mushola rumah terbuka

Bagi seorang muslim, memiliki mushola di dalam rumah tentu bisa membantu dalam beribadah. Tak hanya lebih nyaman, keberadaan mushola rumah terbuka juga bisa menambah keindahan rumah.

Bagi Sedulur yang sedang mempertimbagkan untuk membuat mushola rumah terbuka dengan konsep sederhana dan minimalis. Kami sudah menyiapkan beberapa ide desain dan inspirasinya nih. Penasaran seperti apa? Simak berikut ini yuk!

BACA JUGA: Doa Masuk Masjid dan Keluar Masjid Arab, Latin & Terjemahan

1. Mushola terbuka di taman

mushola rumah terbuka
Unsplash/Levi Meir Clancy

Ada banyak area di rumah yang bisa dijadikan mushola, mulai dari ruangan di dalam rumah sampai di bagian taman rumah. Apabila Sedulur memiliki bujet lebih, membangun mushola di bagian taman rumah bisa jadi pilihan yang menarik. Jika ukuran taman tersebut cukup luas, Sedulur bisa leluasa berkreasi mendesain mushola.

-->

Contohnya seperti inspirasi desain mushola terbuka yang satu ini. Desainnya yang menyerupai gazebo terbuka bisa memberikan kesan menarik dan sholat pun pasti akan jadi lebih khusyuk.

2. Mushola terbuka gaya timur tengah

Gaya khas Timur Tengah akan membuat mushola minimalis terbuka kamu tampil semarak. Cukup tambahkan aksesori ala Timur Tengah seperti jendela berornamen atau karpet jika Sedulur memiliki bujet terbatas.

3. Mushola terbuka dengan rak

Masih dalam konsep alami dalam nuansa kayu yang berkesan hangat dan nyaman, kamu bisa menambahkan rak terbuka sebagai ornamen mushola minimalis milik kamu. Selain menjadi mushola, tempat ini juga bisa sekaligus difungsikan sebagai perpustakaan mini di rumah.

4. Mushola terbuka di bawah tangga

Memiliki ruang bawah tangga yang tidak digunakan? Kamu bisa memanfaatkannya menjadi mushola di dalam rumah. Hanya perlu menambahkan rak terbuka untuk menempatkan peralatan sholat, mushola minimalis terbuka di rumahmu terealisasi tanpa perlu repot membuka ruang baru.

5. Mushola terbuka desain industrial

Siapa bilang gaya industrial tidak bisa diaplikasikan sebagai desain mushola terbuka? Hanya bermodal semen dan bata ekspos, kamu bisa mendapatkan mushola dengan ruang terbuka di hunianmu. Gunakan tata cahaya yang tepat pada salah satu sudutnya untuk kesan nyaman.

BACA JUGA: 12 Cara Membuat Ruangan Adem dan Sejuk Tanpa AC

6. Mushola minimalis berlevel

Unsplash/Afiq Fatah

Tidak memiliki area taman atau halaman belakang yang luas untuk dibangun mushola? Tenang, kamu masih bisa memanfaatkan ruangan di rumahmu. Pada dasarnya, mushola di dalam rumah harus didesain berbeda supaya memberikan penegasan bahwa area tersebut digunakan untuk menunaikan sholat.

Ada banyak cara untuk melakukan hal itu, salah satunya membuat mushola dengan level lantai yang lebih tinggi. Selain untuk memberikan penegasan, mushola dengan level seperti ini pun bisa menjaga kesucian area sholat.

7. Mushola terbuka di sudut ruang

Sudut ruang di area rumah yang jarang digunakan, juga bisa kamu sulap menjadi mushola terbuka. Areanya tidak perlu luas karena hanya akan digunakan oleh anggota keluarga atau tamu yang berkunjung. Kamu cukup tambahkan lemari kecil untuk meletakkan perlengkapan sholat agar ruangan mungil tersebut tetap rapi.

8. Mushola terbuka gaya Japandi

Desain mushola terbuka bergaya Jepang tampil dalam sentuhan minimalis, bersih, dan tidak melibatkan banyak ornamen. Elemen kayu atau bambu bisa digunakan untuk mendekorasi dinding hingga lantainya. Walaupun desainnya minimalis, tapi bisa menentramkan hati dan pikiran selepas beribadah.

9. Mushola terbuka di loteng

Ruang kosong di area loteng juga bisa diubah menjadi mushola terbuka dengan desain minimalis untuk keluarga. Yang perlu diperhitungkan adalah tinggi ruangan agar kamu tetap dapat beribadah dengan nyaman. Gunakan atap kaca sebagai pencahayaan agar desain mushola terbuka tidak suram.

10. Mushola terbuka penyekat ruang

Hunian minimalis terkadang membuat kamu tidak bisa membuat ruangan khusus untuk beribadah. Untuk memastikan kekhusyukan ibadahmu, manfaatkan ruang kosong yang paling luas di rumah untuk dijadikan mushola. 

Desain mushola terbuka bisa kamu aplikasikan dengan menyematkan tirai sebagai pengganti pintu mushola. Kamu bisa tambahkan lemari kecil untuk meletakkan peralatan sholat agar tetap rapi. Ruangan pun tetap bisa digunakan saat tidak digunakan untuk sholat.

BACA JUGA: 18 Desain Mushola Dalam Rumah Agar Ibadah Makin Nyaman

11. Mushola dengan lantai kayu

Unsplash/Afiq Fatah

Selain menggunakan lantai biasa sebagai level, salah satu cara menarik untuk menciptakan mushola dengan level bisa menggunakan lantai kayu. Lantai kayu pun dikenal sebagai material yang bisa memberikan rasa hangat sekaligus dingin.

12. Mushola terbuka dekat kolam

Suara dari gemericik air dapat menambah ketenangan dalam beribadah, seperti layaknya suara gerimis hujan yang membuat suasana lebih tenang.

Hal itu dapat membuat beribadah dapat lebih khusyuk. Untuk membuat suara gemericik air tersebut buatlah kolam air tidak terlalu luas juga dalam. Lalu tambahkan sirkulasi air dengan pancuran kecil.

Dengan Pemanfaatan material dan warna warna alami, tentunya akan memberikan nuansa yang tenang, apalagi penggunaan lantai menggunakan kayu jati,semuanya akan terasa tentram.

13. Mushola terbuka bergaya batu susun

Pola susun batu bata yang cantik membuat tampilan lantai serta dinding mushola lebih berbeda. Susun bata yang menonjol memperlihatkan bentuk tanpa dilapisi lagi dengan sement bisa menjadi inspirasi dalam desain mushola terbuka ini.

Tak lupa ornamen kaligrafi pada dinding serta rak minimalis yang menempel pada dinding yang berfungsi sebagai penyimpanan alat sholat maupun Al Qur’an.

14. Mushola taman dengan tempat wudhu

Sama seperti desain mushola terbuka sebelumnya yang bertema gemericik air, akan tetapi suara air disini hasil dari pancuran tempat wudhu yang langsung berdekatan dengan mushola.

Tempat wudhu dalam kolam minimalis sebaiknya ditambahkan pijakan agar lebih nyaman, serta pada pijakannya dibuat dari batu batu kecil agar tidak licin. Menambahkan tempat wudhu yang baik memang dekat mushola, anda tidak perlu kedalam rumah dan mengantri dengan orang lain.

15. Mushola dekat area garasi

Tak melulu di dalam ruangan utama rumah, salah satu lokasi menarik untuk dijadikan mushola adalah di area garasi.

Apabila Sedulur memiliki carport sekaligus garasi, kamu bisa menyulap garasi tersebut sebagai mushola terbuka. Contohnya seperti desain mushola terbuka di atas, sebagian area garasinya difungsikan sebagai mushola.

Demikian tadi deretan inspirasi mushola rumah terbuka yang bisa Sedulur coba. Meskipun hanya berada di ruangan kecil, keberadaan mushola bisa memberikan dimensi tersendiri untuk rumah. Selain itu, Sedulur juga bisa beribadah dengan lebih khusyuk dan nyaman.