Apa saja manfaat kunyit untuk kesehatan, pengobatan dan kecantikan? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

Kunyit menyimpan sejuta manfaat, baik bagi kesehatan dan juga digunakan sebagai pengobatan. Bukan hanya digunakan sebagai rempah dan bumbu masak, kunyit juga mengandung sejuta manfaat bagi tubuh. Manfaat kunyit terbukti ampuh dan telah digunakan sejak zaman dulu sebagai bahan pengobatan.

Manfaat dan kandungan kunyit dapat bekerja dan mendorong bagian dalam tubuh agar menjadi lebih sehat. Kunyit merupakan salah satu jenis tanaman herbal yang juga berfungsi sebagai obat. Kunyit sebagai obat biasanya digunakan dengan cara dibukukan atau dihaluskan, lalu dioleskan di bagian yang sakit.

Tentang kunyit sebagai obat bukan hanya populer di Asia saja, namun juga di Amerika. Jika ditelusuri lebih jauh lagi, penggunaan dan manfaat kunyit untuk kesehatan berakar pada sejarah dan kebudayaan India dan China kuno. Manfaat kunyit bagi tubuh dapat membuat tubuh dapat bertahan dari berbagai virus dan bakteri yang bisa menimbulkan penyakit bagi tubuh.

Dalam artikel ini, Superapp.id akan menjelaskan beberapa manfaat kunyit untuk kesehatan dan obat, baik itu kesehatan tubuh, sebagai pengobatan dan juga sebagai bahan herbal untuk kecantikan. Kunyit yang bisa digunakan bisa kunyit kuning dan juga kunyit putih, karena terdapat beberapa macam macam kunyit, bukan hanya satu jenis saja.  Yuk, mari kita langsung saja simak ulasan manfaat kunyit yang bisa Sedulur dapatkan di bawah ini.

Baca Juga: Kenali 8 Manfaat Ikan Salmon Untuk Bayi Agar Kuat dan Sehat

Daftar Manfaat Kunyit bagi Kesehatan, Pengobatan dan Kecantikan

1. Menjaga Kesehatan Jantung

1.   Menjaga Kesehatan Jantung

Pertama adalah manfaat kunyit untuk jantung. Kunyit telah terbukti secara ilmiah dapat berguna bagi seseorang yang akan memulai atau mengoperasi jantung. Mengkonsumsi kunyit 3 hari sebelum operasi dan dilanjutkan setelah 5 hari selesai operasi. Mengkonsumsi kunyit akan dapat menurunkan risiko serangan jantung setelah operasi.

2. Mengurangi Gejala Osteoarthritis

2.   Mengurangi Gejala Osteoarthritis

Manfaat kunyit selanjutnya adalah untuk mengurangi gejala osteoarthritis. Kandungan dan senyawa dalam kunyti dapat mengurangi tanda-tanda peradangan sehingga bisa meringankan gejala penyakit ini. Selain itu juga kunyit dapat berperan dalam menghangatkan tubuh.

3. Mencegah Obesitas

3.   Mencegah Obesitas

Gambar kunyit selalu terdapat dalam setiap obat-obatan, hal tersebut dikarenakan kunyit telah sejak dari lama digunakan sebagai bahan obat-obatan. Kandungan kurkumin dalam kunyit dapat secara efektif menghambat jalur inflamasi yang terjadi saat obesitas. Dan juga dapat mengatur kadar lemak yang ada di dalam tubuh.

4. Mengurangi Efek Diabetes

4.   Mengurangi Efek Diabetes

Bagi Sedulur yang menderita penyakit diabetes, Sedulur wajib mengkonsumsi kunyit secara teratur. Agar Sedulur bisa mendapatkan manfaat kunyit yang dapat meningkatkan metabolisme gula darah sehingga berpotensi mengurangi efek diabetes pada tubuh. Patut Sedulur catat, bahwa kunyit hanya bisa mengurangi efek sakit diabetes, bukan mengobatinya.

5. Melindungi Kulit dari Sinar UV

5.   Melindungi Kulit dari Sinar UV

Salah satu penyebab kulit wajah menjadi rusak oleh paparan sinar matahari adalah karena kandungan sinar matahari yang memiliki sinar ultraviolet (UV). Sinar UV ini yang patut Sedulur waspadai. Karena radiasi dari sinar UV bisa membuat kulit wajah Sedulur semakin rusak. Kandungan dari kunyit dapat berperan sebagai antioksidan dan dapat melindungi kulit wajah dari sinar UV yang membahayakan.

6. Mengatasi Kanker

6.   Mengatasi Kanker

Berdasarkan beberapa penelitian ilmiah, kunyit dapat digunakan dan diambil manfaatnya untuk mengatasi kanker. Manfaat kunyit bagi kesehatan tubuh satu ini bisa didapatkan oleh Sedulur disebabkan kandungan kurkuminnya dapat mengurangi pertumbuhan pembuluh darah baru pada tumor dan kanker, dan juga berkontribusi terhadap kematian sel kanker.

Baca Juga: 20+ Manfaat Singkong Yang Menakjubkan Untuk Kesehatan

7. Mencegah Penuaan Dini

7.   Mencegah Penuaan Dini

Manfaat kunyit putih untuk kecantikan selanjutnya adalah dapat mencegah penuaan dini. Kulit wajah yang tidak sehat dan tidak terawat dapat membuat beberapa kerutan yang menandakan bahwa kulit wajah tengah memasuki masa penuaan dini. Namun jangan khawatir, Sedulur bisa mencegahnya dengan manfaat kunyit putih untuk kecantikan. Gunakan masker kunyit putih secara teratur, ya!

8. Mengatasi Tumit Pecah-Pecah

8.   Mengatasi Tumit Pecah-Pecah

Sedulur yang memiliki tumit yang pecah-pecah pasti sangat mengganggu dan bahkan membuat tidak percaya diri. Tumit pecah bisa dihilangkan dengan menggunakan manfaat kunyit putih untuk kecantikan. Karena tumit juga merupakan bagian dari kecantikan tubuh.

Manfaat kunyit putih untuk kecantikan satu ini akan Sedulur dapat dengan mengoleskan pasta kunyit putih atau kunyit putih halus dan mengoleskannya ke tumit yang pecah-pecah. Diamkan agak lama hingga kunyit putih kering dan lalu bilas menggunakan air hangat. Lakukan secara rutin agar tumit Sedulur sembuh.

9. Menjaga Kesehatan Hati

9.   Menjaga Kesehatan Hati

Manfaat kunyit selanjutnya adalah dapat menjaga kesehatan hati Sedulur Super sekalian. Hati merupakan bagian dalam tubuh yang sangat penting, karena berfungsi untuk menyaring racun yang ada dalam makanan dan minuman yang dikonsumsi. Ekstrak kunyit dapat menjadi pelindung bagi kerusakan hati kronis dan juga dapat mengurangi stress oksidatif yang membahayakan tubuh.

10. Anti Jamur dan Bakteri

10.   Anti Jamur dan Bakteri

Manfaat kunyit selanjutnya adalah berfungsi sebagai antijamur dan antibakteri. Kunyit dapat secara efektif melawan bakteri. Selain itu juga kunyit bisa mencegah pertumbuhan beberapa bakteri yang menyebabkan penyakit dalam. Selain antibakteri, kunyit juga dapat mengganggu membran sel jamur yang bisa berfungsi sebagai obat anti jamur.

11. Mengatasi Rambut Rontok

11.   Mengatasi Rambut Rontok

Rambut merupakan salah satu faktor penting dalam kecantikan tubuh, Sedulur juga pasti sudah mengenal pepatah yang menyatakan bahwa rambutmu adalah mahkotamu. Menjaga kesehatan rambut adalah faktor penting, hal tersebut bisa Sedulur lakukan dengan memanfaatkan kunyit putih.

Oleskan pasta kunyit putih pada kulit kepada dan diamkan beberapa menit, selanjutnya Sedulur bisa membilasnya dengan air hangat. Lakukan secara rutin agar rambut Sedulur sehat dan kuat, sehingga terhindar dari rambut rontok.

12. Anti Peradangan

12.   Anti Peradangan

Dalam kunyit terdapat sifat anti peradangan yang bermanfaat untuk mengobati berbagai penyakit kronis. Peradangan kronis tingkat rendah berperan aktif hampir dalam setiap penyakit kronis termasuk penyakit jantung, kanker, sindrom metabolik, Alzheimer dan berbagai penyakit degeneratif.

13. Melindungi Tubuh dari Radikal Bebas

13.   Melindungi Tubuh dari Radikal Bebas

Tubuh yang mengalami kerusakan oksidatif dipercaya dapat mendorong terjadinya penuaan tubuh dan munculnya beberapa penyakit. Supaya hal tersebut tidak terjadi, Sedulur harus mengkonsumsi kunyit secara teratur. Karena salah satu manfaat kunyit adalah dapat melindungi tubuh dari radikal bebas yang didapat dari kandungan kurkumin di dalamnya. Kurkumin dapat meningkatkan kapasitas antioksidan tubuh.

Kurkumin merupakan antioksidan kuat yang mampu menetralkan radikal bebas. Selain itu, kurkumin dapat meningkatkan aktivitas enzim antioksidan dalam tubuh. Oleh karena itu, kurkumin mampu memberikan perlawanan terhadap radikal bebas secara langsung, dan merangsang pertahanan antioksidan dalam tubuh.

14. Mencerahkan Kulit Wajah

14.   Mencerahkan Kulit Wajah

Salah satu manfaat kunyit selanjutnya adalah untuk kecantikan, yaitu dapat mencerahkan wajah, Sedulur wajib mencobanya, baik digunakan sebagai masker wajah atau dikonsumsi secara teratur. Manfaat ini berasal dari kunyit putih yang memiliki kandungan nutrisi dan vitamin yang disertai dengan pati kunyit putih yang ampuh untuk membuat kulit wajah menjadi lebih cerah.

Sedulur bisa menghaluskan kunyit putih dan menjadikannya masker, lalu gunakan secara rutin 1 hingga 2 kali dalam seminggu. Atau Sedulur juga bisa mengkonsumsi minuman yang terbuat dari kunyit putih.

15. Menjaga Fungsi Otak

15.   Menjaga Fungsi Otak

Hormon Brain Derived Neurotrophic Factor (BDNF)merupakan hormon yang memiliki tugas untuk menjaga proses pembentukan jaringan baru dalam otak. Kunyit dapat memberikan manfaat untuk meningkatkan kadar BDNF dalam otak sehingga bisa mencegah penyakit yang berhubungan dengan kesehatan otak.

Bahkan, kunyit juga sangat efektif untuk menunda beberapa penyakit otak dan penurunan fungsi otak yang disebabkan oleh usia yang sudah tua.

16. Mengatasi Depresi

16.   Mengatasi Depresi

Kurkumin dalam kunyit dapat secara ampuh mengatasi depresi. Berdasarkan penelitian ilmiah yang dilakukan oleh para ahli, kunyit memiliki manfaat yang sama dengan kandungan yang terdapat dalam obat antidepresan. Selain itu juga kunyit yang memiliki kemampuan untuk meningkatkan kadar BDNF, dapat mempermudah proses ini.

17. Mengobati Jerawat

17.   Mengobati Jerawat

Jerawat seringkali mengganggu dan dapat membuat Sedulur tidak percaya diri. Kunyit putih memiliki manfaat untuk mengobati dan menghilangkan jerawat. Salah satu manfaat kunyit putih untuk kecantikan ini dapat berfungsi sebagai antioksidan dan ampuh menghilangkan jerawat.

Sedulur bisa menggunakan masker kunyit putih bubuk, dan gunakan pada wajah sekitar 15 menit sebelum mandi. Cara ini wajib Sedulur lakukan secara rutin agar manfaat kunyit untuk menghilangkan jerawat bisa terjadi secara optimal.

18. Menghilangkan dan Mengurangi Mual

18.   Menghilangkan dan Mengurangi Mual

Rasa mual bisa ditimbulkan oleh banyak hal, mulai dari stress hingga infeksi pencernaan. Jika Sedulur merasakan mual, Sedulur bisa langsung mengkonsumsi kunyit. Karena kunyit memiliki kandungan phytochemical yang bisa berperan sebagai antioksidan dalam tubuh yang dapat berperan melawan racun yang menyebabkan rasa mual.

19. Mengobati Asam Lambung

19.   Mengobati Asam Lambung

Kunyit dapat mengobati asam lambung, karena kandungan senyawa dalam kunyit bisa melindungi dan melapisi dinding lampung dengan cara meningkatkan produksi lendir yang ada dalam lambung. Sedulur bisa secara ruti mengkonsumsi satu sendok kunyit bubuk setiap harinya agar dapat memiliki sistem pencernaan yang jauh lebih sehat.

20. Menyegarkan Kulit Wajah

20.   Menyegarkan Kulit Wajah

Manfaat kunyit putih untuk kecantikan selanjutnya adalah dapat menyegarkan kulit wajah dan dapat membuat kulit wajah lebih glowing alias kinclong. Bubuk kunyit putih murni yang digunakan sebagai masker bisa membantu Sedulur memiliki kulit wajah lebih segar dan cerah.

Bagi Sedulur yang memiliki masalah dengan kulit berminyak, Sedulur bisa menggunakan bubuk kunyit putih sebagai masker, jika bisa usahakan untuk membilas wajah menggunakan air bunga mawar agar bisa bekerja secara optimal pada wajah.

21. Mengurangi Diare dan Kandungan Gas Dalam Perut

21.   Mengurangi Diare dan Kandungan Gas Dalam Perut

Agar sistem pencernaan Sedulur semakin sehat lagi, Sedulur juga harus mengurangi kandungan gas yang ada dalam perut. Hal ini bisa Sedulur dapatkan melalui salah satu manfaat kunyit. Karena kandungan gas yang berlebih dalam perut bisa membuat sistem pencernaan terganggu. Selain itu, kunyit juga dapat secara efektif mengurangi diare bagi Sedulur yang menderita sakit diare.

Semoga daftar manfaat kunyit yang dijelaskan di atas bisa menambah wawasan dan pengetahuan Sedulur Super. Agar bisa mendapatkan manfaat kunyit, tentu saja Sedulur harus menyediakan kunyit sebagai stok dan persediaan. Sedulur bisa mendapatkan kunyit putih terbaik dengan harga mudah dengan membelinya di Aplikasi Super.

Sedulur bisa cek langsung dengan download Aplikasi Super terlebih dahulu, jika Sedulur tertarik untuk mempelajari lebih lanjut, Sedulur juga bisa klik di sini untuk mengunjungi laman Aplikasi Super. Banyak informasi terkait Aplikasi Super yang bisa Sedulur pelajari di laman Aplikasi Super.

Mulai gunakan Aplikasi Super dari sekarang, jangan lupa juga untuk menggunakan Aplikasi Super untuk setiap kegiatan Sedulur, jalani hari dengan mudah dan menguntungkan bersama Aplikasi Super.