oleh oleh khas jombang

Makanan khas merupakan sebuah keragaman kuliner yang pasti dimiliki setiap daerah di Indonesia. Tak sedikit makanan khas yang juga dijadikan salah satu piliha untuk cinderamata atau buah tangan para wisatawan. Begitu juga ketika Sedulur datang ke Jombang, ada banyak oleh-oleh khas Jombang yang bisa jadi hidangan lezat di rumah.

Terdapat beberapa oleh-oleh khas Jombang yang sangat terkenal dan wajib Sedulur beli ketika berada di sana. Agar kamu tidak bingung dan memiliki referensi, dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas bersama rekomendasi oleh oleh khas Jombang yang dimaksud. Kira-kira ada apa saja? Mari langsung simak berikut ini.

BACA JUGA: 18 Oleh-Oleh Khas Jawa Timur Paling Enak & Terkenal, Wajib Dibeli!

1. Onde-onde kacang merah

Cookpad

Rekomendasi oleh oleh khas Jombang yang pertama adalah onde-onde kacang merah. Onde-onde khas Jombang ini unik, karena tidak menggunakan kacang hijau sebagai isian tetapi menggunakan adonan kacang merah lembut.

Karena isiannya beda, maka rasa onde-onde ini juga unik bila dibandingkan dengan onde-onde biasa. Sedulur bisa menemukan cukup banyak penjual onde-onde kacang merah di Jombang. Harganya juga sangat murah meriah karena hanya dibanderol mulai dari Rp8.000 hingga Rp18.000 per kotak, tergantung ukuran kemasan.

2. Bolu plemben

Selanjutnya adalah bolu plemben sebagai oleh oleh khas Jombang. Kue bolu ini biasa dijadikan sebagai menu sarapan, bersama susu atau kopi. Oleh-oleh Jombang yang satu ini terdapat 2 jenis, yaitu yang basah dan yang kering.

Bolu Plemben basah biasanya hanya tahan selama beberapa hari, sedangkan yang kering bisa hingga 1 bulan. Bolu Plemben basah biasanya dijual dengan harga sekitar Rp3.200 per bungkus. Sementara yang kering dijual sekitar Rp4.000 per bungkus.

3. Tahu pong

Fimela

Oleh oleh khas Jombang selanjutnya adalah tahu pong. Tahu pong bisa jadi rekomendasi bagi Sedulur yang ingin camilan gurih dan nikmat. Tahu Pong terkenal yaitu Tahu Pong Gloria yang bisa Sedulur temui di sekitar pasar tradisional Jombang.

Untuk sekotak besar tahu pong, biasanya Sedulur cukup membelinya dengan harga Rp40.000 aja. Tahu Pong Gloria bisa jadi rekomendasi bagi Sedulur yang ingin membawa oleh-oleh untuk teman-teman, kerabat atau saudara yang ada di kampung halaman. Dijamin bisa jadi salah satu oleh-oleh terbaik yang dibeli dari Jombang.

4. Jambu bol Gondang Manis

Buah-buahan manis yang segar menjadi salah satu daftar oleh oleh khas Jombang. Buah ini sudah dikenal sejak lama dan menjadi ciri khas Jombang. Sentra produksinya di Jombang berpusat di Desa Gondang Manis.

Itulah sebabnya buah ini dikenal dengan nama jambu bol gondang manis. Buahnya memiliki warna ungu kehitaman jika sudah tua. Namun, saat masih muda, berwarna merah muda keunguan. Bagian dalam buah jambu ini berwarna putih. Teksturnya cukup unik, yaitu lembut dan lunak, seperti kapas. Harganya berkisar Rp4.000-Rp5.000 per kg.

5. Kerupuk beras

Kerupk beras menjadi salah oleh oleh khas Jombang. Kerupuk ini terbuat dari adonan nasi yang ditumbuk dan dibumbui dengan aneka rempah. Kemudian, kerupuk dijemur dan siap digoreng. Kerupuk beras khas Jombang ini juga sering disebut dengan nama “gendar”.

Selain sebagai teman makan nasi, kerupuk beras ini juga cocok dijadikan sebagai camilan. Sedulur bisa mendapatkan kerupuk ini dengan mudah di pasar tradisional atau toko oleh-oleh di Jombang. Biasanya dijual dengan harga Rp7.000 per bungkusnya.

6. Jenang kelapa muda

Jenang waluh
YT Sean Silin

Jenang kelapa muda merupakan rekomendasi oleh oleh khas Jombang selanjutnya. Di daerah lain, kuliner ini dikenal dengan nama dodol. Oleh-oleh Jombang yang satu ini biasanya menjadi kudapan khas menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Satu kotaknya biasanya berisi 8 buah, dijual dengan harga Rp9.000. Namun, ada pula kemasan kiloan yang dijual dengan harga Rp33.000 per kg. Kudapan ini memiliki cita rasa manis dan gurih yang khas, sehingga banyak digemari.

7. Manik-manik kaca

Di Jombang, ada kerajinan manik-manik kaca yang sering dijadikan sebagai buah tangan oleh wisatawan. Ini adalah aksesori yang terbuat dari daur ulang pecahan kaca. Lalu, diberikan warna dan dibentuk menjadi aneka kerajinan. Seperti kalung, gelang, gantungan kunci, dan lain-lain.

Kerajinan yang sudah ada sejak lama ini berasal dari Desa Plumbon Gambang, Gudo, Kabupaten Jombang. Meski tidak ada motif khusus, kerajinan manik-manik kaca ini banyak digemari karena cantik dan unik. Untuk mendapatkannya, Sedulur bisa datang ke Desa Gambang di Kecamatan Gudo.

8. Pernak pernik Gus Dur

Pernak pernik
Antara News

Jombang merupakan tanah kelahiran dan tempat dimakamkannya Gus Dur, Presiden ke-4 Indonesia. Banyak wisatawan yang datang ke Jombang untuk mengunjungi makam Gus Dur. Tepatnya di Pondok Pesantren Tebuireng Jombang.

Nah, di pondok pesantren ini, terdapat pernah-pernik yang dapat dibeli sebagai oleh-oleh atau sekadar tanda mata. Jika tertarik membelinya, Sedulur bisa datang ke Sentra Perdagangan di kawasan wisata Makam Gus Dur.

9. Ketan merdeka

Letak Jombang yang tak jauh dari Malang ternyata juga berdampak pada khasanah kulinernya. Jika di Malang ada Pos Ketan, maka di Jombang ada Ketan Merdeka. Makanan khas Jombang ini masuk dalam kategori cemilan ringan karena porsinya yang tidak begitu besar.

Selain itu, ada banyak dua jenis yang digunakan yaitu ketan hitam dan putih. Tak lupa parutan kelapa dan bubuk kedelai juga membuat makanan ini semakin lezat di lidah.

10. Bandeng asap

Rekomendasi makanan khas Jombang selanjutnya yaitu bandeng asap. Makanan ini sebenarnya merupakan makanan khas pesisir Sidoarjo. Namun Sedulur yang berada di Jombang juga bisa mendapatkan makanan satu ini.

Ikan bandeng dimasak dengan cara diasap sehingga memiliki rasa yang nikmat. Selain itu, aroma makanan khas Sidoarjo yang ada di Jombang ini juga menggugah selera.

Bagi Sedulur yang menyukai makanan dengan cara diasap terutama menyukai makanan ikan laut, bandeng asap ini cocok untuk dicicip bahkan dibekal menjadi oleh-oleh yang paling nikmat dari Jombang atau Jawa Timur. Kuliner satu ini juga bisa dijadikan oleh-oleh untuk orang di rumah, karena ikan bandeng asap bisa tahan dalam beberapa hari.

BACA JUGA: 57 Cafe di Jombang yang Hits, Bagus dan Murah!

11. Ayam panggang urap

ayam bakar saus tiram
Dapur Kobe

Makanan khas Jombang selanjutnya adalah ayam panggang urap. Warungnya ada di sekitar Simpang Tiga Jombang dan selalu terlihat ramai dikunjungi wisatawan. Keunikan makanan ini adalah teknik memasak dan hasil ayam panggannya yang empuk.

Bumbu rempah yang digunakan pun sangat terasa sampai ke dagingnya. Jangan pernah berani untuk melewatkan kuliner satu ini ketika Sedulur berada di Jombang. Karena yang akan Sedulur rasakan hanya penyesalan.

12. Sate ringin contong

Jombang ternyata juga memiliki kuliner sate yang terkenal lezat dan enak lho. Menggunakan bahan utama daging kambing, kuliner legendaris ini dikenal dengan nama sate ringin contong. Harga makanan khas Jombang ini pun murah meriah.

Karena untuk satu porsi Sedulur hanya perlu membayar Rp 12.000 saja. Salah satu yang tidak boleh dilewatkan saat mencoba sate ringin adalah bumbu kacangnya yang gurih mantap.

13. Wingko babat

Wingko babat merupakan kuliner khas Jombang serta menjadi kuliner khas Jawa Timur. Namun sebenarnya makanan ini merupakan makanan khas yang berasal dari Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Babat sendiri menjadi titik persimpangan antara tiga daerah yaitu Bojonegoro, Jombang, Tuban, dan Surabaya.

Wingko babat terbuat dari tepung ketan yang dicampur dengan kelapa parut muda dan gula pasir. Wingko biasanya berbentuk bundar dan disajikan dalam keadaan hangat. Namun, ada juga juga yang dibuat secara kotak lalu dipotong kecil-kecil.

Wingko babat memiliki tekstur yang unik seperti kenyal dan halus. Camilan ini punya rasa manis gurih yang legit. Salah satu tempat atau produk wingko babat yang terkenal di Lamongan adalah Wingko Babat Loe Lan Ing.

14. Es degan durian

Oleh oleh khas Jombang yang manis dan menyegarkan yaitu es degan durian. Tak hanya makanannya saja yang enak, minuman khas Jombang juga harus Sedulur coba. Minuman ini hasil percampuran antara es degan atau kelapa muda dengan durian.

Mungkin terlihat sangat aneh, tapi jika Sedulur mencobanya pasti ketagihan. Minuman ini memiliki rasa yang manis dan legit. Selain itu, campuran lain seperti alpukat dan nata de coco membuat minuman es degan durian menjadi sangat menyegarkan.

15. Sop buntut bakar

Cara bikin sop buntut goreng
IDN Times

Jika membicarakan tentang sop buntut, maka kesegarah kuah dan gurihnya daging sapi biasanya terngiang di ingatan. Namun, makanan khas Jombang dengan olahan sop buntut memiliki cara penyajian yang berbeda.

Sop buntut khas Jombang disajikan dengan cara dibakar sebelum disajikan dengan kuah kaldu yang segar. Efek bakaran ini juga membuat rasa sop buntut semakin nikmat dan unik. Sama seperti panggang urap, Sedulur wajib mencicipi sop buntut bakar ketika berada di Jombang.

BACA JUGA: Wisata Bale Tani Jombang, Liburan Sambil Belajar!

Pusat Oleh-oleh di Jombang

Pinterest

Selain daftar oleh-oleh di atas, Sedulur juga harus tahu beberapa tempat yang menjadi pusat oleh-oleh di Jombang. Berikut ini beberapa daftarnya.

1. Tahu Pong Gloria

Bertempat di lokasi Jl. Totok Kerot, Sawahan, Sambirejo, Kec. Sumobito, Kab. Jombang. Tahu Pong Gloria adalah salah satu produsen tahu pong khas Jombang yang paling terkenal. Terletak di Sawahan, Jogoroto selalu menjadi jujukan para wisatawan untuk membeli tahu pong sebagai oleh-oleh.

2. Jenang Jombang

Bertempat di lokasi Jl. bisri syansuri 44 rt 009 rw 001, Denanyar Utara, Denanyar, Kec. Jombang, Kab. Jombang. Jenang yang menjadi oleh-oleh andalan Jombang dapat Anda dapatkan di Jenang Jombang yang terletak di daerah Denanyar Utara.

3. Pia Alaska

Bertempat di Jl. Babat – Jombang No.09, Karang Don, Karang Pakis, Kec. Kabuh, Kab. Jombang. Pia Alaska menyediakan kue pia khas Jombang dengan berbagai varian rasa seperti rasa original kacang hijau, keju dan durian.

4. Kunara

Bertempat di Depan Balai, Kedung, Kedungrejo, Kec. Megaluh, Kab. Jombang. Kunara merupakan UKM Jombang yang memfokuskan diri pada produksi oleh-oleh khas Jombang yang terbuat dari olahan buah salak. Di sini anda dapat membeli aneka pangan seperti jenang, keripik dan manisan salak.

5. Pusat Oleh-Oleh Risell

Tempat di Jl. Laksda Adi Sucipto No.21, Sambong Dukuh, Kec. Jombang, Kab. Jombang. Di pusat oleh-oleh Risell, Anda dapat berbelanja aneka panganan dan kue khas Jombang yang beragam. Mulai dari aneka jenang, keripik, dan pia bisa Anda dapatkan di sini.

Demikian tadi beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Jombang yang bisa Sedulur coba. Agar tidak bingung, kami juga sudah memberikan rekomendasi tempat untuk mencari oleh-oleh di sana. Semoga penjelasan di atas membantu Sedulur, terutama bagi yang telah mengagendakan untuk berlibur dan menghabiskan waktu di Jombang ya!