Sedulur punya tipe kulit yang sensitif? Temukan rekomendasi pelembab untuk kulit sensitif mu di bawah ini!

Pada dasarnya, setiap manusia memiliki beberapa jenis tipe kulit yang berbeda. Di antaranya adalah kulit kering, kulit berminyak, kulit kombinasi, kulit sensitif, dan juga kulit normal. Jenis tipe kulit dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, mulai dari lingkungan, gaya hidup, kebiasaan, cuaca, hingga kondisi kesehatan tubuh. Misalnya, bagi Sedulur yang selalu berada di ruangan AC, maka kulitnya cenderung lebih kering. Sedangkan Sedulur yang sedang mengalami gangguan kesehatan tertentu mungkin akan merasakan kulit yang lebih berminyak.

Begitu pula dengan kulit sensitif, tipe kulit ini cenderung rentan terhadap reaksi alergi, mengelupas, ruam, bahkan merah-merah. Reaksi tersebut bisa didapatkan karena reaksi terhadap produk skincare tertentu, dipengaruhi oleh lingkungan, ataupun makanan. Seperti namanya, kulit sensitif sangat rentan mengalami iritasi. Maka dari itu, perlu diketahui pelembab wajah yang tepat untuk kulit sensitif yang bagus dan aman. Simak rangkumannya di bawah ini, yuk!

Baca Juga: 17 Pelembab Untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat Terbaik

Innisfree Green Tea Balancing Cream EX

Inisfree.com

Pelembab dari produk korea yang cukup digemari masyarakat indonesia ini bisa menjadi salah satu solusi untuk kulit sensitif dan bruntusan. Produk yang memiliki kemasan warna hijau ini diformulasikan untuk melembabkan kulit dengan amino acid. Produk ini juga tidak memiliki kandungan alkohol dan paraben sehingga aman untuk kulit yang sensitif. Akan tetapi Sedulur yang sensitif dengan fragrance pada skincare, perlu mewaspadai produk satu ini karena masih mengandung fragrance.

Dengan formulasi utama ekstrak teh hijau dari Pulau Jeju Korea, krim ini diklaim mampu mencegah kulit agar tidak kering dan mempertahankan kelembaban wajah secara sempurna. Green Tea Balancing Cream EX dibandrol dengan harga sekitar Rp260.000.

Cetaphil Moisturizing Cream

Lazada

Pelembab untuk kulit sensitif selanjutnya adalah Cetaphil Moisturizing Cream. Cetaphil dikenal di kalangan masyarakat sebagai produk yang aman untuk kulit sensitif. Kali ini Cetaphil mengeluarkan produk pelembab untuk kulit sensitif kombinasi yang tentunya aman dan sangat lembut untuk kulit. Hampir seluruh produk dari Cetaphil tidak memiliki wangi atau fragrance, sehingga kebanyakan produknya aman untuk kulit sensitif. Produk ini memiliki tekstur yang creamy seperti namanya, dan memiliki warna putih serta tidak mempunyai fragrance. 

Selain itu, pelembab ini juga tidak mempunyai kandungan alkohol, paraben, dan sulfat. Sebaliknya, produk ini kaya akan kandungan Lactic Acid, Almond Sweet Oil, dan Vitamin E yang mampu memberikan kelembaban ekstra terhadap kulit sensitif.

Mineral Botanica Face Brightening Day Cream

ProductNation.co

Seperti namanya, produk dari mineral botanica ini adalah cream pelembab untuk kulit sensitif. Selain itu, produk ini diperkaya akan Jojoba oil, Glycerin, serta Linoleic Acid, yang merupakan emollient dan cocok untuk membantu Sedulur dalam mengatasi masalah pigmentasi seperti flek hitam dan juga kulit yang belang. Bagi pemilik kulit sensitif, pelembab ini digunakan sebagai daily cream yang dapat dipakai setiap pagi hari. Ini karena produk ini juga mengandung UV filter yang dapat membantu Sedulur melindungi kulit dari paparan UV sinar matahari sehari-hari. Mineral Botanica Face Brightening Day Cream ini mempunyai range harga sekitar Rp 70.000.

Kiehl’s Ultra Facial Cream

Lazada

Produk dari Amerika ini juga menjadi salah satu rekomendasi pelembab untuk kulit sensitif. Minyak zaitun terkandung dalam Ultra Facial Cream ini yang berfungsi menjadikan kulit tetap lembab dan terhidrasi terutama untuk kulit sensitif. Produk ini juga dilengkapi dengan ekstrak minyak alpukat, akar ilalang, dan Glacial glycoprotein yang juga membuat kulit sensitif menjadi lembab. Pelembab ini cocok untuk kulit kering dan sensitif remaja maupun dewasa. Harga dari Kiehl’s Ultra Facial Cream ini berkisar 500 ribuan.

Erha 21 Acne Care Lab Acne Clarifying Gel

Review Female Daily

Salah satu produk dari Erha yang bisa didapatkan tanpa resep dokter adalah Acne Care Lab Acne Clarifying Gel. Produk ini mempunyai kandungan asam salisilat, nicotinamide, dan juga AHA yang memang difokuskan untuk menjadi solusi kulit yang berminyak dan cenderung berjerawat. Maka dari itu, produk dari Erha ini bisa menjadi pelembab untuk kulit sensitif dan berminyak dan juga berjerawat. Produk ini dapat maksimal meresap di kulit karena teksturnya berupa gel yang mudah diaplikasikan di wajah. Harga dari Acne Care Lab Acne Clarifying Gel ini berkisar 80 ribuan.

Bless Facial Moisturizer for Sensitive Skin

Tokopedia.com

Bless adalah salah satu produk yang mempunyai varian pelembab untuk kulit sensitif. Sama seperti Cetaphil, produk ini tidak memiliki fragrance atau pewangi sehingga cocok untuk kulit sensitif karena tidak mengakibatkan iritasi. Kaya akan allantoin dan juga Natural Moisturizing Factor,  Bless Facial Moisturizer for Sensitive Skin mampu memberikan kelembaban ekstra serta menguncinya dengan membentuk lapisan di luar kulit. Sehingga, evaporasi tidak menyebabkan kulit menjadi dehidrasi. Produk ini dibandrol dengan harga 80 ribuan.

Baca Juga: 10 Manfaat Saffron Untuk Wajah Merona dan Bebas Jerawat

OXY Acne Control Moisturizer SPF15 PA+

Review Female Daily

Sama seperti Erha, OXY Acne Control Moisturizer SPF15 PA+ ini menjadi difokuskan untuk menjadi pelembab untuk kulit sensitif dan berjerawat.Produk ini dilengkapi dengan kandungan ekstrak tanaman yaitu ekstrak bunga Chamomile, Witch Hazel, dan juga lidah buaya sehingga mampu melembabkan kulit dan tidak menjadikan kulit menjadi iritasi.  Selain ekstrak tanaman, produk ini juga mengandung Salicylic acid didalamnya. Itu membuat produk ini aman dan nyaman untuk dipakai sehari hari baik didalam maupun diluar ruangan. Namun, Sedulur tetap harus menggunakan tambahan sunscreen, ya! Harga dari produk ini adalah sekitar 80 ribuan.

Dermalogica Calm Water Gel

ReviewSoco

Produk pelembab selanjutnya adalah Dermalogica Calm Water Gel. Sesuai namanya, produk ini mengandung komposisi air dan juga tidak mengandung paraben, pewarna sintetis, pewangi, gluten, serta sudah cruelty-free. Sehingga, pelembab ini aman digunakan untuk kulit sensitif.

Dermalogica Calm Water Gel juga Mengandung beberapa ekstrak tanaman seperti lidah buaya dan buah apel, dan juga konsentrasi glycerine yang cukup tinggi sehingga  dapat membantu mengatasi tekstur wajah, kemerahan, serta warna kulit yang tidak merata. Harga yang ditawarkan berkisar 150 ribuan untuk satu produk.

Avene Skin Recovery Cream

Tokohealthindo

Sesuai namanya, produk ini bertekstur krim dengan kandungan utama ATSW (Avene Thermal Spring Water) yang mana sudah digunakan sejak tahun 1990 sebagai terapi untuk kesehatan kulit serta penyembuhan beberapa penyakit kulit seperti eczema dan psoriasis.Seperti Cetaphil, pelembab ini diklaim aman untuk kulit sensitif karena tidak mengandung alkohol, paraben, sulfat, dan sudah cruelty free. Produk ini dibandrol dengan harga 350 ribuan per botolnya.

Aveeno Ultra Calming Daily Moisturizer SPF 15

Ubuy.co.id

Rekomendasi selanjutnya adalah produk dari merek skincare Aveeno. Pelembab ini tidak mengandung Sulfat dan Alkohol dan sudah dilengkapi dengan UV filter SPF 15, sehingga aman untuk kulit kering dan sensitif. Aveeno Ultra Calming Daily Moisturizer SPF 15 terbukti secara klinis tidak menyebabkan komedo sehingga aman juga dipakai sebagai pelembab untuk kulit yang cenderung berjerawat dan kombinasi. Harga dari Aveeno ini cukup mahal, yaitu sekitar 400 ribuan. Namun dengan banyaknya klaim dan bukti klinisnya, pastinya worth to buy, ya.

Clinique Moisture Surge 72-hour Auto Replenishing Hydrator

Tokopedia.com

Krim wajah dari merek Clinique ini menjadi krim sekaligus pelembab yang aman untuk kulit sensitif. Itu karena mengandung Humektan yang bersifat dapat menarik air sehingga menghindarkan dari dehidrasi pada kulit dan juga caffeine yang bisa membantu tubuh memperbaiki sistem dehidrasi dalam tubuh,dan juga ada kandungan yang sama dengan humektan. Selain itu, kandungan lain yang dimiliki adalah centella asiatica yang bisa melembabkan wajah selama 72 jam Harga yang dibandrol dari merek ini cukup menguras kantong remaja ya, Sedulur, yaitu sekitar 650 ribuan. Namun, pastinya harga yang tertera sebanding dengan hasil yang akan diterima ya.

Raiku Brightening Cream

Bukalapak.com

Sedulur bisa mencoba salah satu varian dari Raiku yaitu Brightening Cream jika ingin melembabkan, mencerahkan wajah, serta aman untuk kulit sensitif. Pelembab yang bisa digunakan untuk pagi dan malam hari ini mempunyai kandungan utama berupa, safflower rice extract, serta niacinamide. Raiku Brightening Cream ini diklaim mampu mencerahkan, meregenerasi sel kulit mati, meratakan warna kulit, dan juga melembutkan wajah. Serta, pelembab ini tentu saja tidak mempunyai kandungan paraben serta non-comedogenic. Harga yang ditawarkan adalah sekitar 100 ribu.

Wardah Acnederm Moisturizer

Facetofeet.com

Rekomendasi selanjutnya datang dari produk lokal murah meriah yaitu Wardah. Produk yang banyak diminati masyarakat ini mengandung Derma Treat Actives dan juga 7 plant extracts untuk mengurangi iritasi pada kulit berjerawat. Jadi, kulit pun terasa jauh lebih halus dan juga kemerahan di wajah berkurang. Produk berwarna biru putih ini diformulasikan untuk kulit berminyak dan berjerawat, serta kulit sensitif pun juga aman. Harga yang dibandrol sekitar 30 ribuan.

Inez Moisturizing Lotion for Oily Skin

Inez.com

Sama seperti wardah, inez merupakan produk skincare lokal dengan harga pas di kantong terutama remaja dan pelajar. Inez mengeluarkan produk untuk kulit berminyak sekaligus untuk melembabkan wajah dengan nama Inez Moisturizing Lotion for Oily Skin. Pelembap ini kaya akan fruity acid yang berasal dari ekstrak tamarin dan aman untuk kulit sensitif, sekaligus mampu membuat kulit wajah tetap lembab dan tidak membuat kulit lengket. Produk ini dikisakrkan dengan harga cukup terjangkau, yaitu sekitar 40 ribuan.

Clean & Clear Essential Moisturizer

Kecebeauty

Pelembab untuk kulit sensitif selanjutnya datang dari merek Clean and Clear. Dengan harga yang cukup terjangkau, pelembab ini tidak mengandung 26 macam alergen berdasarkan EU’S Scientific Committee serta tidak mengandung alkohol dan paraben seperti sebelumnya. Untuk jenis kulit sensitif dan acne prone atau berjerawat, pelembab ini boleh sekai untuk dicoba karena selain fungsinya banyak, harga juga relatif murah yaitu 13 ribu saja. Kandungan Allantoin didalamnya juga turut membantu kulit untuk tetap menenangkan kulit.

Itulah 15 rekomendasi pelembab wajah untuk kulit sensitif, bruntusan, berminyak, berjerawat, bahkan untuk kulit kering yang bisa kalian coba ya, Sedulur. Harganya juga bervariatif, jadi sesuaikan dengan kantong kalian. Jangan lupa membaca keterangan produk ketika hendak membeli karena penting agar kulit kita tidak iritasi. Semoga bermanfaat!