Terdapat beberapa penyebab panas dalam yang jarang diketahui oleh banyak orang, yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Terdapat banyak gejala yang menyebabkan panas dalam. Salah satu gejala panas dalam yang sangat umum dirasakan adalah rasa yang tidak nyaman di tenggorokan, sakit ketika menelan makanan, bibir pecah-pecah hingga bau mulut yang tidak sedap.

Terdapat beberapa makanan penyebab panas dalam, biasanya makanan yang mengandung minyak yang berlebihan atau yang memiliki rasa pedas yang keterlaluan. Namun penyebab panas dalam juga berbeda, penyebab panas dalam orang dewasa berbeda dengan penyebab panas dalam dan sariawan pada anak.

Panas dalam juga termasuk gangguan pencernaan. Sedulur bisa mengobatinya dengan meminum obat panas dalam dan flu atau obat panas dalam yang ampuh yang ada di apotik. Kata pepatah bijak, mencegah lebih baik dari pada mengobati. Superapp.id dalam kesempatan ini akan membahas beberapa penyebab panas dalam agar Sedulur bisa melakukan pencegahan.

-->

Selain itu juga Superapp.id akan menjelaskan cara meredakan atau cara mengobati panas dalam yang tak kunjung sembuh, baik menggunakan obat panas dalam akibat asam lambung atau mencari tahu penyebab panas dalam dan melakukan cara mengatasinya.

Yuk langsung saja kita simak apa saja penyebab panas dalam yang jarang diketahui dalam penjelasan di bawah ini.

Baca Juga: 5 Macam Bumbu Dapur Yang Bisa Digunakan Untuk Obat

Beberapa Penyebab Panas Dalam yang Jarang Diketahui

Beberapa Penyebab Panas Dalam yang Jarang Diketahui

Panas dalam merupakan sebuah gejala yang seringkali diakibatkan oleh peradangan dalam tubuh. Selain disebabkan oleh makanan yang mengandung minyak berlebih atau makanan yang memiliki rasa pedas yang berlebihan, penyebab panas dalam yang jarang diketahui juga seringkali dikaitkan dengan beberapa penyakit.

Penyakit pertama yang bisa menyebabkan panas dalam adalah infeksi saluran napas atas (ISPA). Panas dalam yang disebabkan oleh penyakit ini awalnya akan menunjukan gejala yang berupa gatal-gatal, nyeri dan panas di area tenggorokan. Juga seringkali disertai dengan bersin, hidung tersumbat dan batuk.

Penyakit lain yang menyebabkan panas dalam adalah iritasi di area tenggorokan. Gejala panas dalam yang disebabkan oleh iritasi di tenggorokan biasanya disebabkan oleh paparan polusi udara, makanan atau minuman panas dan juga penggunaan suara yang berlebihan.

Penyakit terakhir yang bisa menyebabkan panas dalam adalah naiknya asam lambung atau refluks asam lambung. Biasanya penyakit ini sering muncul di tengah malam atau saat bangun tidur. Asam lambung yang naik juga dapat menyebabkan tenggorokan luka dan menjadi awal penyebab panas dalam.

Baca Juga: 13 Manfaat Teh Hijau Untuk Kecantikan yang Jarang Diketahui

Hindari Panas Dalam dengan Menerapkan Gaya Hidup Sehat

Hindari Panas Dalam dengan Menerapkan Gaya Hidup Sehat

Untuk dapat mencegah dan menghindari panas dalam, ada baiknya Sedulur mulai menerapkan gaya hidup sehat. Seperti mengatur jam makan, mengatur nutrisi dan gizi asupan makanan, berolahraga, dan meminum beberapa obat yang bisa membuat Sedulur tetap sehat.

Sedulur juga bisa mulai mengonsumsi obat herbal untuk menghindari panas dalam yang diakibatkan oleh asupan makanan yang dapat memicu munculnya panas dalam. Berdasarkan penelitian medis, obat herbal telah dipercaya ampuh dan digunakan sejak dulu untuk mengobati masalah kesehatan, termasuknya masalah panas dalam.

Biasakan juga Sedulur mulai mengkonsumsi makanan yang membuat tenggorokan Sedulur nyaman. Karena biasanya awal mula panas dalam terjadi disebabkan oleh tenggorokan yang iritasi atau terluka akibat makanan yang mengandung minyak berlebih dan makanan pedas.

Tips untuk Meredakan Panas Dalam

Tips untuk Meredakan Panas Dalam

Terdapat beberapa tips yang bisa Sedulur lakukan untuk meredakan panas dalam, jika Sedulur terlanjur terkena sakit panas dalam. Beberapa tips akan dijelaskan dalam poin di bawah ini:

  • Beristirahat dengan cukup: Salah satu cara ampuh untuk meredakan panas dalam secara cepat adalah dengan beristirahat dengan cukup. Karena dengan istirahat cukup daya tahan tubuh Sedulur akan bekerja dengan maksimal dan mampu melawan kuman yang menyebabkan panas dalam.
  • Minum air putih: Meminum air putih secara teratur ketika Sedulur yakin merasakan panas dalam adalah salah satu cara untuk meredakan panas dalam, karena dengan meminum air putih tenggorokan Sedulur akan lembab dan mencegah dehidrasi yang akan memperburuk kondisi panas dalam.
  • Berkumur dengan air garam: Cara ini juga sangat ampuh untuk meredakan panas dalam yang terlanjur Sedulur alami dan sudah tidak dapat dicegah lagi. Caranya sangat mudah, Sedulur siapkan air hangat dan tambahkan garam secukupnya, aduk air garam tersebut dan kumur-kumur. Selain ampuh untuk menyehatkan tenggorokan, air garam juga ampuh membunuh kuman yang ada pada gigi dan gusi.

Semoga informasi berkaitan penyebab panas dalam di atas bisa membantu Sedulur agar tetap sehat dan terhindar dari penyakit panas dalam. Sedulur juga bisa mulai membeli stok obat-obatan untuk mengatasi panas dalam dengan membelinya di Aplikasi Super.

Aplikasi Super menyiapkan berbagai macam obat-obatan yang terjamin kualitasnya dan sesuai dengan standar prosedur kesehatan. Sedulur juga bisa klik di sini untuk mempelajari Aplikasi Super lebih lanjut, agar hari-hari Sedulur bisa dijalani dengan aman dan sehat.