Jangan Anggap Remeh, Ini Penyebab Hingga Pengobatan Sakit Pinggang

Pernah mengalami sakit pinggang Sedulur? Sakit pinggang merupakan cedera otot atau sendi di area pinggang. Namun selain alasan itu, mungkin penyebab sakit pinggang bagian belakang bisa disebabkan oleh banyak faktor. Nah, untuk mengetahui penyebab sakit pinggang di bagian tubuh mana pun, seperti sebelah kiri, penyebab sakit pinggang sebelah kanan, dan lainnya, yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini.

BACA JUGA: Penyebab Munculnya Strech Mark dan Cara Menghilangkannya

1. Sakit pinggang

penyebab sakit pinggang
lifepack

Sakit pinggang adalah sakit yang menyerang punggung bagian bawah. Penderita yang mengalami hal ini akan merasakan sakit yang hilang timbul. Bahkan bisa terjadi secara terus menerus. Biasanya, punggung bagian kanan atau kiri akan sangat mudah terkena. Namun penyebab utama mengapa seseorang terkena sakit ini adalah adanya cedera otot atau sendi di area pinggang.

Banyak sekali faktor penyebab sakit pinggang di tubuh kita. Entah disebabkan karena mengangkat benda berat ataupun bisa disebabkan karena gangguan ginjal. Atau, bahkan mengalami infeksi di bagian tulang belakang. Dan sakit ini letaknya berubah-ubah, ada di pinggang bagian belakang tengah, pinggang sebelah kiri bahkan pinggang kanan.

-->

Bagi kamu yang mulai merasakan sakit ini, wajib sekali mengetahui apa saja gejala yang mungkin bisa timbul. Nah, berikut ini adalah gejala yang biasanya umum terjadi saat sakit pinggang.

2. Gejala sakit pinggang

penyebab sakit pinggang
alodokter

Banyak sekali gejala yang timbul jika seseorang mulai terkena sakit pinggang. Namun meski demikian, tergantung juga dengan penyebabnya. Gejala yang paling umum ketika terkena sakit ini biasanya akan mengalami beberapa hal berikut ini:

  • Pinggang pegal, kaku atau seperti ditusuk.
  • Nyeri yang menjalar dari mulai pinggang ke bokong sampai dengan kaki.
  • Ciri ketiga adalah sulit bergerak dan berdiri tegak karena nyeri pada bagian pinggang.
  • Sakit kadang bisa memburuk pada waktu malam hari atau mungkin ketika duduk cukup lama.
  • Awal mula selanjutnya penyebab sakit pinggang adalah sakit terasa mulai memburuk ketika membungkuk, mengangkat benda berat atau ketika berjalan.
  • Terakhir adalah tungkai akan terasa cukup lemah atau mengalami mati rasa, tergantung pada letak sarafnya yang terjepit.

Orang yang mengalami sakit pinggang normalnya hanya berlangsung selama beberapa hari saja. Itupun apabila penyebab sakit pinggang karena cuma masalah otot. Namun pada beberapa kasus, orang yang mengalami sakit pinggang bisa sampai berbulan-bulan. Mengapa bisa begitu lama, mungkin karena penanganannya yang tidak cepat.

BACA JUGA: 12 Penyebab Sering Buang Air Kecil dan Pertolongannya

3. Penyebab sakit pinggang

penyebab sakit pinggang
halodoc

Dalam banyak kasus, orang sakit pinggang bisa disebabkan oleh beberapa hal. Misalnya saat bermain golf, berolahraga atau mengangkat benda berat. Namun, bisa juga penyebab sakit pinggang karena duduk terlalu lama sehingga memunculkan sakit pinggang. Faktor lain yang bisa menyebabkan sakit di pinggang ini khususnya yang terjadi pada orang dewasa antara lain:

  • Memiliki usia 30 tahun ke atas.
  • Mempunyai berat badan berlebih.
  • Kurang melakukan aktivitas olahraga.

Setiap orang pasti pernah mengalami masalah sakit pinggang. Namun, untuk posisi dan letaknya pasti berbeda-beda serta penyebabnya juga pasti berbeda. Nah, berikut ini adalah ulasan tentang penyebab sakit pinggang menurut lokasi dan menurut jenis kelaminnya. Yuk, simak!

Penyebab sakit pinggang sebelah kiri

Mengalami masalah ini pasti akan mengganggu aktivitas kalian bukan? Nah, bicara sakit pinggang di bagian kiri, bisa dikarenakan oleh banyak hal. Namun hal yang paling umum adalah adanya masalah otot tegang, skiatika (tertekannya saraf yang menghubungkan saraf tulang belakang dan saraf tungkai), stenosis spinal (penyempitan tulang belakang dan menyebabkan tertekannya saraf) dan gangguan pada ginjal.

Penyebab sakit pinggang belakang tengah

Setelah membahas penyebab sakit pinggang di bagian kiri, maka selanjutnya penyebab sakit pinggang di bagian belakang. Biasanya, sakit pinggang di bagian belakang disebabkan karena duduk terlalu lama, duduk membungkuk atau mengangkat beban berat. Khusus ketika duduk dan mengerjakan tugas, ruang gerak menjadi sangat terbatas sehingga aktivitas ini berbahaya pada bagian tulang belakang.

Selain duduk terlalu lama, penyebab lain munculnya sakit ini juga karena berat badan naik. Semakin gemuk dan berat tubuhmu, maka sakit pinggang di bagian belakang bisa muncul tiba-tiba. Sebab, berat badan berlebih bisa menekan posisi tulang belakang. Maka untuk mencegah munculnya sakit pinggang di daerah ini, mulailah untuk menjaga berat badan ya.

BACA JUGA: 18 Olahraga Kardio yang Banyak Manfaat dan Mudah Dilakukan

Penyebab sakit pinggang sebelah kanan

Tak jauh beda dengan masalah sakit pinggang di bagian kiri. Pada bagian kanan pun juga disebabkan karena masalah terlalu lama duduk. Umumnya, orang  yang mengalami masalah ini disebabkan oleh cedera otot akibat salah posisi tidur, duduk atau bergerak. Jika kamu merasakan sakit pinggang di posisi ini, janganlah menganggap remeh. Sebab, sakit pinggang di area ini, bisa terjadi karena gangguan pada organ dalam.

Faktor sakit pinggang sebelah kanan juga bisa karena masalah cedera, gangguan ginjal hingga masalah otot. Jadi,  tidak hanya masalah karena salah duduk atau tidur, namun juga karena masalah di bagian pencernaan dan otot. Jika keadaan tak semakin membaik dan malah lebih memburuk, tak ada salahnya untuk konsultasi ke dokter terkait.

Saat konsultasi dengan dokter, kamu pastinya mendapat nasihat dan masukkan bagaimana cara yang ampuh mengatasi persoalan sakit di bagian pinggang.

Penyebab sakit pinggang saat tidur malam

Tidur malam adalah kebutuhan buat semua orang. Ya, dengan tidur, segala lelah pasti akan teratasi. Namun beda ceritanya, jika muncul masalah sakit pinggang saat tidur. Yang ada tidurmu jadi tak nyenyak dan cenderung tidak bisa tidur. Nyeri atau sakit di bagian pinggang saat tidur malam, bisa jadi adanya masalah di bagian tulang belakang. Akibatnya ialah, seseorang tidak bisa tidur dengan nyenyak.

Selain penyebab masalah tulang belakang, munculnya sakit pinggang saat tidur malam, bisa juga disebabkan karena cedera seperti keseleo. Bahkan penyakit tertentu bisa jadi penyebab sakit pinggang saat tidur malam. Penyakit tersebut antara lain skoliosis (tulang belakang bengkok) hingga stenosis (penyempitan kolom tulang belakang).  

Munculnya sakit pinggang saat tidur malam, jangan pernah dianggap sepele. Persoalan ini mungkin menjadi awal gejala munculnya penyakit tumor di tulang belakang. Bisa merupakan tumor primer yang berasal dari tulang belakang atau bisa karena tumor metastasis. Artinya adalah kanker yang asalnya area lain tubuh dan bisa menyebar ke bagian tulang belakang.

Nah, setelah membahas penyebab sakit pinggang di bagian belakang, kiri hingga kanan. Maka selanjutya membahas mengenai penyebab sakit pinggang pada wanita.

BACA JUGA: Ingin Mengecilkan Perut? 6 Olahraga Ini Cocok Kamu Lakukan!

4. Penyebab sakit pinggang pada wanita

penyebab sakit pinggang pada wanita
halodoc

Wanita juga sangat rentan terkena masalah sakit pinggang. Sebab, tulang dalam susunan tubuh wanita sangat lunak dibandingkan dengan pria. Terkait sakit pinggang yang dialami wanita, ada banyak sekali penyebabnya. Bisa karena aktivitas sehari-hari, cedera hingga riwayat penyakit. Bahkan sampai dikarenakan hamil atau mengalami PMS.

Wanita yang punya gejala ini, umumnya akan merasakan beragam gejala sakit yang dapat hilang lalu timbul kembali. Secara umum sakit pinggang dapat terjadi karena beberapa faktor. Seperti posisi tubuh yang salah, kemudian kebiasaan mengangkat benda berat. Atau, bisa saja karena gerakan yang terus berulang.

Namun secara umum, penyebab sakit pinggang pada wanita disebabkan oleh empat macam. Pertama adalah masalah Sindrom Pramenstruasi atau biasa dinamakan dengan (PMS). Kedua adalah Endometriosis (kondisi saat jaringan endometrium tumbuh di luar rahim). Ketiga, Dismenore (kondisi yang menyebabkan menstruasi terasa menyakitkan). Kemudian terakhir adalah kehamilan.

Setelah memahami penyebab sakit pinggang di kalangan wanita, maka selanjutnya adalah bagaimana cara mengobati masalah sakit pinggang ini sendiri. Penasaran bagaimana caranya, yuk simak ulasan di bawah ini.

BACA JUGA: 12+ Penyebab dan Cara Mempercepat Haid yang Lebih dari Tujuh Hari

5. Cara mengobati sakit pinggang belakang

penyebab sakit pinggang
klikdokter

Persoalan sakit pinggang di tulang belakang akan sangat mengganggu keseharian kita. Namun bukan berarti masalah ini tak bisa diatasi. Banyak cara mengobati masalah yang satu ini. Baik menggunakan pengobatan herbal atau medis. Nah, daripada penasaran terkait bagaimana cara mengatasinya, yuk simak ulasan lengkap berikut ini.

Jangan lama–lama berbaring di tempat tidur

Buat kamu yang suka tidur lagi saat pagi hari, mulailah untuk membatasi kebiasaan buruk ini. Sebab, orang yang sering terkena sakit pinggang, lebih banyak menghabiskan waktu tidur di kasur. Supaya masalah sakit di pinggangmu cepat teratasi, tetaplah aktif dan berhati-hati saat melakukan gerakan. Sebab, aktivitas ini dianggap ampuh dalam proses penyembuhan sakit  pinggang di tulang belakang.

Aktif berolahraga

Kebiasaan menjalani hidup sehat seperti olahraga mampu menghindari kita dari masalah di bagian tulang. Sebab, selama ini orang yang kerap melakukan olahraga, lebih minim terkena sakit tulang seperti osteoporosis atau sakit pinggang, jika dibandingkan dengan mereka yang jarang olahraga. Jika muncul masalah sakit pinggang maka solusi terbaik adalah melakukan olahraga. Dengan rutin berolahraga, proses penyembuhan sakit di pinggangmu akan cepat teratasi.

Olahraga jenis apa pun bisa kamu terapkan. Seperti  berlari, jalan sehat, bersepeda hingga berenang. Namun, kamu tidak boleh melakukan olahraga berat, jika sedang dalam proses penyembuhan. Sebab, jika kamu paksakan, yang ada masalah sakit pinggangmu akan semakin parah.

Kompres dingin dan panas

Mungkin ini adalah salah satu cara mengobati sakit pinggang belakang. Ya, sakit pinggang di belakang memang dapat menyiksa. Seperti menghambat aktivitas harian, ataupun kegiatan-kegiatan penting lainnya. Namun, bukan berarti masalah ini tak bisa diatasi.

Kamu bisa mengatai persoalan sakit pinggang dengan melakukan kompres dingin dan panas. Bahkan dalam dunia medis merekomendasikan penggunaan es selama kurang lebih 48 jam pertama setelah cedera. Khususnya apabila ada pembengkakan dan selanjutnya beralih ke kompres panas.

Demikian ulasan mengenai sakit pinggang, penyebab sakit pinggang belakang pada wanita hingga bagaimana cara mengobatinya. Semoga buat Sedulur yang mengalami masalah sakit pinggang, dapat segera teratasi dengan baik.