pap adalah

PAP adalah salah satu istilah gaul yang sering digunakan oleh kalangan muda. Biasanya mereka akan berkata, “pap dong”. Jika Sedulur tidak tahu artinya, bisa jadi malah salah bertindak.

Bila hal itu ditanyakan oleh calon pacar atau pacarmu sendiri, tak jarang di antaranya akan merasa malu untuk bertanya sebenarnya PAP artinya apa sih?Di balik permintaan  itu, ada banyak hal yang harus Sedulur ketahui sebelum pada akhirnya menuruti permintaan tersebut.

PAP adalah sesuatu yang terhitung personal sehingga tidak banyak yang bisa melakukannya. Hal ini juga berlaku untuk Sedulur sendiri.

Dengan demikian, pembahasan tentang PAP singkatan dari apa dan tujuan. Sampai hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat PAP juga diulas tuntas.

-->

BACA JUGA: Apa itu Zodiak? Pengertian, Fungsi, Sejarah, Sifat & Karakternya

Arti PAP

pap singkatan dari
Deposit Photos

PAP adalah singkatan dari Post a Picture yaitu aktivitas mengirim foto kepada lawan bicara. Ini adalah salah satu kebiasaan yang memudahkan komunikasi melalui media. Dengan mengirimkan foto, sama seperti live report sedang ada di mana, dengan siapa, atau untuk berbagi kegiatan apa yang saat itu sedang dilakukan.

Penggunaan istilah PAP adalah untuk mempersingkat pembicaraan. Seperti yang Sedulur ketahui, kini banyak singkatan baru bermunculan untuk membuat percakapan menjadi lebih singkat. Sebagai gantinya, kita dituntut untuk terus mengikuti perkembangan kebiasaan itu agar komunikasi tetap nyambung dan tidak terkesan ketinggalan zaman.

Awal mula munculnya PAP

Awal mula kemunculan
Fimela

Lalu, sejak kapan istilah ini muncul? Awalnya, PAP adalah aktivitas yang biasanya digunakan untuk mempermudah proses transaksi online shop. Banyak pelanggan yang meminta foto barang yang dijual secara langsung dengan cara difoto. Sederhananya, PAP ini dilakukan untuk menghindari penipuan dengan menunjukkan foto aslinya secara langsung.

Foto yang saat itu dikirim bisa dijadikan jaminan bahwa apa yang dikatakan penjual untuk mempromosikan barangnya adalah benar. Namun seiring berjalannya waktu, PAP ini bukannya familiar dengan transaksi online, namun menjadi aktivitas yang dikenal sering dilakukan oleh para pasangan muda.

Hal itu tentu dipengaruhi oleh kemajuan zaman, dimana banyak toko online yang langsung memberikan testimoni atau review di toko onlinenya. Sedangkan untuk pasangan, mereka masih meminta ini bisa jadi karena rindu atau ada rasa penasaran apa yang sedang dilakukan oleh pasangannya.

Tujuan PAP

post a picture artinya
Deposit Photos

PAP merupakan sebuah tindakan yang berkaitan dengan penggunaan media sosial dan banyaknya orang yang menggunakan smartphone yang telah dilengkapi dengan kamera. Maka dari itu, PAP sendiri merupakan kegiatan yang memiliki tujuan. Berikut ini adalah beberapa tujuan-tujuan dari PAP itu sendiri:

1. Mengetahui keaslian sesuatu

Pertama, tujuan PAP adalah untuk mengetahui keaslian profil seseorang. Ini berkenaan dengan awal mula istilahnya muncul, maka tak heran apabila tujuan yang pertama adalah untuk memastikan bahwa sesuatu yang diperlihatkan pada publik merupakan miliknya pribadi.

2. Mengetahui aktivitas seseorang

Tujuan kedua PAP adalah mengetahui keberadaan orang saat itu juga atau secara langsung. Biasanya hal ini dilakukan oleh keluarga, pasangan, atau teman untuk memastikan kebenaran atas yang ia katakan.

3. Melihat gambar produk

Tujuan ini sering dimaksudkan ketika ada orang yang menggunakan jastip atau jasa titip. Biasanya mereka yang bepergian ke luar kota atau luar negeri akan mengambil foto barang yang akan dijual lagi, kemudian para pembeli yang menitip akan memilih hasil foto secara langsung.

Cara penggunaan PAP

contoh pap
Her Way

PAP adalah istilah yang digunakan oleh seseorang ketika hendak mengirimkan foto. Sedulur tentu ingin mengetahui bagaimana cara menggunakan PAP atau contoh PAP.

Karena post a picture artinya akan lengkap ketika Sedulur mengetahui cara penggunaannya. Umumnya, PAP digunakan ketika akan membuktikan sesuatu. Misalnya, ketika memberi tahu teman bahwa kemungkinan akan datang terlambat karena jalanan sedang macet. Kemudian kamu mengirimkan foto jalanan yang sedang padat kendaraan sebagai bukti untuk memperkuat pernyataan sebelumnya.

Dengan begitu, teman Sedulur akan percaya dan memaklumi keterlambatan Sedulur. Sehingga dapat dipahami, bahwa kata PAP tidak selalu Sedulur harus mengirimkan kegiatan atau foto selfie ketika melakukan kegiatan. Tetapi juga bisa berupa foto lain yang menunjukkan bukti keberadaan Sedulur pada lawan bicara.

Hal yang harus diperhatikan saat PAP

Hal yang harus diperhatikan
Wedding Wire

Memang benar PAP adalah kebiasaan yang memiliki banyak manfaat. Di samping manfaatnya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar tidak berujung pada penyalahgunaan informasi.

  1. Pastikan penerima foto adalah orang yang berkepentingan.
  2. Tidak mengirimkan foto yang memperlihatkan badan secara terbuka untuk menghindari kerugian di masa yang akan datang.
  3. Tidak mengirimkan foto yang memuat informasi pribadi seperti KTP, Kartu Keluarga, Boarding Pass, dan berkas lain yang sebenarnya memang tidak perlu dibagikan pada orang lain.
  4. Tidak membagikan foto uang. Ini karena dikhawatirkan menimbulkan kejahatan yang tentunya tidak diharapkan.

BACA JUGA: Apa itu Backrooms? Istilah yang Belakangan Viral di Medsos

Istilah gaul lain seperti PAP

Istilah gaul lain
Her Way

PAP adalah kata gaul artinya meminta orang untuk mengirimkan foto. Lalu, ternyata masih banyak istilah lain yang serupa. Sedulur bisa coba ketahui pada daftar ini agar kapan-kapan bisa menggunakannya.

  • ASAP: As Soon As Possible, digunakan untuk menganjurkan kepada orang lain untuk melakukan sesuatu sesegera mungkin.
  • AKA: singkatan dari As Known As, artinya dikenal juga atau alias.
  • Anw: singkatan dari Anyway, artinya ngomong-ngomong.
  • AFAIK: singkatan dari As Far As I Know, artinya sepengetahuanku atau sejauh yang aku tahu.
  • b/c: singkatan dari because, artinya karena.
  • BRB: Be Right Back. Umumnya digunakan untuk menginformasikan ketika kita ingin meninggalkan percakapan untuk sementara waktu.
  • BTW: Merupakan singkatan gaul yang sudah sering digunakan. BTW merupakan kepanjangan By The Way. Istilah gaul BTW sama juga artinya dengan istilah ‘ngomong-ngomong’. Selain digunakan dalam percakapan online, BTW jug sering digunakan dalam percakapan langsung.
  • CMIIW: Correct Me If I’m Wrong, artinya ‘koreksi jika saya salah’.
  • COD: Cash On Delivery, artinya adalah ‘bayar di tempat’.
  • DM: Direct Message, atau pesan yang dikirim langsung melalui fitur pesan di aplikasi instagram.
  • DIY: Do It Yourself, artinya lakukan sendiri atau sesuai keinginanmu.
  • FY: For Your Information. Digunakan untuk memberitahu tambahan informasi.
  • IDK: I Don’t Know, artinya aku tidak tahu.
  • IMO: In My Opinion, artinya menurutku.
  • IYKWIM: If You What I Mean, artinya kalau kamu tahu maksudku.
  • J/K: Just Kidding, artinya hanya bercanda.
  • KEPO: Knowing Every Particular Object, ditujukan untuk orang yang serba ingin tahu.
  • OOT: Out of Topic, atau membahas sesuatu di luar topik
  • OOTD: Outfit of The Day. Kata ini biasa digunakan dalam caption media sosial untuk unggahan foto satu badan penuh memperlihatkan mix and match pakaian yang digunakan hari ini.
  • TGIF: Thanks God it’s Friday, artinya semangat menuju akhir pekan.
  • TFL: Thanks For Like. Ungkapan ini menunjukkan rasa terima kasih karena sudah diberikan sebuah ‘Like’ dalam postingan atau konten media sosialnya.
  • VC: VC adalah singkatan dari Video Call.
  • XOXO: Hugs and Kisses, artinya peluk dan cium.
  • WDYM: What Do You Mean, artinya apa maksudmu?
  • 4EAE: singkatan dari Forever and Ever, artinya selama-lamanya.

Sudahkan Sedulur menggunakan istilah PAP dan kata gaul lainnya? Sekarang jadi tahu kan bahwa PAP adalah aktivitas mengirimkan foto dengan tujuan-tujuan yang sudah di bahas di atas.

Meskipun aktivitas ini sangat memudahkan ketika melaporkan sesuatu, tetap waspada selama mengirimkan foto ya, Sedulur. Kita ‘kan tidak tahu apakah ada orang yang berniat buruk dengan menggunakan informasi yang sudah kita berikan. Maka dari itu, tetaplah bijak, teliti, dan berhati-hati setiap kali akan mengirimkan konten kepada orang lain.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.