pendopo modern

Akhir-akhir ini, desain bangunan tradisional Indonesia memang sering dijadikan sebagai rujukan untuk membuat hunian modern. Para arsitek juga sering memadukan antara unsur bangunan tradisional ke dalam desain rumah masa kini, seperti penambahan pendopo modern.

Bisa dibilang jika pendopo modern merupakan gabungan dari budaya asli Indonesia dengan desain modern kekinian. Bagi yang belum tahu, pendopo sendiri adalah paviliun atau bangunan tambahan yang biasanya diletakkan di bagian depan bangunan utama.

Tempat ini seringkali digunakan untuk menerima tamu, pertemuan sosial, pertunjukan ritual, maupun hanya sekadar bersantai. Nah, bagi Sedulur yang tertarik menambahkan pendopo modern, berikut beberapa inspirasi yang mungkin bisa dipilih!

BACA JUGA: 8 Inspirasi Desain Rumah Atap Pelana Modern dan Elegan

-->

1. Pendopo dengan atap kaca

pendopo modern
Unsplash/Ries Bosch

Desain pendopo modern yang pertama ini, mengintegrasikan atap kaca pada struktur pendopo, yang memberikan pencahayaan alami yang melimpah ke dalam ruang. Atap kaca juga menciptakan tampilan yang terang dan luas.

Hal ini menjadikannya pilihan populer untuk menciptakan suasana terbuka dan modern di dalam ruangan. Pendopo dengan atap kaca memungkinkan cahaya matahari untuk masuk secara optimal, sementara juga memberikan perlindungan dari hujan dan panas matahari berlebih.

2. Pendopo dengan desain minimalis

Pendopo dengan desain minimalis menekankan pada garis-garis sederhana, bentuk-bentuk geometris yang bersih, dan penggunaan warna netral. Pendopo dengan desain minimalis cenderung memiliki ruang terbuka yang luas, tanpa banyak detail atau dekorasi yang rumit.

Fokus utamanya adalah pada fungsi dan estetika yang sederhana namun elegan. Pendopo dengan desain minimalis sering menggunakan material modern seperti beton, besi, atau kayu dengan finishing yang bersih dan polos.

3. Pendopo dengan kombinasi material

pendopo modern
Unsplash/Vnwayne Fan

Desain yang berikutnya ini menggabungkan berbagai jenis material modern dan tradisional untuk menciptakan tampilan yang unik dan menarik. Contohnya, pendopo dapat memiliki struktur utama dari kayu tradisional yang dipadukan dengan elemen besi atau baja yang lebih modern.

Penggunaan batu alam, kaca, atau keramik sebagai aksen tambahan juga sering ditemui dalam desain pendopo dengan kombinasi material. Pendopo semacam ini memberikan kesan kontras antara tradisional dan modern, menciptakan ruang yang menarik dan estetis.

4. Pendopo dengan sentuhan teknologi

Sesuai namanya, desain pendopo modern ini memanfaatkan teknologi modern untuk meningkatkan kenyamanan dan fungsionalitas ruang pendopo. Misalnya saja, pendopo dapat dilengkapi dengan sistem pencahayaan otomatis yang dapat disesuaikan, pendingin udara terintegrasi, atau sistem suara canggih.

Teknologi ini berfungsi untuk memfasilitasi acara-acara atau pertemuan di dalamnya. Penggunaan teknologi hijau seperti panel surya atau sistem pengelolaan air hujan juga dapat dimasukkan untuk meningkatkan keberlanjutan dan efisiensi energi pada pendopo.

BACA JUGA: 12+ Rekomendasi Cat Tembok Luar Terbaik untuk Rumahmu!

5. Pendopo dengan desain open-plan

Pexels/Jonathan Borba

Desain ini menekankan pada ruang terbuka yang mengalir mulai dari pendopo ke bagian dalam rumah atau ke ruang terbuka lainnya. Biasanya, tidak ada pemisah fisik yang jelas antara pendopo, ruang tamu, dan bagian dalam rumah lainnya.

Konsep open-plan memberikan kesan luas dan terbuka, menciptakan ruang yang ramah dan nyaman untuk berkumpul dan berinteraksi. Pendopo dengan desain open-plan sering dihubungkan langsung dengan taman atau halaman belakang rumah, menciptakan keterhubungan antara ruang dalam dan ruang luar.

6. Pendopo dengan sentuhan seni kontemporer

Desain pendopo satu ini mencakup penggunaan karya seni kontemporer atau elemen dekoratif modern dalam pendopo. Seni kontemporer dapat berupa lukisan, patung, instalasi, atau karya seni visual lainnya yang menghadirkan nuansa modern dan eksperimental.

Elemen dekoratif modern seperti furnitur bergaya kontemporer, lampu-lampu modern, atau tekstil dengan motif modern juga dapat digunakan untuk menambahkan sentuhan seni kontemporer pada pendopo. Pendopo dengan sentuhan seni kontemporer juga memberikan kesan unik dan pribadi.

7. Pendopo dengan desain landscape

Pendopo dengan desain landscape ini, mengintegrasikan unsur-unsur landscape yang diperbarui dengan taman modern dan elemen air ke dalam area sekitar pendopo.

Pendopo dengan desain landscape dapat memiliki taman yang dirancang dengan tanaman hias, jalur setapak yang mengelilingi pendopo, serta elemen air seperti kolam atau air mancur.

Integrasi landscape yang baik menciptakan suasana yang alami, tenang, dan menyegarkan di sekitar pendopo, menciptakan tempat yang ideal untuk bersantai dan bersosialisasi.

BACA JUGA: Mudah, Ini 10 Cara Membersihkan Lumut Bandel di Rumah!

8. Pendopo dengan penggunaan tekstur dan pola modern

Unsplash/Levi Morsy

Pendopo modern ini mencakup penggunaan tekstur dan pola modern pada elemen-elemen bangunan dan dekoratif dalam pendopo.

Tekstur dan pola modern dapat diterapkan pada dinding, lantai, langit-langit, atau elemen dekoratif lainnya menggunakan bahan-bahan seperti batu alam bertekstur, keramik dengan pola geometris, kayu dengan pola yang unik, atau aksen logam modern.

Penggunaan tekstur dan pola modern menambahkan dimensi visual yang menarik dan dinamis pada pendopo, menciptakan tampilan yang segar dan berbeda dari pendopo tradisional.

9. Pendopo dengan desain futuristik

Desain berikutnya ini mengadopsi elemen-elemen futuristik yang inovatif dan modern. Pendopo dengan desain futuristik mungkin memiliki bentuk-bentuk geometris yang unik, struktur yang futuristik, atau penggunaan material dan teknologi inovatif.

Contohnya saja seperti penggunaan material transparan, elemen-elemen berbasis LED, atau teknologi bangunan pintar yang memungkinkan pengaturan otomatis dari suhu, pencahayaan, dan keamanan.

Pendopo dengan desain futuristik menciptakan tampilan yang eksperimental, modern, dan menggabungkan unsur-unsur futuristik dalam konsep tradisional pendopo Jawa.

10. Pendopo dengan integrasi teknologi hijau

pendopo modern
Pexels/Max Vakhtbovycn

Model pendopo yang terakhir, mencakup penggunaan teknologi hijau atau ramah lingkungan untuk meningkatkan keberlanjutan dan efisiensi energi pada pendopo.

Teknologi hijau seperti panel surya, sistem pengumpulan air hujan, pencahayaan LED energy-efficient, dan sistem pengaturan suhu otomatis dapat diintegrasikan ke dalam pendopo untuk mengurangi dampak lingkungan dan biaya energi.

Pendopo dengan integrasi teknologi hijau ini juga mampu menciptakan ruang yang ramah lingkungan dan berkelanjutan, sejalan dengan prinsip berkelanjutan dan pelestarian lingkungan.

Nah, itulah beberapa rekomendasi pendopo modern yang bisa dijadikan referensi. Jenis pendopo ini mampu menciptakan kesinambungan antara warisan budaya tradisional dan kebutuhan modern, menghasilkan ruang terbuka yang serbaguna dan elegan yang cocok untuk berbagai keperluan dan acara.