Pernah mendengar atau melihat peta minda? Istilah ini sebenarnya merujuk pada teknik untuk mengatur sebuah ide dan kemudian memvisualisasikan akan ide-ide baru. Peta minda atau mind map sangat membantu dalam proses bekerja, belajar, berbisnis, bahkan membantu kehidupan sehari-hari.

Manfaat peta minda atau mind map mampu membuat penjelasan tentang suatu hal menjadi lebih mudah diingat. Menjadi mudah dengan penggunaan grafik, bagan, dan diagram. Hadirnya peta pikiran ini setidaknya mampu membuat Sedulur atau tim lebih mudah memahami visualisasi pikiran dengan kolaborasi waktu nyata.

Peta minda sering disebut dengan peta pemikiran. Bagi yang penasaran dengan hal ini, simak pembahasan pengertian peta minda, manfaat, dan langkah membuatnya di bawah.

BACA JUGA: Peta Negara ASEAN, Kondisi Geografis & Penjelasannya

Pengertian peta minda

peta minda
Kumparan

Peta pikiran merupakan representatif sebuah grafis konkret dan dapat menunjukkan tentang konsep yang masih terkait dengan konsep lain dalam kategori sama. Peta pikiran merupakan skema atau semacam ringkasan mengenai hasil pembelajaran. Teknik ini mampu membantu seseorang dalam mengingat akan fakta-fakta penting yang sudah dipelajari.

Bagi siswa, waktu yang paling tepat menerapkan peta ini adalah setiap selesai mempelajari suatu bab dan saat menjelang ujian. Kemudian, siswa disarankan untuk berlatih peta pikiran ini sejak awal supaya memudahkan para siswa menguasai mata pelajaran dengan baik dan benar serta mendapatkan hasil yang diharapkan.

Sejarah peta minda

peta minda
Tirto

Peta pikiran atau mind map sebenarnya merupakan istilah yang membantu dalam proses kehidupan sehari-hari. Penemu peta minda adalah Tony Buzan seorang penulis asal Inggris sekaligus konsultan pendidikan tahun 1970-an. Pengamatannya tentang bidang teknologi komputer pada tahun 1971 menimbulkan pertanyaan. Mengapa komputer perlu manual pemakaian ribuan lembar untuk bisa beroperasi?

Munculnya pertanyaan tentang perbedaan kemampuan komputer dan manusia, membuat Buzan lantas melahirkan adanya peta minda. Dari pertanyaan tersebut lahirlah pemetaan pikiran yang lebih dikenal dengan istilah mind mapping.

BACA JUGA: 7 Cara Membuat Mind Mapping dengan Contohnya, Mudah!

Manfaat peta minda

peta minda
Canva

Sang penemu yaitu Tony Buzan mengatakan bahwa keberadaan peta pikiran ini adalah untuk meningkatkan daya ingat. Kemudian, memunculkan sikap kreativitas dan selanjutnya produktivitas. Sebuah penelitian psikologis bahkan pernah menjelaskan, jika peta pikiran sangat bermanfaat dalam meningkatkan kreativitas.

Cara membuat peta ini bisa menggunakan media online atau offline. Media offline, Sedulur bisa menggunakan spidol, pensil warna, bolpoin warna. Sedangkan media online, Sedulur dapat memanfaatkan aplikasi gratis hingga berbayar. Bisa menggunakan aplikasi untuk membuat peta minda yaitu Bubbl.us, WiseMapping, Mindomo, dan IdeaFlip.

Manfaat peta ini sebenarnya dapat dirasakan oleh siapa saja, termasuk oleh guru dan murid. Bagi guru manfaatnya dapat membantu dalam menilai siswa, menjadi semacam instrumen mempromosikan pembelajaran secara kooperatif dan membantu siswa memahami pemahaman sebelum belajar.

Sementara bagi para siswa, keberadaan peta minda dapat membantu mereka dalam mengembangkan kartu konsep. Selanjutnya bisa membantu dalam belajar sains secara signifikan.

Jenis peta minda

peta minda
Canva

Berikut adalah beberapa jenis peta minda.

  • Flow map, sebuah peta pikiran yang dimanfaatkan untuk keperluan membuat urutan proses.
  • Multi flow map, sebuah peta pikiran yang berfungsi dalam menunjukkan dan mempelajari sebab akibat dari sebuah peristiwa.
  • Bridge map, sebuah peta pikiran yang berguna dalam menggambarkan analogi yang menggunakan faktor koneksi antara satu konsep dan lainnya.
  • Bubble map, bagian dari peta pikiran yang berguna saat menggunakan kata-kata deskriptif dan penjabaran setiap konsep.
  • Brace map, sebuah pemetaan mental secara fisik memeriksa objek dalam bentuk nama atau biasa disebut dengan deskripsi objek.
  • Tree map, peta pikiran yang bertugas dalam mengklasifikasikan setiap konsep berdasarkan kategori tertentu.
  • Double bubble map, bagian peta pikiran yang umumnya dapat membandingkan dengan berbagai konsep secara bersamaan.
  • Circle map, sebuah peta pikiran yang pada umumnya memakai sebuah skema menyeluruh dan berisi konteks pengetahuan yang berbeda.

BACA JUGA: Peta Indonesia Telengkap dengan Gambar & Profil Provinsinya

Hadirnya sebuah peta minda

peta minda
Kompas

Materi peta minda dikenal mampu membantu banyak orang untuk berbagai keperluan. Mulai dari pemecahan masalah hingga proses mengajar. Namun, sebenanya ada lagi manfaat penting dari hadirnya peta ini. Berikut di antaranya.

  • Menghemat waktu belajar. Banyak orang kesulitan dalam memahami materi yang disampaikan baik oleh dosen, guru, hingga guru les. Hadirnya peta ini mampu membuat seseorang dapat menghemat waktu belajar.
  • Sebagai metode pembelajaraan. Fungsi lain hadirnya mind map atau peta pikiran yaitu dapat menjadi metode pembelajaran efektif pengganti metode belajar lainnya.
  • Memperkuat ingatan. Fungsi penggunaan peta ini mampu membuat siapa pun yang belajar pasti bisa memperkuat ingatannya.

Cara membuat peta minda

peta minda
Kompasiana

Memahami peta pikiran rasanya kurang pas bila tidak melakukan praktik pembuatan peta ini. Maka dari itu, ada beberapa langkah membuat peta minda yang perlu Sedulur ketahui. Penasaran apa saja langkah-langkahya? Langsung cek di bawah ini.

  • Hal pertama yang harus dilakukan adalah tentukan bahan bacaan terlebih dahulu.
  • Mulai tentukan sebuah konsep atau ide yang sesuai.
  • Lalu, urutkan konsep mulai dari paling inklusif menuju ke komprehensif.
  • Jangan lupa untuk atur konsep di atas, mulai konsep yang komprehensif sampai konsep paling tidak komprehensif.
  • Lalu, hubungkan konsep di garis penghubung, tentukan sebuah kata penghubung pada setiap masing-masing garis.
  • Terakhir, kembangkan sebuah peta pikiran yang dibuat. Misalnya adalah tambahkan setidaknya dua atau lebih mengenai konsep baru ke pada setiap konsep yang telah ada di peta pikiran

Demikian ulasan tentang peta pemikiran, di mana peta minda mengembangkan cara berpikir secara kreatif dan divergen. Semoga ulasan di atas dapat membantu Sedulur mengatasi persoalan dalam belajar.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.