pantai yogyakarta

Yogyakarta adalah satu satu tempat wisata favorit di Pulau Jawa. Tak hanya terkenal dengan kekayaan wisata budayanya, pantai Yogyakarta juga terkenal dengan keindahannya yang istimewa. Tak heran jika wisatawan dari berbagai daerah tak pernah lelah untuk datang ke Kota Pelajar tersebut.

Bila Sedulur salah satu yang ingin pergi ke Yogyakarta untuk berlibur dan menikmati keindahan alamnya. Ada beberapa rekomendasi pantai Yogyakarta yang wajib masuk ke dalam daftar kunjunganmu. Kira-kira pantai mana saja? Simak berikut ini ya!

BACA JUGA: 13 Pantai di Gresik Paling Hits dan Favorit Wisatawan!

1. Pantai Indrayanti

pantai yogyakarta

Ini adalah pantai Yogyakarta pertama yang wajib Sedulur kunjungi. Pantai ini menawarkan akses jalan yang mudah untuk dijangkau sehingga para wisatawan tidak kesulitan untuk mencapai lokasi pantai ini. Pantai Indrayanti menjadi destinasi yang cocok untuk semua kalangan usia karena cukup landai dengan garis pantai yang panjang dan memiliki pasir pantai berwarna putih.

2. Pantai Jogan

Pantai Jogan menjadi salah satu pantai Yogyakarta paling eksotis. Bagaimana tidak, Sedulur bisa menikmati indahnya air terjun yang langsung jatuh ke Samudera Hindia. Pemandangan sunset pantai ini juga sangat indah sehingga bisa menjadi opsi Sedulur untuk menghabiskan waktu di sore hari.

3. Pantai Kesirat

Pantai Kesirat tidak kalah memukau dibandingkan wisata pantai di Yogyakarta lainnya. Pengunjung hanya perlu membayar biaya retribusi sebesar lima ribu Rupiah untuk bisa masuk ke pantai yang berada di area Desa Girikarto, Kecamatan Panggang ini.

4. Pantai Krakal

Pantai Krakal terletak di Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari. Pantai yang satu ini memiliki ciri khas berupa pemandangan pantai yang melengkung dan memiliki garis pantai yang panjang. Selain itu, pantai ini juga memiliki batu karang yang tidak terlalu tinggi.

5. Pantai Baron

Pantai Baron menawarkan pesona dua bukit besar di sekelilingnya. Ombak yang menyentuh bibir pantai sudah terpecah. Sehingga relatif aman untuk bermain air di tepi pantai. Pengunjung juga akan menemukan muara sungai pertemuan air tawar dengan air laut.

6. Pantai Parangtritis

pantai yogyakarta

Pantai Parangtritis bisa dibilang menjadi pantai yang sangat populer di kalangan wisatawan domestik. Kepopulerannya ini bahkan sampai membuat para wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta rela untuk sekadar datang ke Pantai Parangtritis.

7. Pantai Depok

antai Depok bisa menjadi destinasi wisata kamu selanjutnya. Pantai yang terbilang dekat dari Pantai Parangtritis dan Pantai Parangkusumo ini terkenal sebagai salah satu pantai terbaik untuk makan seafood. Kuliner seafood di pantai ini juga terbilang lebih terjangkau dan segar karena ada banyak tempat perlelangan ikan di dekat Pantai Depok.

8. Pantai Goa Cemara

Pantai Goa Cemara memiliki area hutan cemara sekitar pantai. Jadi, suasananya lebih rindang. Tak hanya hutan cemara, wisatawan juga bisa menaiki mercusuar setinggi 40 meter yang berada tidak jauh dari Pantai Goa Cemara. Dari atas mercusuar, tersaji pemandangan pantai-pantai di sekitar Goa Cemara, hamparan hutan cemara, dan lautan biru yang indah.

9. Pantai Glagah

Pantai Glagah merupakan salah satu pantai paling masyhur di Kabupaten Kulon Progo. Pantai ini menyuguhkan dua pemandangan yang berbeda yakni laguna di satu sisi dan pemecah ombak di sisi lainnya. Pantai Glagah Kulon Progo, salah satu pantai terkenal di Yogyakarta.

10. Pantai Krokoh

Pantai Krokoh juga wajib masuk daftar wisata pantai terbaik di Yogyakarta. Pantai yang bersebelahan dengan Kabupaten Wonogiri ini terbilang masih alami. Sangat cocok untuk penyuka suasana tenang dan menyendiri dari kerumunan.

BACA JUGA: 12+ Rekomendasi Pantai di Sidoarjo yang Eksotis dan Indah!

11. Pantai Sadranan

pantai yogyakarta

Pantai Sadranan terletak di Desa Ngatisrejo, Kecamatan Tanjungsari. Ciri khas pantai ini adalah memiliki pasir berwarna putih yang menyelimuti sepanjang garis pantai. Di pinggir pantai juga sudah disediakan gazebo buatan yang dapat menjadi tempat berteduh atau bersantai para wisatawan.

12. Pantai Parangkusumo

Pantai yang satu ini letaknya tidak jauh dari Pantai Parangtritis. Dengan hamparan pasir berwarna hitam yang unik dan garis pantai yang luas, tidak heran bila pantai ini menjadi salah satu destinasi wisata pantai Yogyakarta yang digemari. Selain itu, Pantai Parangkusumo juga dikelilingi gumuk pasir yang hanya ada tiga di Asia Tenggara.

13. Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal bisa menjadi alternatif wisata pantai Yogyakarta yang hits. Pantai ini memiliki keunikan satu pohon yang berada di bibir pantai. Berada di Kecamatan Tepus, Sedulur bisa mengakses pantai ini dengan mudah.

14. Pantai Pandansari

Ingin merasakan pengalaman menjadi pengatur lalu lintas di lautan? Pantai Pandansari cocok Sedulur kunjungi. Pantai yang terletak di Desa Gadingsari, Kecamatan Sanden ini mempunyai mercusuar bernama Kalajivamasti. Untuk dapat mencapai bagian puncaknya, pengunjung diharuskan menaiki anak tangga satu persatu.

15. Pantai Nguluran

Pantai Nguluran spesial karena menawarkan beberapa wahana kepada wisatawan, salah satunya adalah teras kaca. Pantai Nguluran spesial karena menawarkan beberapa wahana kepada wisatawan, salah satunya adalah teras kaca. Sensasi berwisata di pantai Yogyakarta ini dijamin akan membuatmu tidak bisa lupa Sedulur.

16. Pantai Ngrenehan

pantai yogyakarta

Pantai Ngrenehan adalah salah satu pantai di Bantul, tepatnya di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari. Laut di pantai ini menjadi jujukan nelayan mencari ikan. Bukan hal mengejutkan apabila Pantai Ngrenehan juga disebut sebagai surga olahan ikan.

17. Pantai Nglambor

Pantai Nglambor adalah destinasi wisata pantai yang belakangan ini cukup populer di kalangan penggemar traveling. Salah satu daya tarik utama dari pantai ini adalah memungkinkan para pengunjungnya untuk snorkeling menikmati keindahan ikan-ikan laut dan bebatuan karang.

18. Pantai Ngobaran

Pantai Ngobaran adalah destinasi wisata pantai yang identik dengan panorama batu karang. Keindahan pantai ini semakin memikat dengan adanya bangunan candi yang eksotis. Bagi para pecinta fotografi, tempat ini menawarkan beberapa spot foto terbaik untuk diabadikan dalam bidikan kamera.

19. Pantai Kukup

Berlokasi di Dusun Ngepung, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Pantai Kukup menjadi objek wisata populer di Yogyakarta. Beberapa tebing karang semakin menambah keelokan pantai ini. Sangat layak dijadikan destinasi menghabiskan libur sekolah bersama keluarga.

20. Pantai Drini

Berjajar pulau-pulau kecil di tengah samudera, wisata Pantai Drini sangat menarik dikunjungi. Pantai ini masuk wilayah administrasi Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul.

BACA JUGA: 24 Pantai Terindah di Dunia yang Wajib Kamu Datangi!

21. Pantai Siung

pantai yogyakarta

Pantai Siung terletak di Desa Purwodadi, Tepus. Destinasi wisata yang satu ini termasuk pantai yang masih belum banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Pantai Siung memiliki ciri khas berupa pasir pantainya yang putih dan lembut. Selain itu, daya tarik lainnya adalah pemandangan batu karang khas Gunung Kidul.

22. Pantai Sundak

Pantai Sundak terletak di Desa Sidoharjo, Tepus sehingga tidak jauh dari Pantai Indrayanti. Pantai ini menjadi destinasi yang tepat bagi Sedulur yang kurang menyukai keramaian. Jika dibandingkan dengan pantai-pantai lainnya, pantai ini masih tergolong sepi. Suasana yang tidak terlalu ramai tentu memberikan kenyamanan tersendiri.

23. Pantai Timang

Pantai Timang terletak di Desa Purwodadi, Kec. Tepus. Saat berkunjung ke pantai ini, Sedulur akan disuguhi oleh pemandangan batu karang yang indah dan gondola tua yang menghubungkan pantai ini dengan sebuah pulau kecil.

24. Pantai Watu Kodok

Apabila Sedulur sedang berada di Jalan Kelor Kidul, Desa Kemadang, Kecamatan. Tanjungsari, Kab. Gunungkidul, jangan ragu untuk mampir ke Pantai Watu Kodok. Sesuai dengan namanya, pantai ini dikenal karena ikon batu yang menyerupai bentuk hewan amfibi itu.

25. Pantai Slili

Pantai Slili berada di Desa Sidoharjo, Tepus. Pantai yang satu ini termasuk destinasi wisata di Gunung Kidul yang belum banyak dikunjungi oleh wisatawan.Jika dibandingkan dengan destinasi wisata pantai lainnya, garis pantai yang dimiliki oleh Pantai Slili cukup pendek. Pantai yang bersebelahan dengan Pantai Sadranan ini cocok untuk menikmati pemandangan sunrise maupun sunset.

26. Pantai Wediombo

pantai yogyakarta

Pantai Wedi Ombo adalah sebuah objek wisata pantai yang terkenal dengan panorama sunsetnya yang indah. Oleh sebab itu waktu terbaik untuk berkunjung ke pantai ini adalah menjelang sore hari atau sebelum matahari terbenam.

27. Pantai Widodaren

Keberadaan Pantai Widodaren belum banyak yang tahu. Jika dibandingkan dengan Pantai Ngrawah yang terletak di sebelahnya, area Pantai Widodaren lebih sempit. Pasirnya putih dan di atas pasirnya bisa digunakan untuk bermain air. Karena area pantainya yang sempit, saat air laut sedang pasang, pantai ini akan hilang.

28. Pantai Ngetun

Pantai Ngetun adalah pantai Yogyakarta yang terletak di Desa Purwodadi, Tepus. Keunikan pantai ini adalah pada lokasinya yang strategis, diapit oleh 2 bukit yang tinggi membuat pantai ini seperti surga tersembunyi.

Demikian tadi rekomendasi pantai Yogyakarta yang wajib Sedulur kunjungi. Tak hanya memiliki pemandangan pasir pantai yang indah dan bersih, Sedulur juga bisa mencicipi banyak ragam kuliner laut yang tersaji di pantai-pantai tersebut. Jadi selamat berlibur dan menikmati pantai Yogyakarta.