Tahun lalu sempat dihebohkan dengan berita penemuan muntahan paus oleh seorang wanita di Thailand. Sebab, benda yang keluar dari muntahan paus itu merupakan ambergris yang ditaksir harganya mencapai Rp3,7 miliar. Tentunya banyak publik yang bertanya mengenai ambergris. Banyak dari mereka yang penasaran kenapa harganya bisa sefantastis itu.

Setelah ditelusuri, ternyata muntahan paus ini memang memiliki banyak manfaat. Itulah kenapa harganya bisa selangit. Muntahan dari ikan paus sperma itu biasa dijadikan bahan campuran untuk produk-produk parfum ternama. Bentuknya seperti bongkahan batu dari sekresi saluran empedu usus paus sperma. Untuk pembentukan ambergris sendiri membutuhkan waktu bertahun-tahun.

Nah, Sedulur pasti makin penasaran kan tentang ambergris ini? Dalam artikel kali ini akan dibahas secara lengkap dari pengertian hingga manfaatnya. Yuk, langsung simak!

BACA JUGA: Mengenal Benua Terbesar di Dunia & Keunikannya

-->

1. Apa itu ambergris?

kompas.com

Kata ambergris merupakan gabungan dua kata dari bahasa Latin, yaitu “ambra” dan “grisea” atau disebut juga batu ambar abu-abu. Ambergris ini dimuntahkan oleh paus hanya pada kondisi tertentu saja dan diproduksi oleh paus sperma, bentuknya zat padat, mirip lilin, dan mudah terbakar.

Benda ini berasal dari usus paus atau sistem pencernaannya yang dikeluarkan melalui mulut. Namun sampai saat ini masih menjadi misteri karena belum ada orang yang pernah melihat cara paus mengeluarkan ambergris.

Namun, para peneliti memperkiraan paus sperma mengeluarkan ambergris melalui anus karena benda ini memiliki bau yang tidak sedap. Selain itu, ada juga kabar yang menyebutkan bahwa untuk 1 gram ambergris, konon harganya bisa 30 kali lipat harga satu gram perak.

2. Kandungan di dalam ambergris

cnnindonesia.com

Di dalam ambergris disebut mengandung zat langka yang sangat bernilai. Kabarnya sejak ribuan tahun yang lalu kandungan dalam ambergris sudah digunakan untuk obat-obatan dan parfum. Benda ini berasal dari paus sperma jantan. Produksi ambergris dimulai setelah paus memakan cumi-cumi dengan paruh keras dan runcing. Alhasil, hal itu bisa mengikis perut paus.

Para ilmuwan berpendapat untuk melindungi dirinya, paus akan mengeluarkan zat lemak untuk mengelilingi paruh itu. Lalu mengeluarkan gumpalan kecil atau besar, bahkan hingga ratusan pon sekaligus. Selain itu, bentuk dan ukurannya bisa mulai 15 gram hingga 420 kilogram dan terkadang ditemukan garis pantai.

BACA JUGA: Ikan Belida, Bahan Dasar Pempek yang Terancam Punah

3. Ambergris di zaman dulu

tribunnews.com

Sejak ribuan tahun yang lalu muntahan paus ini dinilai sangat berharga. Menurut sejarahnya, orang-orang di Timur Tengah membuat ambergris menjadi bubuk dan mengonsumsinya dengan cara dimasukkan ke dalam makanan atau meminumnya. Hal ini dipercaya kandungan dalam ambergris bisa menambah kekuatan dan kejantanan, memerangi penyakit otak hingga jantung.

Pada abad pertengahan, risalah medis Inggris menyebut bahwa ambergris bisa membantu menghilangkan pilek, sakit kepala, epilepsi, dan penyakit-penyakit lainnya. Sementara itu, di zaman Mesir kuno ambergris dibakar sebagai dupa dan orang China menyebut ambergris dengan “aroma ludah naga”.

4. Keistimewaan ambergris

inibaru.id

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, zat dalam ambergris banyak dimanfaatkan sebagai campuran parfum seperti seri merek Chanel No 5. Zat dalam muntahan paus ini dipercaya bisa memperkaya dan memperpanjang aroma parfum. Dalam sebuah potongan ambergris bisa menguarkan aroma manis dan bersahaja seperti pinus atau mulsa dan tembakau.

“Kualitas dan nilai dari setiap potongan bergantung pada berapa banyak waktu yang dihabiskannya untuk mengapung atau menua,” kata ahli perantara ambergris Bernard Perrin dikutip dari Kompas.com.

Menurut Perrin, ambergris diibaratkan semakin anggur, yakni ‘semakin lama usianya semakin baik.’ Namun di Amerika tidak lagi mencampurkan ambergris ke dalam produk parfum. Hal ini karena masalah legalitas yang masing membingungkan di sana.

Perrin sendiri yang merupakan kolektor ambergris mengaku tidak sulit untuk mencari perusahaan parfum Perancis, untuk membeli ambergris yang berhasil dia kumpulkan.

“Kami juga menjualnya ke keluarga kerajaan di Timur Tengah dan mereka menggunakannya sebagai afrodisiak (obat perangsang kegiatan seksual). Rupanya mereka mengambil susu, sedikit madu, dan menggiling ambar dalam jumlah kecil dan menelannya,” terang Perrin.

Menurut Scientific American pada 2007, dikatakan jumlah paus sperma menurun dari perkiraan 1,1 juta menjadi sekitar 350.000. Hal itu disebabkan karena perburuan paus. Dampaknya, ambergris pun lebih sedikit dan susah ditemukan mengapung di laut. Namun, menurut ahli paus sperma, menjelaskan bahwa populasi mamalia ini perlahan mulai pulih.

BACA JUGA: Mengenal Caviar, Telur Ikan yang Mahal Serta Manfaatnya

5. Manfaat dari ambergris

bombastis.com

Setidaknya ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari ambergris. Jadi kalau Sedulur sedang beruntung bisa menemukan ambergris, langsung bisa ditawarkan agar bisa dibeli dengan nilai tinggi karena manfaat yang ada di dalamnya. Lalu apa saja sih manfaat muntahan paus ini?

Bahan campuran parfum

Parfum yang menggunakan ambergris dipercaya bisa memberi efek aroma yang lebih tahan lama. Merek kenamaan seperti Chanel membutuhkan kandungan ini agar produk parfumnya punya wangi yang tahan lama. Namun sekarang sudah jarang ditemukan penggunaannya karena tentangan dari kelompok pemerhati satwa dan peran ambergris kini digantikan dengan produk sintetis.

Sebagai obat

Zaman dulu ambergris dimanfaatkan sebagai obat. Pada abad pertengahan, orang Eropa memakai muntahan paus ini untuk obat pilek, sakit kepala, dan penyakit lainnya.

Makanan dan minuman

Konon Raja Charles II Inggris biasa menyantap ambergris bersama telur. Muntahan paus ini juga digunakan sebagai penyedap dalam kopi Turki serta campuran cokelat panas di Eropa abad ke-18.

Itulah tadi penjelasan mengenai muntahan paus. Karena dipercaya memiliki banyak manfaat, ambergris memiliki harga yang fantastis. Semoga informasi ini bisa menambah wawasan Sedulur ya.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!