Gaji tukang parkir pesawat

Saat bepergian naik pesawat, Sedulur pasti pernah lihat sosok orang yang membantu pesawat parkir. Tahukah kamu berapa gaji tukang parkir pesawat ini?

Pesawat menjadi moda transportasi yang kian diminati belakangan ini. Selain karena waktu perjalanannya yang singkat, namun juga karena kemudahannya dan harganya yang tak terlampau jauh dari moda transportasi lain. Karena popularitasnya, industri transportasi udara ini menyerap cukup banyak tenaga kerja.

Salah satu profesi yang dibutuhkan dalam industri ini adalah tukang parkir pesawat atau marshaller pesawat. Sesuai namanya, merekalah yang memberi arahan bagi pesawat untuk parkir di bandara. Nah, penasaran kan dengan profesi satu ini? Kira-kira, berapa ya gaji marshaller pesawat? Yuk simak ulasan berikut!

Gaji tukang parkir pesawat per bulan di Indonesia

Mengenal profesi marshaller pesawat

gaji tukang parkir pesawat
detik

Profesi sebagai tukang parkir mungkin terdengar tidak menarik. Tapi, tukang parkir pesawat terbang sangat berbeda dengan tukang parkir kendaraan lain lho. Pekerjaan ini tidak main-main dan membutuhkan training khusus untuk menjadi marshaller. Mereka memiliki tanggung jawab yang sangat besar pula, yakni keselamatan para penumpang pesawat saat pendaratan. Mereka pun bekerja tanpa peduli cuaca. Bahkan di bawah hujan sekali pun, mereka harus mampu memarkirkan pesawat yang datang dengan baik.

Jam kerja marshaller pesawat juga cukup panjang, yakni mencapai 13 jam. Mereka bekerja dalam shift, biasanya pukul 06.00-19.00 dan 18.00-07.00. Namun dalam jam kerja yang panjang itu, nyatanya mereka hanya mampu memarkirkan 5 pesawat dalam sehari, lho. Saat bekerja, mereka juga menghadapi risiko besar kecelakaan. Sehingga marshaller pesawat bekerja dengan dilengkapi oleh alat pelindung seperti penutup kuping, sepatu dengan ujung besi, jaket neon, dan tongkat LED.

Baca Juga: Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga di Masa Sulit dengan Gaji 3 Juta

Gaji tukang parkir pesawat sebulan

detik

Lalu dengan pekerjaan seperti itu, berapa sih gaji mereka? Ternyata, gaji profesi ini dalam sebulan di Indonesia bisa mencapai Rp 5-6 juta. Sehingga jika dihitung, gaji tukang parkir pesawat per hari adalah sekitar Rp200.000 – Rp250.000 per hari.

Gaji tukang parkir pesawat sebulan biasanya dihitung dengan jumlah UMR yang berlaku di daerah tersebut. Akan tetapi, gaji UMR tersebut masih ditambah dengan tunjangan-tunjangan lain, sesuai dengan maskapai tempat bekerja.

Lalu, apakah profesi ini boleh dilakukan oleh perempuan? Boleh banget! Perempuan ada juga kok yang berprofesi sebagai marshaller. Gaji tukang parkir pesawat perempuan biasanya tidak berbeda dengan gaji laki-laki.

Pembeda utama dalam jumlah gaji profesi ini terletak pada apa maskapainya dan berapa lama pengalamannya. Gaji tukang parkir pesawat Garuda sudah barang tentu berbeda dengan gaji marshaller Lion. Namun, bukan berarti Sedulur harus pilih-pilih maskapai ya saat akan bekerja menjadi marshaller.

Syarat menjadi tukang parkir pesawat

pohonliterasi
  • Pendidikan

Mungkin Sedulur bertanya-tanya, tukang parkir pesawat jurusan pendidikannya apa? Apakah ada pendidikan khusus? Nyatanya untuk menjadi marshaller, tak perlu pendidikan tinggi lho. Cukup dengan ijazah SMA/Sederajat, Sedulur bisa mendaftar sebagai tukang parkir pesawat.

Akan tetapi akan dibutuhkan pelatihan khusus untuk membaca sinyal pesawat jika Sedulur ingin menjalani profesi ini.

  • Usia

Siapa saja dapat mendaftar profesi ini dengan persyaratan usia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun. Akan tetapi beberapa maskapai menetapkan usia maksimal 24 tahun.

  • Kondisi kesehatan

Untuk dapat menjalani profesi ini, Sedulur harus sehat secara fisik dan rohani. Termasuk memiliki tinggi badan antara 158 s/d 160 cm untuk perempuan dan 165 s/d 170 cm untuk laki-laki. Mereka juga harus berada dalam BMI normal dan berpenampilan menarik

  • Skill yang dibutuhkan

Menjadi marshaller membutuhkan skill khusus yang akan didapatkan melalui pelatihan membaca sinyal pesawat. Namun selain itu, secara umum tukang parkir pesawat harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik serta kemampuan menghadapi pelanggan dengan baik.

Nah, melihat syarat serta gaji tukang parkir pesawat sebulan di atas, bagaimana tanggapan Sedulur? Apakah tertarik untuk menjalani profesi ini? Jika Sedulur ingin memiliki jumlah gaji seperti marshaller pesawat ini dengan jam kerja yang fleksibel, profesi Super Agen mungkin lebih tepat. Tak perlu pendidikan khusus, Sedulur bisa mendaftar menjadi Super Agen dan membantu lingkungan sekitar Sedulur. Yuk install Aplikasi Super sekarang dan daftar jadi Super Agen!