obat maag

Sakit perut yang tiba-tiba menyerang tentunya bisa mengganggu aktivitas dan produktivitas seseorang. Jika sakit perut yang menyerang adalah maag, maka Sedulur perlu mengonsumsi obat maag untuk mengatasinya dengan cepat. Biasanya, kondisi ini akan ditandai dengan perut kembung dan nyeri ulu hati. 

Untuk mengatasinya, Sedulur harus dengan segera mengonsumsi obat peredanya. Ada banyak variasi obat yang bisa ditemukan dengan mudah tanpa menggunakan resep dokter. Dengan begitu, Sedulur bisa melanjutkan aktivitas lagi tanpa terganggu oleh adanya nyeri. Untuk mengetahui lebih lanjut rekomendasi obat maag paling ampuh dan aman, yuk simak di sini.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Obat Penurun Panas Bayi Paling Ampuh

1.  Lambucid 

obat maag paling ampuh di apotik
Tokopedia

Rekomendasi obat maag yang pertama adalah Lambucid yang bekerja dengan cara menetralkan asam lambung. Produk ini memiliki kandungan simetikon, aluminium hidroksida, serta magnesium hidroksida. Tak hanya berfungsi untuk meredakan asam lambung, produk ini juga bisa mengatasi kembung, ulu hati dan lambung. 

-->

Produk ini cocok untuk dikonsumsi anak di atas 6 tahun ataupun dewasa. Cara pemakaiannya adalah diminum satu jam sebelum atau sesudah makan dan menjelang tidur. Untuk orang dewasa, bisa mengonsumsinya sebanyak 5-10 ml 3 kali sehari. Lain halnya dengan anak-anak yang bisa mengonsumsinya tiga kali sehari dengan dosis sekali minum 2.5 sampai 5 ml. Produk ini bisa didapatkan di apotek dan toko terdekat dengan harga Rp20 ribuan per 100 ml.

2. Polysilane Tablet

obat maag kronis tradisional paling ampuh
Kalcare

Salah satu obat maag paling ampuh di apotik yang bisa Sedulur coba adalah Polysilane Tablet. Produk ini bisa mengatasi keluhan pencernaan seperti perut kembung. Kandungannya berupa tiga kombinasi zat aktif yaitu dimetilpolisiloksan, aluminium hidroksida, dan magnesium hidroksida. 

Polysilane bisa digunakan untuk mengatasi permasalahan maupun gejala maag yang diakibatkan oleh asam lambung tinggi, seperti nyeri ulu hati, kembung, intensitas sendawa yang berlebihan, dan lainnya. 

Anak-anak dengan usia di atas 6 tahun dan orang dewasa bisa mengonsumsi Polysilane Tablet. Jadi, Sedulur tidak perlu melakukan konsultasi atau resep dokter untuk mendapatkan produk ini. Produk ini aman untuk dikonsumsi selama mengikuti dosis dan instruksi yang dianjurkan.

3. Mylanta Chew & Melts

obat maag tablet
JD ID

Mylanta Chew and Melts merupakan obat maag yang bisa menetralkan asam lambung karena adanya kandungan magnesium hidroksida dan calcium carbonate. Meskipun bentuknya tablet, produk ini bisa dikunyah dan mudah untuk diserap tubuh. Tak hanya berfungsi untuk menetralkan asam lambung, Mylanta Chew and Melts juga bisa digunakan untuk mengurai mual dan nyeri pada lambung serta ulu hati.

Selain itu, Mylanta Chew and Melts juga bisa digunakan untuk mengurangi gejala yang berhubungan dengan gastritis, tukak lambung, asam lambung, dan tukak usus dua belas jari dengan berbagai gejala seperti nyeri ulu hati, nyeri lambung, dan mual.

Produk ini jangan sampai diberikan untuk penderita gangguan fungsi ginjal yang berat karena bisa menimbulkan hipermagnesia atau kadar magnesium dalam darah yang meningkat. Selain itu, jangan konsumsi produk ini pada pasien yang hipersensitif terhadap magnesium hydroxide, calcium carbonate, dan lainnya.

Cara pemakaiannya adalah diminum 3 sampai 4 kali sehari. Ada baiknya untuk mengonsumsi Mylanta satu jam sebelum atau dua jam setelah makan dan menjelang tidur. Produk ini bisa ditemukan di apotek terdekat dengan harga sekitar 10 ribu per empat tablet. Perlu diketahui efek samping dari produk ini yaitu bisa menyebabkan perut kembung, diare, muntah, urtikaria, ruam, angioedema, dan hipersensitivitas. 

BACA JUGA: 18 Rekomendasi Obat Batuk Anak Alami yang Aman & Manjur

4. Camaag Mint

obat maag sirup
Global Health

Camaag Mint merupakan pilihan obat sakit maag yang memiliki kandungan berbagai bahan aktif aluminium hidroksida, magnesium hidroksida, dan dimetikon. Cara kerja yang dimiliki Camaag mMint cenderung sama dengan obat antasida lainnya. Bedanya, dosis pada produk ini lebih besar per takaran sendoknya. Gunanya adalah supaya lebih kuat untuk menetralisir asam lambung jika dibandingkan dengan antasida. 

Akan tetapi, obat ini tidak bisa digunakan sampai dua minggu karena bisa meningkatkan efek samping sebagai risikonya. Tak hanya itu saja, apabila ingin meminumnya bersamaan dengan antibiotik jenis tetrasiklin, maka bisa memberikan jeda terlebih dahulu sampai satu hingga dua jam untuk meminimalisir risiko interaksinya. 

5. Omeprazole

obat maag akut
HD Mall

Omeprazole merupakan merek obat maag dan heartburn yang bisa ditemukan dalam bentuk suntik dan kapsul. Kegunaannya adalah untuk mengurangi kadar asam lambung ketika gejalanya sedang kambuh. Akan tetapi, penggunaannya diperlukan resep dari dokter. Jadi sebelum meminumnya, sebaiknya untuk dikonsultasikan dengan dokter dulu. 

Sakit pada pencernaan memang dapat dengan mudah ditangani menggunakan produk yang bisa dibeli di apotik. Akan tetapi, penyakit ini bisa menyerang atau kambuh lagi apabila kondisi tubuh sedang tidak fit dan asam lambung yang meningkat. 

Maka dari itu, selain mengonsumsi obat, ada baiknya untuk memperhatikan faktor yang lainnya untuk mencegah penyakit bisa kambuh lagi. Contohnya adalah menghindari makanan yang terlalu pedas dan asam yang bisa memicu timbulnya penyakit pada pencernaan. Selain itu, Sedulur juga bisa menerapkan pola makan yang teratur, mengelola stress, dan menghindari kafein serta minuman beralkohol.

6. Antasida Doen

cara minum obat maag
Tokopedia

Antasida Doen adalah salah satu rekomendasi obat maag tablet yang mengandung komposisi magnesium hidroksida dan aluminium hidroksida. Antasida Doen digunakan untuk mengatasi berbagai permasalahan dalam pencernaan, seperti nyeri ulu hati, nyeri lambung, maag, dan lain sebagainnya. Anak-anak maupun orang dewasa bisa mengonsumsi obat ini dengan mengikuti dosis yang sudah ditentukan, yaitu dewasa : 1-2 tablet, 3-4 kali per hari. Sedangkan, untuk anak (6-12 tahun) : 0.5-1 tablet, 3-4 kali per hari. Rentang harga dari produk ini adalah sekitar 30 ribuan. 

BACA JUGA: Jenis, Kondisi & Cara Penggunaan Obat Tetes Telinga

7. Promag

Promag
Klik Dokter

Sudah banyak yang tahu bahwa Promag merupakan salah satu jenis obat maag sirup yang keberadaannya mudah ditemukan di berbagai tempat penjualan. Bahkan, warung dekat rumah atau toko kelontong pun menyediakannya. Produk ini menyediakan berbagai varian tablet kunyah dan sirup yang bisa dipilih oleh konsumen. Kegunaannya sama, yaitu untuk menyembuhkan penyakit pencernaan karena asam lambung yang naik.

Kandungan dari Promag antara lain adalah simetikon, hidroksida dan hydrotalcite yang bekerja secara efektif untuk menetralkan asam lambung. Harga jual Promag di pasaran adalah sekitar 7 sampai 8 ribuan pada setiap stripnya. 

8. Farmacrol Forte

Farmacrol Forte
Lifepack

Sama seperti obat maag lainnya, Farmacrol Forte memiliki kandungan magnesium hidroksida, aluminium hidroksida, dan simetikon. Kandungan itu mempunyai peran yang cukup penting dalam mengatasi gangguan yang disebabkan tingginya produksi asam lambung.

Tak hanya bisa meredakan sakit perut, produk ini juga efektif untuk membantu meredakan gejala gas tambahan seperti kembung, bersendawa dan perasaan tekanan atau tidak nyaman pada perut atau usus. 

9. Acitral

Acitral
Halodoc

Acitral menjadi salah satu pilihan obat untuk mengobati gejala maag yang bisa kambuh kapan saja, seperti sakit pada ulu hati, perut kembung, sampai mual. Aluminium hidroksida yang terkandung di dalamnya membuat Acitral bisa menurunkan gejala dari asam lambung.

Maka dari itu, gejala dari asam lambung yang naik seperti perut kembung dan nyeri ulu hati pun bisa mereda. Namun, produk ini bukanlah penyembuh maag karena masalahnya akan kembali kambuh. Adapun cara minum obat maag Acitral sesuai dengan petunjuk pemakaian dalam kemasan adalah sebagai berikut:

  • Acitral sirup. Setiap 1 botol Acitral cair berisi 120 mililiter (ml). Setiap kandungan 5 ml adalah 200 miligram (mg) magnesium hidroksida, 200 mg aluminium hidroksida, dan 20 mg simethicone. Dosisnya akan berbeda pada beberapa orang, tergantung usia dan kondisi kesehatannya. Dewasa: 1 – 2 sendok takar (5 – 10 ml), 3 – 4 kali sehari. Anak-anak (6 – 12 tahun): 1/2 – 1 sendok takar (2,5 – 5 ml), 3 – 4 kali sehari.
  • Acitral tablet. Setiap 1 dus Acitral berisi 10 blister, 1 blister berisi 10 tablet kunyah. Satuannya mengandung 200 mg magnesium hidroksida, 200 mg aluminium hidroksida, dan 20 mg simethicone. Setiap penggunaannya,bisa mengunyah 1 – 2 tablet untuk 3 – 4 kali sehari. Namun, cara minumnya adalah satu jam sebelum makan atau dua jam setelah makan dan menjelang tidur. 

BACA JUGA: 14 Rekomendasi Obat Muntah yang Biasa Diberikan Dokter

10. Gastran

Gastran
Halodoc

Jika Sedulur sedang mencari obat maag akut, Gastron bisa menjadi pilihan yang tepat. Produk ini bisa digunakan untuk menyembuhkan sakit pada perut yang memiliki kandungan aluminium hidroksida, magnesium hidroksida, dan simetikon di dalamnya. Namun, konsumsinya harus menggunakan resep dokter terlebih dahulu. Jadi, Gastran tidak dijual dengan bebas. 

Harga yang ditawarkan pada Gastran cukup mahal yaitu sekitar Rp60 ribu-100 ribuan. Walaupun begitu, Gastran bisa menyembuhkan berbagai masalah dalam pencernaan secara maksimal dan baik. 

11. Kunyit

Kunyit
Kompas

Apabila Sedulur memilih untuk mencoba cara alami, maka bisa menggunakan kunyit sebagai salah satu obat maag kronis tradisional paling ampuh. Kunyit adalah obat alami tradisional yang bisa membantu untuk meringankan gangguan pada lambung, seperti gejala penyakit maag. Alasannya, kunyit memiliki kandungan polifenol yang bersifat anti peradangan dan bisa membantu untuk meredakan asam lambung. 

Seperti yang dikutip dari penelitian International Journal of Molecular Sciences, kunyit disebut bisa membantu untuk mencegah peradangan pada gangguan lambung GERD. Penelitian ini menjelaskan bahwa adanya gejala gangguan lambung bisa diredakan dengan konsumsi yang mengandung antioksidan dan anti peradangan. Tentunya, sifat tersebut ada di dalam kunyit.

12. Jahe merah

Jahe merah
Halodoc

Selain kunyit, jahe juga menjadi pilihan obat maag kronis tradisional paling ampuh yang bisa Sedulur coba. Bagaimana tidak, adanya sifat anti peradangan dalam jahe merah bisa meredakan rasa mual dengan efektif. 

Selain itu, jahe merah juga memiliki sifat gastroprotektif yang bisa menekan bakteri Helicobacter pylori yang tak lain adalah penyebab asam lambung menjadi naik. Jumlah bakteri ini bisa dikurangi dengan mudah dengan bantuan jahe merah. Jadi, gejala gangguan lambung pun bisa reda.

Demikian rekomendasi obat maag yang bisa Sedulur gunakan untuk menuntaskan gejala gangguan pencernaan yang mengganggu aktivitas harian. Dengan segera mengonsumsinya, tentunya gejala yang mengganggu bisa teratasi dengan cepat. Jadi, aktivitas dan produktivitas bisa dilanjutkan kembali. Semoga bermanfaat!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!