pisang varigata

Pisang adalah salah satu jenis buah yang banyak disukai oleh masyarakat umum. Selain rasanya yang manis, nutrisinya juga beragam. Kini, pecinta buah yang satu ini sedang heboh dengan hadirnya variasi baru, yaitu pohon pisang varigata. Jenis ini memiliki keunikan tersendiri yang berbeda dari jenis yang lainnya.

Meskipun terkesan unik, ternyata tanaman tropis ini masih jarang ditemukan di Indonesia. Buah ini memiliki rasa yang manis dan ukuran yang lebih besar dari jenis lainnya. Di samping rasanya yang manis, manfaat pisang varigata juga beragam. Salah satunya adalah untuk menjaga kesehatan tubuh jika dikonsumsi sesuai takaran. Lalu, seperti apa ciri khas serta cara menanamnya? Berikut adalah penjelasan lengkapnya. 

BACA JUGA: 20 Khasiat & Manfaat Pisang Untuk Kesehatan & Kecantikan

1. Ciri khas pohon pisang varigata

Ciri khas
detik

Dibandingkan jenis buah pada umumnya, tanaman tropis yang satu ini memiliki ciri khas tersendiri. Salah satunya adalah daunnya yang memiliki gradasi antara putih dengan hijau. Ada pula jenis daunnya yang hanya memiliki satu warna, yaitu putih polos. Bukan hanya daunnya yang unik, buahnya pun juga tak kalah istimewa. Salah satu buah yang dihasilkan adalah pisang varigata merah.

-->

Memiliki warna buah yang berbeda. Seragam dengan daunnya, buah dari tanaman tropis ini memiliki warna gradasi antara hijau dan putih. Selain itu, dapat ditemukan pula jenis pisang varigata merah yang tak kalah menarik dari jenis lainnya. Jenis buah ini bisa tumbuh hingga sebesar mentimun jika bisa dirawat dengan benar dan optimal. 

Bentuk buahnya tak kalah cantik dan menarik. Tak hanya memiliki jenis yang beragam seperti pohon pisang varigata merah, bentuk buahnya juga tak kalah instagenik. Tanaman tropis ini memiliki bentuk garis memanjang dengan warna yang senada dengan daunnya. Bukan cuma cantik dan menarik, rasa yang ditawarkan pun juga lezat dan manis. Walaupun buahnya lezat untuk dikonsumsi, buah ini cenderung sensitif dan jarang berbuah.

Harganya bervariasi. Karena terdapat beberapa keunikan yang dimilikinya, harganya pun juga bervariasi. Harga pisang varigata termahal adalah sekitar 2,2 juta. Dengan kisaran tersebut, masyarakat dan petani sudah mencoba untuk membudidayakannya di Indonesia. Namun, hasil yang dicapai belum maksimal. Maka dari itu, jenis yang satu ini masih langka ditemukan di pasaran. 

2. Cara membuat pisang varigata dan perawatannya

Cara merawat pisang varigata
duniapisang

Bibit pisang varigata bisa ditanam di dalam sebuah pot ataupun di lahan secara langsung. Apabila ingin menanamnya untuk mempercantik pekarangan dan hiasan rumah, maka bisa menggunakan planter bag atau pot.

Caranya adalah dengan menyediakan pot atau planter bag yang memiliki diameter sekitar 40-50 cm. Siapkan campuran antara pupuk kandang kering, tanah, dan sekam dengan perbandingan 1:1:1. Jika menginginkan tanaman untuk dibudidayakan, maka bisa ditanam melalui lahan secara langsung.

Perawatan yang dilakukan

Dengan adanya berbagai jenis pisang varigata yang ditawarkan dengan harga yang cukup merogoh dompet, maka perawatan tanaman tentunya harus dilakukan. Cara merawatnya tidak begitu sulit, cukup siram satu sampai dua kali dalam sehari dan sesuaikan dengan kondisi media tanam. Jangan lupa untuk memberi pupuk satu bulan sekali sesuai takaran, agar tanaman tetap tumbuh dengan sehat dan baik.

Bibit pisang varigata putih, merah, maupun gradasi hijau banyak dijual secara online. Harga yang ditawarkan pun bervariasi, yaitu mulai dari Rp200 ribuan. Setelah mengetahui penjelasan diatas, apakah sekarang Sedulur tertarik untuk menanam dan membudidayakannya?