendorong udara ke dalam filter.

Dengan begitu, udara di dalam ruangan jadi bebas bau dan debu. Tipe ini memiliki model dan ukuran yang bervariasi sehingga memudahkan Anda memilih produk sesuai dengan ukuran ruangan.

  • Tipe ion generator

Apakah Sedulur ingin memasang air purifier di tempat yang tidak terlalu luas, seperti toilet atau mobil? Maka rekomendasi yang cocok untukmu adalah tipe ion generator.

Jenis air purifier ini bekerja dengan menghasilkan ion negatif untuk membersihkan udara. Setelah itu, ion negatif akan menjernihkan dan menetralkan bau di udara sehingga udara menjadi lebih segar.

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Robot Vacuum Cleaner Terbaik 2023

Rekomendasi Air Purifier

Real Simple

Setelah mengetahui cara kerja air purifier dan jenisnya, Sedulur tentu sudah bisa menentukan alat seperti apa yang ingin dibeli. Berikut ini beberapa rekomendasi air purifier yang terbaik untukmu!

1. Electrolux Air Purifier FA31-202GY

Selain kualitas, desain suatu barang juga merupakan faktor penting dalam pemilihan produk. Mengerti hal tersebut, Electrolux menghadirkan Air Purifier FA31-202GY. Desain produk ini memiliki look modern minimalis, cocok dengan konsep-konsep rumah masa kini.

Desainnya yang berbentuk silindris juga memungkinkannya untuk menghisap udara dari seluruh sisi. Ditambah teknologi Clean Air Delivery Rate yang baik, proses pembersihan udara pun jadi lebih cepat.

2. Levoit Air Purifier Core Pet Care

Levoit Air Purifier Core P350 Pet Care adalah solusi sempurna bagi pemilik hewan peliharaan. Dengan teknologi filtrasi tingkat lanjut, produk ini secara efektif menghilangkan bulu hewan, debu, dan bau tak sedap dari udara, menciptakan lingkungan segar dan bersih. 

Operasinya yang hening dan pengaturan yang mudah membuatnya cocok untuk digunakan di ruang keluarga, kamar tidur, atau area lain yang sering dikunjungi oleh hewan peliharaan. Mereka yang memiliki hewan peliharaan akan mendapatkan manfaat maksimal dari produk ini, menjaga udara rumah tetap bersih dan nyaman.

3. Philips Air Purifier 800

Praktis, cepat, dan mampu menyaring udara di tempat yang luas, itulah tiga kata yang menggambarkan air purifier ini. Cukup memencet satu tombol saja, udara di rumah Sedulur senantiasa bersih dan aman hanya dalam 16 menit. 

Coverage area produk dari Philips ini juga luas, yaitu sekitar 49 m². Filter udaranya pun dua lapis, yaitu dengan NanoProtect HEPA dan prafilter. Bakteri, serbuk sari, debu, bulu hewan, dan polutan lainnya bisa terhempas bebas tanpa terkecuali. Bye-bye alergi dan asma!

4. Tissor LEKA

LEKA AP7809 adalah pembersih udara yang dapat diisi ulang yang menyediakan udara segar dan bersih di dalam ruangan Sedulur. Dengan desain kompak dan teknologi canggih, pembersih udara ini efektif menghilangkan partikel-partikel kecil, alergen, dan bau tidak sedap dari udara. 

Dilengkapi dengan sistem filtrasi tingkat lanjut, produk ini cocok digunakan oleh mereka yang peduli akan kesehatan pernapasan dan ingin menjaga kualitas udara di dalam rumah, kantor, atau ruangan lainnya.

Dengan operasi yang hening dan pengisian ulang yang mudah, LEKA AP7809 adalah solusi ideal untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan nyaman bagi seluruh keluarga atau individu yang sensitif terhadap alergi.

5. Samsung Air Purifier with 3 Way Airflow

Untuk Sedulur yang ingin memastikan udara bersih dengan lebih maksimal, pastikan Samsung Air Purifier AX60R ada di kediaman Sedulur. Berbekal teknologi Multi-Layered Purification System, produk ini memiliki beberapa lapis filter.

Dengan demikian, debu berpartikel lebih besar, sedang, ultrafine, dan gas berbahaya bisa tersaring dengan baik menggunakan air purifier ini.

6. Sharp Air Purifier

Jika Sedulur yang mencari air purifier dengan kemampuan menjernihkan udara dengan cepat, produk ini patut dipertimbangkan. SHARP Air Purifier FP-F30Y-A/C/H memadukan teknologi dual action berupa ion plasmacluster dengan HEPA filter. Kombinasi ini membuat SHARP efektif serta lebih cepat dalam mengatasi kuman, virus, serta udara kotor.

Produk ini juga didukung dengan teknologi Anti Dust Mode yang bisa mempercepat sirkulasi udara dengan memperbanyak ion. Dengan begitu, Sedulur dan keluarga bisa menikmati udara yang sehat dan bersih setiap saat ketika berada di rumah. 

7. Xiaomi Smart Air Purifier

Salah satu keunggulan Xiaomi Smart Air Purifier 4 Lite adalah alat ini bisa dijalankan dengan aplikasi Mi Home. Aplikasi tersebut menghubungkan air purifier dengan ponsel Sedulur. Berkat aplikasi tersebut, Sedulur dapat menggunakan ponsel untuk melacak kualitas udara serta mengatur waktu aktif dan matinya air purifier.

Smart Air Purifier ini juga sudah didukung Google Assistant dan Alexa sehingga Sedulur dapat memberikan perintah hanya melalui suara. Air purifier ini juga memiliki desain yang compact dengan tampilan sleek dan modern. Tidak hanya membersihkan udara, produk ini sekaligus bisa menjadi aksesori yang cantik di ruangan Sedulur.

8. Onix Air Purifier Life Touch Display

Desain air purifier dari Onix didominasi warna putih dengan bagian panel yang berwarna hitam. Panel yang berwarna gelap tersebut memudahkan Sedulur untuk mengetahui fungsi yang sedang berjalan di layar.

Panel tersebut dioperasikan secara touchscreen sehingga Sedulur dapat mengaktifkannya hanya dengan sentuhan. Kemudian, ada juga remote control yang dapat Sedulur gunakan untuk mengendalikan air purifier dari jauh. Praktis banget ‘kan!

9. Winix Zero Compact Air Purifier

Apabila Sedulur baru pertama kali mencoba air purifier, kami sarankan AnSedulur da mempertimbangkan produk ini. Winix Zero Compact memiliki mode auto yang membuatnya otomatis menyesuaikan kecepatan kipas dengan kondisi udara begitu dinyalakan.

Selain itu, air purifier ini juga dilengkapi dengan smart sensor untuk mendeteksi keberadaan kotoran atau debu di udara.

10. Dyson Pure Cool Air Tower Fan

Air purifier Dyson ini tidak hanya mengutamakan fungsi, tetapi juga tampilannya. Desainnya yang unik dari kebanyakan air purifier membuat produk ini cocok dipilih oleh Sedulur yang mementingkan estetika interior ruangan.

Tak hanya unggul dari segi tampilan, produk ini juga diklaim mampu mengatasi 99,95% partikel kotor di udara. Ditambah lagi, produk ini juga dapat mengeluarkan angin sejuk yang bersih.

11. Notale Air Purifier

Molekule

Air Purifier Notale punya banyak keunggulan demi menjaga kejernihan udara. Uniknya lagi, Notale memiliki kolaborasi dengan karakter Disney dan superhero dan membuatnya cocok untuk dipakai di kamar anak.

Di luar desainnya yang unik, kualitas Air purifier Notale yang dapat menyaring udara dengan 3-1 HEPA filter membuatnya patut dipertimbangkan. Beberapa seri Air Purifier Notale juga kompatibel dengan Google Assistant.

12. Honeywell Purifier

Air Purifier buatan Honeywell juga terkenal akan kualitasnya yang baik. Honeywell mengklaim bahwa produk mereka berbeda dari air purifier buatan perusahaan lain. Khususnya pada produk Air Purifier HPA300 yang dianggap mampu secara efektif membersihkan ruangan dengan luas 465 m2.

Selain itu, Air Purifier Honeywell juga dianggap lebih efektif dalam menangkap polutan ketimbang produk lain. Air Purifier buatan Honeywell berisi HEPA filter yang cukup tahan lama, yaitu 3-5 tahun bahkan lebih.

13. Daikin Air Purifier Plasma Ion

Daikin memiliki lima jenis air purifier diantaranya adalah Air Purifier MCK55TVM6, Air Purifier MC55UVM6, dan Air Purifier MC40UVM6. Air Purifier Daikin dinilai tidak hanya menghilangkan bakteri dan menyegarkan udara, namun juga menghilangkan bau.

Rata-rata air purifier Daikin mampu membersihkan ruangan seluas 41m2 dan memiliki sistem active plasma ion yang mana dapat mengontrol tingkat kelembaban.

14. Blueair Hepa Silent Air Purifier

Keunikan dari air purifier buatan Blueair adalah bahannya yang terbuat dari metal bukan plastik. Makanya, air purifier Blueair bisa bertahan bertahun-tahun. Produk ini juga lebih kecil dan sleek sehingga sangat cocok untuk desain rumah apa pun.

Dibekali dengan “HepaSilent” filtration membuat Blueair Air Purifier mampu membersihkan udara tanpa bising. Blueair Air Purifier juga berinovasi dengan menyediakan Blueair Friend App yang mana membuatmu bisa mengontrol air purifier melalui smartphone.

Blueair menyediakan banyak jenis air purifier, dari seri 600, 505, dan 400. Jarak terjauh yang bisa dijangkau adalah 680 m2 dan membersihkan lebih dari lima kali dalam satu jam.

15. Panasonic Econavi Purifier

Panasonic sudah dikenal sebagai brand dalam bidang elektronik termasuk pembuat air purifier. Pembedanya adalah dalam segi harga dan saringan yang tersusun di setiap penjernih udara.

Filter air purifier ciptaan Panasonic bisa dicuci dan kamu akan mendapat extra filter juga lho. Selain itu, air purifier mereka juga menerapkan ECONAVI yang secara otomatis akan menghidupkan purifier ketika polusi sangat tinggi dan mematikan purifier saat polusi rendah.

Air purifier Panasonic juga sangat cocok untuk ruangan kecil karena didesain sedemikian rupa sehingga bentuknya lebih kecil dan minimalis. Tidak lupa pula Panasonic membekali produknya ini dengan HEPA filter sehingga lebih efektif dalam mendeteksi debu dan polusi.

17. Coway Antibacterial Catalyst Filter

Kamu tak perlu membangun rumah di pegunungan untuk mendapatkan udara sejuk dan bersih. Coway mampu membantumu dengan air purifier-nya yang canggih. Salah satu produk terkenalnya adalah Lombok2 yang dibekali dengan RBD Plasma serta AntiBacterial Catalyst Filter.

Fitur tersebut membuatnya mampu membersihkan udara dari kuman, bakteri, dan virus lebih efisien dan irit energi. Tak kalah dari Panasonic, Coway juga membekali air purifier-nya dengan Anti Flu HEPA filter yang mana dapat mematikan virus flu.

Desain-desain air purifier buatan Coway juga sangat modern dan elegan dengan teknologi terkini.

Demikian tadi deretan rekomendasi air purifier terbaik yang bisa Sedulur pertimbangkan. Semoga dengan informasi di atas, kamu sudah tidak bingung dan bisa mendapatkan alat terbaik untuk menjaga kebersihan udara di rumah ya!