mock up adalah

Mock up adalah sebuah gambaran terkait konsep yang tengah digodog atas permintaan klien. Mock up sendiri bermanfaat untuk mendapatkan gambaran nyata atau gambaran realistis, untuk memudahkan porses revisi, yang diperuntukan untuk media presentasi dan menghemat anggaran.

Untuk mengetahui lebih lengkap terkait mock up adalah hal penting, terutama untuk memudahkan kerja desainer, Sedulur bisa menyimak penjelasan lengkapnya di bawah ini. Yuk, mari langsung kita simak!

BACA JUGA: Desain adalah: Pengertian, Fungsi, Tujuan dan Metodenya

Pengertian mock up

mock up adalah
Deposit Photos

Mock up adalah istilah yang dikenal dalam dunia desain, secara singkat mockup adalah gambaran nyata terkait konsep yang tengah diolah. Mockup bisa dikatakan sebagai maket atau alat presentasi yang berguna untuk memberikan gambaran mengenai karya yang ingin dihasilkan.

-->

Mock up adalah hal penting, terutama untuk alat presentasi yang berguna memberikan gambaran mengenai karya yang ingin dihasilkan. Seperti contohnya dalam mockup produk adalah hal yang sering dijadikan sebagai contoh.

Mockup proyek adalah sebuah maket yang bisa dibuat tanpa bantuan aplikasi. Dengan mockup, proses finalisasi suatu karya desain akan menjadi lebih efektif.

Manfaat mock up

mock up adalah
Leadmarket.id

Manfaat mock up adalah untuk memberikan suatu gambar, tidak heran keberadaannya memberikan sejumlah manfaat. Lantas apa saja manfaat yang bisa didapatkan oleh mockup itu sendiri? Yuk mari langsung kita cek saja penjelasannya di bawah ini:

1. Memiliki gambaran realistis

Mock up merupakan gambaran atau miniatur dari desain atau konsep terakhir, sehingga dapat memberikan gambaran realistis yang dapat memberikan imajinasi atau gambaran tentang desain yang akan dibuat.

2. Memudahkan proses revisi

Kehadiran mock up juga akan memudahkan proses revisi dan evaluasi. Maka sebelum tahap finalisasi dan produksi, mock up bisa memudahkan memperbaiki kekurangan yang ada dari suatu desain.

3. Media presentasi

Mockup juga bisa digunakan sebagai media presentasi untuk menyamakan perspektif antara klien dengan desainer. Sehingga keputusan final bisa disepakati

4. Memudahkan stakeholder

Melalui mockup, para stakeholder atau pemimpin dan pemangku kepentingan bisa memahmi produk final yang akan dibuat. Hal tersebut didapatkan melalui mock up itu sendiri. Cara ini memudahkan stackeholder dalam memberikan kritik mengenai desain tersebut sebelum proses akhir dilakukan.

5. Menghemat anggaran

Revisi yang dilakukan dalam tahap mockup tentu akan lebih menghemat anggaran ketimbang perbaikan yang dilakukan setelah tahap finalisasi atau ketika produk sudah selesai dibuat.

Anatomi mockup

mock up adalah
WebsiteOri

Mockup sendiri memiliki beberapa anatomi, terutama dalam dunia desain UI/UX yang berkaitan dengan aplikasi atau website. Terdapat beberapa aspek yang menjadi anatomi dari mockup itu sendiri. Beberapa anatomi tersebut adalah sebagai berikut:

1. Layout

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah layout konten untuk mockup itu sendiri. Banyak aspek yang dipertimbangkan seperti f-pattern, z-pattern, card, atau layout teks itu sendiri. Layout juga merupakan faktor penting yang mempengaruhi kenyamanan pengguna.

2. Warna

Warna bisa memengaruhi perasaan pengguna sehingga penentuan warna merupakan aspek penting untuk memastikan kenyamanan pengguna. Selain itu, warna juga akan mempengaruhi mood dari pengguna itu sendiri.

3. Kontras

Anatomi selanjutnya adalah kontras dari warna itu sendiri. Kontras warna juga berkaitan dengan kenyaman dari penggunanya. Jika kontras sebuah tampilan aplikasi kurang baik, maka pengguna akan kesulitan utnuk membaca teks yang ditampilkan.

4. Tipografi

Mockup membebaskan desainer untuk bereksperimen dengan banyak tipe font, ukuran, gaya dan lain sebagainya untuk mendapatkan tampilan yang sesuai.

5. Spacing

Space atau ruang kosong dalam desain bisa menjadi elemen yang mempercantik desain. Selain itu, aspek ini bisa memudahkan pengguna dalam membaca konten yang ditampilkan.

6. Navigasi

Pengguna harus dapat menjelajahi situs atau aplikasi dengan mudah. Oleh karena itu, diperlukan navigasi yang sederhana agar dapat dipahami semua kalangan pengguna dengan cara memadukan setiap unsur anatomi mockup dengan baik.

Kelebihan mockup

mockup adalah
AturToko

Banyak contoh mock up menarik yang bisa kita jadikan pembahasan. Hal tersebut tidak terlepas dari peran mockup itu sendiri yang memiliki banyak kelebihan. Misalnya dalam dunia web atau aplikasi, mockup tentu akan memudahkan proses coding karena di dalamnya bisa menyematkan kode warna, font, dan elemen lain yang dibutuhkan.

Di samping itu, dengan adanya mockup sebagai model yang jelas dan detail terkait karya yang akan diciptakan, secara tidak langsung bisa mendatangkan investor. Hal itu dapat terjadi karena investor bisa menakar seberapa berpotensi karya yang sedang dikembangkan.

BACA JUGA: 22 Inspirasi Desain Plafon Rumah, Bikin Hunian Semakin Cantik

Kekurangan mockup

mock up adalah
Fixioner

Dijelaskan di atas, bahwa mock up adalah hal penting sebagai sebuah konsep atau gambaran terhadap sebuah produk. Konsep dan gambaran ini bisa menjadi patokan atau acuan. Namun hal tersebut tidak lupt dari kekurangan mockup itu sendiri.

Kekurangan mockup sendiri adalah seperti membutuhkan waktu yang cukup lama, khususnya bagi mereka yang belum terbiasa dalam merancang mockup desain proyek.

Jenis-jenis desain mockup

Banten Desain

Karena mockup adalah suatu hal yang berkaitan dengan dunia desain, dan menggunakan desain sebagai gambaran sebelum masuk proses finalisasi dan produksi. Maka dari itu, terdapat beberapa jenis desain yang populer digunakan untuk mock up. Berikut beberapa jenis-jenisnya:

1. Desain komunikasi visual

Pertama adalah desain komunikasi visual, desain ini merupakan sebuah proses desain yang memiliki tujuan untuk menyampaikan ide atau gagasan dengan menggunakan bantuan visual.

2. Desain produk

Selanjutnya adalah desain produk, tujuannya adalah untuk menciptakan produk yang merupakan solusi terhadap permasalahan dan kebutuhan masyarakat melalui sebuah produk. Hal ini dapat Sedulur lihat dalam setiap  contoh mockup produk.

3. Desain interior

Selanjutnya adalah desain interior, desain ini merupakan kegiatan untuk memecahkan masalah fungsi dan kualitas interior, termasuk memenuhi aspek kesehatan, keamanan dan kenyaman publik.

BACA JUGA: 12 Desain Rak Bumbu Dapur untuk Percantik Interior Hunian

Peran penting mock up

Web App

Baik itu contoh mockup aplikasi atau contoh mockup website, setiap jenisnya memiliki peran penting untuk dunia bisnis. Desainer sering kali menggunakan mock up untuk memastikan bagaimana desain akhir akan terlihat sebelum kemudian diproduksi dan dirilis kepada masyarakat.

Ini yang menjadikan peran mock up adalah penting dalam bisnis. Ditambah lagi, jika segala desain bisnis berkaitan dengan klien yang menggunakan jasa kita. Mock up akan menjadi kunci keberhasilan desain yang dibuat.

Nah, itulah tadi penjelasan tentang mock up adalah sesuatu hal penting dalam bisnis, terutama yang berkaitan dengan klien. Semoga penjelasan di atas menambah wawasan Sedulur, terutama menambah wawasan dalam dunia bisnis dan desain secara keseluruhan!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.