Pukat harimau merupakan nama alat penangkap ikan yang digunakan oleh para nelayan. Bagi Sedulur yang bergerak di bidang perikanan, istilah satu ini pasti sudah tidak asing lagi. Banyak masalah yang seringkali ditimbulkan oleh alat penangkap ikan ini. Bahkan, beberapa nelayan ada yang protes penggunaan alat tersebut.

Penggunaan pukat harimau untuk menangkap ikan dinilai dapat membahayakan ekosistem laut. Lebih banyak dampak buruk dengan akibat yang fatal yang ditimbulkan. Seperti apa saja kira-kira dampaknya? Yuk, mari kita simak ulasannya di bawah ini. Kita mulai dengan membahas pengertiannya terlebih dahulu.

BACA JUGA: 6 Monster Laut yang Benar Ada & Masih Hidup Sampai Sekarang

Pengertian dan definisi

pukat harimau
kompas

Pukat harimau adalah perangkap untuk menangkap ikan dalam jumlah yang banyak. Cara kerjanya adalah dibenamkan ke dalam air, hingga mencapai dasar laut. Kemudian pukat akan menangkap ikan yang terperangkap, baik ikan kecil atau ikan besar sekalipun.

-->

Bukan hanya ikan, biota laut lainnya seperti lumba-lumba, penyu dan banyak lagi, juga akan ikut terseret dan tertangkap. Hal in yang menjadi dasar kenapa pukat sangat dilarang. Karena akan membahayakan bahkan mengancam ekosistem laut. Banyak nelayan yang protes dan keberatan dengan penggunaan alat ini.

Bahaya yang ditimbulkan

news.kkp

Apa akibat jika nelayan menggunakan pukat harimau untuk menangkap ikan di laut? Hal yang paling pertama adalah ekosistem laut akan rusak, karena setiap biota laut akan terseret, mulai dari yang berukuran kecil hingga berukuran besar. Hal ini akan menganggu kehidupan dasar laut.

Hal di atas sangat jelas dan cukup untuk menjawab pertanyaan apa itu pukat harimau kenapa pukat harimau dilarang. Selain merusak ekosistem, contoh pukat harimau sangat berbahaya adalah dapat merusak terumbu karang. Dengan digunakannya pukat, terumbu karang akan menjadi lunak dan mudah patah.

Melihat dari hal tersebut, agaknya penggunaan pukat berkaitan dengan perusahaan perikanan yang besar yang memungkinan untuk menggunakan alat ini. Tidak seperti nelayan kecil yang menangkap ikan menggunakan jaring sederhana. Oleh karena itu, penggunaan pukat ini sangat merugikan nelayan-nelayan kecil.

Bahaya lain yang ditimbulkan adalah akan membuat dasar laut menjadi keruh, akibat dari lumput yang terkeruk dan teraduk-aduk. Sementara lumpur dan terumbu karang merupakan tempat ikan menyimpan telurnya. Proses berkembang biak ikan dan biota laut lainnya tentu saja akan sangat terganggu.

BACA JUGA: 10+ Fakta Palung Mariana, Dasar Laut Terdalam di Bumi!

Cara kerja alat pukat

pukat harimau
detik

Pertanyaan yang sering muncul adalah bagaimana cara kerja pukat harimau? Pukat dioperasikan di dasar perairan laut, dilempar hingga menyentuh dasar laut. Setelah itu, pukat ditarik dengan menggunakan mesin. Semua yang berada di jalur penarikan pukat akan terseret masuk, termasuk terumbu karang dan ikan-ikan kecil.

Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya, cara penggunaan pukat harimau seperti itu akan mengancam ekosistem bawah laut. Paling fatal adalah ketika terumbu karang mengalami kerusakan, kerena butuh waktu puluhan bahkan ratusan tahun agar terumbu karang bisa kembali pulih. Dari hal tersebut sangat jelas mengapa pukat sangat berbahaya dan dikecam penggunaannya.

Pukat harimau terbuat dari jaring-jaring besi kawat yang berukuran besar, dalam bahasa Inggris alat ini dikenal dengan istilah trawl. Sejat tahun 1980, di Indonesia keluar Kepres No. 93/1980 tentang larangan menggunaan pukat untuk kepentingan penangkapan ikan. Namun, dalam praktiknya masih ada kapal-kapal ikan yang menggunakan alat ini secara sembunyi-sembunyi.

Secara efektifitas, alat ini memang dapat menangkap ikan dalam jumlah besar, namun konsekuensi yang ditimbulkan tidak sebanding, jika memang ekosistem laut yang menjadi korbannya. Oleh karena itu penggunaan alat ini dilarang keras melalui aturan pemerintah. Dengan sanksi dan tindakan yang juga setimpal.

Sekian penjelasan mengenai bahaya dan dampak buruk yang ditimbulkan oleh pukat harimau. Semoga penjelasan di atas bisa menambah wawasan Sedulur terkait kelestarian lingkungan. Dengan lestarinya kehidupan laut, kita bisa menikmati lezatnya makanan-makanan laut dan menerima nutrisinya untuk kebaikan tubuh kita.

Makanan laut terkenal dengan kandungan vitamin yang sangat tinggi dan bermanfaat untuk menyehatkan tubuh. Bagi Sedulur yang ingin memasak masakan laut, Sedulur bisa membeli bahan-bahannya di Aplikasi Super. Karena Super menyediakan berbagai bahan masakan untuk Sedulur. Yuk, klik di sini bagi Sedulur yang belum memiliki aplikasinya!