Resep Rawon Daging Surabaya Paling Enak & Sederhana

Rawon Surabaya merupakan salah satu kuliner khas dan kebanggaan masyarakat Jawa Timur, yuk intip resep dan cara pembuatannya di bawah ini!

Banyak masyarakat di daerah lain yang sedang berkunjung ke Surabaya untuk menyempatkan mencicipi rawon Surabaya. Bahkan tidak sedikit wisatawan yang berkunjung ke Surabaya khusus untuk merasakan nikmatnya rawon yang menjadi makanan khas Surabaya.

Terdapat beberapa varian dan kreasi resep rawon sapi, perbedaannya terletak dari bumbu rawon Surabaya atau juga cara pengolahan pada resep rawon Surabaya. Superapp.id dalam kesempatan kali ini akan membahas resep rawon daging sapi khas Surabaya yang menjadi salah satu daya tarik wisata kota Surabaya.

Superapp.id dalam artikel kali ini akan membahas cara membuat rawon, bumbu rawon daging sapi yang dibutuhkan, berikut dengan cara memasak rawon daging sapi. Seperti apa resep dan cara pembuatannya? Yuk, mari kita langsung saja simak ulasannya di bawah ini.

Baca Juga: 20 Wisata Kuliner Surabaya Enak & Murah. Wajib Ke Sini!

Langkah Membuat dan Resep Rawon Daging Khas Surabaya

1. Bumbu dan Bahan yang Dibutuhkan

1.   Bumbu dan Bahan yang Dibutuhkan

Untuk membuat rawon khas Surabaya, Sedulur membutuhkan bahan yaitu:

  • 300 gram tetelan
  • 500 gram sengkel
  • 3 liter air
  • 7 lembar daun jeruk
  • 4 batang serai yang telah digeprek
  • 2 batang daun bawang
  • Secukupnya garam, gula, kaldu jamur dan merica.

Sedulur juga harus menyiapkan beberapa bumbu yang dihaluskan, yaitu:

  • 8 buah bawang merah
  • 6 buah bawang putih
  • 8 buah kluwak
  • 2 cabe merah besar
  • 1 ruas jahe
  • 1 kelingking kencur
  • 1 kelingking kunyit
  • 5 buah kemiri dan 1 sdt jinten

2. Tumis Bumbu Halus

2.   Tumis Bumbu Halus

Cara pertama yang harus Sedulur lakukan adalah menumis bumbu halus yang telah disediakan. Resep bumbu rawon Surabaya terletak dari penggunaan bumbu halusnya yang beragam yang semakin memperkuat rasa rawon.Tumis bumbu halus menggunakan api sedang, masukkan serai dan daun jeruk untuk menambah aroma bumbu agar semakin kuat lagi. Tumis hingga bumbu halus matang, berubah warna dan mengeluarkan aroma wangi.

Baca Juga: 12 Kuliner Bakso Enak di Surabaya. Yakin Nggak Mau Coba?

3. Masukkan Daging Sengkel dan Tetelan

3.   Masukkan Daging Sengkel dan Tetelan

Setelah bumbu yang ditumis mengeluarkan aroma wangi, Sedulur selanjutnya memasukkan daging sengkel dan tetelan yang telah dibersihkan dan telah hilang bau amisnya. Aduk sengkel dan tetelan hingga tercampur dengan bumbu tumisan, tumis sengkel dan tetelan hingga bumbu menyerapnya.

4. Pindahkan Sengkel dan Tetelan ke Dalam Panci

4.   Pindahkan Sengkel dan Tetelan ke Dalam Panci

Selanjutnya Sedulur siapkan panci yang agak besar, masukkan air sebanyak 3 liter, dan masak hingga air mendidih. Pindahkan sengkel, tetelan dan juga bumbu yang sudah ditumis hingga tercampur rata. Aduk rata dan campurkan dengan cara diaduk hingga rata. Selanjutnya rebus rawon dengan api sedang sampai daging lunak. Masukkan daun bawang yang sudah diiris sesuai selera. Tambahkan garam, gula, kaldu jamur, dan merica.

5. Rawon Surabaya Siap Disajikan

5.   Rawon Surabaya Siap Disajikan

Setelah daging matang dan empuk, rasa dan bumbu kuahnya pun sesuai selera. Matikan api dan rawon Surabaya pun telah siap disajikan. Nikmati rawon Surabaya dengan sepiring nasi hangat, Sedulur juga bisa menambahkan kecambah atau tauge agar rawon semakin menyegarkan saat dinikmati.

Agar saat membuat rawon Surabaya tidak kekurangan bahan dan bumbu yang dibutuhkan. Kita bisa belanja segala bahan dan kebutuhan dalam resep rawon Surabaya di Aplikasi Super. Karena Aplikasi Super menyediakan segala kebutuhan sembako dan kebutuhan dapur paling lengkap.

Selain itu juga belanja di Aplikasi Super jauh lebih murah dengan cara yang sangat mudah. Kita tidak perlu pergi keluar rumah dan mengeluarkan tenaga sama sekali. Karena belanja di Aplikasi Super cukup melalui smartphone dan dilakukan secara online.

Tidak ada alasan lagi untuk tidak menggunakan Aplikasi Super. Klik di sini untuk mengunjungi laman Aplikasi Super, dan mempelajari cara daftar Aplikasi Super. Jangan lupa download Aplikasi Super bagi yang belum download Aplikasinya.