cara buat nft

Cara buat NFT sedang dicari banyak orang beberapa waktu terakhir. Hal ini tak lepas kisah pria bernama Ghozali Everyday yang berhasil menjadi miliarder karena menjual foto selfinya selama setahun lewat NFT.

Istilah NFT sendiri merujuk pada aset digital di jaringan blockchain yang memiliki kode identifikasi dan metadata unik sehingga bisa memiliki nilai jual lebih. Mungkin bagi orang yang familiar dengan crypto currency atau mata uang kripto, NFT tidak terlalu asing di telinga.

Nah, bagi Sedulur yang penasaran ingin terjun dalam dunia NFT dan ingin membuatnya sendiri. Berikut ini tips cara buat NFT yang mudah dan berpotensi dapat untung!

BACA JUGA: Apa Itu Blockchain, Definisi & Cara Kerja Teknologi dibalik Bitcoin

Pengertian NFT

Cara jual nft
My Modern Met

Menurut buku NFT & Metaverse: Blockchain, Dunia Virtual, & Regulasi, NFT atau Non Fungible Token adalah aset digital di jaringan blockchain yang memiliki kode dan metadata unik satu sama lain.

NFT juga menjadi sarana investasi modern karena mata uang yang digunakan berupa digital. Dalam menjual NFT sendiri biasanya para user menggunakan blockchain etherium untuk melakukan transaksi.

Etherium juga menjadi mata uang utama para kreator dan kolektor NFT di berbagai macam marketplace dari NFT. Tidak heran nilai NFT sangat dipengaruhi mekanisme pasar yang terjadi dimana ada penawaran dan permintaan dari kreator serta kolektor.

Minat masyarakat dunia pada NFT sendiri terus meningkat semenjak mereka diluncurkan pada 2012 lalu. Total sudah ada jutaan orang yang terjung dalam dunia NFT sehingga pasar investasinya juga semakin besar.

Karakter NFT

Cara jual nft
TechButton

NFT sekarang ini sudah seperti dengan instrumen investasi lainnya. Mereka memiliki karakternya sendiri sehingga bisa dijual dengan harga yang relatif tinggi.

Dalam buku NFT & Metaverse: Blockchain, Dunia Virtual, & Regulasi, NFT atau Non Fungible Token, menjelaskan bahwa NFT memiliki 4 karakter utama.

Unik

Karakter pertama dari NFT adalah unik. Hal ini tak lepas dari kemampuan NFT yang bisa menciptaka aset digital yang memiliki nilai jual tinggi karena keunikannya. Belum lagi, keunikan NFT itu berbeda dengan token-token lain yang ada di marketplace.

Bisa dilacak

Teknologi jaringan blockchain juga membuat NFT sebagai investasi yang aman. Hal ini karena NFT menjadi bisa dilacak baik dari segi kepemilikan, sumber, sampai proses perpindahannya di dunia digital. Nilai transparan dari NFT ini juga yang membuatnya semakin dilirik banyak orang sebagai sebuah instrumen investasi.

Terautentifikasi

Karakter selanjutnya adalah terautentifikasi. Jadi bisa dibilang NFT tidak bisa dipalsukan atau direplikasi oleh orang lain. Karakter ini membuat NFT begitu diminati oleh para seniman dan kreator digital karena plagiasi bisa diantisipasi dengan cepat.

Mudah beradaptasi

NFT juga menjadi instrumen yang sangat mudah beradaptasi. Mereka bisa berbaur dengan ekosistem digital pada era metaverse sekarang ini. Apalagi NFT bisa diperjualbelikan di berbagai macam marketplace.

BACA JUGA: Crypto adalah? Ini Pengertian, Kelebihan & Kekurangannya

Platform jual NFT

Sebagai sebuah instrumen investasi dan bisa diperjualbelikan, maka NFT juga memiliki pasarnya sendiri. Pasar atau marketplace ini berada di dunia digital dan banyak dikembangkan oleh para ahli digital untuk memfasilitasi perkembangan krypto sekarang ini.

Dilansir dari situs Zipmex, setidaknya ada tiga marketplace besar NFT yang bisa dicoba. Apalagi aplikasi membuat NFT pun sudah sangat berkembang dan beragam. Berikut ini daftarnya:

OpenSea

Cara jual nft opensea
Gadgetren

Platform satu ini mungkin sudah cukup familiar bagi Sedulur semua. Hal ini tak lepas dari fenomena Ghozali Everyday yang berhasil sukses menjual ratusan foto selfienya di OpenSea dengan nilai yang mencapai lebih dari Rp 2 miliar.

Platform ini juga menjadi NFT marketplace peer to peer pertama dan terbesar di dunia. Sedulur bisa menemukan banyak jenis NFT dari game, musik, sampai karya seni digital.

OpenSea tergolong marketplace yang cukup berkembang dan memiliki ratusan ribu user karena sudah menggunakan token ERC-1155 dan ERC-721.

Selain itu, lewat Opensea banyak pengguna juga diberikan dalam kemudahan mining item. Keberadaan alat ini bisa membantu para pembuat konten dan kolektor untuk mengembangkan item yang mereka jual.

Keunggulan lain dari Opensea juga dari segi harganya yang murah. Bila dibeberapa marketplace lain perlu mengeluarkan biaya, Opensea memberikan kemudahan cara membuat NFT gratis. Tentu buat Sedulur yang baru belajar dan belum memiliki banyak modal, Opensea bisa jadi tempat yang cocok dan pas.

Nifty Gateway

Nifty Gteway
The Crypyto Times

Marketplace NFT selanjutnya adalah Nifty Gateway. Ini menjadi pasar NFT kelas atas dan paling terpercaya dalam melakuak jual beli kripto saat ini.

Nifty Gateway juga banyak memiliki user yang berstatus sebagai kolektor papan atas yang berasal dari kalangan miliarder. Untuk masuk ke dalam marketplace ini, biasanya setiap mengunggah satu item NFT perlu mengeluarkan nilai etherium yang cukup mahal.

Namun, bila Sedulur memang sudah berniat untuk terjun dan serius dalam dunia kripto maka platform ini harus masuk dalam daftarmu. Hal ini tak lepas dari Nifty Gateway yang sering berkolaborasi dengan pembat konten, brand ternama, atlet sampai artis papan atas.

Salah satu item yang banyak dijual di Nifty Gateway adalah konten art yang memiliki nilai seni tinggi dan keunikan yang tidak biasa. Cara buat NFT di Nifty Gateway tapi cukup mudah dan simpel.

Larva Labs

CryptoPunks
Medium

Satu platform NFT yang populer saat ini adalah Larva Labs. Platform ini sedang banyak diminati para pemburu etherium karena memiliki konten NFT yang unik. Salah satu yang terkenal adalah CryptoPunks.

CryptoPunk sendiri adalah rangkaian 10 ribu karakter yang dibuat secara acak dengan menggunakan seni piksel. Awalnya NFT CryptoPunks dijual secara gratis tetapi sekarang sudah menjadi karya yang sangat eksklusif.

Bayangkan saja, satu konten dari CryptoPunks kini hanya bisa dibeli dari tangan kolektor dengan nilai paling murah adalah 94,99 ETH atau senilai Rp 4 miliar. Marketplace satu ini juga bekerja sama dengan MetaMask sebagai dompet digitalnya.

Cara buat NFT di OpenSea

Cara buat nft
Pexels

Bagi Sedulur yang ingin mencoba memainkan NFT dan terjun lebih dalam, maka satu platform yang tepat untuk mencobanya adalah Opensea. Hal ini dikarenakan Opensea masih bisa mengunggah akun secara gratis dan cara buat NFT di hp yang mudah.

Berikut ini cara daftar Opensea NFT:

  • Buka situs resmi Opensea di opensea.io lewat browser PC maupaun handphone.
  • Klik daftar akun Opensea. Biasanya akan muncul ikon dompet lalu pilih “connect wallet”.
  • Pilih dompet digital yang mau Sedulur gunakan. Salah satu yang direkomendasikan adalah MetaMask karena bisa digunakan dengan berbagai macam marketplace lain.
  • Akan muncul instalasi extension dari MetaMask di browser. Klik ikon puzzle yang ada di samping kolom pencarian dan kamu sudah bisa menghubungkan dengan dompet digital secara otomatis.
  • Setelah itu, pilih menu “account” dan lanjut masuk ke “profile” untuk mengisi identitas diri dalam Opensea.
  • Masukkan data seperti username, emai, dan data lainnya yang dibutuhkan. Jangan lupa untuk menyimpan data tersebut dengan klik tombol “save”.
  • Pihak Opensea akan mengirimkan pesan konfirmasi ke email yang kamu daftarkan. Untuk itu, kamu perlu mengecek emailmu dan melakukan konfirmasi.
  • Bila semua verifikasi sudah dilakukan, secara otomatis akun Opensea akan aktif dan bisa digunakan untuk jual beli NFT.

Setelah membuat akun Opensea, kamu perlu melakukan pembuatan konten NFT di dalam platform tersebut. Ada beberap langkah yang perlu diperhatikan agar item yang hendak kamu jadikan NFT bisa berhasil masuk ke Opensea. Berikut ini tipsnya:

  • Buka halaman awal Opensea dan klik ikon “create”. Bila sudah masukkan file yang akan dijadikan sebagai NFT seperti gambar, foto, video, atau lagu.
  • Masukkan nama untuk jenis NFT-mu. Di sini kamu juga bisa melakukan pengaturan untuk membuat NFT-mu bisa terlacak dan memberikan beberapa syarat bila dibeli oleh para kolektor.
  • Setelah itu, kamu juga perlu memastikan NFT bisa digunakan dalam jaringan blockchain seperti apa. Hal ini akan berpengaruh pada jaringan kolektor yang akan berminat untuk membeli karyamu.
  • Jika sudah mengisi semua pengaturan dan ketentuan dari item NFT, klik tombol “create” yang ada dibagian bawah. BIla berhasil, NFT milikmu sudah bisa diperjualbelikan.

Langkah-langkah mendaftar dan mengunggah NFT di atas juga berlaku untuk cara buat NFT art. Hal ini karena kategori penjualan di Opensea sangat luas dan tidak terbatas oleh apapun.

BACA JUGA: Apa Itu Bitcoin dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Cara jual NFT

Komputer
Pexels

Ketika ingin tahu cara main NFT, maka kamu juga harus memperhatikan cara menjual NFT yang benar. Hal ini karena menjual NFT tidak sesimpel proses jual beli dalam dunia nyata. Kamu perlu memperhatikan penawaran dari permintaan para kolektor yang ada di marketplace.

Ada beberapa tips yang perlu diperhatikan saat sudah mengetahui cara buat gambar NFT, berikut ini:

  • Jual dengan harga yang kompetitif. Harga dalam NFT tidak bisa kita jual sesuka hati, apalagi kita baru memulai terjun di NFT. Mulailah dengan membuat harga yang wajar dan kompetitif dengan melakukan riset jenis NFT yang sama denganmu.
  • Atur batas waktu lelang. Dalam marketplace, NFT dijual secara lelang dan akhirnya dimiliki oleh para kolektor. Pastikan kamu memberikan batas waktu lelang sehingga para pembeli menjadi lebih ingin membeli NFT milikmu.
  • Lelang tanpa batas waktu. Bila kamu tidak ingin membuat aset NFT terlalu eksklusif dan bisa mendapatkan pasar terlebih dahulu, maka kamu bisa melakuka lelang tanpa batas waktu.

Demikian beberapa tips cara buat NFT di hp. Popularitas kripto memang berpengaruh besar dalam perkembangan NFT Indonesia. Kalau kamu tertarik, maka platform Opensea bisa jadi tempat untuk mencobanya. Jadi berminat membuat NFT Sedulur?

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.