plafon kamar mandi minimalis

Dalam membuat kamar mandi rumah, pemilihan plafon menjadi begitu penting. Hal ini lantaran plafon bisa menambah kesan estetik sekaligus membuat kamar mandi menjadi tidak gelap. Salah satu yang bisa Sedulur coba adalah konsep plafon kamar mandi minimalis.

Penggunaan plafon minimalis sendiri cukup sederhana dan cocok untuk Sedulur yang memiliki bujet terbatas. Nah, agar bisa menentukan plafon yang tepat, mari simak tips dan inspirasi plafon kamar mandi minimalis berikut ini!

BACA JUGA: 52 Desain Kamar Mandi Sederhana dan Minimalis

Tips Memilih Plafon Kamar Mandi

Roper Rhodes

Sebelum kami menunjukkan inspirasi untuk plafon kamar mandi yang tepat dan menarik. Sedulur sebaiknya mengetahui bagaimana cara memilih plafon kamar mandi yang tepat agar ruangan yang didapatkan lebih maksimal.

  • Pilih bentuk plafon dan material

Bentuk plafon mengalami peningkatan seiring berkembangnya zaman. Tidak lagi berbentuk polos, tetapi desain plafon bisa dibuat menyesuaikan dengan gaya rumah. Selain itu, pemilihan material yang tepat akan memberikan kekuatan dan suasana yang berbeda pada rumah. 

  • Cek pencahayaan kamar mandi

Setelah memilih warna dan bentuk, ada baiknya untuk memperhatikan jenis pencahayaan dalam hunian. Bila penggunaan lampu tidak sebanding dengan bentuk plafon, bisa-bisa menghasilkan kesan yang terlalu gelap sekaligus sempit pada rumah Sedulur.

  • Sesuaikan warna sesuai kebutuhan

Menentukan warna plafon yang paling sesuai dengan konsep hunian Sedulur adalah hal penting selanjutnya yang perlu Sedulur pikirkan. Hindari memilih warna yang kontras dengan cat dinding karena akan mengurangi nilai estetika hunian.

BACA JUGA: Biaya Membuat Kamar Mandi Sederhana, Cuma 2 Jutaan!

Ide Plafon Kamar Mandi

Agar Sedulur memiliki inspirasi dan gambaran untuk membuat plafon kamar mandi minimalis yang cantik dan indah. Mari simak beberapa ide berikut!

1. Plafon gypsum minimalis

plafon kamar mandi minimalis
The House Lights

Desain kamar mandi minimalis terasa lebih optimal jika pemilihan warna dan materialnya tepat. Untuk mendukung kesan minimalis, gunakan bahan plafon gypsum polos dengan warna netral.

Tak hanya minimalis saja, kamar mandi pun bisa menampilkan visual yang elegan dan indah. Bahan gypsum sendiri cukup murah dan jadi pilihan menarik untuk menciptakan kamar mandi minimalis di rumahmu.

2. Plafon kayu minimalis

Penggunaan kayu memiliki efek yang cukup menarik dalam pembuatan sebuah rumah. Begitu juga ketika Sedulur ingin mencoba konsep minimalis di kamar mandi, maka plafon kayu bisa jadi pilihan menarik.

3. Plafon miring kamar mandi

plafon kamar mandi minimalis
The Spruce

Konsep plafon miring memang tidak terlalu populer di Indonesia. Hal in karena penggunaan plafon miring umumnya digunakan pada rumah minimalis dengan konsep modern. Padahal, plafon miring ini bisa mengurangi suasana gerah dan memaksimalkan setiap ruang yang ada di rumah.

4. Plafon kayu finishing putih

Agar penampilan kamar mandi makin minimalis dan menarik, salah satu yang bisa dilakukan ada membuat finishing kayu semaksimal mungkin. Sedulur bisa membuat suasana menjadi semakin bersih dengan mencoba finishing putih.

5. Plafon dengan marmer ornamen

Desain plafon ini mungkin bisa menjadi pilihan yang menarik bagi para pecinta seni klasik. Sedulur bisa mendesain plafon untuk kamar mandi dengan ornamen dengan gambar abstrak atau menyerupai tokoh-tokoh legenda. Sedulur bisa mencoba membuat ide ini dengan memanfaatkan marmer.

6. Plafon bertingkat untuk kamar mandi

Decorilla

Penggunaan plafon bertingkat memang cukup populer di tahun ini. Tak hanya memberikan ambience yang hangat, plafon bertingkat juga bisa menciptakan kesan luas pada suatu ruangan. Teknik plafon ini pun bisa Sedulur coba di kamar mandimu lho!

7. Plafon balok kayu

Penggunaan balok kayu dalam sebuah konstruksi rumah memang cukup klasik. Tak hanya menjadi penopang pada dinding rumah, keberadaan balok kayu bisa menjadi salah satu interior yang menarik di dalam kamar mandi.

8. Plafon dengan cahaya alami

Homedit

Tidak hanya mempercantik ruangan, kehadiran atap dengan pencahayaan alami di plafon bisa membuat ruangan lebih hemat energi karena tidak memerlukan lampu di siang hari.

Selain itu, cahaya yang dihasilkan umumnya memancar ke seluruh ruangan, sehingga bisa memberi kesan yang lebih luas. Adanya skylight pun mampu memberi tampilan yang cantik dan berkelas pada kamar mandi.

9. Plafon modern kamar mandi

Trik membuat desain plafon kamar mandi modern adalah menggunakan dinding marmer.Selain itu, kamu bisa menambahkan dekorasi lampu LED, seperti gambar di atas.

Tak hanya modern, kamar mandi jadi punya visual yang dramatis dan menyenangkan untuk dipandang. Kamu bisa menggunakan berbagai jenis lampu LED dengan warna berbeda.

10. Plafon gypsum mewah

Gypsum memang menjadi material untuk plafon yang sangat terjangkau dan murah meriah. Namun, bukan berarti bahan ini hanya menghasilkan kesan biasa saja. Sedulur tetap bisa menampilkan plafon bergaya mewah menggunakan gypsum seperti di atas.

11. Plafon kamar mandi sederhana

kamar mandi sederhana
Apartement Therapy

Salah satu konsep sederhana dalam pembuatan plafon kamar mandi adalah dengan menutupnya dan memasangkan lampu pada sudut ruangan. Walaupun terlihat biasa, penggunaan plafon ini sudah sangat berguna untuk menciptakan dimensi di kamar mandi.

12. Plafon PVC untuk kamar mandi

PVC merupakan salah satu material plafon yang cukup terkenal karena kualitasnya. Sedulur bisa menciptakan plafon yang tahan lama dan tetap bagus dengan menggunakan bahan ini.

13. Plafon dengan lampu LED

Pinterest

Kamar mandi biasanya memiliki ukuran ruangan yang kecil, sehingga banyak orang yang memberikan pencahayaan minim. Namun, Sedulur bisa mengubah suasana kamar mandi dengan menggunakan lampu LED. Dijamin kamar mandi akan makin elegan.

14. Plafon warna senada

Tidak perlu banyak model dan dekorasi untuk menciptakan ruang kamar mandi yang nyaman dan estetis. Tidak percaya? Coba saja desain plafon yang satu ini. Sedulur cukup mengecat plafon dengan warna yang senada dari warna kamar mandi, hasilnya menakjubkan!

15. Plafon minimalis pink

Desain plafon kayu minimalis juga bisa dipakai untuk area kamar mandi. Sedulur bisa mempercantik ruangan tersebut dengan penggunaan cat warna pink. Agar tidak terlalu mencolok dan bisa menyatu dengan suasana kamar mandi, Sedulur bisa memilih warna-warna pastel yang lebih lembut.

16. Plafon pancuran shower

plafon kamar mandi minimalis
Pinterest

Pada hunian-hunian modern bisa menerapkan desain plafon ini untuk area kamar mandi. Tampilannya cukup sederhana dan minimalis untuk mempercantik interiornya. Plafon yang menyatu dengan shower ini juga cukup unik untuk kamar mandi minimalis.

17. Plafon untuk kamar mandi kecil

Desain plafon penting untuk disesuaikan dengan ukuran kamar mandi. Jika memiliki kamar mandi kecil, plafon dengan bahan gypsum yang polos cocok dijadikan pilihan. Plafon dengan atap yang tidak terlalu tinggi akan tambah menarik, apabila warnanya senada dengan keramik dan dinding ruangan.

18. Plafon kamar mandi ala Jepang

plafon kamar mandi minimalis
ArchDaily

Kesan minimalis bisa kamu jadikan referensi saat merenovasi kamar mandi di hunianmu untuk terlihat seperti interior khas Jepang. Cukup beri sentuhan material alam pada bagian dinding, lantai dan plafon.

Agar tidak terlalu monoton, kamu bisa menambahkan wastafel dan bathtub minimalis putih pada kamar mandinya. Dengan begitu, tampilan kamar mandi terlihat lebih eksentrik dan enak dipandang.

Demikian tadi deretan inspirasi plafon kamar mandi minimalis yang bisa dicoba. Jangan lupa untuk mengikuti tips-tips yang sudah dijelaskan di atas, agar plafon kamar mandi jadi lebih awet dan memberikan kesan indah untuk rumah.