Benua membentuk sebagian besar permukaan Bumi. Namun sebagian kecil yang terdiri dari pulau-pulau tidak bisa dianggap sebagai benua. Kemudian garis pantai juga bukan batas dari benua yang sebenarnya. Mengutip Kompas.com, benua sendiri ditentukan oleh landas kontinennya yang merupakan daerah landai yang meluas ke luar dari pantai jauh ke laut. Lalu apa benua terbesar di dunia?

Sebelum menjawab pertanyaan itu, mungkin sedulur perlu tahu apa definisi benua, bagaimana terbentuknya, hingga membahas 7 benua di dunia. Simak terus ya!

BACA JUGA: Daftar Negara di Benua Eropa Serta Suku dan Karakter Iklimnya

1. Definisi benua

pexels.com

Jika dilihat dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), definisi benua adalah sebagai bagian bumi yang berupa tanah atau daratan yang sangat luas, sehingga bagian tengah benua tersebut tidak terkena pengaruh langsung dari angin laut, seperti Eropa, Amerika, Afrika, Australia, serta Asia.

-->

Sedangkan benua dalam bahasa Inggris disebut sebagi continent. Dilansir dari Cambridge Dictionary, continent merupakan salah satu dari tujuh daratan besar yang ada di permukaan bumi, dan sebagian besarnya dikelilingi laut, serta terdiri atas berbagai negara di dalamnya.

2. Proses terbentuknya benua

pexels.com

Proses terbentuk benua di dunia tentang sangat panjang. Mengutip Kompas.com, para ahli menjelaskan dulu hanya ada satu benua terbesar di dunia dan satu lautan yang luas, yaitu Benua Pangea dan Panthalessa. Kemudian sekitar 200 juta tahun yang lalu, benua terbesar di dunia ini pecah menjadi dua bagian besar, yaitu Laurasia bagian utara dan Gondwana sebelah selatan.

Benua Amerika Utara terbentuk dari pergerakan Benua Laurasia yang bergerak ke utara menjauh dari Benua Gondwana. Setelah itu, bagian selatan Benua Gondwana pecah menjadi beberapa benua. Bagian barat Benua Gondwana bergerak ke barat, hingga membentuk Benua Amerika Selatan. Sedangkan pecahan Benua Gondwana lainnya yang bergerak ke timur, membentuk Benua Afrika.

Pergerakan kecil dari Benua Gondwana sebelah timur membentuk wilayah India. Selanjutnya, Benua Asia dan Eropa, keduanya terbentuk dari bagian Eurasia. Sedangkan Benua Antartika terbentuk dari pecahan benua yang mengapung ke arah Selatan, dan Benua Australia terbentuk dari pecahan benua yang bergerak ke arah timur.

Setelah mengetahui bagaimana proses terbentuknya benua, kali ini kita akan menjelaskan benua terbesar di dunia secara urut dari yang terkecil hingga terbesar.

BACA JUGA: Mengenal Benua Australia, Benua Terkecil dengan Flora Fauna Khasnya

3. Benua Australia

pexels.com

Benua terkecil di dunia adalah Australia. Benua ini hanya mencakup kurang dari 8,5 juta km persegi. Populasinya sekitar 31 juta dan dinobatkan sebagai benua dengan penduduk yang paling sedikit, setelah Antartika. Selain itu Benua Australia juga memiliki gurun yang sangat luas dan banyak bangunan bersejarah. Tentu ini menjadi keunikan tersendiri dari benua ini.

4. Benua Eropa

pexels.com

Eropa menjadi benua terbesar ke enam di dunia dan terdiri dari 7 persen daratan di dunia. secara luas, Eropa sedikit lebih besar dari Kanada. Namun meski kecil, populasinya lebih banyak dua kali lipat dibanding Amerika Selatan. Benua Eropa sendiri mempunyai lebih dari 40 negara, di dalamnya termasuk kota-kota besar di dunia, seperti Paris, London, Roma, Berlin, Madrid, dan Moskow. Uniknya, Eropa memiliki rawa terluas bernama Pripet.

BACA JUGA: Kumpulan Daftar Kode Nomor Telepon Negara di Seluruh Dunia

5. Benua Antartika

pexels.com

Benua terbesar kelima adalah Antartika, dengan katakternya yang paling kering, berangin, dan terdingin di Bumi. Tak seperti benua lainnya, Antartika tidak punya populasi permanen. Orang-orang yang berada di sana kebanyakan adalah para ilmuan dan staf pendukungnya. Sebab, iklim di sana tidak mendukung untuk melakukan aktivitas pertanian maupun peradaban secara permanen. Sebab, suhunya saja jauh lebih rendah dari Arktik, yaitu -73 derajat celcius.

6. Benua Amerika Selatan

pexels.com

Kemudian benua terbesar keempat di dunia adalah Amerika Selatan. Benua ini terhubung dengan Amerika Utara oleh Tanah Genting Panama. Benua Amerika Selatan sendiri membentang dari pantai Karibia ke perairan dingin dekat Lingkaran Antartika. Kemudian pulau-pulau yang berada di sebelah selatan Amerika Selatan adalah, Tierra del Fuego, berjarak kurang dari 1.120 km dari Antartika.

BACA JUGA: Perbedaan Cuaca dan Iklim, Kenali Jenis & Penjelasan Lengkap

7. Benua Amerika Utara

pexels.com

Benua terluas ke 3 di dunia adalah Amerika Utara. Benua ini terbentang dari Kepulauan Aleutian kecil sebelah barat laut, hingga Tanah Genting Panama bagian selatan. Amerika Utara mencakup pulau besar Greenland di timur laut. Sedangkan di ujung utara, benua ini membentang di belahan dunia, dari Greenland hingga Aleutians. Yang menjadi keunikan dari benua ini adalah berbagai keajaiban alamnya. Bentuk lahan dan semua jenis vegetasi dapat ditemukan di dalamnya.

8. Benua Afrika

pexels.com

Benua terbesar kedua di dunia adalah Afrika. Bahkan wilayahnya mencakup lebih dari tiga kali luas Amerika Serikat, lho. Mulai dari utara sampai ke selatan, Afrika membentang sekitar 8.000 km. Benua ini terhubung dengan Asia oleh Tanah Genting Suez di Mesir. Sebagian besar Benua Afrika merupakan dataran tinggi yang dikelilingi jalur sempit berupa dataran rendah pesisir. Selain itu banyak sekali dataran tinggi berbukit dan pegunungan menjulang di beberapa area pedalaman Afrika.

BACA JUGA: Karakteristik Benua Asia serta Luas Wilayah dan Negara-negaranya

9. Benua Asia

pexels.com

Benua terbesar di dunia adalah Asia. Ya, benua ini menjadi yang terbesar di Bumi dan terbentang dari Laut Mediterania bagian timur sampai Samudra Pasifik bagian barat. Ada 40 lebih negara di dalam Benua Asia. Beberapa di antaranya, yaitu Cina, India, sampai Indonesia sekaligus menjadi negara terpadat di dunia.

Setidaknya 60 persen penduduk Bumi tinggal di Benua Asia dan lebih dari satu per tiga penduduk dunia tinggal di Cina dan India. Yang menjadi keunikan negara ini, salah satunya adalah alamnya yang indah.

Itulah tadi penjelasan tentang benua hingga benua terbesar di dunia. Semoga informasi ini bisa menambah wawasan Sedulur semuanya, ya.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.