Obat Batuk Kering Paling Ampuh Dari Bahan Alami, Terbukti!

Kondisi tubuh yang sedang tidak fit seringkali ditandai dengan batuk kering. Untuk menyembuhkannya, kamu bisa meminum obat yang sudah dijual di apotek terdekat dan melalui yang sudah diresepkan dokter. Selain itu, kamu juga bisa meminum obat batuk kering paling ampuh dari bahan alami. 

Obat batuk tradisional ini bisa didapatkan dengaj mudah di sekitarmu. Kamu bisa membelinya di pasar, minimarket, bahkan supermarket. Hal lain yg perlu dilakukan biasanya adalah dengan meracik beberapa bahan tertentu sekaligus. 

Obat batuk kering paling ampuh herbal yang alami

1. Air garam

mengatasi obat batuk kering yang membandel air garam
image source: Pexels

Garam yang dilarutkan dalam air bisa memberi manfaat. Khususnya untuk batuk kering. Dengan berkumur di area kerongkongan, air garam ini bisa mengatasi obat batuk kering yang membandel dengan mengencerkan dahaknya secara perlahan. 

Untuk racikannya, ikuti resep sebagai berikut:

-->
  • 1/2 sendok teh garam
  • 250 ml air hangat

Cara membuat:

  1. Campur kedua bahan tersebut dan aduk hingga larut
  2. Kumur dengan larutan air garam 3 jam sekali
  3. Lakukan selama 3-4 kali dalam sehari

2. Jahe

obat batuk kering paling ampuh untuk dewasa jahe
image source: Pexels

Minuman bersuhu hangat bisa membuat tubuh jadi lebih relaks. Termasuk minuman jahe hangat yang bisa mengencerkan dahak kering tanpa terasa sakit. 

Bila ingin rasa dan khasiat lebih, kamu bisa meraciknya dengan mencampurkan perasan lemon, madu, susu, dan teh. Rasa yang didapatkan lebih bervariasi dan lebih enak ketika diseruput di pagi dan malam hari.

3. Madu

obat batuk kering tradisional paling ampuh Madu
image source: Pexels

Bahan herbal memang sudah dikenal bisa membuat tubuh jadi lebih bugar. Termasuk untuk batuk kering. Menurut salah satu penelitian yang dipublikasikan si Canadian Family Physician, kandungan zat analgesik yang terkandung dalam madu bisa meredakan batuk kering bila dikonsumsi secara rutin. 

Obat batuk kering paling ampuh untuk anak ini juga bisa dikonsumsi oleh orang dewasa. Untuk hasil yang lebih maksimal, kamu bisa mencampur madu dengan perasan lemon. Selain batuk bisa mereda, pernafasan juga bisa terasa lebih plong. 

Racikan minuman ini lebih terasa nikmat ketika diseruput pada pagi hari setelah bangun tidur dan malam hari sebelum beristirahat. Rasa dari minuman ini juga akan disukai anak-anak meskipun biasanya mereka menolak meminum obat herbal.

Baca juga: Obat Panas Dalam Alami Cocok Untuk Dewasa & Anak-Anak

4. Kunyit

obat batuk kering paling ampuh herbal kunyit
image source: Pexels

obat batuk kering paling ampuh untuk dewasa yang dibuat dari bahan alami adalah kunyit. Zat curcumin yang memiliki sifat antiradang ini bisa mmembantu melawan benda asing yang hinggap di saluran pernafasan. Dengan begini, dahak keringnya bisa melunak dengan cepat. 

Apabila dikonsumsi secara rutin sehari 2 kali, dahak yang keras bisa melunak dan mudah dikeluarkan. Rasa gatal dan keinginan untuk meludah pun akan berkurang dalam kurun waktu kurang lebih 1 minggu.

5. Lemon

obat batuk kering paling ampuh lemon
image source: Pexels

Lemon merupakan salah satu buah yang dikenal kaya kandungan vitamin C. Vitamin ini mampu membantu meningkatkan kekebalan tubuh. 

Buat racikan minuman hangat dari perasan lemon dan madu untuk rasa yang tidak terlalu asam. Kamu bisa mengonsumsinya 2 kali dalam sehari. 

6. Mint

obat batuk kering paling ampuh mint
image source: Pexels

Sensasi dingin yang ada pada mint didapat dari menthol-nya. Kandungan ini memiliki sifat sebagai dekongestan yang mampu membantu mencairkan lendir. Termasuk lendir dahak batuk kering yang menumpuk di area tenggorokan dan hidung. 

Kamu bisa mendapatkan manfaat ini dengan meminum teh dengan rasa mint. Bila tidak diminum, kamu bisa menghirup dari air diffuser yang ditetesi dengan mint essential oil yang bisa membuat saluran pernafasan jadi lebih plong.

Baca juga: Obat Sakit Gigi Paling Ampuh Pereda Nyeri Bisa Dibeli di Apotek

7. Nanas

obat batuk kering paling ampuh untuk anak nanas
image source: Pexels

Buah lainnya yang bisa dijadikan obat batuk kering tradisional paling ampuh adalah nanas. Enzim bromelain yang terkandung di dalam nanas juga bisa membantu mengencerkan dahak yang kering. 

Untuk rasa yang tidak terlalu asam, kamu bisa memilih nanas madu. Rasanya manis dan after taste-nya tidak menempel di lidah. Kamu juga disarankan untuk tidak mengonsumsi nanas terlalu banyak karena khawatir bisa melukai lambung dan menyebabkan maag. Jadi, konsumsi seperlunya saja, ya.

8. Kaldu tulang

obat batuk kering paling ampuh Kaldu tulang
image source: Pexels

Selain dari buah dan minuman, kamu bisa mengonsumsi obat batuk kering paling ampuh yang diolah menjadi kaldu tulang. Meskipun bukan obat yang mujarab untuk menyembuhkannbatuk dalam waktu singkat, sup hangat dari kaldu tulang ini bisa meringankan gejala batuk secara perlahan. Kandungan elektrolitb dan sodiumnya mampu memaksimalkan cairan yang masuk ke dalam tubuh agar tidak dehidrasi. 

Meminum obat alami herbal yang diolahs ecara tradisional ini memang membutuhkan waktu yang lebih lama untuk tahap penyembuhannya. Bila biasanya batuk kering dan dahak bisa sembuh dalam waktu 3 hari, obat tradisional ini bisa membantu penyembuhan dalam kurun waktu yang lebih lama. Mungkin sekitar semingguan. Untuk itu, diperlukan kesabaran ekstra bila memang ingin sembuh tanpa disokong obat.

Bahan dari setiap obat batuk kering paling ampuh alami ini bisa dibeli di mana saja. Kamu bisa membelinya secara langsung di pasar hingga supermarket. Bila ingin yang lebih praktis, kamu bisa membeli kebutuhan di atas secara online melalui Aplikasi Super. Tinggal instal, pesan, dan bakal diantar langsung ke rumamu. 

Semoga kemudahan ini bisa mempercepat proses penyembuhan dari batuk kering yang kam derita saat ini. Tetap jaga pola makan dan pola hidup sehat ya, Sedulur.