12 Nasi Pecel Madiun Legendaris dan Enak, Wajib Coba!

Nasi pecel Madiun begitu melegenda, berikut ini daftar nasi pecel Madiun yang Legendaris!

Madiun terkenal dengan nasi pecelnya. Sedulur belum sah berkunjung ke Madiun jika belum mencoba langsung nasi pecel Madiun secara langsung. Dari setiap makanan yang ada di Madiun, nasi pecel merupakan yang paling khas dan ikonik.

Sedulur akan menemukan banyak warung nasi pecel ketika berada di Madiun, namun di natar banyak warung nasi pecel tersebut, hanya ada beberapa yang legendaris dan menjadi andalan masyarakat Madiun itu sendiri.

Kali ini, Superapp.id akan membahas beberapa warung nasi pecel Madiun yang legendaris dan wajib Sedulur coba. Nasi pecel terkenal dengan bumbu pecelnya yang khas. Bumbu pecel Madiun paling enak dan original bisa Sedulur temukan di warung nasi pecel legendari di bawah ini.

Yuk, mari kita langsung simak saja ulasan terkait tempat kuliner pecel Madiun yang melegenda dan memiliki rasa yang khas dalam ulasan di bawah ini.

Baca Juga: Tips Membuat Nasi Goreng yang Nikmat dan Lezat

Daftar Nasi Pecel Madiun yang Legendari yang Wajib Sedulur Coba!

1. Nasi Pecel Bu Wo

1. Nasi Pecel Bu Wo

Nasi Pecel Bu Wo merupakan warung nasi pecel pincuk yang pertama yang dibahas. Nasi Pecel Bu Wo terletak di jalan S. Parman, Kota Madiun. Atau terletak persis di samping bekas terminal lama Madiun yang saat ini telah menjadi Carrefour.

Bu Wo merintis usaha pecel sayuran dengan memulai berdagang secara berkeliling dari satu tempat ke tempat lainnya di wilayah sekitar Madiun. Hingga akhirnya kemudian berkembang karena banyak yang menyukai racikan sambal pecel Bu Wo.

Bu Wo meracik sambal pecal langsung dengan tangannya sendiri hingga saat ini. Sedulur wajib makan di warung nasi pecel Bu Wo jika ingin merasakan rasa sambal pecel yang khas.

2. Nasi Pecel Yu Gembrot

2.   Nasi Pecel Yu Gembrot

Nasi Pecel Madiun selanjutnya adalah nasi pecel Yu Gembrot, yang beralamat di jalan Imam Bonjol dekat area pasar besi kota Madiun. Nasi Pecel Yu Gembrot merupakan nasi pecel favorit Presiden Jokowi, lho.

Nasi Pecel Yu Gembrot buka dari jam 7 pagi hingga jam 9 malam. Nasi Pecel Yu Gembrot dirintis oleh Mbah Sarinem sejak tahun 1942, dan diteruskan oleh anaknya yang bernama Bu Katini yang memiliki badan gemuk, atau dalam bahasa Jawa disebut dengan istilah gembrot. Sebutan tersebut melekat sehingga menjadi nama warung nasi pecel satu ini.

3. Nasi Pecel Bu Mandung

3.   Nasi Pecel Bu Mandung

Nasi pecel Madiun yang legendaris selanjutnya adalah nasi pecel Bu Mandung. Nasi Pecel Bu Mandung terletak di Jalan Cokroaminoto, Kota Madiun, yang merupakan surga nasi pecel di Madiun. Hal tersebut dikarenakan di Jalan Cokroaminoto terdapat banyak warung nasi pecel dan beberapa melegenda seperti Nasi Pecel Bu Mandung satu ini.

Nasi Pecel Bu Mandung merupakan sebuah warung yang berupa tenda dan baru buka dan melayani pembeli dari maghrib hingga dini hari pukul 3 pagi. Bu Mandung menyajikan nasi pecel melalui sebuah pincuk daun pisang dengan beragam lauk dan sambal pecel yang khas.

Baca Juga: 20 Wisata di Jember Paling Hits Tahun 2020. Wajib Ke Sini!

4. Nasi Pecel Sri Tanjung

4.   Nasi Pecel Sri Tanjung

Masih di sekitar jalan Cokroaminoto, Madiun, tempat berkumpulnya warung nasi pecel legendaris, Nasi Pecel Sri Tanjung juga berada dekat dengan warung Nasi Pecel Bu Mandung. Sama dengan Warung nasi Pecel Bu Mandung, Nasi Pecel Sri Tanjung merupakan sederetan warung yang berupa tenda.

Nasi Pecel Sri Tanjung baru buka dan melayani pembeli dari maghrib hingga tengah malam. Soal rasa, nasi pecel Sri Tanjung berani bersaing dengan nasi pecel yang ada di Madiun, hal tersebut yang membuat nasi pecel ini begitu melegenda.

5. Nasi Pecel Bu Wir Kabul

5.   Nasi Pecel Bu Wir Kabul

Nasi Pecel Wir Kabul juga terletak di Jalan Cokroaminoto, tepatnya di bangunan nomor 115. Berbeda dengan nasi pecel Sri Tanjung dan nasi Pecel Bu Mandung, Nasi Pecel Bu Wir Kabul merupakan sebuah bagunan permanen. Ciri khas warung nasi pecel Madiun ini terletak pada sambal pecel yang memiliki rasa pedas gurih.

Warung Nasi Pecel Bu Wir ini melayani pembeli dari mulai jam 8 pagi hingga jam 3 sore. Istirahat satu jam setengah, warung nasi pecel Madiun ini buka kembali jam setengah 5 sore hingga jam 11 malam. Warung nasi pecel ini merupakan salah satu tempat kuliner yang menjadi daftar wajib kunjung ketika ke Madiun.

6. Nasi Pecel 99

6.   Nasi Pecel 99

Nasi Pecel 99 merupakan nasi pecel favorit mantan Presiden Indonesia, yaitu SBY. Jika Presiden Jokowi menyukai Nasi Pecel Yu Gembrot, SBY menyukai Nasi Pecel 99. Dinamai Nasi Pecel 99, dikarenakan terletak di jalan Cokroaminoto nomor 99, jalan yang merupakan surga nasi pecel di Madiun.

Nasi Pecel ini sudah berdiri sejak tahun 1987, dan memiliki sambal pecel yang khas dan konsisten rasanya dari sejak awal berdiri. Hal tersebut dikarenakan sambal pecel yang dibuat menggunakan resep rahasia dari pendirinya, yaitu Pak Karyono dan Bu Herimurti.

7. Nasi Pecel Pojok

7.   Nasi Pecel Pojok

Nasi Pecel Pojok beralamat masih di Jalan Cokroaminoto nomor 121, Kota Madiun. Sesuai dengan namanya, warung nasi ini terletak di pojokan antara jalan Cokroaminoto dan Jalan Ringin di samping SDK Santa Maria.

Banyak aneka sayur dan lauk yang bisa Sedulur nikmati dalam sepincuk nasi pecel satu ini. Selain itu, Sedulur juga bisa mengatur tingkat kepedasan nasi pecel di warung nasi satu ini. Warung nasi pecel pojok mulai melayani pembeli dari jam 5 sore hingga jam 11 malam.

8. Balakenam Dapoer Rakjat

8.   Balakenam Dapoer Rakjat

Jika ke Madiun terlalu jauh hanya untuk sengaja makan nasi pecel, tentu Sedulur bisa mencari warung nasi pecel terdekat. Warung nasi pecel satu ini merupakan rekomendasi nasi pecel bagi Sedulur yang ada di Jakarta.

Bagi Sedulur yang kangen rasa nasi pecel yang mendekati asli seperti di Madiun, warung nasi ini sangat recommended. Terletak di jalan KH. Abdullah Syafi’e No. 4. Nasi pecel ini menyuguhkan aneka sayur dan lauk dengan sambal pecel yang khas Madiun.

9. Pecel Ramidjan

9.     Pecel Ramidjan

Warung Nasi Pecel Madiun yang terletak di jalan Prof. Dr. Joko Soetono, No. 3 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan ini merupakan nasi pecel yang menjadi favorit warga Jakarta Selatan. Banyak aneka lauk dengan rasa sambel pecel yang khas. Jika rindu rasa nasi pecel di Madiun, Pecel Ramidjan bisa Sedikit mengobati kerinduan Sedulur.

10. Wong Kudus

10.  Wong Kudus

Warung nasi ini memiliki menu andalan yaitu Soto Kudus dan Garang Asem, namun warung nasi ini juga menyuguhkan nasi pecel khas Madiun yang memiliki rasa yang mendekati dengan nasi pecel yang ada di Madiun. Terletak di Jalan Ciater Raya, Tangerang Selatan, warung nasi ini juga bisa didatangi untuk mengobati kerinduan rasa nasi pecel Madiun.

11. Nasi Pecel Mba Ira

11.  Nasi Pecel Mba Ira

Kali ini untuk warga Depok yang ingin mencicipi rasa nasi pecel khas Madiun, bisa mampir dan berkunjung ke Nasi Pecel Mba Ira yang berlokasi di jalan Margonda, Depok. Sambal pecel di warung nasi ini memiliki rasa yang mirip dengan nasi pecel di Madiun.

12. Nasi Pecel Pincuk Gondong Ijo

12.  Nasi Pecel Pincuk Gondong Ijo

Warung nasi pecel ini terletak di Jalan CBD Blok J-02, Bintaro Sektor IX. Bagi Sedulur warga Bintaro, bisa mengunjungi warung nasi pecel ini untuk mengobati kerinduan akan rasa nasi pecel khas Madiun. Beragam sayur dan aneka lauk menjadi salah satu andalan dari warung nasi satu ini.

Semoga daftar nasi pecel Madiun yang telah diulas di atas bisa menjadi referensi dan panduan bagi Sedulur yang ingin berwisata kuliner di Madiun. Bagi Sedulur yang berada di Jabodetabek, jauh dari Madiun, bisa mengunjungi beberapa warung nasi yang menjual nasi pecel yang telah diulas di atas.

Ketika berada di Madiun, Sedulur jangan lupa untuk menggunakan Aplikasi Super untuk membeli keperluan apapun itu. Dengan menggunakan Aplikasi Super, kegiatan Sedulur akan menjadi lebih mudah dan menguntungkan.

Jangan lupa juga untuk mengunjungi laman Aplikasi Super dengan klik di sini, pelajari lebih jauh terkait Aplikasi Super, termasuk cara daftar dan cara mendapatkan untung super melimpah dari Aplikasi Super.